Lewat video blog, bisnis Anda di youtube Anda akan lebih unggul dan berpenghasilan berlipat ganda dari kompetitor. 

Bagaimana melakukannya? Lanjut baca yuk !

Hai teman, mendapatkan penghasilan dari youtube memang gampang-gampang susah. Di bilang gampang karena saat ini banyak sekali youtuber yang mendadak berpenghasilan besar walaupun dengan tingkat pendidikan yang rendah sekalipun.

Contohnya Siboen atau Siswanto, pemuda 37 tahun dari Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah, yang berpenghasilan hingga 50 juta perbulan dari youtubenya. Dimana ia sendiri hanya tamat SD atau sekolah dasar.

Kemudian dibilang sulit karena nyatanya membuat video berkualitas hingga menghasilkan itu tidak semudah yang kita kira. Walaupun hanya video tentang suara hujan doang yang viewnya hingga puluhan juta.

Untuk membuktikan jika youtube ini begitu menggiurkan, kalian bisa lihat sendiri dengan mengetik kata kunci di youtube, semisal cara membuat sempol ayam. Di situ akan muncul channel youtube dengan jumlah tayangan dan jumlah subscriber.

Sebagai contoh, channel youtube Neli punya vlog yang membahas tentang kuliner ini punya penghasilan dari US$49 – US$788 dengan tayangan 197.042 per bulan dari 297 upload video. Kalau diambil tengahnya sekitar US$400 per bulan atau sekitar 5,6 juta. Melebihi gaji PNS, mungkin. 

Untuk melihat penghasilannya, kalian bisa cek lewat website social blade. Selain channel tersebut, tentu banyak channel-channel lainnya yang bisa kita cek penghasilannya.

penghasilan dari youtube

Penghasilan hanya dari adsense channel youtube Neli punya vlog, belum lagi jika ada opsi lainnya. Misal jualan atau endors. lihat kotak biru.

Membuat video youtube memang tidak mudah, contohnya saya sendiri. Untuk channel youtube layang-layang saya, saya musti belajar model layangan terbaru untuk setiap videonya. Kemudian belajar editingnya, cara pengambilan videonya, menentukan cuaca dan angin, dan sebagainya, yang ternyata ada banyak sekali tantangan.

Bahkan saya pernah membuat layangan model unik, sampai 5 kali baru jadi. Saya juga pernah menghapus semua footage video karena ternyata layangan tidak terbang. Lalu yang paling beresiko yaitu karena saya pernah membuat video saat ada petir. Berat sekali memang untuk jenis-jenis topik tertentu.

Dan setelah publish, ternyata pengunjungnya sangat sedikit walapun hampir semua video telah saya tambahkan subtitle bahasa asing. Bahkan ada beberapa video yang subtitlenya mencapai 32 bahasa. Mungkin karena ini konten musiman, kali ya? Bermain layangan di musim hujan, siapa yang mau nonton, coba? Apalagi sekarang musim hujannya panjang banget.

channel-youtube-layangan-sendaren

Channel youtube layangana sendaren saya, yang dari 12 video hanya dapat 12 subscriber.

Karena sulit, akhirnya saya saya pun berinisiatif untuk membuat video blog dengan membeli domain dan hosting selama satu tahun. Alamat video blog saya di www.howtomakekite.com.

Video blog ini berisi video sebagai headernya, dan artikel yang bisa dibaca di bawahnya. Sehingga di sini kita punya video youtube yang bisa ditonton, dan artikel untuk dibaca. Dan di artikel juga bisa ditaruh gambar pelengkap. Kalau di youtube kan enggak. Lengkap deh jadinya.

Templatenya sendiri pun mirip youtube. Jadi dengan konsep video blog ini, saya bisa menang pencarian di google dan youtube. Namun sayangnya tidak saya lanjutkan karena niche youtubeku kurang tepat dan ingin ganti niche lain.  Nilai adsensenya juga kecil karena termasuk konten anak-anak dan musiman. 

Penampakan video blog milik saya yang mirip seperti youtube. Geser untuk penampakkan kolom artikel dan lainnya. 

Mengenai channel youtube ini, saya punya kenalan youtuber pemula, Kang Toro namanya. Kalau saya lihat, ia sudah upload video lebih dari 500 selama kurang lebih setahun, namun subscribernya masih sedikit walaupun rutin update. Kontennya sendiri bukan konten satu topik, melainkan random yang isinya beragam.

Walaupun videonya sudah banyak, tapi belum bisa monetisasi juga. Ini membuktikan kalau mencari view itu emang sulit. Enggak heran jika seringkali kita melihat konten nyleneh dan aneh demi bisa viral.

channel-youtube-sega-jangan

Channel youtube milik Kang Toro.

Selain itu ada juga channel youtube milik rekan blogger yaitu mas Khairul dengan channelnya di Khairulleon yang bertemakan wisata. Kontennya pun cukup menarik karena satu topik dan subscribernya mencapai 68,7 ribu dari 201 video yang diupload.

Namun sayangnya jumlah tayangannya tidak banyak hanya sekitar 42.500 per bulan. Penghasilan pun hanya sekitar US$11 – US$170 atau kalau diambil tengahnya US$85 atau sekitar 1.2 juta.

Oleh karenanya, ia sendiri pernah bilang ke saya kalau videonya sedikit viewnya. Memang, ngonten youtube itu gampang-gampang susah walapun videonya cukup bagus.

Lalu, bagaimana sih jelasnya cara meningkatkan view youtube dengan video blog ini? Dan video blog itu apa sih?

Seperti di atas saya ceritakan, video blog adalah blog dengan konsep video, dimana template blognya memang disetting dengan konsep video dan artikel. Bagian header berisi video, dan dibawahnya berisi artikel dan bisa dibubuhi gambar. Jadi thumbnailnya pakai video. Sehingga bisa mirip seperti youtube. Bahkan ada template yang mirip sekali dengan youtube. 

Untuk contoh youtuber dan blogger yang sudah menerapkan ini yaitu mas Iwan dengan blognya di iwanbanaran.com. Ia sendiri basic-nya adalah seorang blogger yang kemudian merambah jadi youtuber di bidang otomotif sepeda motor. 

Video-blog-untuk-double-penghasilan

Video blog milik mas Iwan di  www.iwanbanaran.com   yang headernya berupa video youtube dan bawahnya kolom artikel. 

Untuk blognya sendiri menggunakan template khusus untuk video blog, dimana pada bagian header terdapat kolom slider untuk channel youtubenya, kemudian di bawahnya terdapat artikel blognya. Dengan begitu setiap kali ada yang berkunjung ke blognya, pengunjung akan tahu bahwa mas Iwan ini punya channel youtube dan pengunjung bisa nonton bahkan subscribe. Tapi jika pengunjung hanya ingin membaca artikelnya, pun sudah tersedia. 

Untuk penghasilan dari video blognya menurut website statshow.com dengan visitor harian sebanyak 7,687, mencapai US$50 atau sekitar 700 ribu perhari atau sekitar 21 juta per bulan. Belum lagi iklan banner yang kadang terpasang di blognya. Atau dari jenis penghasilan lain seperti guest post, affiliasi, jualan produk, tentunya akan lebih banyak lagi. 

Sedangkan untuk youtubenya sendiri, per bulan bisa mendapatkan penghasilan dari US$1500 – US$23.700 yang kalau diambil tengahnya atau sekitar US$12.000 ketemu 168 juta. Di tambah dengan penghasilan blog, tentu jumlahnya menjadi sangat banyak. 

gaji-video-blog

Gaji dari video blog www.iwanbanaran.com untuk adsense saja. 

gaji-youtube

Penghasilan dari youtube Iwan Banaran untuk adsense saja. Lihat kotak biru.  

Dan, keuntungan yang berlipat seperti apakah jika kita memanfaatkan video blog? 

Saya pikir, banyak youtuber belum memanfaatkan video blog untuk memaksimalkan penghasilannya. Apalagi youtuber pemula yang masih mengandalkan smartphone untuk ngonten. Padahal dengan video blog, keuntungan yang didapatkan bisa berlipat ganda, di antaranya yaitu :

1. Tayangan dan subscriber youtube akan meningkat karena video blog bisa merajai di mesin pencari

Jika Anda membuat video blog untuk channel youtube Anda, maka Anda sudah selangkah lebih maju dari para kompetitor. Apalagi karena seringkali saat kita mengetikkan kata kunci di google, yang muncul adalah video youtube. Artinya, video blog Anda akan mendapatkan lebih banyak pengunjung, dan youtube Anda berpotensi besar pada peningkatan view dan subscribernya.

Di tambah lagi karena blog yang didukung konten video, SEO (search engine optimazization) nya lebih bagus. Sehingga potensi masuk page one google lebih besar. Gimana, mau coba

konten-youtube-menempati-page-one-google

Lihat, konten youtube menempati urutan teratas pencarian google.

Berikutnya pada deskripsi video youtube Anda, Anda juga bisa menaruh alamat video blognya. Sehingga potensi kunjungan artikel akan semakin meningkat. Double kunjungan kan jadinya?

2. Gaji tambahan dari iklan adsense atau iklan manual

Di video blog ini, kalian juga bisa memasang iklan adsense selain dari adsense youtube. Dan untuk diketahui, monetisasi iklan untuk blog itu lebih mudah ketimbang youtube.

Untuk blog dengan 20 artikel saja, sudah bisa terima iklan. Saya saja daftar adsense blog 2 hari keterima untuk 2 blog. Apalagi jika itu blog bule berbahasa Inggris. Jadi tak perlu nunggu youtube Anda di terima monetisasi, tapi bisa lebih cepat cuan lewat video blog ini.

Selain iklan adsense, kalian juga bisa pasang slot banner untuk iklan manual seperti yang dilakukan oleh mas Iwan. Misal sebulan 100 ribu untuk banner 300x300px, atau sesuai tarif yang Anda pasang.

slot iklan banner

Contoh slot iklan banner di sidebar video blog

3. Gaji tambahan dari content placement atau guest post

Bagi para blogger seperti saya, content placement atau guest post adalah jalan ninja dalam mencari penghasilan. Jadi di sini blogger akan mereview sebuah produk atau jasa dari pemilik brand, dan kemudian mendapatkan upah.

Blogger sendiri bisa menulis sendiri artikelnya, atau pun artikel yang siap publish dari klien pun bisa. Jika nulis sendiri maka bayaran lebih mahal ketimbang yang siap publish.

Untuk mendapatkan job review ini, blogger bisa bergabung dengan komunitas blogger baik di facebook atau whatsapp, ataupun mendaftar menjadi freelancer di situs freelancer. Tenang, saat ini ada banyak situs freelancer yang siap membayar para blogger.

affiliasi

4. Gaji tambahan dari Affiliasi

Selain dari content placement, blogger juga bisa cuan dari affliasi. Affliasi yaitu jenis bisnis online dimana kita hanya mereferensikan sebuah produk atau jasa hanya dari sebuah replika link.

Semisal saya sudah daftar jadi member di Ardhosting, kemudian saya dikasih link unik yang bisa dipromosikan. Jika ada pelanggan dari link tersebut, maka saya akan menerima komisi. Semakin banyak pengunjung datang, potensi penghasilan pun akan semakin besar.

jualan produk

5. Gaji tambahan dari Jualan produk

Di video blog ini kita juga bisa jualan produk. Semisal kita adalah pecinta kucing, kita bisa jualan makanan kucing atau aksesoris kucing. Dulu saya pernah jualan layang-layang dari blog juga, namun hanya blog biasa, bukan video blog.

lomba-blog

6. Gaji tambahan dari Join lomba blog

Bagi saya yang blogger lepas, lomba blog adalah jalan ninjaku. Saat ini ada banyak sekali lomba blog yang bisa diikuti dan hampir tak pernah absen infonya. Hadiahnya pun cukup menarik. Mulai dari uang tunai, voucher belanja, gadget seperti laptop atau smartphone, jalan-jalan, dan banyak lagi yang lainnya.

jualan-kelas

7. Gaji tambahan dari dari buka kelas

Kalau kalian punya kelas pelatihan yang ditawarkan via youtube, kalian juga bisa mempromosikannya di video blog.  Misal kalian punya ilmu peryoutuban, adanya video blog ini akan mempermudah pengunjung menemukan bisnis Anda di mesin pencari. Dengan begitu penjualan akan makin meningkat. 

Pada praktiknya, kalian bisa membuat landing page yang atau halaman penjualan. Jika landing page ini sering masuk page one google, potensi penjualan kelas pun makin besar.

Nah, ada banyak banget kan potensi cuan yang didapat dari video blog ini? Aliasnya pendapatan kalian bukan hanya dari youtube saja, tapi dari video blog juga. Di tambah lagi jika youtube kalian juga dapat endors, affiliasi, bahkan jualan, penghasilan pun akan berlipat-lipat. Dan kabar baiknya, masih belum banyak para youtuber yang melakukannya. Jadi, ini kabar gembira untuk Anda. 

Lalu, bagaimana sih cara membuat video blog itu sendiri?

Karena kita akan menggunakan wordpress, maka yang pertama kali kita lakukan yaitu menyewa hosting. Dan salah satu rekomendasi Web Hosting Terbaik dan Murah di Indonesia yaitu Ardhosting karena fitur dan keunggulan yang nanti akan saya jelaskan, layak untuk dicoba.

Namun di sini saya hanya akan membahas secara singkat saja ya guys, karena akan sangat panjang jika dibahas semua, berikut langkah-langkahnya.

1. Pilih nama domain dan registrasikan

Untuk membuat video blog ini, pertama-tama silahkan pilih nama domain dan daftarkan di Ardhosting. Nama domain ini ibarat alamat rumah Anda. Semisal channel youtube Anda tentang tanaman hias, maka Anda bisa menamai domain Anda dengan www.tanamanhias.com.

Domain inilah yang akan membuat orang tahu dimana bisnis Anda. Buatlah nama domain pendek dan mewakili kata kunci, namun mudah diingat.

pilih-nama-domain

Pilih nama domain di Ardhosting

2. Siapkan hosting sebagai tempat menaruh file-file Anda

Setelah nama domain didapat, berikutnya yaitu memilih hosting untuk menaruh file-file Anda. Misal WordPress Hosting Terbaik dan Handal dari Ardhosting, dan kemudian pilih daftar.

Oiya, jika domain berfungsi sebagai alamat rumah, maka hosting berfungsi sebagai etalase tempat menaruh barang-barang Anda atau dalam hal ini file-file video, gambar, atau artikel Anda.

wordpress-hosting-terbaik-dan-handal

September Spekta! Dapatkan DISCOUNT Upto 60% untuk Paket WordPress Hosting Selama Periode Promo s/d 30 September 2022

3. Install WordPress di hosting Anda

Setelah domain dan hosting didapat, selanjutnya kalian bisa install wordpress di akun Ardhosting Anda. Tenang saja, tim Ardhosting akan siap membantu jika baru pertama kali membuatnya. 

4. Install template video blog dan atur sedemikian rupa settingan wordpress

Setelah terinstall, kalian bisa install template video blog. Ada banyak sekali penyedia template video blog yang tersebar. Baik itu yang gratis ataupun berbayar. Namun yang berbayar memberikan fitur lebih.

Kalian bisa mencarinya di google dengan kata kunci “template video blog” dan pilih yang sesuai keinginan. Baik yang lokal atau buatan luar negeri pun, di situ ada banyak.

Setelah itu kalian bisa atur settingan wordpress. Misal seperti logo video blognya, menunya, jenis fontnya, link URL-nya, dan sebagainya.

template-video-blog

Memasang template video blog. Ini contoh punya saya. 

5. Buat halaman video blog Anda

Setelah selesai, kalian bisa mulai posting halaman video blog Anda. Kalian bisa ambil URL youtubenya sebagai header, kemudian siapkan artikel yang akan ditampilkan.

Jika kalian belum bisa membuat artikel, ada banyak penyedia artikel di internet dengan harga bervariasi. Namun akan lebih baik jika belajar menulis sendiri karena ada keuntungan tersendiri untuk itu.

Kalaupun tanpa artikel pun tak masalah karena ini video blog. Namun lebih baik berikan keterangan seenggaknya 300 kata agar video blog Anda bisa terindeks oleh google.

penempatan-URL-youtube-di-video-blog

Beginilah cara menempatkan URL youtube di video blog di blog saua. Di bagian header akan menjadi video, dan dibawahnya adalah artikel.

Duh, pasti itu sulit

Tidak ada ada yang sulit di dunia ini kalau kita mau belajar. Lagian jika kita perlu bantuan, tim Ardhosting siap membantu apapun dan kapanpun yang kamu perlukan selama 24 jam 7 hari. Kalau kalian sudah bisa menggunakan internet dan komputer secara sederhana, itu pun sudah cukup untuk belajar.

By the way, mengapa sih harus pilih Ardhosting?

Ardhosting adalah brand image dari PT. ARDH GLOBAL INDONESIA yang sudah ada sejak tahun 2000. Aliasnya sudah 22 tahun berjalan. Ardhoting berfokus pada jasa layanan hosting dan registrasi domain untuk para kreator yang ingin mengembangkan usaha dan bisnisnya lewat website atau blog. Baik website atau blog lokal ataupun internasional. Karena lokasi servernya bukan hanya di di Indonesia (IIX), tapi di Singapore (SGP) dan United States (USA)

Dengan slogan “Fast & Reliable Webhosting” Ardhosting memiliki tekad untuk menghadirkan layanan web hosting serta domain murah namun cepat dan handal mengikuti kebutuhan konsumen. Beberapa alasan mengapa Anda harus pilih Ardhosting di antaranya sebagai berikut :

harga-terjangkau

1. Harga terjangkau

Untuk pemula yang ingin website sendiri, Ardhosting punya paket hosting pemula mulai dari Rp 7.000,- perbulan. Ini cocok untuk mereka yang baru belajar mengelola website atau blog, ataupun video blog.

cpanel plesk

2. Mendukung cPanel & Plesk

Untuk system operasi Linux, Ardhosting punya kontrol panel Web Hosting Manager (WMH) dan cPanel. Sedangkan untuk Windows, Ardhosting punya Parallels Plesk. Control panel ini berfungsi untuk mengatur dan memudahkan pemilik blog atau website dalam mengatur hosting miliknya.

ICANN

3. Ardhosting merupakan partner resmi ICANN

ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) adalah lembaga yang mengatur terkait nama domain dan pengorganisasian atas semua domain name system (DNS) di internet.

Lembaga ini didirikan pada 18 September 1998 dan berpusat di California Amerika Serikat. Dan Ardhosting sendiri merupakan partner dari ICANN.

Di Ardhosting, kalian bisa mendaftarkan domain baru ataupun transfer domain. Dilengkapi juga dengan panel kontrol untuk manajemen fitur dari domain itu sendiri. Seperti melakukan pengubahan name server, registrasi child name server, mengubah detail kontak, redirect, dan lain-lain.

map world

4. Letak server di berbagai negara

Ardhosting memiliki server yang terletak di berbagai negara. Seperti Indonesia (IIX), Singapore (SGP), United States (USA) dan Hongkong. Pemilihan letak server ini penting dilakukan jika target market Anda adalah orang luar negeri. Seperti Amerika misalnya, karena konten Anda berbahasa Inggris.

customer-service-24jam-7hari

5. Fast Response 24/7

Apapun kebutuhan Anda, Ardhosting siap membantu dalam 24 jam 7 hari dengan ramah dan cepat, karena Ardhosting mengutamakan kepuasan konsumen. Selain itu, Anda pun bisa melakukannya lewat online chat ataupun ticketing sytem yang terintegrasi.

6. Softaculous untuk install apps dengan mudah

Softaculous adalah software yang berisi banyak apps seperti wordpress, joomla, open cart, dan sebagainya. Untuk membuat video blog atau website, kalian bisa pilih wordpress kemudian install dengan satu klik. Untuk membuat toko online, kalian bisa pilih open cart.

Selain keenam alasan di atas, Ardhosting juga melayani customer setiap saat, proses aktivasi hosting dengan cepat demi kepuasaan konsumen, menggunakan tekhnologi terbaru, dan jaminan uang kembali.

Selain keunggulan di atas, Cloud Hosting Indonesia Terbaik & Handal dari Ardhosting juga didukung fitur-fitur canggih, di antaranya sebagai berikut :

cloud-linux-system

1. CloudLinux Operation System

Dengan cloudLinux, server akan bekerja lebih stabil sehingga jaminan up time pun akan lebih baik. Dengan begitu website atau video blog dapat terus diakses tanpa kendala. Cloudlinux juga membuat server jadi lebih aman.

layered-backup

2. Layered back up

Ardhosting memberikan layanan back up blog atau website dalam harian, mingguan, atau bulanan. Sehingga data-data dalam website atau blog Anda akan terus tersimpan dengan baik.

Adanya fitur backup terupdate ini akan membuat konten kita lebih aman tersimpan tanpa takut hilang. Ya soalnya dulu saya pernah kehilangan 2 artikel karena server down. Ngenes banget rasanya.

lite-speed

3. Web Server LiteSpeed

Web Server LiteSpeed ini berfungsi agar website atau video blog Anda bisa 40 kali lebih cepat dibanding memakai apache, selain dapat meminimalisir terjadinya overload pada server.

Jadi ketika website atau video blog Anda ditemukan di pencarian search engine, terbukanya bisa lebih cepat dan pengunjung pun tidak kabur.

ssd

4. Pure SSD Storage

Dengan SSD, kecepatan website Anda bisa 8x lebih cepat ketimbang storage normal. Ini bisa diibaratkan laptop dengan SSD yang lebih cepat ketimbang HDD. Apalagi dengan tambahan fitur Web Server LiteSpeed di atas.

imunify360

5. Imunify 360

Imunify 360 adalah software keamanan yang canggih dan optimal generasi terakhir yang akan mencegah kejahatan cyber seperti phising, malware, bruteforce, yang akan mencuri data dan informasi di website atau video blog Anda. Software inilah yang akan memblokir semua serangan dengan cepat jika sudah terdeteksi.

Kesimpulan

Saat ini banyak sekali konten kreator di dunia youtube karena peluangnya sangat menjanjikan. Bahkan banyak juga blogger yang nyambi jadi youtuber karena tak ingin ketinggalan trend. Namun yang menjadi masalah adalah karena seringkali mencari viewer itu terkadang sulit. 

Tapi beruntunglah karena sekarang ada video blog. Jika dari youtube hanya menghasilkan adsense, endors, affiliate, jualan produk, atau kelas youtube, maka dengan video blog, youtuber juga berpotensi mendapatkan cuan dari adsense blog, iklan manual (banner), content placement, affiliasi, jualan produk, jualan kelas, lomba blog, jualan ebook, dan banyak yang lainnya. 

Jadi dengan dukungan video blog ini, keuntungan akan berlipat-lipat ganda. Terlebih dengan dukungan Web Hosting Terbaik dan Murah di Indonesia dari Ardhosting dengan berbagai keunggulannya, video blog Anda akan semakin populer dan keuntungan pun semakin berlipat-lipat ganda. Jadi, yuk bikin video blogmu sekarang juga! Mumpung masih sedikit yang menerapkannya. 

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Ardhosting. Klik banner di bawah untuk detail lombanya. 

lomba blog ardhosting
Bagikan biar yang lain tahu