Dulu sewaktu sekolah, baju putih saya sering banget kena noda tinta atau coretan puplen. Tapi saya tidak tahu bagaimana cara menghilangkannya? Alhasil selama sekolah dari SD sampai SMA (SMK), cara membersihkan coretan tinta pun hanya dengan mengkuceknya dengan sabun colek. Dan itu sulit banget hilangnya, bahkan gak hilang. Dan selama itu pula, baju jadi sering terlihat kotor karena tak tau bagaimana cara menghilangkan noda tinta.

Maklum, dulu gak secanggih zaman sekarang yang kalau mau cari tutorial bisa ggoling saja saja. Nah, beberapa waktu lalu saya coba melakukan eksperimen menghilangkan noda tinta di kain putih. Berikut cara dan bahannya.

1. Menghilangkan noda tinta pulpen, spidol merah, dan spidol white board marker dengan sunlight

Sebelumnya saya sudah coba cara menghilangkan noda oli dan minyak pakai sunligt. Dan hasilnya bisa hilang sampai beneran bersih. Dan saya pun punya inisiatif menghilangkan noda tinta dengan bahan ini. Kali ini saya mencoretkan noda tinta pulpen, spidol snowman (spidol besar yang buat nulis di papan tulis putih, a.k.a white board marker), dan spidol merah biasa.

Kemudian saya pun membasahi kain dengan tiga jenis tinta tersebut pada kaos dalam milik saya, lalu saya olesi dengan sunlight pencuci piring, kemudian saya kucek berulang kali menggunakan tangan. Hasilnya, noda tinta hilang semua. Hmmm, apakah mungkin ini tips yang dipakai laundry untuk membersihkan pakaian para pelangganya.

Cara menghilangkan noda tinta di baju

Yang saya bikin kagum itu pas ngucek noda spidol besar. Begitu saya oleskan sunlight, dia langsung pudar, padahal nodanya udah menempel sekitar 1 jam. Apalagi noda pulpen, lebih cepat pudarnya. Mungkin karena jenis kain ini teksturnya renggang, jadi kelihatan lebih bersih. Untuk noda merah spidol, juga hilang. Saya melakukan percobaan ini sebanyak dua kali. Dan memang beneran hilang, namun untuk spidol merah butuh waktu lebih lama. Pada kain kaos dalam yang teksturnya renggang, ini cukup efektif menghilangkan noda.

2. Pakai odol untuk tinta pulpen

Percobaan kedua saya menggunakan odol atau pasta gigi. Pertama saya coretkan kain putih (kali ini saya pakai kain putih tebal) dengan pulpen biasa yang buat nulis, lalu saya basahi kain putih tersebut selama beberapa saat.

Setelah itu saya oleskan odol atau pasta gigi dan diamkan beberapa saat. Setelah itu saya sikat dengan sikat gigi bekas selama beberapa menit sambil sesekali dikucek agar noda cepat hilang. Dan benar saja, noda coretan pulpen hilang dan baju bersih kembali. Cuma cara ini agak sedikit sabar ya sampai benar-benar bersih.

Cara menghilangkan noda tinta pulpen di pakaian

Nah, pada kain putih tebal, saya coba coretkan noda white board dan juga spidol merah. Kemudian saya bersihkan dengan dengan odol ini. Pada noda spidol white board, hasilnya agak sulit bersihnya karena mungkin kainnya tebal. Tapi saya kucek-kucek terus sampai akhirnya nodanya tinggal sekitar 5% aliasnya tinggal dikit banget. Tapi untuk noda pulpen biasa dan spidol merah, nodanya lebih mudah hilang.

Selain cara di atas, bisa juga dengan bahan penghilang tinta yang bisa dibeli toko bahan kimia, atau bisa juga pakai penghilang cat kuku. Untuk penghilang cat kuku, mungkin nanti akan saya coba karena kayaknya ponakan punya sih. Kalau saya lihat di youtube sih, menghilangkan noda tinta pakai penghilang cat kuku terbukti mengurangi noda.

Selain itu, saya juga pernah membaca cara menghilangkan noda tinta bisa pakai cuka yang dicampur air dan mempraktekkannya, tapi enggak bersih banget sih karena nodanya masih menempel. Saya bersihinnya pakai cotton bud. Atau mungkin cara saya yang salah atau gimana, saya kurang paham.

Kemudian pernah saya baca, katanya bisa pakai garam, alcohol, dan susu. Tapi hanya artikel semata tanpa ekperimen atau percobaan.

Dan semua cara di atas itu sudah saya buktikan ya dan emang ada yang berhasil ada yang enggak. Bukan rekayasa. Sebelumnya saya juga udah nonton videonya di youtube. Jadi yang saya tuliskan emang benar dan sudah lewat uji coba. Dan kalian juga bisa melakukannya di rumah. Semoga berhasil.