Hai sobat Kang Amir. 10 tahun yang lalu aku pernah bermimpi bisa hidup dari menulis, yang ternyata terwujud setelah 6 tahun setelahnya. Seneng banget deh rasanya. Tapi tentu saja itu semua aku lakukan penuh kerja keras dan perjuangan.

Kini, aku mulai membangun mimpiku lagi. Aku percaya bahwa keindahan mimpiku di masa depan dapat aku raih karena aku terus berusaha, apapun yang terjadi. Karena akulah yang mengendalikan nasibku, bukan orang lain. Dan inilah ceritaku menggapai mimpi jadi konten kreator internasional bersama ASUS VivoBook 15 A516.

Mmmmm, by the way, konten kreator yang bagaimana sih ya, Mas Amir?

Jadi nih ya sob, aku tuh pengin banget bangun youtube, namun dengan pengantar bahasa Inggris. Karena kalau kita bekerja di kancah internasional, reward yang aku dapat juga lebih menggiurkan. Tentu asik banget dong kalau pekerjaan kita dibayar pakai dollar gitu. Misal USD Amerika yang $1-nya sekitar Rp 14.000,-. Atau 1 Pound (£) Britania Raya yang nilainya sekitar Rp. 20.000,-.

Bagi orang-orang negara maju seperti Amerika, $1 mungkin terlihat kecil. Tapi bagi orang Indonesia itu gede sob. Apalagi mata uang euro atau pound. Aliasnya, aku pengen banget bisa bekerja cerdas agar bisa lebih menikmati hidup. Ibarat melewati jalan terobosan, kalau bisa lebih cepet kenapa enggak?

Aku sangat tertarik dengan youtube karena sangat menjanjikan. Namun jika umumnya youtuber Indonesia pakai bahasa Indonesia, aku mau pakai bahasa Inggris gitu sob biarpun aku orang dusun. Karena adsense Indonesia itu kecil sob. Perbandingannya bisa 1 : 10 jika dibanding negara lain seperti Amerika. Bahkan banyak orang bule bilang kalau Adsense Indonesia memang kecil . Soal jenis kontennya seperti apa, itu urusan nanti. Yang penting bisa English aja dulu.

Penghasilan sebulan dari channel youtube berbahasa Inggris Alexander White untuk 70.000 subsriber. Ini sangat memotivasiku untuk menggapai mimpi terbesarku.

Kalau youtube berbahasa Indonesia bisa gajian 500 ribu sebulan, maka youtube berbahasa Inggris bisa 10 – 15 kali lipatnya. Belum lagi jika bergabung dengan affiliasi atau iklan sponsor.

Setiap saat aku selalu memimpikan hal itu terjadi sambil mata berkaca-kaca. Bermimpi bisa ngomong English kayak vlogger bule yang bisa dengan cas cis cus aja di depan kamera.

Yeah, i am sure i can do it. Because everything starts with a dream. And I’m believe, my dream will come true.

Ih, nanti dilihatin orang, apa enggak ilfil, gitu?

Enggak dong, pede aja. Karena aku berpikir jauh kedepan akan masa depan. Aku ingin ngebuktiin kalau orang dusun juga bisa go internasional biarpun pendidikan kurangNanti saat I can speak English both oral or written like foreigner or native speaker, aku akan keluar bawa-bawa kamera gitu sambil ngomong English. 

Ah lebay kamu Mir lah…

Ya biarin aja. Semua berawal dari mimpi kan ya? 

Suatu saat saya bermimpi seperti ini. Menjadi konten kreator namun dengan pengantar Bahasa Inggris. Tak perlu ilfil karena beda. Beda itu unik.

Saat aku nonton video orang Indonesia yang lagi ngomong English, aku tuh iri banget. Aku yakin banget kalau orang lain bisa, aku juga bisa. Untuk itulah, sudah 9 bulan ini saya aku rutin belajar bahasa Inggris dan akan terus belajar sampai mimpiku tercapai.

Dulu pas 2016, aku pernah belajar English ditemani laptop ASUS X200CA ku yang saat ini sudah berpindah tangan. Tapi putus ditengah jalan. Dan sekarang aku enggak mau putus asa lagi lah sob. Aku akan mengusahakannya sekuat tenaga. Soal hasil, aku tahu Tuhan yang menentukan. Aku hanya bisa berusaha.

Belajar bahasa inggris lewat youtube. Ini adalah buku untuk mencatat setiap materi pembelajaran di yotube. Saat ini sudah masuk video ke-12 dan aku paham 96% sejak video pertama.

Selain youtube, aku juga ingin mahir SEO (Search Engine Optimization) blog karena aku blogger. Tapi ya itu, banyak tutorial SEO yang pengantarnya English gitu sob. Kalau nerjemahin di google translate kadang bingung. Kalau bisa sendiri kan tinggal cas cis cus gitu.

Seringkali kalau lagi belajar SEO, ujung-ujungnya disuruh mempelajari panduan SEO berbahasa Inggris juga. Ya udah deh, aku kudu bisa English kalau gitu terus. Oiya, aku juga berniat bikin blog English karena potensinya juga kurang lebih sama dengan youtube berbahasa Inggris.

Jadi setiap hari nih ya, aku selalu belajar paling tidak 1 jam sehari. Bahkan saat menulis ini pun aku habis belajar. Saat ini aku lagi semangat-semangatnya belajar karena video yang aku pelajari mudah banget dipahami. Materi yang lagi aku pelajari yaitu grammar.

Ada 143 video yang lagi aku pelajari. Dan sekitar satu bulan terakhir aku baru masuk video ke-12 dan 96% paham. Makannya aku jadi semangat belajarnya. Aku harap di akhir 2021 sudah paham semua video tersebut. Dan di akhir 2022 aku yakin kemampuanku sudah lebih baik.

Sebelum belajar grammar, aku juga sudah belajar tentang percakapan English dengan cara menerjemahan artikel blog berbahasa Inggris lewat google translate, dan juga menulis ulang percakapan bahasa Inggris yang ada di video youtube ke microsoft word, kemudian aku cetak agar lebih mudah dipahami. Dan alhamdulillah aku paham lebih dari 700+ kalimat percakapan.

Selain itu aku juga selalu belajar speaking lewat aplikasi karena itu fokus utamaku. Dan saat ini aku lagi nabung buat beli panduan kursus bahasa Inggris karena harganya cukup menguras kantong. 

Belajar bahasa Inggris dengan mengetik kembali percakapan di youtube dan juga menerjemahkan artikel blog.

Dan, walaupun aku belajarnya otodidak, tapi aku percaya kalau suatu saat nanti aku bakal kayak native speaker. Sungguh aku semangat menggapai mimpiku. Kata motivasi yang paling menyemangatiku yaitu seperti di gambar header. Bahwa kesuksesan itu berasal dari 1% jenius dan 99% kerja keras. Oiya sob, by the way, ceritaku ini bukan karena ini sebuah lomba ya, tapi emang beneran aku melakukannya sampai aku berhasil. 

Untuk mendukung mimpiku, tentu aku butuh gawai canggih agar semua berjalan lancar. Dan aku percaya banget pada ASUS VivoBook 15 A516 nih sob karena punya segudang fitur keren dan canggih yang akan menunjang mimpiku. Apalagi karena ia punya layar 15 inch, sehingga membuat tampilan terlihat lebih luas. Seluas mimpiku menggapai bintang di angkasa.

Oiya, laptop consumer ini juga ditujukan untuk semua kalangan juga loh sob, karena ia punya fitur office home student 2019 yang cocok untuk pelajar atau mahasiswa. Dan juga fingerprint sensor serta prosesor canggih yang cocok untuk pebisnis atau konten kreator. Dan langsung saja, berikut peran ASUS VivoBook 15 A516 untuk mendukung mimpiku.

Punya laptop dengan layar besar, tentu manfaatnya lebih banyak ya. Misal karena ruang kerja jadi lebih luas, hingga pengalaman menonton atau bermain game yang lebih berkesan karena lebih lebar gitu.

Gambar-gambar yang tadinya enggak terlihat di laptop kecil juga jadi bisa terlihat di laptop layar besar. Ya soalnya pernah punya pengalaman kayak gitu sih sewaktu pakai laptop 10 inch. Dan begitu ganti ke 11 inch, gambar yang tadinya enggak terlihat jadi terlihat di browser loh sob.

Untuk aku sendiri, aku nanti pasti akan puas banget saat mengedit video pakai layar 15 inch dari ASUS VivoBook 15 A516. Dua jenis layar HD dan full HD dengan angle 178 derajatnya akan membuat tampilan layar terlihat lebih jelas dari berbagai sisi. Apalagi ia juga dibekali lapisan anti silau nih sob. Jadi bikin mata lebih nyaman walau dipakai lama. 

Membuat banner thumbnail youtube di inkscape, pasti jadi lebih berkesan dan hasilnya lebih menarik. Oiya, bezelnya juga tipis banget loh sob dengan perbandingan layar ke body mencapai 83%. Membawa laptop 15 inch ini seperti membawa laptop 14 inch, namun dengan bezel tebal.

Tapi walaupun layarnya 15 inchi, ia cuma punya bobot 1,8 kg dengan ketebalan 19,9mm yang membuatnya mudah dibawa bepergian. Aku yang saat ini sering upload video di WiFi corner buat menghemat kuota, pasti tak keberatan tuh saat dimasukan ke dalam tas. Di tambah chargernya yang juga ringkas, semakin memudahkanku membawa kemana saja.

Pilihan warna Transparent Silver dan Slate Grey-nya juga keren banget sob. Kalau aku pakai laptop ini saat di WiFi corner, orang-orang pasti akan beralih pandangan ke saya karena laptopku yang keren hihi.

Transparent Silver dan Slate Grey ASUS VivoBook 15 A516 terlihat sangat keren.

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.

Bicara soal SSD, saat impianku sudah tercapai nanti, aku tuh ngebayangin asyiknya mengedit video di filmora atau adobe premiere dengan dengan PC Modern dari ASUS VivoBook 15 A516. Soalnya ia udah pakai SSD (Solid State Drive) yang merupakan space khusus buat naruh-naruh instalan aplikasi gitu sob. 

FYI nih sob, laptop dengan SSD tuh ya, kalau dipakai buat ngejalanin aplikasi jadi lebih lancar gitu karena kan ada space khususnya. Sehingga membuatku lebih produktif nantinya.

Sedangkan HDD atau hardisknya bisa dipakai untuk menyimpan footage video, foto, atau narasi teksnya nanti. Dengan penyimpanan ganda ini, tentu jadi lebih banyak ruang. Ya secara, file video itu sizenya lebih gede ketimbang foto atau teks. Setiap kali aku bikin video, total sizenya aja bisa sampai 6GB.

Kalau aku berkesempatan punya laptop ini, aku mau pilih yang SSD-nya 256GB dan HDD 1TB atau 1000 GB (seribu giga byte). Jadi longgar banget deh buat nyimpen video atau foto. Nantinya filenya juga akan saya kompres dulu biar lebih hemat ruang.

Oiya, ASUS juga menyadari bahwa laptop dengan HDD rentan terhadap kerusakan fisik kalau dibandingan laptop dengan SSD. Makanya pada ASUS VivoBook 15 A516 dibekali fitur E-A-R® HDD protection nih sob. Fungsinya buat ngelindungin hardisk kalau semisal kita lagi di bus dan goncang-goncang banget. Khawatirnya data laptop terganggu.

Soalnya aku pernah juga sih pas bawa laptop di bus, begitu sampai tujuan, layarnya jadi kayak eror gitu. Sempet panik deh walaupun akhirnya normal kembali. Nah, kalau di ASUS VivoBook 15 A516 hal itu bisa dicegah karena punya pelindung hardisk tadi.

Kemudian di bawah keyboardnya juga terdapat logam penahan yang membuat aktivitas mengetik atau menggunakan touchpad jadi lebih nyaman gitu sob. Logam ini juga yang akan bikin engsel laptop jadi lebih kuat dan melindungi komponen internal di dalamnya.

Lalu dibagian sisi tutupnya juga ditanamkan pelindung benturan seperti pada sisi bodi sebuah mobil yang fungsinya sebagai dukungan struktural pada cover, engsel, dan juga layar. Dan tentu saja dapat memperkuat konstruksi bodi laptop.

Adanya konektivitas terbaik dari VivoBook 15 A516 juga memudahkanku saat mau transfer data seperti footage video dari handphone ke laptop. Soalnya aku aku kan sering bikin video pakai handphone.

Dan beruntung banget deh karena laptop ini punya port microSD dan hanphoneku juga pakai microSD. Jadi setelah selesai rekam video, tinggal colokkin aja ke laptop, beres deh.

Kalau laptopku sekarang enggak mendukung port microSD sih. Jadi kalau mau kirim file dari hanphone ke laptop, kudu ribet dulu karena file video kan gede. Kadang sampai 1 GB. Kalau kirim via bluetooth lama banget.

Kemudian kalau misal aku pengin nampilin videoku ke monitor yang lebih besar, ia juga support HDMI loh sob. Menonton video di layar lebih besar, pasti lebih seru sih. Lalu ada juga 2 x port USB 2.0. Kemudian ada 1 x port USB 3.2 Gen 1 Type-A yang kecepatannya 5 Gbps.

Berikutnya ada 1x port USB 3.2 Gen 1 Type-C yang desainnya bisa diputar balik. Jadi enggak khawatir salah masukkin konektornya. Untuk urusan transfer data, ia memiliki kecepatan hingga 10GBbps. Wah, pasti ngirim data dari memori hp ke laptop ini jadi ngebut banget ya. 

Oiya, ada juga combo audio jack buat ngedengerin musik via earphone atau microphone. Lewat port ini, aku bakal dimudahkan saat mengisi suara videoku nanti dibelakang layar, ataupun saat mendengarkan via earphone.  

“Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”

Dari pernyataan diatas, kalau kita lagi ngomongi soal laptop, satu hal paling penting di garis bawahi adalah otak atau mesinnya. Kalau aku menang lomba blog ini dan bisa punya ASUS VivoBook 15 A516, pasti aku seneng banget deh karena ia sudah dibekali prosesor canggih Intel® Core™ i5 generasi ke-10. Untuk grafisnya ia sudah pakai grafis diskrit NVIDIA® MX330.

Nah, untuk RAM-nya, ia memiliki kapasitas hingga 8GB. RAM gede itu penting banget loh sob kalau untuk pekerjaan berat kayak edit atau render video. Kalau laptop saya tuh, kalau dipakai buat RAM Preview di software animasi After Effect, dia ngelag.

Tapi kalau aku punya laptop dengan RAM 8GB seperti ini, aku bakal kebantu banget. Terutama saat dipakai buat RAM Preview d after effect. Ya soalnya aku dulu pernah belajar software ini selama 1.5 tahun dan pengen aku terusin lagi karena udah kadung.

Kalau aku punya laptop ini, nantinya videoku akan kutambahkan unsur animasi gitu biar lebih menarik dan atraktif lewat software animasi tadi.

Kemudian Intel Core™ generasi ke-10-nya juga punya banyak kelebihan. Misal karena mendukung memori yang lebih cepat. Sehingga jika misal mau buka aplikasi atau main game jadi lebih lancar.

Performa juga dapat meningkat hingga 8x dibanding kompetiror lain berkat fitur intel Deep Learning Boost pada jenis intel Ice Lake. Untuk konektivitas, Intel core  generasi ke-10 juga mendukung WiFi 6 yang speednya lebih tinggi.

Kemudian untuk keunggulan laptop dengan NVIDIA® GeForce® MX330, 2GB GDDR5 (sumber : kumparan) jika dipakai buat edit video di adobe premiere jadi lebih nyaman. Misal saat mengubah rasio video dari landscape ke potrait jadi lebih mudah gitu.

Kalau untuk render video durasi 5 menit, cuma butuh waktu 19 menitan sob. Sementara kalau untuk main game seperti GTA, Hitman atau Watch Dog 2, frame ratenya bisa rata-rata di 50 frame per second.

Kalau untuk edit foto di photoshop seperti seleksi rambut atau bulu hewan juga jadi lebih mudah loh sob. Prosesor generasi ke-10 ini tentu aku butuhkan karena nanti aku banyak bekerja dengan edit video dan foto. Udah gak sabar deh kalau aku punya laptop ini, bakal aku instal banyak software editing hihi. 

Sensor sidik pada jari ASUS VivoBook 15 A516 ini sangat bermanfaat buatku. Karena bisa ngelindungin laptop dari pengguna tak diizinkan. Jangan sampai ada yang colokin USB dan dataku diambil. Nangis deh seember hiks hiks.

Sensor sidik jari ini hanya bisa dipakai oleh satu pengguna. Ya secara kan sidik jari tiap orang kan beda-beda. Aman banget pokoknya kalau punya ASUS VivoBook 15 A516. Makannya ini juga ditujukan untuk para pekerja, pebisnis, juga konten kreator guna melindungi data kerja mereka.

Kalau aku punya ASUS VivoBook 15 A516 nanti, aku bisa bikin konten malam-malam biarpun listrik mati. Ya soalnya di tempatku tuh sering mati listrik sejak sebelum aku tinggal di sini, bahkan sampai malam hari. Biasanya aku main ke rumah ortu karena di sana tak mati listrik. 

Tapi aku enggak khawatir karena keyboard ASUS VivoBook 15 A516 ini kan udah ada fitur backlit-nya yang tetap terlihat tuts hurufnya walau minim cahaya. Enggak khawatir gagal ngetik gegara mati listrik.

Udah gitu jarak antar tuts keyboarnya yang 1,4 mm juga membuatku lebih nyaman dan minim typo. Ngejar deadline juga oke-oke saja pastinya. 

 Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.

Nah, karena software officenya bisa terus update seumur hidup, tentu jadi lebih aman karena dapat mencegah berbagai ancaman celah keamanan dan malware masuk ke laptop kita. Aku jadi lebih nyaman aja saat menyimpan berbagai data penting seperti video mentah atau artikel blog yang belum dipublish. Ya secara kan mimpiku itu asetku. Jadi kudu bener-bener aman terlindungi. Karena ini asli dan bawaan, juga membuatku tak perlu beli lagi dan hemat dompet don hihi. 

Fitur myAsus ini tentu berguna banget karena bisa membuatku jadi lebih produktif.

Dengan fitur File Transfer, aku bisa dengan mudah kirim foto atau footage video dari laptop ke smartphone atau sebaliknya.

Lalu ada URL Transfer. Dengan fitur ini aku bisa dengan mudah share URL video youtube yang baru selesai aku render ke follower media sosialku.

Kemudian dengan fitur Mirror, aku bisa mengoperasikan smartphone di laptop karena layar smartphone bisa tampil laptop. Ini bermanfaat banget semisal aku lagi pengen balesin komentar pengunjung videoku lewat laptop, karena kalau lewat keyboard kan lebih cepat buat ngetik.

Kalau untuk fitur Telpon, aku bisa jawab panggilan lewat laptop loh sob. Misal aku lagi sibuk edit video dan ada yang telpon, maka bisa aku jawab lewat laptop.

Berikutnya ada fitur Screen Extender. Dengan fitur ini, aku bisa menampilkan gambar dari laptop ke gadget lain di sampingnya dengan hanya drag and drop saja.

Untuk fitur Remote Acces, ini adalah fitur untuk mengakses file dari jarak jauh. Misal aku mau buka narasi video yang tersimpan dilaptop, maka aku bisa melakukannya dari jauh lewat smartphoneku. Keren kan sob, hihi.

Berikut penampakannya. Geser ya.

Selengkapnya lihat video di bawah ya sob. 

Akhirnya, itulah cerita tentang mimpiku menjadi konten kreator internasional yang sangat antusias aku kejar. Setiap saat aku selalu berangan-angan dengan mata berkaca-kaca akan hari itu tiba dan aku akan merasa sangat bahagia.

Karena bahagia sesungguhnya adalah ketika kita sudah bekerja keras dan membuahkan hasil. Aku percaya dengan hukum alam, bahwa semesta tergerak mengabulkan sebuah impian seseorang saat terus diusahakan.

Apalagi jika nanti aku bisa meminang ASUS VivoBook 15 A516 ini. Tentu aku makin semangat berusaha menggapai mimpi karena fitur canggih di dalamnya.

Saat ini aku masih pakai laptop 13 inch. Dan aku penasaran banget dengan layar 15 ASUS VivoBook 15 A516 ini karena intel core generasi ke-10-nya. Pasti bakal membuatku lebih produktif gitu. Desainnya yang kece badai sob dengan warna Transparent Silver and Slate Grey-nya, bikin aku jadi pusat perhatian saat bekerja di luar hihi.

Aku ulangi kalimat motivasi di atas ya. Sukses itu memang harus diperjuangkan. Percayalah jika kesuksesan itu berasal dari 99% kerja keras dan 1% jenius. Terakhir, berikut spesifikasi ASUS VivoBook 15 A516. 

Sumber referensi artikel

1] https://www.asus.com/id/Laptops/For-Home/Everyday-use/A516/

2] https://gadgetren.com/2019/04/11/apa-itu-usb-type-c/

3] https://jalantikus.com/gadgets/alasan-beli-laptop-intel-gen-10/

4 https://www.teknoreview.net/2021/06/vivobook-15-a516-laptop-15-inci-murah.html

5] https://kumparan.com/kumparantech/review-lenovo-ideapad-flex-5i-laptop-paket-lengkap-intel-10th-gen-1uJUwwdPpZy

Bagikan biar yang lain tahu