Di lingkungan perkampungan di sebuah desa, ada anak muda yang sering bawa kamera sambil berbicara dalam bahasa Inggris hingga orang-orang memperhatikannya. Ya, itulah saya di masa depan.

Ada seubah ungkapan mengatakan “orang pinter kalah sama orang bodoh yang tekun dan ulet”. Ya, ibarat sebuah batu karang, ia bisa cekung bahkan berlubang karena terus ditetesi air.

Terkait ungkapan tersebut, saya punya cerita mengenai seorang teman yang cukup inspiratif. Sebut saja Yudi (bukan nama sebenarnya). Yudi adalah teman masa kecil saya dari dulu hingga sekarang. Untuk pendidikan, Ia hanya bisa lulus SD karena faktor ekonomi. Namun yang membuat saya dan banyak orang-orang kagum adalah karena kegigihan dan keuletannya.

Semasa sekolah dulu, Yudi bukan termasuk anak yang tanggap saat menerima materi pelajaran. Tidak heran jika ia sampai dua kali tinggal kelas hingga saya mengejarnya. Namun yang bikin saya kagum adalah saat ujian akhir kelas 6 atau dulu istilahnya EBTANAS (Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional).

Nah, saat hasil ujian di umumkan atau istilahnya NEM (Nilai Ebtanas Murni), ia mendapat nilai 25 dari 5 mata pelajaran. Saya pun cukup kaget mengetahuinya. Karena nilai tersebut terbilang besar dibanding teman-teman lain dengan kemampuan kurang lebih sama, namun nilainya jauh di bawahnya. Dari situ saya bisa menebak bahwa saat sebelum ujian, ia banyak belajar.

Saat mengaji pun sama. Saya yang mengajarinya, sampai kadang kesel sendiri karena tak juga paham. Namun yang bikin saya heran adalah karena ia begitu rajin belajar. Setelah selesai belajar dari saya, ia belajar lagi dari guru lain. Hingga akhirnya saya mendapati ia sedang mengajari anak-anak lain. Dalam kesehariannya pun, orang-orang banyak sekali mengagumi karena keuletan dan kegigihannya.

Berkaca dari pengalaman tersebut, saya yang punya kemampuan biasa-biasa saja, yakin bahwa untuk sukses tidak harus memiliki otak secerdas Alber Einsten atau berpendidikan tinggi. Yang dibutukan hanyalah kemauan kuat entah apapun kondisi kita saat itu.

Ya, di 2021 ini saya punya mimpi untuk bisa berbahasa Inggris dengan lancar. Bukan hanya kemampuan menulis atau mendengarkan saja, tapi berbicara layaknya orang bule asli atau native speaker dengan logat asli dan cara pengucapannya. Dengan saya bisa berbahasa Inggris, saya punya banyak mimpi yang akan saya terangkan nanti.

Saya begitu menyadari bahwa bisa berbahasa Inggris saat ini akan membuka banyak sekali peluang bagus ke depannya. Saya pun sudah menargetkan dalam 8-10 tahun ke depan, saya sudah bisa berpenghasilan rutin tanpa terlalu bekerja terlalu keras.

Tangga perjuanganku. Ini bukan karena buat lomba, tapi memang ini rencanaku dan akan kulakukan dan dimulai dari 2021 ini. 

Saya punya prinsip bahwa bekerja cerdas lebih baik daripada bekerja keras. Bekerja cerdas mencakup banyak aspek tentang produktivitas. Bekerja cerdas membuat kita lebih bisa menikmati hidup. Dengan bekerja cerdas, kita bisa sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Untuk usaha mengusai bahasa asing ini pun banyak dan saya dengan semangat 45 melakukannya. Hingga saat ini, sudah 6 bulan sejak oktober 2020, saya belajar bahasa Inggris otodidak paling tidak 30 menit sehari. Rata-rata 1 jam. Dan berikut 6 effort yang saya lakukan.

1. Belajar memahami dan menghapal percakapan bahasa inggris lewat video youtube

Belajar otodidak memang membingungkan. Makannya saya banyak mencari cara termudah untuk melakukannya. Hingga akhirnya menemukan video youtube yang berisi 1000 kalimat percakapan Bahasa Inggris.

Dalam video tersebut, kalimat diucapkan pelan sebanyak 2 kali dan terjemahan Indonesianya 1 kali. Video berdurasi selama 3 jam 8 menit ini begitu memudahkan saya belajar. Karena saya tak perlu melihat layar smartphone. Tinggal nyalakan video, maka saya bisa langsung belajar. Dan karena pelan, maka memahami kalimatnya jadi lebih mudah.

Belajar Bahasa Inggris lewat percakapan di youtube

Untuk proses belajarnya, saya menyetel video ini setiap hari dari bulan Oktober 2020 hingga sekarang. Jadi sudah 6 bulan saya belajar dan masih terus belajar.

Yang saya suka dari video ini adalah karena pengucapan dalam bahasa Inggris begitu fasih layaknya native speaker. Dan untuk bahasa Indonesia pun sama fasihnya seperti orang Indonesia.

Dan karena bisa belajar tanpa melihat layar, maka saya bisa belajar kapan dan dimana saja. Biasanya saya belajar sambil jogging, sambil naik sepeda, sambil jalan-jalan, sambil santai sore hari, sambil rebahan, sambil makan, dsb. Pernah juga hp saya jatuh dan layarnya pecah saat belajar di kamar mandi.

Di atas adalah foto saya sedang belajar dalam berbagai aktivitas. 

Hasilnya, bagaimana?

Hingga 6 bulan ini, saya sudah bisa menghapal mungkin 800 kalimat dalam bahasa Inggris. Sekarang saya mulai agak paham kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris, bahkan yang diucapkan langsung oleh native speaker.

2. Menulis dalam bahasa Inggris

Untu meyakinkan bahwa saya bisa berbahasa Inggris, maka kalimat pada video di atas tadi saya ketik kembali di laptop dan saya print. Untuk format penulisannya, saya menuliskan dalam 2 kolom. Kolom kiri Bahasa Indonesia, dan kolom kanan masih kosong karena akan saya tuliskan dalam Bahasa Inggris.

Kemudian lembaran yang berjumlah 33 halaman tersebut, saya fotocopy agar bisa belajar berulang-ulang. Dan ternyata saat saya menuliskannya dalam Bahasa Inggris (tanpa mencontek dong) saya bisa paham. Bahkan saya merasa tak perlu mengisi fotocopyannya. Seneng deh rasanya.

Percakapan dalam video saya tulis dan print agar saya bisa menulis dalam bahasa Inggris, selain agar lebih mudah memahaminya.

Sekarang saya sedang mengetik artikel untuk kalimat percakapan dari vlognya Sarah Jhonson. Seorang youtuber yang kontennya berbahasa Indonesia dan ia sendiri seorang native speaker, sehingga terjemahannya lebih meyakinkan. Dalam vlognya, ia menyertakan subtitle Bahasa Inggris dan ia sendiri berbicara dalam Bahasa Indonesia. Dengan begitu saya bisa belajar darinya dan ini merupakan kesempatan bagus untuk saya belajar. 

Belajar bahasa inggris lewat native speaker yang pandai berbahasa Indonesia

3. Mempelajari soal ulangan Bahasa Inggris anak SD dan SMP

Karena masih belajar, maka saya memulai dari yang termudah. Dan kebetulan saya punya keponakan yang masih SMP. Nah, saya pinjam tuh buku Bahasa Inggris yang sudah tak terpakai dan soal-soal ulangannya saya kerjakan. Saya juga meminjam buku Bahasa Inggris SD miliknya untuk saja pelajari. 

Belajar bahasa inggris dari buku anak sekolah

4. Menghapalkan ribuan kosakata

Selain belajar speaking and writting, saya juga belajar memahami kosakata. Pemahaman kosakata ini penting agar saya semakin banyak tahu apa arti sebuah kata dalam Bahasa Inggris. Untuk belajarnya pun lewat youtube karena lebih mudah dan saya lakukan sambil santai, olahraga, jalan-jalan, jogging, bahkan sambil tiduran. Sama seperti yang tadi saya tuliskan.

Belajar kosakata Bahasa Inggris untuk memperkaya perbendaharaan kata

Belajar apapun zaman sekarang itu sangat mudah. Tinggal kitanya saja mau apa enggak? Hingga saat ini saya sudah menghapal ribuan kosakata. Namun masih terus ditingkatkan karena masih banyak yang belum saya ketahui.

5. Belajar Lewat Lagu

Saya ini termasuk penggemar lagu-lagu barat seperti Its My Life dari Bon Jovi. Demons dari Imagine Dragon. Let Her Go dari Passenger. Billie Jean dari Michael Jackson, dan banyak lagi yang lainnya. Melalui lagu barat yang disertai lirik dan terjemahannya, saya bisa belajar mengucapkan dan memahami artinya. Bernyanyi itu menyenangkan. Dengan menyanyikan lagu dalam bahasa Inggris, saya bisa sekalian belajar dengan cara yang menyenangkan.

Belajar Bahasa Inggris lewat lagu dengan terjemahan

6. Kursus Bahasa Inggris Online

Agar Bahasa Inggris saya semakin bagus, 2021 ini saya ingin ambil kursus. Dan beruntunglah kemarin saya baru saja menang lomba blog dari lembaga kursus Bahasa Inggris dan hadiahnya voucher belajar. Nah, saya ingin memanfaatkannya untuk belajar bahasa Inggris. 

Voucher Belajar Bahasa Inggris dari menang kompetisi blog

Selain itu, saya juga sedang menabung untuk membeli panduan belajar Bahasa Inggris dari kursus Bahasa Inggris incaran karena memang sudah banyak yang membuktikan. Dan semoga saja 2021 ini bisa terbeli sehingga impian saya bisa terwujud. Terlebih karena panduan kursus ini mengklaim bahwa dalam 3 bulan sudah lancar berbiacara Bahasa Inggris.

Sekarang masih bulan Maret 2021. Jika bulan April sudah terbeli, maka sekitaran Agustus, saya sudah bisa berbahasa Inggris. Lalu pada 2022 saya sudah mulai mewujudkan mimpi-mimpi saya. Kemudian dalam rentang tahun 2025 sampai 2029/2030, saya sudah cukup berpenghasilan rutin dan bisa mewujudkan satu mimpi saya yaitu masuk kuliah. Amin. Ya, saya iri pada teman-teman yang bisa kuliah dari keringat sendiri. Maka saya pun harus bisa walaupun terlambat umur. Nah, itulah usaha dalam mengusai Bahasa Inggris di 2021 ini. Dan saya akan berjuang keras untuk itu.

Memangnya, apa sih mimpi yang ingin kamu gapai jika bisa berbahasa Inggris? Tentu saja ada. ini 3 mimpi saya.

1. Membuat Konten Youtube dan Blog Berbahasa Inggris

Tahukah kalian bahwasanya youtube dan blog berbahasa Inggris, adsense atau nilai iklannya lebih besar ketimbang Indonesia. Perbandingannya bisa 1:10. Kalau tidak percaya silahkan cari sendiri di internet atau youtube.

Menurut Sarah Jhonson sendiri, adsense Indonesia 10x lebih kecil ketimbang Amerika. Makannya ia sendiri juga berencana akan membuat vlog berbahasa Inggris sebagai ladang bisnis karena nilai iklannya lebih besar. Hal itu dikarenakan orang luar negeri mampu membayar klik iklan lebih lebih mahal ketimbang orang Indonesia.

Sedangkan menurut channel youtube Luthfi A yang sudah membuktikan, untuk 3000 view saja, ia berhasil mendapatkan $25 atau setara 350 ribu rupiah. 

Penghasilan adsense youtube luar negeri milik Fatih A untuk 3000 views

Lalu ada juga info lainnya yaitu dari channel isoljahaha, bahwa adsense youtube Indonesia jauh lebih kecil ketimbang luar negeri. Berikut simulasi penghasilan adsense youtube Indonesia vs luar negeri

Simulasi penghasilan youtube luar negeri vs indonesia

Menggiurkan sekali, bukan?

Jadi saat sudah lancar berbahasa Inggris nanti, saya akan membuat vlog berbahasa Inggris. Saya akan berkeliling sambil membawa kamera dan berbicara dalam bahasa Inggris. Dan mungkin karena terlihat aneh, orang-orang akan memperhatikan saya dengan tatapan aneh, atau mungkin malah akan memotivasi.

Memangnya, kenapa sih kamu pengen jadi youtuber?

Jadi, saya melihat perkembangan tekhnologi yang terus berubah. Jika saya tidak mengikuti, maka akan tertinggal. Orang-orang terutama yang tinggal di daerah, saat ini lebih suka menonton video ketimbang membaca.

Saat akan membeli seuatu, orang-orang lebih senang lihat reviewnya di youtube ketimbang artikel. Karena saya pun lebih suka menonton video ketimbang membaca. Apalagi membaca bukanlah budaya Indonesia. Dan saat ini, banyak sekali profesi yang juga memiliki channel youtube. Termasuk blogger.

Nah, jika tadi kita bicara youtube, maka sekarang kita bicara blog.

Seringkali saya mendengar keluhan seorang blogger adsense yang mengeluhkan betapa kecilnya penghasilan mereka. Hal itu tidak lain karena nilai BPK (Biaya per Klik) iklan di Indonesia sangatlah kecil dibanding negara lain. Antara 300-1000 rupiah saja. Bahkan kemarin ada seorang blogger yang mengeluh ke saya karena nilai klik iklan Indonesia sangat kecil, hanya 200 rupiah saja. Jika dibandingkan dengan Luar negeri berbeda jauh karena nilainya cukup besar hingga 7.500 rupiah atau bahkan lebih.

Perbandingan nilai iklan adsense blog Indonesia dengan beberapa negara lainnya Sumber : https://tufiddin.com

Melihat perbandingan tersebut, tentu saja saya sangat termotivasi untuk bisa berbahasa Inggris dengan lancar tahun ini. Dan tentu saja bukan itu saja. Dengan blog berbahasa Inggris, target market blog bisa sampai ke seluruh dunia. Jasa review artikel berbahasa Inggris nilainya bisa sangat besar dibanding Indonesia.

Jika di Indonesia mungkin paling tinggi hanya 500 ribu, itu pun sangat jarang. Nah, jika dari luar negeri bisa sampai 3 jutaan. Seperti cerita seorang teman yang pernah menerima job nulis dari luar negeri. Saya sendiri pun sudah mengincar situs influencer global karena saya lihat rate-nya sangat tinggi. Maklum saja, orang luar dari negara maju lebih banyak duitnya.

2. Memudahkanku belajar SEO

Saya beberapa kali membaca artikel panduan SEO. Namun ujung-ujungnya mengharuskan pembaca untuk mempelajari tools SEO yang kebanyakan berbahasa Inggris. Ada banyak tools SEO yang bagus dan tersebar di internet dan banyak teman-teman yang menggunakannya. Saya yang tak bisa berbahasa Inggris pun merasa diwajibkan untuk bisa. Dan ini adalah salah satu motivasi terbesarku untuk belajar Bahasa Inggris. Jadi pada 2021 ini, saya harus bisa. Minimal memahami kalimat agar saya bisa belajar SEO dengan mudah nantinya.

tools seo berbahasa inggris

Salah satu tools seo berbahasa inggris

3. Memudahkan perkualihanku nanti di umur 40-an atau 50-an tahun nanti

Karena satu dan banyak hal, membuat saya tidak bisa kuliah selepas lulus SMA(K) dulu. Saya yang cinta sekali ilmu pengetahuan menyadari bahwa pendidikan begitu penting agar kualitas hidup semakin baik.

Jadi, saya sangat optimis bahwa dalam 7 sampai 10 tahun ke depan, saya bisa masuk kuliah di kampus terdekat karena memang biayanya terbilang murah. Dan saya juga sudah banyak riset bahwasanya banyak materi perkuliahan akan sangat mudah jika kita bisa Bahasa Inggris.

Dengan saya bisa berbahasa Inggris, maka aktivitas belajarku nanti bisa lebih mudah. Untuk jurusan, saya akan mengambil prodi S1 bisnis digital. Ini adalah jurusan terbaru di kampus ini yang membuat saya begitu semangat mempersiapkannya dari sekarang karena sesuai dengan pekerjaanku saat ini.

Kampus incaran tempat saya kuliah nanti. Foto saya ambil karena begitu antusiasnya saya untuk kuliah nanti. Terlebih karena jurusan terbaru yaitu bisnis digital.

Memangnya yakin dalam kurun waktu tersebut kamu bisa masuk kuliah?

Yakin banget dong. Dalam 2-3 tahun kedepan saya akan investasi ilmu, salah satunya melalui penguasaan Bahasa Inggris ini. Kemudian saya mentargetkan dalam 5-7 tahun ke depannya lagi, saya sudah berpenghasilan rutin tiap bulannya dan bisa saya gunakan untuk membiayai perkualiahanku nanti.

Selain 3 mimpi di atas, saya juga ingin bepergian ke luar negeri nantinya. Karena pengetahuan Bahasa Inggris sangat penting saat kita sedang berada di negeri orang. 

Nah, itu dia mimpi yang ingin saya wujudkan jika sudah bisa berbahasa Inggris. Artikel ini saya tulis bukan semata-mata karena lomba, tapi karena memang saya benar-benar ingin mewujudkannya di tahun 2021 ini.

Untuk mendukung mimpi saya ini, saya butuh perangkat handal agar semua berjalan lancar. Perangkat tersebut yaitu ASUS ZenBook Flip S (UX371) dengan segudang keunggulannya. Salah satu fitur unggulannya adalah karena ia bisa berfungsi sebagai pen tablet lengkap dengan pena digitalnya. Berikut ulasannya.

1] Dapat berfungsi sebagai pen tablet melalui layar berkualitas tinggi

ASUS ZenBook Flip S (UX371) dirancang sepenuhnya bagi pekerja kreatif seperti desainer grafis, arsitek, komikus, konten kreator, dan lain sebagainya. Karena laptop ini berfungsi sekaligus sebagai tablet desain grafis yang dilengkapi pena atau stylus.

perbandingan pakai laptop standar dan ASUS ZenBook Flip S (UX371) dengan pen tablet

Melalui fungsi ini, kita bisa menggoreskan pena diatas layar dan goresan tersebut langsung muncul diujung pena. Saat ide kreatif muncul, kita bisa mencoretkannya di atas layar agar tidak hilang begitu saja.

ASUS ZenBook Flip S (UX371) dengan pen tablet

Berbeda dengan tablet desain grafis manual yang mana goresan akan muncul di layar laptop dan pena berada atas kanvas tabletnya. Sehingga pengguna harus melihat gerakan tangan dan layar untuk menghindari kesalahan coretan. Aliasnya, laptop ini sangat cocok untuk mereka yang suka menggambar atau desain karena tak perlu lagi tablet desain grafis yang dapat menambah barang bawaan di tas.

ASUS ZenBook Flip S (UX371) mudah masuk dalam tas karena desainnya yang ringkas. Tak perlu rempong lagi bawa tablet desain grafis.

Pen stylus pada ASUS ZenBook Flip S (UX371) memiliki 4096 pressure level yang membuat daya tekan pada ujungnya dapat di sesuaikan tingkat ketebalannya, sehingga bisa lebih nyaman saat menggambar. Jadi laptop ini memang cocok banget buat mereka yang suka  menggambar seperti para desainer atau profesi terkait lainnya. Kemudian pada sisi body penanya juga terdapat tombol fisik yang dapat digunakan untuk berbagai fungsi.

Stylus ASUS ZenBook Flip S (UX371)

Penampakan Stylus ASUS ZenBook Flip S (UX371)

Nah, yang bikin takjub lagi adalah karena layarnya dapat diputar 360 derajat. Sehingga penggunaan dalam berbagai mode seperti posisi laptop, tenda, dudukan, atau tablet, pun oke-oke saja. Oiya, ASUS ZenBook Flip S (UX371) juga sudah mendukung layar sentuh. Jadi akan membuat penggunanya lebih kreatif dan produktif.

Berbagai macam posisi laptop convertible ASUS ZenBook Flip S (UX371) 

Untuk mode ergolift, ia akan mengangkat keyboard agak sedikit ke atas yang membuat posisi mengetik jadi lebih nyaman, sekaligus membuka sirkulasi udara di bawah keyboard, sehingga mesin lebih adem. Oiya, engselnya juga telah melalui uji daya tahan banting sebanyak 20.000 kali putaran. Jadi Anda tak perlu khawatir soal itu.

Keyboard Ergonomis Asus ZenBook Flip S (UX371)

Untuk panel layarnya, laptop ini mendukung fitur OLED (Organic Lighting Emitting Diode) 4K yang akan membuat kualitas dan akurasi warna menjadi lebih baik, khususnya untuk warna hitam. Karena hanya layar OLED-lah yang mampu mereproduksi warna hitam sesungguhnya.

Kemudian kontras warna pada layar OLED ini juga dapat ditampilkan dengan lebih baik. Selain itu layar OLED ini juga mendukung fitur HDR yang sudah tersertifikasi langsung oleh VESA. Dimana fitur HDR tersebut mampu menampilkan detail gambar yang jauh lebih baik karena memiliki dymanic range yang lebih luas. Dan hanya fitur HDR lah yang dapat menampilkan seluruh detail gambar tersebut. Jadi, laptop ini cocok banget buat mereka para proffesional yang membutuhkan layar berkualitas yang mendukung pekerjaannya. Seperti para fotografer atau ilustrator. 

Untuk mendukung kesehatan, layarnya juga dibekali sertifikasi TUV rheinland yang mendukung efek flicker free dan low blue light. Artinya, sertifikasi ini dapat membuat mata pengguna tidak cepat lelah dan menghindarkannya dari terpapar emisi gelombang cahaya biru secara berlebihan. Sehingga dapat menjaga kesehatan walaupun digunakan dalam waktu lama.

2] Desain premium dan ringkas

Asus ZenBook Flip S (UX371) memiliki desain yang sangat berkelas. Pada bagian tepinya terdapat aksen seperti potongan berlian berwarna merah tembaga. ASUS menyebutnya sebagai diamond-cut design yang membuat laptop ini banyak sekali diapresiasi karena terlihat begitu mewah dan premium. Desain ini membuatnya sangat berbeda dan lebih mudah dikenali dari kejauhan namun tanpa terlihat berlebihan.

Ringan dan tipisnya  ASUS ZenBook Flip S (UX371)

Untuk bodinya sendiri ia juga sangat tipis dan ringkas dengan ketebalan hanya 11,9 mm dan bobot hanya 1,2 kg sehingga membuatnya mudah masuk dalam tas. Cocok untuk Anda yang pekerja kreatif yang punya mobilitas tinggi.

3] Keyboard nyaman yang dilengkapi NumberPad 2.06 yang inovatif

Walaupun ZenBook Flip S (UX371) desainnya ringkas, namun mampu menghadirkan kenyamanan saat mengetik. Hal itu dikarenakan bentuk keyboarnya yang di desain hingga ke tepi bodi laptop, membuat ukuran tuts keyboard jadi lebih luas. Sehingga proses mengetik pun jadi lebih nyaman dan minim typo.

NumberPad ASUS ZenBook Flip S UX371 yang serbaguna

Kemudian untuk Anda yang selalu bekerja dengan angka, touchpadnya pun sudah mendukung fitur angka. Jadi proses mengetikkan angka jadi lebih cepat. Cocok untuk akuntan atau pekerjaan menghitung lainnya. Bahkan hanya dengan menggesek dari ikon kiri atas ke segala arah, kalkulator bisa muncul di layar. 

Touchpad ini pun dapat berfungsi ganda. Karena biarpun angka sedang aktif, menggeser-nggeser kursor di layar pun tetap oke berkat dukungan softwarte pintarnya.

Untuk kenyamanan penggunaan, tombol fungsi seperti pada gambar di bawah ini dapat berfungsi seperti screenshoot layar, mengunci webcamera, atau mengakses aplikasi myAsus.

Deretan tombol fungsi ASUS ZenBook Flip (S UX371)

4] Konektivitas lengkap dan jumlah port yang mendukung

Perlu diketahui juga bahwasannya ZenBook Flip S (UX371) bukanlah laptop convertible yang desainnya paling tipis. Hal itu karenakan Asus lebih mengutamakan pengalaman pemakaian yang maksimal pada para pengguna.

Pengalaman yang dimaksud yaitu dengan menghadirkan port atau konektivitas yang lengkap. ZenBook Flip S (UX371) sendiri melengkapinya dengan dua port Thunderbolt™ 4 USB-C®, USB 3.2 Gen 1 Type-A, dan port HDMI.

Kedua port tersebut memang jarang muncul di laptop seri ultrabook. Karena sebagian produsen ultrabook justru berlomba-lomba untuk mendapatkan julukan laptop paling tipis di produknya walaupun akhirnya memaksa penggunanya membeli USB dongle yang malah akan merepotan nantinya.

Perlu diketahui juga bahwa dua port Thunderbolt 4 USB-C ini memiliki fungsi penting. Misal karena ia memiliki kecepatan transfer yang sangat cepat hingga 40Gbps, mendukung pengiriman daya USB-C, dan mendukung tampilan Ultra High Definition (UHD) 4K eksternal.

Konektivitas Asus ZenBook Flip S (UX371)

Untuk koneksi WiFi, ia dibekali WiFi 6 yang memiliki kecepatan 5 kali lebih cepat dari WiFi 5. Kemudian dengan WiFi SmartConnect-nya, ia mampu secara otomatis menangkap sumber WiFi dengan sinyal terkuat. Sehingga koneksi internet dapat terus berjalan dengan cepat.

5] Dibekali fitur keamanan dengan dan cocok untuk WFH

Berkat dukungan windows hello-nya, kamera inframerah yang disematkannya bisa dimanfaatakan sebagai pemindai wajah. Aliasnya Anda bisa membuat password laptop ini dengan wajah Anda. Tentu ini akan lebih cepat dan aman karena tak perlu mengetikkan password. Terlebih lagi karena kamera inframerah ini dapat mengenali penggunanya secara presisi walupun minim pencahayaan.

Windows hello sebagai fitur perlindungan  pada ASUS ZenBook Flip S (UX371)

Kamera inframerah ini juga dapat berfungsi baik untuk Anda yang sering bekerja dari rumah  melalui web camera. Karena ia memiliki tekhnologi bernama IR camera-tunning yang membuatnya dapat menampilkan gambar dengan lebih baik.

Webcamera ASUS ZenBook Flip S (UX371)-min

Webcamera ASUS ZenBook Flip S (UX371). Ini yang akan terlihat di layar laptop rekan Anda. Terang sekali kan?

Selain itu, Array Microphone pada laptop ini juga dilengkapi fitur noise cancelling yang dapat meredam kebisingan suara sekitar dan membuat suara Anda lebih jelas terdengar oleh lawan bicara. Jadi, Anda tak perlu khawatir saat sedang video confrence, namun banyak suara bising dari luar karena suara Anda akan lebih jelas.

6] Memiliki performa terbaik di kelasnya

ASUS ZenBook Flip S (UX371) dibekali prosesor terbaru yaitu 11th Gen Intel Core. Dengan prosesor ini, tentu saja performa menjadi lebih ngebut dibanding versi sebelumnya. Untuk performa grafis, ia juga lebih baik berkat dibenamkannya chip grafis yang terintegrasi Iris Xe terbaru. Bukti performa tangguh  ASUS ZenBook Flip S (UX371) juga bisa dilihat pada hasil benchmark di bawah ini.

Hasil BenchMark ASUS Zenbook Flip S (UX(371). Geser untuk hasil lainnya.

Bukan hanya itu, ZenBook Flip S (UX371) juga memiliki system pendinginan khusus yang mampu menjaga suhu laptop pada suhu sekitaran 65 derajat celcius. Jadi bisa dapat tetap dingin walau dipakai lama.

Untuk jeroannya, ia dibekali Core i7 11th Gen Intel ® processor, 1TB PCIe® 3.0 x4 SSD, dan 16 GB RAM. Dengan fitur tersebut, tentu menjalankan program berat menjadi lebih ngebut.

Performa ASUS ZenBook Flip S (UX371)

Jeroan penting  ASUS ZenBook Flip S (UX371)

Terkait SSD, ada banyak hal yang perlu diketahui tentang SSD (solid-state drive). Yang paling utama adalah karena SSD sangat andal dalam kecepatan baca tulis. Laptop dengan SSD dapat membuka software atau aplikasi lebih cepat, bahkan hingga 8x ketimbang HDD atau hardisk.

SSD merupakan pengembangan dari HDD. Tidak heran jika ia memang lebih unggul. Secara bentuk ia juga lebih kecil. Tidak heran jika ZenBook Flip S (UX371) yang tipis dan ringan ini pun sudah menggunakannya.

Ia juga lebih hemat listrik dan lebih ramah penggunaanya. Jika misal HDD bisa memakan daya listrik 20 watt, maka SSD hanya butuh 2 watt saja.

Jika HDD umumnya dapat menimbulkan suhu panas saat pemakaian. Berbeda dengan SSD karena suhunya lebih terjaga. SSD juga tidak menimbulkan kebisingan karena ia tidak menggunakan putaran motor layaknya HDD. Biasanya SSD ini digunakan untuk penyimpanan atau instalasi software. Sedangkan HDD atau hardisk untuk file-file lainnya.

Dengan penyimpanan khusus dalam SSD, membuka suatu aplikasi menjadi lebih cepat. Terlebih pada ZenBook Flip S (UX371) kapasitasnya sudah 1 TB atau 1000 GB. Ditambah RAM yang cukup besar yaitu 16GB, tentu membuat kecepatan baca tulis ZenBook Flip S (UX371) ini menjadi semakin ngebut saja. Jadi jika ingin beli laptop, saya merekomendasikan yang sudah berfitur SSD karena lebih ngebut. 

7] Baterai awet

Walaupun ZenBook Flip S (UX371) desainnya tipis dan ringkas, namun bukan berarti mengabaikan performa baterai. Laptop ini sendiri sudah mengusung intel EVO platform. Itu artinya laptop ini memiliki kinerja yang responsif serta daya tahan baterai yang lama.

Pada pengujian yang dilakukan oleh ASUS, ZenBook Flip S (UX371) ini mampu bertahan hingga 9 jam 52 menit menggunakan PCMark Battery Test pada modern office. Jadi secara kasarnya, laptop ini mampu bertahan hingga 10 jam menjalankan aplikasi perkantoran.

Test ketahanan baterai ASUS ZenBook Flip S (UX371) dengan PCMark terbukti mampu bertahan hingga 10 jam

Baterainya sendiri juga mendukung tekhnologi pengisian cepat. Karena dalam 49 menit saja dapat terisi hingga 60%. Ia juga mendukung ASUS USB-C® Easy Charge yang dapat digunakan untuk mengisi daya dengan cepat menggunakan pengisi daya bersertifikasi USB-C Power Delivery atau pengisi daya standar. Misal seperti pengisi daya dalam pesawat, pengisi daya portable, ataupun bank daya. Ya, bank daya yang dimaksud yaitu bisa seperti powerbank misalnya. Tentu ini memudahkan saat tida menemukan colokkan untuk mencharger.

ASUS ZenBook Flip S (UX371) mampu mengecas lebih cepat

8] Di dukung audio berkualitas dari Harman Kardon

Untuk kualitas suara, ASUS ZenBook Flip S (UX371) juga dibekali speaker stereo berkualitas tinggi setara bioskop berkat kerjasama ASUS dengan spesialis audio yaitu Harman Kardon. Amplifier pintar khusus yang dimilikinya dapat memastikan volume maksimum namun dengan distorsi minimum untuk menghasilkan suara yang jernih dan bertenaga dari berbagai sudut.

Speaker menggelegar kerjasama ASUS x Harman Kardon pada ASUS ZenBook Flip S (UX371)

9] Laptop dengan standar millitary grade

Walaupun ini laptop ringan dan ringkas, tapi ia memiliki tahan banting luar biasa. Ia telah memiliki rangkaian uji temperatur rendah, uji temperatur tinggi, uji ketinggian dalam pesawat, uji kelembapan, uji jatuh, dan banyak lagi yang lainnya.

Uji Militer Asus ZenBook Flip S (UX371)

10] Aplikasi Link to My Asus untuk memudahkan pekerjaan

ASUS ZenBook Flip S (UX371) membekali dirinya dengan fitur link to myAsus yang akan memudahkan berbagai pekerjaan. Di antaranya :

Pada fitur ini, semisal kita ingin berbagi foto atau video dari laptop atau smartphone, maka yang perlu dilakukan pertama kali adalah memasangakan (pair) kedua perangkat tersebut. Kemudian buka aplikasi Link to MyAsus lalu klik icon plus (+) dan pilih gambar atau video yang dipilih. Maka dengan segera, file akan terkirim. Jika dari smartphone, caranya juga sama. Namun harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu.

File-Transfer

Saat Anda membukan suatu halaman, nanti akan terdapat tombol share. Klik dan pilih MyAsus, maka dengan segera artikel akan teririm ke smartphone Anda.

URL-Transfer

Dengan fitur ini, Anda dapat menelpon melalui laptop Anda tanpa perlu mengeluarkan smartphone.Phone-Call

 

Ini adalah fitur dimana Anda dapat mengakses file kerja Anda dari ASUS ZenBook Flip S (UX371) yang berada jauh dari Anda. Misal laptop di kantor dan Anda sedang di rumah, hanya melalui smartphone Anda dengan mudah.

Remote-File-Acces

Adalah fitur dimana Anda bisa mengoperasikan smartpone melalui laptop ini. Caranya hanya dengan mencentang “navigation bar” dan menggeser slider “mirror” ke kanan pada aplikasi, maka tampilan layar smartphone akan muncul di laptop Anda.

Screen-Mirroring

Yaitu fitur dimana Anda dapat men-drag and drop suatu file ke smartphone Anda. Caranya hanya dengan mengaktifkan pilihan “screen extender”. Untuk melakukannya, taruh smartphone atau gadget Anda di samping laptop, kemudian geser file ke arah gadget di samping kanan menyebrangi laptop Anda. Aneh tapi nyata ^^

Screen-Extender

 

Akhirnya, itulah resolusi saya di 2021 dan saya optimis bahwa di akhir tahun nanti, kemampuan Bahasa Inggris saya akan meningkat karena saya akan terus belajar demi mewujudkan mimpi. Lagian ini barang katon (sesuatu yang terlihat) sehingga mudah dipelajari. Jika orang lain bisa, maka saya pun bisa. Dan dengan dukungan ASUS ZenBook Flip S (UX371), saya optimis menggapai mimpi akan lebih mudah berkat segudang fitur canggihnya.

FYI :

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.

PC modern juga dilengkapi dengan pena digital yang memiliki banyak manfaat. Sentuhan khas tercipta saat Anda membuat sketsa atau coretan pada dokumen dengan pena digital. Penelitian juga menemukan adanya peningkatan kinerja hingga 38% pada pelajar ketika mereka menggunakan pena digital untuk mengerjakan soal-soal sains. Tidak semua ide berupa kalimat, kini saatnya untuk tuangkan inspirasi segera dalam sketsa atau coretan pena digital di PC modern.

Jadi, ASUS ZenBook Flip S (UX371) adalah laptop sempurna untuk saya atau semua orang yang ingin menggapai mimpi. Dan berikut spesifikasi lengkapnya. 

Spesifikasi ASUS ZenBook Flip S (UX371)-min

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ZenBook Flip S (UX371) Blog Writing Competition bersama deddyhuang.com

Sumber referensi artikel :

ASUS : https://www.asus.com/id/Laptops/For-Work/ZenBook/ZenBook-Flip-S-UX371-11th-Gen-Intel

Press Release materi word ASUS

SSD : https://review.bukalapak.com/gadget/5-keunggulan-ssd-dibandingkan-hdd-34645