Semakin kesini semakin banyak sekali jenis wisata yang bermunculan di berbagai daerah. Untuk di Kebumen, baru-baru ini lagi tenar pasar etnik yang berada di Desa Grenggeng Kebumen. Kemudian ada juga Kampung Etnik yang berlokasi di Desa Pejagoan Kebumen. Kehadirannya semakin mewarnai dunia wisata Kebumen.

Untuk Kebumen sendiri walaupun hanya sebuah Kabupaten Kecil di selatan Jawa Tengah, ternyata menyimpan banyak tempat wisata menarik di dalamnya. Salah satu yang paling hits yaitu Pantai Menganti yang berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen. Kalau kamu berkunjung ke Kebumen, belum afdol rasanya kalau belum berkunjung ke sini.

Nah, buat kamu yang akan berkunjung ke Pantai Menganti Kebumen, kalau cuma sehari atau dua hari, tentu kurang puas dong menikmati keindahan pantainya. Paling enggak 3 hari 2 malam deh biar puas eksplor setiap sudutnya. Makanya kudu nginep. Terlebih di sini, di Pantai Menganti ini juga tersedia banyak penginapan lho. Jadi bisa menginap sambil melihat indahnya pantai.

Eh tapi takut kantong jebol dong nginep di hotel ?!

Gak usah khawatir, promo hotel kan banyak. Tinggal searching ada di Traveloka, semuanya ada dengan diskon menarik. Dan tanpa berlama-lama, berikut rekomendasi 5 hotel di Kebumen yang bisa jadi pilihan untuk tempat menginap.

1. Hotel Candisari 

Hotel Candisari ini aku udah apal banget. Tapi belum pernah masuk sih biarpun jarak dari rumah saya cuma 5 langkah hihihi.

Hotel Candisari Kebumen terletak di Karanganyar sebelah timur. Orang-orang nyebutnya Candisari. Candisari ini bukan hanya hotel, tapi ada restoran dan SPBU. Letaknya di jalan raya besar provinsi. Jadi kalau lewat jalur selatan menuju Yogyakarta (kalau dari barat) kamu akan melewatinya. Tempatnya cukup besar.

Letaknya emang sangat strategis karena berada di tepi jalan raya provinsi. Lalu di seberang jalan juga banyak bengkel dan ada penjual ketela atau peyem Bandung gitu. Deket sama stasiun Karanganyar buat yang mau naik kereta.

Baca juga : 

Tempat wisata yang dekat dengan ini yaitu Curug Silangit yang berada di Sidoagung Sruweng Kebumen dan juga Benteng VanderWijk Gombong. Kemudian jalan ke arah selatan yaitu ada Pantai Petanahan dan Pantai Suwuk. Sedangkan untuk sampai ke kotanya, cuma butuh waktu 30 menitan saja sudah sampai.

Review dari pengguna traveloka untuk hotel ini sih 8.3. Lebih spesifiknya untuk pelayanan dan fasilitas, misalnya karena pelayanan ramah, letaknya sangat strategis, makanan bervariasi, kamar besih, dsb.

2. Hotel Mexolie 

Yang kedua adalah Mexolie Kebumen. Lokasinya berada di Panjer Kebumen dan berada dekat dengan pusat kota. Tepatnya berada di Jl. Merak II No. 8, Panjer, Kebumen. Jadi kalau mau ke Pusat kota deket banget. Hotel ini memiliki bangunan dengan terdiri dari 4 tingkat dan kamar yang mewah. Bisa Anda lihat sendiri pada gambar. Dan pada bagian dalamnya terdapat kolam renang buat Anda yang suka berenang. 

Tempat wisata terdekat dengan hotel ini yaitu seperti kampung etnik di Pejagoan yang hanya butuh beberapa menit, kemudian Goa Karangsambung dan Waduk Jembangan. Waduk Jembangan ini sangat popular karena tempatnya menarik dan terdapat café di atas air. Fasilitas umum terdekat dengan Mexolie Hotel yaitu seperti : Stasiun Kebumen : 0,12 km, Taman Kota Kebumen : 0,62 km, Terminal Bus Kebumen yang berada di Kedung Bener selatan yaitu 2,59 km, Stasiun Larangan yaitu 4,66 km. Dan juga Pasar Tumenggungan Kebumen juga deket banget buat kamu yang pengen keliling-keliling pasar.

Baca juga : 9 Tips Naik Bus yang Perlu Kalian Perhatikan agar Selamat sampai Tujuan

3. Moetel Kebumen by Daffam

Motel Kebumen ini belum lama dibangun. Motel ini masih jaringan dari Daffam hotel. Saya tahu pas hotel ini dibangun beberapa tahun lalu. Seringkali saya lewat sampingnya dan bangunannya dari luar terlihat menarik. Lokasinya sangat dekat dengan pusat kota Kebumen hanya sekitar 1 km saja.

Untuk pusat perbelanjaan, penginapan ini dekat dengan Rita Pasaraya dan Jadibaru Kebumen. Kedua mall ini adalah Mall kebanggaan warga Kebumen. Kamarnya sudah pasti nyaman. Dan yang tak kalah menarik karena ada tempat makan roof top dan bisa melihat langsung pemandangan malam kota Kebumen dari ketinggian.

4. Hotel Putra

Hotel Putra Kebumen juga letaknya dekat pusat Kota Kebumen. Namun lebih ke arah selatannya lagi. Kalau saya lihat sekilas dari luar, hotel ini cukup minimalis dan letaknya persis di tepi jalan raya kota. Buat yang mau liburan ke Kebumen, hotel ini cocok sebagai tempat menginap karena budget permalamnya cukup terjangkau. Yaitu hanya Rp 245.410 permalam. Baik Mexolie Hotel, Hotel Putra, Moetel Kebumen by Daffam, letaknya masih berdekatan di area pusat kota. Jadi ada banyak fasilitas-fasilitas umum yang bisa digunakan seperti diatas saya terangkan.

5. Hotel Aman 

Hotel yang kelima yaitu hotel Aman. Hotel ini berada di Panjatan Karanganyar. Kalau dari Hotel Candisari masih jalan terus ke arah barat. Hotel ini sudah ada sejak lama. Dari luar terlihat agak sepi tapi tetap beroperasi. Denger-denger tarif permalamnya murah. Pernah ada yang bilang cuma 70 ribu permalam.

Hotel aman ini cukup menarik sebagai tempat menginap, karena dekat dengan swalayan atau Mall Pusaka Indah yang cukup besar, kemudian Mall Mitra Sehati, dan juga pasar Karanganyar yang cukup besar buat kalian yang mau cari oleh-oleh atau belanja apapun bisa di pasar tradisional ini. Mau cari makan malam tengah malam, ada dong. Karena Karanganyar itu seperti pusat kota yang selalu ramai.

Ada banyak angkringan dan warung tenda di pelataran pasar atau sebrang jalan. Minimarket seperti alfamart dan indomaret juga ada disini.

Baca juga : Menemukan Permata Tersembunyi Saat Kulineran dengan Treats by Traveloka Eats

ATM dari berbagai bank juga berjejer di pelataran Mall Pusaka Indah. Bank BRI dan Bank Jateng juga ada di sini. Hotel ini emang kecil, tapi dikelilingi fasilitas umum yang cukup banyak, jadi gak bakal bingung saat mencari fasilitas yang kita butuhkan. 

Nah, itulah 5 rekomendasi hotel di Kebumen. Semoga bisa menjadi teman perjalanan Anda di kota beriman ini. Nginep Mana Lagi di Kebumen karena Bisa Jadi Cerita teman-teman atau anak cucumu kelak.