Memiliki rekening tabungan zaman sekarang sangatlah mudah. Kita tak perlu lagi pergi ke Bank untuk mengantri lalu menyiapkan berkas seperti fotocopy KTP atau data diri lainnya. Ya, internet memudahkan segalanya. Melalui gadget di genggaman tangan, kita bisa memiliki semuanya. Dan urusan menabung pun kini semakin mudah.

Seperti pengalaman saya beberapa hari yang lalu yang merupakan pengalaman pertama menabung online. Saat ini saya memiliki tiga rekening bank. Dan yang ke-empat ini adalah tabungan online. Saya mencobanya karena penasaran.

Jadi beberapa waktu lalu saya baru saja membuka tabungan online senyumku dan itu mudah banget. Yang saya lakukan hanyalah mendownload aplikasi senyumku di playstore kemudian mendaftarkannya.

Yang kita butuhkan hanyalah email aktif dan nomor telpon aktif saat pendaftaran. Kemudian setelah email terverifikasi, kita diharuskan mengupload foto copy KTP dan foto wajah kita agar kepemilikan rekening kita sah.

Setelah KTP dan foto kita upload, tunggu beberapa saat sampai pendaftaran benar-benar valid. Jika belum, maka kita belum bisa menabung. Kemarin aku daftar pukul 3 sore. Dan jam 5 kurang sudah selesai semuanya. Mudah banget pokoknya.

Oiya, batas minimal umur yaitu 17 tahun ya. Kemudian yang menarik dari senyumku adalah karena kita tak perlu setoran awal, kita sudah bisa memiliki rekening di senyumku. Kalau di bank pada umumnya, biasanya kita harus setor paling tidak 50 ribu sampai 500 ribu. Di sini tidak.

Tabungan Online Senyumku Fix Yes

Setelah pendaftaran selesai dan dinyatakan valid, ya, beres, semudah itu kita memiliki rekening. Berikutnya kita bisa menabung online di senyumku. Cara mengisi tabungannya pun mudah. Yaitu melalui metode transfer ATM dari bank lain, mobil banking, dan internet banking.

Hal lain yang bikin menarik adalah karena bunganya hingga 5% pertahun. Hmmm keren juga ya. Misalkan kita menabung Rp 1.000.000 selama setahun, maka kita akan dapat bunga 5% atau sebesar Rp 50.000,-

Eh tapi terpercaya gak tuh tabungan online senyumku ini?

Tentu saja, jadi senyumku ini produk dari PT. Amar Bank Indonesia yang sudah diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Layaknya bank besar dan ternama yang kita kenal. Inilah yang membuat saya merasa aman menabung di sini. Selain menabung, di sini kita juga melakukan beberapa hal. Seperti misalnya :

1. Mengatur keuangan seperti pemasukkan dan pengeluaran.

Fitur ini sangat memudahkan pengguna yang ribet dengan pengaturan keuangan. Di sini terdapat berbagai menu seperti belanja harian, pengeluaran rutin seperti listrik, bensin, air, cicilan, KPR, emoney, dan banyak yang lainnya. Anda bisa mencatat pengeluaran dan pemasukkan di sini dengan mudah.

Yang lebih menarik lagi adalah karena pengelolaan keuangan di senyumku semakin mudah karena dibekali fitur AI atau kecerdasan buatan yang dapat menganalisa kebiasaanmu cara mengatur keuangan.

2. Fitur Celengan Senyumku

Melalui fitur ini, kamu dapat membuat daftar keinginan yang ingin dicapai. Misal tahun depan ingin beli motor baru. Atau 5 tahun kedepan ingin beli beli laptop baru. Nah, bisa pakai fitur celengan ini. Setelah daftar keinginan dibuat, kamu bisa membua simulasi mengenai alokasi dana yang harus disisihkan setiap bulannya agar whislist kamu tercapai. Dengan cara tersebut, akan terbangun kebiasaan untuk menabung.

3. Auto Categorization

Yaitu fitur untuk mengakategorikan setiap transaksi yang kamu lakukan secara otomatis. Sehingga kamu bisa tahu kemana larinya uang-uang kamu selama ini.

4. Spending Alert

Yaitu fitur yang akan memberikan peringatan kepada kita jika pengeluaran hampir mendekati budget. Sehingga kamu tak perlu khawatir hidup jadi boros.

5. Spending Meter, Monthly Spending, dan Daily Digest

Yaitu fitur yang memungkinkan kamu membandingkan keadaan keuanganmu saat ini dengan target budget dan rata-rata di bulan sebelumnya. Tapi tenang saja karena senyumku akan memberikan analisa otomatis pada pengeluaran yang kamu lakukan kemudian memberikan rekomendasi-rekomendasi cerdas mengenai pengaturan keuangan. Sehingga kamu jadi seperti punya asisten pribadi dalam mengelola keuangan.

Dari beberapa fitur di atas, tentu menarik untuk dicoba. Saya pun sudah mendaftarkannya. Kamu kapan?