Jualan di Blibli ternyata mudah. Untuk seller baru, dapatkan bonus modal promosi hingga 5,4 juta.

Hi teman, beberapa hari yang lalu saya sempat chat teman blogger soal jualan di Blibli karena ia juga jualan online. Ia mengatakan kalau jualan di Blibli itu sulit.

Mungkin karena ada beberapa atau banyak orang beranggapan bahwa berjualan di Blibli itu sulit. 

Ah masa sih?

Kemudian saya pun mencobanya karena kebetulan saya punya produk yang foto-foto produk dan deskripsinya sudah saya siapkan sedemikian rupa.

Lalu saya ketikkan deh alamatnya di  https://blib.li/blogcompetition4 dan coba daftar. Dan ternyata jualan di Blibli itu mudah lho, hanya dalam beberapa langkah saja berhasil.

Yang perlu kita lakukan hanya mendaftar seperti biasa dengan email dan nomor hp dan beberapa langkah sederhana lainnya, dan toko pun jadi. 

Kalau ada anggapan jualan di Blibli itu susah karena persyaratan yang bermacam-macam, itu tidak benar ya. Karena saya hanya perlu upload satu dokumen berupa KTP, dan hanya beberapa menit saja sudah jadi.

Menyesal deh kenapa tidak dari dulu saya jualan di Blibli? Oke deh, supaya lebih jelas, berikut langkah demi langkah jualan di Blibli dalam slide. Geser ya…

Dan yang bikin saya terkejut adalah karena saya dapat saldo bliklan sebanyak Rp 420.000,- dan itu banyak banget, guys..

Perinciannya seperti ini…..

Pertama-tama saya dapat Rp 20.000,- karena berhasil mendaftar jadi #BlibliSeller. Iya, jadi cuma daftar saja, saya dapat saldo Bliklan yang bisa dipakai untuk beriklan.

Selang beberapa hari setelah upload lebih dari 4 produk, saya cukup kaget bercampur senang karena dapat lebih banyak lagi yaitu Rp 300.000,-.

Saya pikir saya hanya dapat modal promosi Rp 320.000,- saja, namun ternyata ada tambahan Rp 50.000,- dari mendowload aplikasi #BlibliSeller, dan juga Rp 50.000,- karena saya membagikan produk dari app #BlibliSeller.

Ya masa sih cuma sepele gitu doang bisa dapat bonus segitu banyaknya.

Sayangnya saya gagal mendapatkan saldo Bliklan untuk task pengisian info alamat pengambilan (Rp 30.000,-) dan juga info legal pembayaran (Rp 20.000,-) karena melewati deadline. Andai tidak telat, pasti saldo bertambah Rp 50.000,-.

bonus-modal-promosi-bliklan-blibli

Bonus modal iklan Blibli senilai Rp 420.000,-

Saat ini saya sedang menantikan selesainya pesanan pertama karena bonus saldo promosinya cukup besar, yaitu Rp 100.000,-. (mengenai hal ini akan saya ceritakan nanti ya)

Saldo Bliklan ini bisa saya gunakan untuk booster jualan sebelum expired dalam 90 hari.

Apalagi sekarang kan musim lebaran dimana banyak orang pegang uang. Jadi kudu bener-bener dimanfaatkan biar jualan makin laris di musim ramadan dan idulfitri ini.

Dari pengalaman ini saya merasakan #RamadhanBerkahdiBlibli berkat bonus modal promosinya.

Dari pengalaman ini pula, sudah jelas bahwa berjualan di Blibli itu mudah untung banget karena seller baru berkesempatan mendapatkan modal promosi hingga 5,4 juta.

Jadi buat yang belum punya toko di Blibli, ini kesempatan emas untuk segera bergabung jadi #BlibliSeller. Untuk perincian saldo dari task apa saja, berikut perinciannya. 

bonus-modal-promosi-blibli

Ada 20 tugas yang harus diselesaikan untuk mendapatkan semua bonusnya. Saya sendiri baru selesai 6 lebih tugas karena masih baru. Iklannya sendiri masih sedikit yang melihat.

Namun akan saya pantau terus sampai performanya maksimal dan mendapatkan keuntungan jualan.

5,4 juta itu buanyak banget, guys! Dan di aplikasiku malah tertulisnya 5,6 juta.

Lalu, bagaimana sih cara menggunakan Bliklan ini? Ouh, gampang ko, coba ikuti turorial slide di bawah ini. Geser ya…

Note : Bliklan baru bisa diakses lewat website, sementara aplikasi belum. Mungkin akan menyusul.

Bagaimana, mudah kan cara pakai saldo Bliklannya?

Dan seperti saya katakan di atas, saya baru buka toko di Blibli.com beberapa hari yang lalu dan masih mencari pelanggan untuk membangun personal branding.

Oleh karenanya, saya masih banyak belajar tools-tools promosi dari Blibli untuk membooster jualanku.

Beberapa pengalaman saya jualan di Blibli.com yang bisa saya ceritakan di antaranya sbb :

1. Jualan makin mudah pakai app #BlibliSeller

Blibli.com mendukung para seller dengan menyediakan aplikasi khusus jualan dalam bentuk aplikasi android atau apple bagi pengguna iPhone.

Karena saya pengguna android, maka saya akan bahas pengalaman jualan versi aplikasi android.

Di aplikasi ini saya bisa memantau jualan saya mulai dari upload produk, cek pesanan masuk, pesanan batal , diskusi dengan calon pembeli, mengetahui stock produk, retur produk, update promo, analisis produk, menyelesaikan task untuk mendapatkan saldo Bliklan, tarik dana, dsb.

aplikasi-blibli-seller

Aplikasi blibli seller dengan beragam manfaat

Oiya, di sini tentunya saya bisa belajar banyak tips berjualan yang terangkum dalam menu Pusat Edukasi. Namun hal yang menurut saya cukup menarik adalah karena adanya menu demografi.

Menu demografi yang terdapat di menu analisis ini akan menampilkan detail customer seperti jenis kelamin dan usia, beserta jumlah pesanannya.

Misal usia 25-34 tahun beli produk seberapa banyak dibandingkan dengan usia 35-44 tahun, dan dari jenis kelamin lak-laki atau perempuan?

Dengan bantuan demografi ini, saya bisa menentukan target market potensial dengan lebih mudah.

Misal saya ingin mempromosikan toko Blibli saya dengan cara eksternal melalui platform iklan yang mendukung fitur demografi, maka saya bisa mentarget calon customer di usia dan jenis kelamin tertentu. Dengan begitu potensi penjualan akan menigkat karena Blibli bisa menjadi acuan. 

Demografi-pelanggan-di-aplikasi-blibli-seller

Demografi pelanggan di aplikasi blibli seller

Pengalaman ada orderan masuk di Blibli untuk pertama kalinya

jualan-kenur-layangan-di-blibli

Produk jualanku di Blibli

Beberapa hari berjualan, ada satu pembeli baru yang membeli produk benang dan layangan saya. Dan ternyata proses menerima produk di Blibli itu mudah banget dan enggak ribet sama sekali, guys.

Jika ada pesanan baru, segera terima ya, guys. Karena jika tidak, maka akan otomatis batal atau autocancel.

Untuk punyaku sendiri yang masuk pada 8 Mei 2022 sekitar pukul 08.57 pagi, akan autocancel pada 11 Mei 2022 pukul 00.00 jika belum juga diterima. Nah, untuk menerima pesanan baru, caranya seperti ini ya, guys.

cara terima orderan blibli

Pertama, buka aplikasi Blibli seller dan klik pesanan baru

cara-terima-orderan-blibli

Kedua, klik pada bagian tulisan-tulisan di atas

cara-terima-orderan-blibli

Ketiga, klik buat paket

cara-terima-orderan-blibli

Keempat, klik buat paket lagi

cara-terima-orderan-blibli

Kelima, cetak label 

cara-terima-orderan-blibli

Keenam, ini penampakan label, cetak dan tempelkan

Setelah produk dipacking dengan kuat dan rapi, kemudian saya menempelkan label alamat di packingan dan mengirimkannya ke logistik.

Di sini saya tak perlu membayar apapun ke logistik karena ini cashless. Jadi tinggal kasihkan saja ke pihak kurirnya dan status penjualan di aplikasi #BlibliSeller akan berubah menjadi terkirim. Untuk kurirnya, di toko saya menggunakan SiCepat dan JNE.

 

Proses packing paketan dan mengirimkan ke logistik

Pengalaman saya berjualan selengkapnya bisa ditonton pada video berikut ini ya, guys.

2. Jualan pakai QR Code di pintu

Kemarin saat ubak-ubek dashboard seller Blibli, saya menemukan fitur promosi berupa kode barcode yang bisa discan dan kemudian muncul toko kita.

Ya udah deh saya coba download kode QR ini dan pasang di depan pintu. Lalu saya tambahkan keterangan “jual kenur layangan Blibli.com” di kertasnya.

Karena saya penasaran, saya pun mencobanya dengan aplikasi utama Bibli hanya dengan men-scan icon kotak kecil di pojok kiri atas dan arahkan ke kode QR. Dengan seketika produk saya muncul.

Kode QR ini sengaja saya pasang di depan pintu agar pembeli yang datang ke rumah bisa scan barcodenya.

Gambar kode QR di pintu

Kalaupun mereka tidak membeli lewat aplikasi karena belinya bisa datang ke rumah, namun dengan memasang aplikasi ini, paling tidak saya sudah memperkenalkan Blibli ke mereka yang belum tahu.

Untuk para pemilik toko offline yang sudah kerjasama dengan Blibli, kode QR ini bisa dipasang di toko agar pelanggan bisa pilih-pilih produk dengan mudah.

3. Jualan di Blibli makin nyaman karena gratis ongkir

Hal yang paling menyenangkan saat belanja online adalah gratis ongkir (ongkos kirim) karena pembeli hanya membayar sejumlah harga barang saja.

Namun tentu saja bagi seller pun sama. Apalagi jika gratis ongkirnya dicover oleh pihak e-commerce.

Nah, beruntungnya jualan di Blibli juga ada subsidi ongkir. Dengan begitu saya dan pembeli tidak terlalu terbebani. Jadi bisa langsung checkout tanpa memikirkan ongkirnya.

Ini penting sekali karena saya sendiri seringkali batal belanja karena ongkirnya lebih mahal ketimbang harga barangnya. Ketentuan ongkirnya sendiri yaitu seperti ini.

blibli-gratis-ongkir

Ketentuan ongkir Blibli

4. Tips jualan dari instagram @blibliseller yang bermanfaat

Blibli memiliki akun instagram khusus guna mendukung para seller berjualan. Di situ ada banyak sekali tips jualan yang menarik untuk dipelajari.

Misalnya dalam membuat foto produk lebih menarik, Blibli mengajarkan untuk memotretnya di bawah bayangan air. Hasilnya jadi seperti ada bayangan-bayangan gitu dan hasilnya cukup menarik. Ini videonya.

Kemudian tips yang tak kalah bermanfaat yaitu mengenai tools riset kata kunci seperti ubbersuggest atau wordtracker.

Tools ini dapat meriset kata kunci sebuah produk, untuk menemukan kata kunci mana yang pencariannya banyak, namun pesaingnya sedikit. Dengan begitu, produk yang akan dijual nantinya potensinya lebih besar keuntungannya.

Dan tentu saja ada banyak sekali tips jualan lainnya di instagram @blibliseller. Selain itu ada juga tiktoknya di @blibliseller yang juga memberikan info tips berjualan. Jadi jangan lupa follow ya guys untuk tips jualan terbarunya.

5. Kelas webinar gratis #BlibliSeller 

Blibli memiliki banyak program pembelajaran gratis buat para seller lewat webinar yang selalu diadakannya.

Nah, karena saya seller baru, saya pun ikutan webinar ini untuk menambah skill saya dalam berjualan. Misalnya karena saya sudah mendaftar webinar untuk hari Rabu tanggal 11 Mei 2022 besok.

Tema yang dibawa yaitu operasional toko 101 : cara tepat untuk memulai setelah liburan lebaran.

Webinar ini sepertinya dilakukan via zoom atau live streaming youtube. Dan saya pun sudah mendapatkan undangan via email untuk bisa masuk ke webinarnya. Ini bannernya. 

webinar-gratis-blibli-seller

Dan ini tiket saya.

webinar-gratis-blibli-seller

Karena acaranya banyak, kedepan saya bisa daftar lagi untuk acara edukasi lainnya. Nah, selain webinar, saya juga mendaftar di grup edukasi seller facebook dan sudah diterima.

Karena masih baru, saya pun mengajukan pertanyaan terkait tips berjualan bagi seller baru. Semoga saja banyak yang membantu. Dan ternyata dijawab oleh tim Blilbi.  

Di grup ini, para seller bisa menanyakan apapun terkait jualan. Sesama member bisa saling membantu. 

 

grup-facebook-blibliseller

Grup facebook blibli seller

6. Daftar promo cuci gudang dan promo voucher diskon

Blibli menyediakan fitur promosi seperti promo cuci gudang dan voucher promosi. Karena saya seller baru yang ingin dapat penjualan, saya pun mendaftar kedua promo tersebut untuk semua produk jualan saya. Berikut penampakan saat saya daftar promo cuci gudangnya.

promo-cuci-gudang

Pendaftaran promo cuci gudang

Promo cuci gudang ini akan ditampilkan di halaman banner atas aplikasi dan website Blibli, sehingga produk jualan saya akan dilihat banyak orang, dan potensi penjualan pun meningkat.

Kalau saya lihat, produk jualan saya sudah masuk promo cuci gudang 5.5 yang akan berakhir pada 9 Mei 2022 nanti.

promo-cuci-gudang-blibli

Produk saya masuk promo cuci gudang 5.5

Selain promo cuci gudang, saya juga mendaftar kode voucher potongan harga untuk menarik pembeli berbelanja.

Ini saya lakukan karena saya masih seller baru. Jika pembeli sudah banyak, maka tingkat kepercayaan pun meningkat. Saya sendiri baru bisa kasih voucher diskon Rp 3.000,- dengan kuota 10 voucher.

Semoga saja deh voucher ini akan melariskan daganganku. Apalagi karena sudah saya daftarkan di promo cuci gudang juga. Ini screenshoot saat daftar voucher diskon. 

promo-seller-voucher

promo seller voucher

7. Pusat edukasi seller agar omset jualan makin meningkat

Seperti yang saya singgung di ataas, Blibli memiliki pusat edukasi seller yang didalamnya terdapat banyak sekali tips berjualan.

Baik dalam bentuk artikel atau video. Di sini saya sudah banyak baca tips dan video edukasinya yang cukup bermanfaat. Misal seperti cara menggunakan Bliklan, fitur promosi di Blibli, dan sebagainya.

Tutorial yang cukup membantu saya yaitu tentang cara penggunaan Bliklan karena membuat saya jadi mengerti bagaimana cara menggunakannya.

pusat-edukasi-seller-blibli

Pusat edukasi seller Blibli

Navigasinya sendiri pun rapi dan terbagi menjadi berbagai kategori. Seperti kategori produk maka akan membahas tentang produk.

Untuk kategori pengiriman maka akan membahas banyak tutorial pengiriman, serta banyak video edukasi lainnya yang bermanfaat.

Lalu yang paling dari kesemuanya adalah, bagaimana cara pencairan dana ke sellernya?

Untuk komisi ke seller akan diberikan 3 hari sekali setelah status delivered. Jika misal hari Senin statusnya delivered, maka hari Kamis komisi akan cair. Berikut detailnya. 

pembayaran-pesanan-seller-Blibli

cara-penarikan-dana-penjualan-di-Blibli

Akhirnya, itulah pengalaman saya jualan di Blibli.com yang begitu mudah dan menguntungkan. Terutama karena bonus saldo Bliklannya yang belum apa-apa sudah segitu banyaknya. Poko’e #PastiUntungPastiBlibli deh.

Saya yakin jika saya terus konsisten mengusahakannya, saldo Bliklan hingga 5,4 juta bisa saya dapatkan karena saat ini sudah bertambah lagi menjadi Rp 520.000,-.

Apalagi dengan bantuan berbagai macam fitur dukungan lainnya, tentu akan membuat jualan saya makin meningkat.

Dengan pembahasan di atas, anggapan jualan di Blibli sulit itu tidak benar. Karena jualan di Blibli itu nyatanya mudah dan menguntungkan.

Bagikan biar yang lain tahu