Semenjak kemunculan pandemi, digitalisasi benar-benar berkembang pesat. Salah satu yang cukup merasakan dampaknya adalah para pelaku bisnis. Mau tidak mau mereka dipaksa mempelajari tentang digital marketing jika tidak ingin gulung tikar. SEO adalah salah satu bagian digital marketing cukup penting. Itulah sebabnya jasa SEO profesional saat ini mulai dicari-cari.

Melihat peluang tersebut, saat ini banyak sekali orang membuka jasa layanan SEO dengan iming-iming website klien bisa tampil di halaman pertama. Namun, tentu saja tidak semua berkualitas. Ada beberapa kriteria yang bisa Anda gunakan dalam memilih jasa tersebut. Semua itu akan dibahas pada penjelasan kali ini sehingga Anda tidak perlu bingung lagi menentukan mana jasa paling tepat.

Kriteria Jasa Layanan SEO Terpercaya

1. Memiliki legalitas hukum

Sebenarnya layanan apapun jika sudah memiliki legalitas hukum yang jelas, bisa dipastikan layanan tersebut aman digunakan. Tidak akan ada potensi terjadinya penipuan. Kalaupun ada, kemungkinannya pasti akan jauh lebih kecil. Hal itu juga berlaku pada layanan SEO. Apabila mereka sudah memiliki izin resmi dalam pembukaan usaha, silakan pilih layanan tersebut.

Lalu, sebenarnya apa fungsi dari memiliki legalitas hukum ini? Yang jelas, ketika ada masalah terkait pelayanan maupun kualitas, Anda bisa meminta pertanggungjawaban secara jelas. Lain halnya jika mereka tidak memiliki izin atau legalitas. Akan ada kemungkinan mereka akan lari dari tanggung jawab ketika menerima komplain dari kliennya.

Baca Juga : 6 Alasan Yang Memaksaku Jadi Full Time Blogger! Berat Gak Sih?

2. Kejelasan profil

Setelah memastikan bahwa layanan tersebut sudah memiliki izin resmi dalam membuka usaha, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui mengenai kejelasan profil jasa tersebut. Cara paling mudah melakukan pengecekan adalah mendatangi langsung websitenya. Apabila seluruh profil seperti sejarah berdiri, visi misi, kontak, atau alamat terpampang jelas, jasa tersebut memang bisa dipercaya.

Namun, Anda juga harus berhati-hati karena beberapa oknum sudah mengetahui hal tersebut. Mereka seakan-akan memberikan penjelasan profil secara lengkap. Akan tetapi, ketika dicari, alamat pada website tersebut ternyata tidak ada. Di sini penting untuk melakukan beberapa cara sekaligus agar bisa menutupi kekurangan seperti ini.

Baca Juga : Terbukti Menghasilkan, Ini Dia Step by Step Mendapatkan Uang dari Blog- Pengalaman Pribadi

3. Memiliki testimoni positif

Untuk melihat secara jelas apakah layanan SEO tersebut memang layak digunakan, Anda bisa melihat dari testimoni para klien. Seperti poin sebelumnya, biasanya testimoni juga ditampilkan pada website. Jika jasa tersebut memiliki setidaknya 10 testimoni positif real, Anda bisa mempercayai layanan tersebut. Sebaliknya, apabila jumlahnya sedikit atau bahkan tidak ada, sebaiknya berhati-hatilah.

4. Harga yang  masuk akal

Sangat penting untuk melakukan survei ke beberapa jasa terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Anda bisa melakukan perbandingan harga antara satu dengan lainnya. Jangan terlalu tergoda harga murah, namun juga jangan sampai terjebak ke harga terlalu mahal. Dari survei harga tersebut, nantinya Anda akan menemukan harga standar dari sebuah layanan.

5. Adanya garansi

Jasa yang memang terbukti berkualitas tidak akan ragu memberikan garansi kepada klien mereka. Garansi ini bisa berupa garansi waktu cepat, garansi masuk halaman pertama mesin pencarian, maupun garansi uang kembali apabila hasil tidak memuaskan. Salah satu jasa yang berani memberikan garansi adalah Stucel. Jika sudah menemukan, Anda tidak perlu khawatir tentang apapun lagi.

Itulah beberapa kriteria yang menandakan bahwa sebuah jasa SEO profesional terbukti bisa dipercaya. Mungkin hanya melakukan satu atau dua, Anda sudah bisa mendapatkan jasa paling tepat. Namun, tidak ada salahnya juga mencoba mengecek kelima hal tersebut.