Ini adalah noda minyak goreng.

Entah karena tak sengaja kecipratan minyak saat menggoreng makanan ataupun saat makan gorengan, baju kesayangan kita menjadi kotor dan bernoda. Dan itu bisa malu-maluin dong kalau misal itu baju formal buat ke acara resmi. Namun jangan panik saat baju kalian kena noda minyak. Entah itu minyak goreng yang masih jernih, minyak jelantah yang sudah hitam, atau oli bekas yang sudah hitam sekalipun.

Pakai saja sabun cuci piring seperti sunlight yang bisa kita beli di warung sebelah. Partikel dari sunlight ini memang diciptakan ampuh untuk memecah partikel minyak yang menempel. Logikanya kalau kita mencuci piring penuh minyak, dengan sunlight ini bisa hilang. Maka jika diterapkan di baju juga bisa ilang. Dan emang bener bisa ilang. Ini sudah saya praktekan sebelum menulis artikel ini.

Baca Juga : 4 Cara Agar Pakaian Wangi Tahan Lama – Cocok Buat Pria Yang Males Nyuci 

Sebenarya cara menghilangkan noda minyak di baju relatif mudah asalkan masih baru saja kena dan langsung dicuci dengan sabun. Jangan sampai menunggu lama karena bisa saja sulit ilang. Namun setelah mengetahui cara menghilangkan bekas minyak di baju paling mudah ini di cleanpedia, saya pun praktekkan di rumah apakah memang benar apa kata artikelnya?

Mulailah saya berkesperimen. Saya coba menempelkan minyak goreng bekas goreng tempe yang masih bening di baju kaos abu-abu milikku seperti foto header di atas. Saya ambil bagian bawah agar tidak terlihat bernoda jika semisal nanti noda minyak tidak bisa dihilangkan. Kemudian saya diamkan sebentar.

Ini adalah noda minyak goreng

Setelah itu saya oleskan sunlight pencuci piring ini dan kemudian saya cuci dan bilas dengan air bersih, lalu saya jemur. Karena penasaran, kemudian saya juga mengoleskan oli bekas yang sudah hitam ke bagian lain baju kaosku tadi. Saya teteskan sedikit saja di kaos. Lalu saya diamkan sebentar.

Ini adalah noda oli bekas yang sudah menghitam 

Setelah itu saya oleskan cairan sunlight jeruk nipis sampai menutupi semua bagian dan saya cuci dengan air bersih dan saya jemur. Setelah kering ternyata hasilnya, jreng-jreng…..

Masih ada nodanya. Kemudian saya oleskan lagi sunlight cair jeruk nipis tadi dan cuci bersih. Dan hasilnya kali ini bener-bener bersih. Baik noda minyak atau oli, ternyata hilang. Berarti sunlight emang ampuh ya? Aku juga agak enggak percaya gitu. Soalnya oli hitam gitu loh.

Baca Juga : 9 Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan Supaya Cepat Laris dan Berkembang

Noda minyak dan oli ilang semua dengan sunlight

Tapi saya penasaran jika hal itu dilakuan di baju putih karena lebih kontras nodanya, apakah memang bisa? Saya pun mencobanya. Kali ini saya mengoleskan minyak jelantah bekas goreng ikan buat mpus oyen kesayangan.

Jelantah ikan ini sudah hitam karena udah beberapa kali buat goreng. Kemudian saya oleskan ke kaos putih saya (kaos dalam). Di sampingnya juga saya oleskan oli bekas yang sudah hitam. Setelah dioles, saya diamkan beberapa saat sampai melekat.

Noda jelantah ikan berubah jadi kuning. Sementara noda oli berubah jadi hitam. Kemudian saya oleskan sunlight jeruk nipis pencuci piring dengan merata di kedua noda tersebut. Saya oles-oles sampai bener-bener menutupi noda. Saat di oles, noda kayak pudar gitu dan terlihat samar dan menghilang gitu.

Kemudian saya cuci dan kucek-kucek sampai bersih. Dan ternyata hasilnya, jreng-jreng, noda pun hilang hanya dengan sekali cuci. Namun masih ada kayak sisa kuning-kuning sedikit doang untuk noda jelantah ikan. Mungkin kurang lama kali ya nguceknya. Atau setelah dikucek bersih, kemudian rendam dengan detergen. Baru bisa bersih total. Eh tapi tanganku juga kuning banget sih soalnya habis parut kunyit. 

Baju putih kembali bersih seperti tanpa noda

Baca Juga : 7 Fashion Item Anti Mati Gaya yang Wajib Kamu Miliki

Sedangkan untuk noda oli bekas yang hitam malah bersih tak menyisakan noda. Dari experimen ini saya baru tahu kalau ternyata noda minyak, terutama oli bekas yang sudah hitam atau jelantah yang sudah hitam yang menempel di baju atau pakaian kita, bisa hilang dengan sunlight pencuci piring.

By the way, apakah kalian terpikirkan cara ini saat noda minyak atau oli menempel? Dulu sepertinya saya pernah baju saya kena oli. Tapi cuma tak sabun doang menyisakan noda hitam. Jadi enggak menarik deh.

Mulai sekarang kalian enggak perlu khawatir lagi kalau baju kena noda minyak atau oli. Oleskan saja sunlight cuci piring. Kalau saya pakai yang jeruk nipis sih yang harganya cuma 5000-an di warung. Kalau tips ini bermanfaat, boleh bagikan ya.