Sebagai freelancer yang bekerja lepas dan mengandalkan klien sebagai sumber penghasilan, tentu portofolio harus bagus agar mereka tertarik bekerjasama. Untuk itu, seorang freelancer dituntut atau seringkali dipaksa belajar skill baru. Misal karena saya ini blogger, mau tak mau saya harus belajar SEO (search engine optimization) agar blog ramai. Jika tidak, maka kunjungan blog bisa turun dan berpengaruh ke penghasilan.

Bagi saya yang freelancer, no one day without learning and learning, tidak ada hari tanpa belajar. Misalnya karena saat ini saya juga sedang belajar English karena itu sangat mendukung perkembangan blogku. Nah, berkaitan dengan hal ini, berikut adalah 12 tips belajar online yang efektif dari rumah bersama Jay Jay. 

Intermezzo sedikit, jay jay dengan websitenya https://jayjay.co/ adalah solusi pembelajaran online agar efektif buat kamu yang ingin meningkatkan skill di bidang IT seperti Software QA Enginer, Social Media Specialist, Ilustrasi Digital, UI/UX Designer, UX Writting, yang bermanfaat untuk karirmu di masa depan. Orang bijak berkata, jika kamu ingin kuasai dunia, maka kuasailah tekhnologi. Oke tanpa berlama-lama, berikut penjelasannya.

1. Pilih tempat yang nyaman untuk belajar

Saya sendiri adalah tipe orang yang suka ketenangan. Saat belajar online di rumah, saya tidak bisa diganggu dengan suara-suara berisik seperti orang lagi ngobrol, suara musik, suara mesin pasah tukang kayu, suara motor, dan suara berisik lainnya.

Bagi sebagian orang, ada yang nyaman belajar diiringi musik, tapi saya tidak. Saya lebih suka ketenangan agar fokus belajar karena itu cara saya belajar online. Makannya, saya punya tempat sendiri dan ruang kerja sendiri agar lebih fokus belajar dan bekerja.

Kalau lagi belajar, pintu kamar saya tutup agar tidak ada gangguan. Pernah suatu kali saya belajar sambil nyetel musik, tapi yang ada malah saya tidak bisa konsentrasi.

2. Mandi dulu biar seger atau olahraga supaya mood baik

Kalau semisal mau belajar di pagi hari, sebaiknya mandi dulu biar seger. Atau akan lebih baik jika olahraga dulu karena olahraga terbukti bikin mood jadi lebih baik.

Seringkali saya merasakan saat perasaan sedang buruk, tapi setelah olahraga, hati dan pikiran berubah jadi lebih senang. Setelah olahraga, jangan lupa mandi pagi supaya badan lebih fresh dan seger. Percayalah, trust me, it’s work.

3. Buat jadwal supaya disiplin

Saat ini saya sedang memperdalam kemampuan english untuk masa depan yang lebih baik. Ibarat cuma tamat SMP, kalau bisa english, kesempatan akan terbuka lebar.

Nah, untuk jadwal belajarnya, biasanya setiap hari saya selalu membuat lis untuk belajar paling tidak 30 – 60 menit dengan menuliskannya di tembok yang tergabung dalam list kerja.

Setelah task ini selesai, lalu saya coret dan beralih ke task lainnya. Dengan begitu saya jadi terpacu untuk menyelesaikan tugas tersebut secara rutin. Ini sudah saya lakukan sejak beberapa bulan lalu dan berhasil.

list-kerja-dan-belajar

4. Tentukan tujuan yang jelas 

Kamu punya tujuan apa untuk proses belajarmu? Kalau saya sendiri sih untuk mengembangkan karir freelancer saya kedepannya. Saya yakin jika skill english ini akan bermanfaat banyak di masa depan. Kesempatan akan terbuka lebih banyak jika kita punya skill ini.

Kerja dengan gaji standar Indonesia itu kecil bro. Pengalamannya hanya lokal/nasional saja. Tapi kalau saya bisa english, maka lingkup kerja saya sampai ke ranah internasional dan penghasilan pun mengikuti. Itulah tujuan saya.

5. Makan dan istirahat cukup

Sebelum bekerja, pastikan perut sudah terisi biar nggak mengganggu konsentrasi. Nah, saat malam, usahakan istirahat cukup agar otak bisa bekerja maksimal. Orang dengan istirahat yang kurang, untuk berpikir jadi sulit fokus dan kurang konsentrasi.

Ini sepele sih tapi memang begitu nyatanya. Apalagi karena mau belajar online dimana kita harus memahami sendiri karena tak ada teman belajar di rumah, jadi harus bener-bener fokus.

6. Siapkan koneksi internet dengan baik

Karena kita belajar online, jadi koneksi internet itu harus lancar. Buat yang sudah pasang wifi, pastikan tak ada gangguan. Sementara yang pakai kuota, pastikan kuota tercukupi dan baterai gadget cukup agar tak jeda di tengah-tengah. Jangan sampai lagi asyik-asyiknya belajar, eh internet putus karena kuota habis atau hal lainnya.

7. Matikan notifikasi gadget dan niatkan belajar sungguh-sungguh

Ini yang paling mengganggu sih. Saya pikir banyak sekali orang yang suka terjeda saat belajar atau bekerja. Belajar 10 menit, scroll IG setengah jam, lalu makan, lalu buka youtube, buka WA, buka email, dan sebagainya.

Ini juga saya alami sejak lama. Saya cukup merasakan efeknya karena produktiviitas sangat berkurang. Aliasnya sudah sejak lama, saya hanya sibuk doang tapi nggak produktif. Buang-buang waktu dan tenaga kan jadinya?

Sekarang saya sudah mulai sadar diri kalau belajar atau bekerja sambil main-main bikin hidup kita sulit berkembang. Cuma begitu-begituuuuuuu saja tak ada perubahan positifnya.

Nah, beberapa hari yang lalu dan saat menulis artikel ini pun, saya mulai menerapkan cara kerja produktif dengan bersungguh-sungguh dan tidak main-main, alhasil pekerjaan jadi cepat kelar dan rasa hati pun puas.

8. Stop multitasking

Dulu saya adalah pekerja multitasking. Misal karena saat ini lagi tulis, eh tiba-tiba pindah ke youtube buat cek analitik. Lalu buka email atau instagram buat ikutan giveaway. Atau kadang malah bikin gambar.

Yakinlah jika multitasking itu bikin kita gagal fokus dan gak produktif. Saya sendiri mulai mengurangi multitasking. Dan hasilnya, pekerjaan cepat selesai karena pekerjaan atau belajar dilakukan secara berurutan, enggak dicampur aduk kayak bubur ayam. Saya mulai berhenti multitasking juga karena tidak baik untuk kesehatan mental. Percayalah.

9. Siapkan catatan, baik itu buku nota atau di word

Saat belajar online, saya selalu menyiapkan catatan biar gak lupa. Untuk belajar english, saya mencatatnya di buku untuk dibaca ulang. Karena biar bagaimanapun, membaca buku fisik selalu lebih nyaman ketimbang di layar. Tapi saya juga mencatanya di microsoft word karena kalau salah ketik bisa diubah-ubah dan memang perlu.

Belajar bahasa inggris lewat youtube selama pandemi

10. Jangan duduk terlalu lama, keluarlah sebentar

Duduk terlalu lama memang tidak baik untuk kesehatan. Jadi semisal kita lagi belajar, baiknya ada jeda, misal sudah 30 menit berjalan, keluar sebentar buat cari angin atau ketemu orang, melihat pemandangan depan rumah, bermain dengan kucing kesayangan, atau sekedar ke dapur untuk minum air putih, adalah cara tepat agar tidak terlalu lama duduk.

11. Lebih banyak praktik dan mengulang

Karena kita belajar online, maka perbanyaklah praktik. Misal kita belajar bahasa inggris, karena di sekitar kita jarang banget ada orang ngomong english, jadi belajar sendiri dengan bicara sendiri atau didepan cermin adalah cara tepat agar ilmu yang kita pelajari bisa benar-benar kita kuasai. Karena saya sendiri pun begitu.

12. Jangan belajar berlebihan walaupun bisa bebas belajar kapanpun

Kadang kalau saya lagi keranjingan belajar, dari pagi sampai siang belajar terus. Dan yang ada malah pusing banget jadinya. Beberapa kali saya melakukannya dan baru sadar jika belajar terlalu lama cukup memusingkan.

Sekarang saya hanya belajar sekitar 30-60 menit sehari. Walaupun kadang seminggu bolong satu atau dua hari, tapi itu cukup rutin dan dapat meningkatkan kemampuan bahasa saya.

Nah, itulah 12 tips belajar online yang efektif agar skill kita makin berkembang. Belajar online vs offline memang ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tergantung kita yang melakukannya. Jika kita serius dan sungguh-sungguh, belajar online pun memberikan banyak manfaat dan bisa tetap produktif. Kalau menurutmu bagaimana cara belajar yang menyenangkan?

Bagikan biar yang lain tahu