Pada Oktober 2019 lalu saya pernah mengalami kejadian pahit yang cukup membuat badan gemetaran. Ini berkaitan dengan seringnya saya memberikan data pribadi dalam pekerjaan saya sebagai blogger saat masih awal-awal dulu. Saking senangnya dapat kerjaan dari blog, saya main asal kasih saja tuh data pribadi tanpa meminta bukti transaksinya. Dan benar saja, karena akhirnya saya mendapatkan “surat cinta” dari kantor pajak yang isinya cukup bikin dag dig dug.

“Apa isi surat ini? Bukannya saya sudah lapor pajak tahunan untuk orang pribadi. Kenapa dapat surat lagi?” Pikir saya kala itu.

Setelah saya buka, di situ tertulis tentang data transaksi pembelian barang dan saya diharuskan datang ke kantor pajak dan menemui seorang pegawai pajak untuk klarifikasi. Setelah sampai sana, saya dijelaskan masalah yang sebenarnya.

Jadi, NPWP saya disalahgunakan orang untuk impor barang dari Cina senilai 33 milyar. Jumlah yang sangat wow sekali. Namun beruntunglah karena pajaknya dibayarkan oleh pelakuknya. Kemudian saya disuruh menjelaskan apakah benar itu saya yang melakukannya? Saya jawab tidak. Darimana saya punya uang sebanyak itu?

Mengetahui hal itu, saya bak tersambar petir di siang bolong. Pikiran pun berkecamuk selama beberapa hari karena khawatir terjadi sesuatu. Dua orang pegawai pajaknya coba ngademdemi (menenangkan) saya yang seperti kebingungan. Kemudian saya disuruh untuk melengkapi berbagai data sebagai bukti bahwa transaksi tersebut bukan saya yang melakukan. Setelah saya rekap, ternyata ada 20 lebih data pribadi berupa KTP dan NPWP yang saya kirimkan ke orang lain tanpa meminta bukti transaksinya. Itu yang kecatat. Yang tidak tercatat sepertinya masih ada.

Dari kejadian ini, saya dirugikan secara materi dan batin. Karena selain bikin gemeteran, saya juga harus rela keluar uang ratusan ribu. Oleh petugasnya, saya juga disuruh lapor polisi saja. Tapi saya tidak melakukannya.

Dan mulai sekarang, saya sangat hati-hati sekali dengan data. Saya menghindari memberikan data pribadi ke orang lain, mendownload atau klik link sembarangan, serta hal lain yang beresiko mengancam data. Apalagi karena saya seorang konten kreator, blogger, dan seller online yang selalu berurusan dengan data, termasuk data pribadi. Mohon maaf, saya bukan maksud menyinggung pihak manapun atau menakut-nakuti. Tapi ini yang saya alami dan saya tidak mau orang lain mengalaminya. Cerita selengkapnya bisa baca di sini

Ya, kejadian tersebut memang murni kesalahan saya dalam menjaga sebuah data. Bukan karena laptop dicuri atau serangan malware, lalu data dalam laptop diambil. Namun, mungkin seperti itulah yang orang akan rasakan jika sampai data pribadi atau data rahasianya disalahgunakan. Terlebih jika itu data sebuah bisnis besar. Tentu dapat mengancam keberlangsungan sebuah bisnis.

Bicara soal keamanan data dalam bisnis, baru-baru ini Tokopedia juga mengalami kebocoran data. Dari kejadian ini, sebanyak 91 juta data pelanggannya seperti nama lengkap, username, email, jenis kelamin, lokasi, nomor hp, dan hash password (password yang masih terlindungi) dijual di darkweb. Yah, walaupun meski misalnya tidak ada data rahasia seperti password, namun data penting seperti email dan nomor hp, dapat disalahgunakan untuk menyebarkan pesan berbahaya seperti scaming, phising, malware, dan spam.

Selain Tokopedia, ada Juga Go-Jek. Akibat kebocoran data ini, saldo GoPay milik seorang perempuan bernama Sangalian Jato berkurang hingga 0. Padahal beberapa hari sebelumnya baru saja ditop-up.

Dan ternyata bukan hanya tokopedia dan Go-Jek saja, tapi Bukalapak, Bhinneka, KreditPlus, bahkan Google Plus saja pernah mengalaminya. Bayangkan, bisnis kelas kakap saja bisa kena, bagaimana dengan saya yang hanya blogger jelata dan jutaan website lainnya yang minim proteksi?

Nah, agar saya terus terupgrade tentang ilmu keamanan data, pada 6 Desember lalu saya mengikuti webinar dengan tema “Secure Your Business with ExpertBook Series” yang di adakan oleh IIDN ( Ibu-Ibu Doyan Nulis) dengan narasumber Bapak Dr. Budi Sulistyo, S.T, M.T., CISA, seorang Expert Consultan di PT. Sharing Vision Indonesia. Dan Mas Rifan Fernando selaku ASUS ID Commercial FAE.

Dari webinar ini, saya dan banyak peserta webinar dibuat kaget karena banyak hal sepele yang ternyata begitu rentan dengan kejahatan dunia maya. Misalnya seperti yang dijelaskan oleh Mas Rifan tentang web camera pada sebuah laptop. Bahwa dari web kamera saja, sebuah laptop yang sudah terinfeksi virus bisa merekam data pemilik laptop. Jika objek gambar terbilang sensitif, maka dapat disalahgunakan oleh sang penyadap.

Banner webinar IIDN 6 Desember 2020

Di sini juga menyinggung tentang bagaimana draft buku bisa sampai ke tangan pembajak yang kemudian diubah menjadi ebook dan dijual murah. Hal itu dikarenakan sebuah laptop yang terinfeksi. Bayangkan, menulis buku itu butuh perjuangan keras hingga berbulan-bulan, bahkan tahunan. Lalu diambil orang dan dijual dengan harga murah.

Kemudian dijelaskan juga tentang kejahatan dengan menaruh flashdisk yang berisi malware di sembarang tempat. Dan jika ada yang mengambil lalu mencolokkannya ke laptop, maka pelaku pun mendapatkan mangsannya. Namun dari penuturan Mas Rifan, hal itu bisa dicegah jika laptop kita sudah dibekali fitur-fitur khusus seperti fitur vPro yang ada pada produk komersial Asus karena dapat mencegah upaya-upaya jahat masuk ke laptop.

Asus ExpertBook yang direkomendasikan Mas Rifan saat webinar. Maaf gambar terpotong karena belum paham cara pakai aplikasinya.

Mas Rifan juga menjelaskan tentang fitur dari produk komersial Asus yang dapat mengenskripsi hardisk sebanyak 2 kali jika semisal laptop kita diambil orang dan mencoba dibaca hardisknya. Sehingga data pada hardisk tidak bisa dibaca karena sudah terlindungi.

Hal yang menurut saya paling mengerikan yaitu mengenai ancaman ransomeware seperti yang dijelaskan oleh Pak Budi. Ransomeware adalah jenis malware yang akan menginfeksi dan menyerang sebuah komputer. Setelah terinfeksi, nantinya malware ini akan melacak dan mengenkripsi data komputer tersebut menggunakan kode rahasia unik yang dibuat oleh sang penyerang atau bisa disebut hacker. Kemudian sang hacker akan menyandera data komputer tersebut dan meminta tebusan uang jika ingin datanya dikembalikan.

Ransomeware berhasil menyandera data sebuah komputer milik seseorang. Foto diambil saat webinar.

Pada gambar di atas, setelah saya zoom karena gambarnya kurang jelas, seorang hacker berhasil mendapatkan mangsanya dengan menyandra data sebuah komputer dan meminta tebusan $490 atau sekitar Rp. 6.800.000,-. Iya kalau nantinya sang hacker mau kasihkan kode untuk membuka data kita. Bagaimana kalau ia hanya ingin uangnya saja. Mengerikan gak sih, guys? 

Pak Budi juga menyarankan untuk tidak mempublish foto diri dan keluarga kita yang sangat lengkap di media sosial. Kemudian nama anak dan istri yang dikombinasikan dengan data pribadi yang lengkap, aktivitas, affiliasi politik, pendidikan dan gelar, karena dapat disalahgunakan untuk penipuan di media sosial.

Pak Budi menyarankan untuk tidak sharing data personal di media sosial karena beresiko disalahgunakan.

Kemudian untuk Anda yang suka bertransaksi dengan kartu kredit di akun ecommerce, Beliau juga menyarankan untuk tidak menyimpan kredensial data kartu kredit. Jika akan digunakan, sebaiknya data ini hanya diinput saat bertransaksi saja dan jangan disimpan. Lalu periksa juga apakah akun ecommerce kita masih menyimpan data kartu kredit kita? Jika masih, maka sebaiknya dihapus. Karena ini beresiko jika semisal ecommerce mengalami kebobolan data.

Jangan menyimpan data kredensial kartu kredit karena beresiko jika semisal akun ecomerce mengalami kebocoran data

Nah, untuk tips pengamanan data dari Pak Budi yaitu dengan melakukan backup data secara periodik atau realtime. Untuk fasilitas backup, beliau menyarankan untuk menggunakan hardisk eksternal dan disimpan di tempat yang aman. Atau bisa juga menggunakan perangkat backup khusus yang memiliki performa tinggi, atau fasilitas cloud/backup storage.

 Tips dari Pak Budi. Melakukan backup data agar data selalu aman.

Dan setelah mengikuti webinar ini, saya membeli antivirus di laptop saya dan rencana akan beli lagi untuk antivirus lainnya, serta mulai melakukan berbagai macam proteksi lainnya. Saya takut jika hal itu sampai terjadi.

Sudah Tahu Belum? 8 Fitur Keren ASUS ExpertBook P2451 Ini Akan Berikan Segudang Keuntungan Untuk Maksimalkan Bisnis Digital Saya dan Anda Semuanya

Sebelum membahas fiturnya, saya akan sedikit bercerita tentang bisnis digital saya. Saat ini saya punya dua pekerjaan yaitu blogger dan penjual online. Blogger adalah pekerjaan yang menjual jasa. Sebagai contoh jika semisal ada pemilik brand yang ingin diulas produknya, maka saya membuatkan tulisan dan saya mendapatkan upah untuk itu. Ini saya namakan review. Sedangkan jika artikel sudah disiapkan dan saya tinggal menaruhnya di blog saya, ini disebut content placement atau guest post. Bagi kalian yang blogger tentu paham.

Sebagai blogger dan konten kreator, saya dituntut untuk kreatif. Bukan hanya nulis sebagai basic pekerjaan, tapi juga menggambar, membuat video, dan juga sering bepergian membawa laptop.

Menulis artikel bagi saya butuh perjuangan. Bahkan jika itu artikel lomba, saya bisa butuh waktu sebulan untuk satu artikel beserta gambarnya atau videonya. Bahkan saya pernah menyelesaikan satu setengah bulan karena harus menambahkan dua video. Semua saya lakukan dengan totalitas. Yah, walaupun akhirnya kalah.

Dalam aktivitas blogging ini, terkadang saya juga harus keluar rumah dan menggendong laptop di tas saat internet di rumah kurang mendukung. Bahkan sampai ke luar kota dan membawa laptop karena ada pekerjaan di sana. Dalam laptop saya, banyak terdapat data penting dan hanya saya yang bisa mengaksesnya. Dan tentunya saya harus menjaganya dengan baik.

Untuk jualan online, saya berjualan produk berupa mainan anak-anak. Untuk mendukung jualan, saya sering membuat banner produk dan juga video sebagai strategi marketing. Karena telah terbukti, dari desain banner yang ciamik, penjualan langsung meningkat. Kemudian berkat promosi youtube dan media sosial, pembeli juga semakin berdatangan. Dan agar bisnis digital saya semakin berkembang pesat, maka saya membutuhkan laptop komersial karena fitur khususnya begitu mendukung bisnis digital saya. Dan yang terpenting baik dari ngeblog dan jualan ini, saya banyak membuat dan menyimpan data di laptop. Dan aset berharga dalam sebuah bisnis digital adalah DATA. Pakai huruf kapital.

Foto saya sedang jualan online.

Maka dari itu, keberadaan laptop bisnis begitu penting peranannya agar perkembangan sebuah bisnis digital semakin meningkat.

Menyasar kalangan pebisnis, Asus menghadirkan produk komersial dengan lini produknya yaitu Asus ExpertBook P2451. Produk yang sempat dibahas oleh Mas Rifan ini memiliki banyak keuntungan dalam memaksimalkan bisnis digital kita semua. Dan ini dia fiturnya. Yuk kita kulik sama-sama.

1] Fitur pengamanan ketat dan berlapis-lapis

Saat webinar kemarin, Pak Budi menjelaskan tentang jenis data apa saja yang diincar oleh penjahat cyber. Berikut penjelasannya dalam screenshoot.

Jenis data yang diincar oleh penyerang. 

Dari gambar di atas, data yang diincar penyerang sangatlah banyak. Dan sebagian besar, pebisnis digital memilikinya. Namun beruntunglah karena Asus ExpertBook P2451 dibekali keamanan berlapis-lapis. Berikut beberapa fitur pengamanan Asus ExpertBook P2451.

1. TPM 2.0

Adalah fitur dimana pengguna bisa menyematkan password untuk mengunci SSD (Solid State Disc) dan BIOS (Basic Input Output System).

2. IR Camera

Adalah fitur untuk login dengan mudah dan cepat dengan web camera yang mendukung inframerah, walaupun area sekitar kurang pencahayaan.

3. BIOS/HDD Password

Adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengunci HDD atau BIOS. Tentu ini bermanfaat jika semisal laptop sedang direparasi, maka kemungkinan hardisk dibuka bisa dicegah.

4. Intel VPRO

Menurut situs resmi intel.co.id, intel vPro merupakan fitur yang dibuat untuk bisnis. Fitur ini dapat meningkatkan performa laptop seperti membuka dokumen spreadsheet dan presentasi hingga 2 kali lebih cepat. Dalam hal pengamanan, menurut penuturan Mas Rifan, fitur ini dapat memfilter upaya-upaya jahat masuk ke laptop. Kemudian fitur ini juga memungkinkan staff TI untuk mengontrol PC dari jarak jauh.

5. Windows Hello dan Finger Print

Windows Hello adalah fitur login ke laptop dengan pengenalan wajah dan tidak bisa dilakukan jika hanya dengan foto wajah saja. Jadi, user harus benar-benar dihadapan laptop untuk bisa login. Sedangkan fingerprint adalah fitur login menggunakan sidik jari. Karena sidik jari tiap orang beda-beda, tentu hanya satu user lah yang bisa menggunakannya.

6. USB Storage Block

USB Storage Block adalah fitur yang memungkinkan pengguna ExpertBook tidak dapat membuka USB Flash disk karena harus melalui izin administrator. Hal itu dikarenakan USB Flash disk bisa berisi malware yang membahayakan data dalam laptop. 

7. File Shredder

Mas Rifan juga menjelaskan bahwa seri ExpertBook ada juga dibekali fitur File Shredder yang memungkinkan pengguna dapat menghancurkan file sehancur-hancurnya tanpa bisa dikembalikan lagi. 

8. Webcam Shield

Adalah fitur webcamera yang bisa digeser buka tutup untuk melindungi peretas memata-matai aktivitas Anda lewat web camera. Jangan sampai Anda, semisal sedang ganti pakaian dan tak sengaja webcam sedang aktif, kemudian peretas bisa melihat Anda.

Wah, banyak sekali ya fitur pengamanannya. Bagi seorang pebisni digital, Asus ExpertBook P2451 ini recommended banget. 

Keuntungannya

Tentu ada banyak sekali karena bisnis digital erat kaitannya dengan data. Saya akan merasa sangat aman dengan data saya yang berupa artikel, data pribadi, video, dll, karena berbagai fitur pengamanan sudah dibenamkan. Soalnya saya sudah pernah mengalami kejadian pahit walaupun itu kesalahan saya.

Saya juga tak khawatir dengan file di hardisk karena sudah ada fitur TPM 2.0 dan BIOS/HDD password. Kemudian fitur USB Storage Block dan File Shreddernya juga akan melindungi data saya. Saya juga tak khawatir foto saya diambil berkat fitur Webcam Shield di laptop ini. Tinggal geser saja, beres.

2] Desain Elegan dan Gahar dengan Standar Military Grade MSTD 810G

Sudah tahu belum, jika Asus ExpertBook P2451 dibuat dengan standar military grade MIL-STD 810GPada bagian tutupnya, Asus ExpertBook P2451 dibuat dengan paduan alumunium yang sangat kuat. Kemudian pada bagian damparan (bagian bawah) keyboardnya, terbuat dari 100% baja. Sedangkan ada juga pelindung HDD EAR untuk meredam kejutan pada hardisk. Dengan logam yang kuat sebagai bahan pembuatnya, tentu fisik laptop ini menjadi sangat kuat dan tak perlu terlalu khawatir semisal kesenggol atau bahkan mungkin jatuh. 

Lalu ada juga fitur G Sensor yang berfungsi jika laptop mendeteksi akan terjadi jatuh bebas, maka hardrive akan menghentikan proses baca / tulis hardisk disk drvie (HDD) dalam 15 ms dan menguncinya. Bukan hanya itu, ia juga telah berhasil melewati uji militer dari 7 kategori. Diantaranya :

1. Uji Kejut

Tahan pada 18 guncangan keras pada kecepatan 40G/11ms saat posisi menyala.

2. Tes Vibrasi

Tahan getaran fisik antara 5-500hz dengan 3 arah selama 30 menit.

3. Uji Kelembaban

Mampu bertahan di bawah kelembabab 95% RH (Relatif Humidity) atau kadar uap air selama 10 hari dalam keadaan unit tidak beroperasi selama pengujian.

4. Getaran Kapal

Teruji lulus pada getaran 4-33hz selama 2 jam untuk meniru transit di kapal.

5. Uji Suhu Tinggi

Bertahan pada suhu 30-43 derajat celcius dalam waktu 7×24 jam.

6. Uji Suhu Rendah

Bertahan pada suhu -25 sampai -33 derajat celcius selama 7×24 jam.

7. Uji Ketinggian

Bertahan pada tekanan kabin yang setara dengan ketinggian 15.000 kaki saat daya hidup.

Bukan hanya itu, ExpertBook P2451 secara internal juga diuji menahan kerasnya pemakaian sehari-hari secara terus menerus guna memastikannya dapat memenuhi standar ketat Asus. Hal itu dilakukan untuk membuktikan bahwa ia memiliki kelebihan dibanding produsen lain. Beberapa tes diantaranya yaitu

1. Uji Daya Tahan Port

Tahan 5.000 kali tes colok cabut port input output untuk memastikan daya tahan fisiknya. Untuk tes USB Type C, ia 7.5 kali lebih banyak dari laptop normal pada umumnya. Ini karena konstruksi diperkuat untuk konektor masuk dan keluaran.

2. Uji Tekanan Panel

Tahan terhadap tekanan 25kg pada tutupnya, tanpa mengalami kerusakan LCD.

3. Uji Daya Tahan Keyboard

Tahan penekanan tombol keyboard hingga 10.000.000 (sepuluh juta) penekanan.

4. Uji Engsel

Tahan 30.000 kali buka tutup engsel. Aliasnya 1.5 lebih banyak dari laptop normal yang hanya 20.000. Ini karena ExpertBook menggunakan engsel baja tahan karat dengan sekrup besar.

5. Uji Kejut

Tahan 6 guncangan keras disetiap arah dengan kecepatan 120G/3ms.

6. Uji Ketahanan Ketumpahan Cairan

Keyboard mampu bertahan terhadap tumpahan cairan seperti air, kopi atau soda dengan kuantitas 66cc selama 3 menit.

Untuk desain layarnya, ia terbingkai dalam sasis 13 inci, namun ukuran sebenaranya 14 inci. Dan ditambah bezel kanan kirinya yang tipis, membuat tampilannya terlihat lebih luas. Oiya, Asus ExpertBook P2451 ini memiliki desain yang ringan dan tipis dengan dimensi 32.53 x 23.29 x 1.99 cm dan bobot 1.5kg saja serta dapat diputar 180 derajat dan bisa rata di meja. Keren sekali, bukan?

Tampilan bezel yang tipis membuat Asus ExpertBook P2451 terlihat elegan. Ia juga dapat diputar 180 derajat.

 Bagaimana, luar biasa sekali ketahanan body ExpertBook P2451 ini, bukan?

Keuntungannya

Bagi seorang konten kreator atau pebisnis digital yang sering keluar untuk membuat konten dan harus membawa laptop, membawa Asus ExpertBook P2451 akan selalu merasa aman dari kecelakaan fisik, berkat material pembuatnya yang kokoh, kuat, anti karat, beserta pengujian ekstrem di berbagai macam situasi dan kondisi. Sehingga laptop aman hingga bertahun-tahun lamanya. Untuk saya pribadi, tentu ini bermanfaat karena saya sering membawa laptop dalam tas saat bepergian.

Kemudian desain yang keren dengan layar 14 inci namun terbalut dalam 13 inci, juga bobotnya yang ringan dan layar bisa diputar 180 derajat rata dengan meja, akan menambah kesan tersendiri di hadapan banyak orang. Apalagi karena ringan dan tipis sehingga mudah dimasukkan ke dalam tas dan nyaman di bawa kemana saja. Entah itu ke cafe, atau dibawa travelling untuk Anda yang sering bepergian. Dan yang paling keren, ia tahan hawa panas atau dingin sekalipun. 

3] Baterai awet hingga 13 jam

Sebagai pebisnis yang sering bepergian, ketahanan baterai sebuah laptop itu sangat penting. Tidak lucu kan saat akan bertemu rekan bisnis dan akan menunjukan presentasinya, tiba-tiba baterai lowbat. Nah, kejadian itu bisa kalian minimalisir karena Asus ExpertBook P2451 memiliki daya tahan baterai hingga 13 jam. Ini sudah dibuktikan dengan pengetesan yang dibandingkan dengan beberapa merk lain.

Keuntungannya

Saya tak perlu khawatir saat sedang di atas gunung atau sedang bepergian untuk mencari konten atau bekerja di luar dan harus buka laptop, namun tak ada sumber listrik. Karena Asus ExpertBook P2451 tahan baterai hingga 13 jam lamanya. 

4] Performa kuat yang dipadukan double penyimpanan

Bagi seorang konten kreator dan penjual online yang selalu memproduksi konten seperti infografik, foto, atau video, penyimpanan besar sangat diperlukan. Saya sendiri pun saat membuat video untuk jualan online, untuk satu buah video bisa memakan hingga 6 GB space. Jadi emang kudu butuh space besar.

Dan untuk sebuah laptop bisnis, HDD saja tidak cukup, tapi perlu melirik SSD yang belakangan ini banyak dicari karena kecepatan membaca data dari SSD lebih baik ketimbang HDD. Untuk membuka software pun seperti corel draw, photoshop, inkscape, windows movie maker, SSD dapat bekerja lebih cepat.

Untuk jeroan dari Asus ExpertBook P2451 ini, sudah menggunakan intel i7 generasi ke 10. Prosesor ini adalah versi upgrade dari versi sebelumnya. Keunggulan yang ditawarkan yaitu seperti clock speed yang lebih kencang 28% dari generasi sebelumnya.

Untuk grafisnya, ia sudah pakai NVIDIA ® GeForce® MX110 yang akan memberikan performa grafis yang cukup mumpuni. Ia juga cukup tangguh untuk Anda yang bekerja di bidang desain grafis dan editing video. RAM-nya sendiri 8GB dan dapat diupgrade hingga 32GB.

Untuk penyimpanan, sesuai spesifikasi di website resmi Asus, ia memiliki varian 256GB, 512GB, dan 1TB (SSD). Untuk HDD, ia tersedia dalam 500GB dan 1TB. Dan perlu diketahui pula, SSD-nya ini merupakan jenis PCIe®Performance SSD, yang mana kecepatannya 7 kali lebih tinggi yaitu 3500 MB/s dibanding SATA 3 SSD yang hanya 520 MB/s.

Double penyimpanan HDD + SSD Asus ExpertBook P2451

Performa Asus ExpertBook P2451 juga telah terbukti paling unggul dengan skor 4471 dibanding 5 jenis laptop lain melalui pengetesan PC MARK 10, untuk jenis CPU yang sama yaitu core i7, dan satu core i5.

Hasil Tes PC Mark Asus ExpertBook P2451.Hasilnya paling bagus.

Keuntungannya

Saya tak perlu khawatir menunggu lama saat merender video di after effect atau windows movie maker karena ExpertBook P2451 dapat melakukannya dengan lebih cepat. RAM 8GB dan intel core i7, serta SSD jenis terbarunya, memiliki kinerja yang lebih baik dari versi sebelumnya. Saya tak perlu khawatir saat membuka banyak tab ataupun beberapa software seperti inkscape dan photoshop, karena dapat berjalan mulus. 

Double penyimpanan dalam HDD dan SSD, juga membuat saya tak khawatir kehabisan space saat menyimpan video untuk keperluan promosi. Grafis jenis NVIDIA ® GeForce® MX110 juga membuat proses editing video atau grafis menjadi lebih lancar. Bikin infografis atau membuat video di after effects pun menjadi lebih lancar. 

5] Konektivitas yang mendukung untuk berbagai macam situasi

Walaupun laptop ini memiliki desain yang ringkas, bukan berarti minim port. Karena laptop seri bisnis sebaiknya memiliki port yang cukup. Asus ExpertBook P2451 memiliki banyak port konektivitas untuk kebutuhan bisnis. Berikut jenis konektivitasnya dalam gambar.

Port konektivitas pada Asus ExpertBook P2451 yang begitu banyak membuat pebisnis tak perlu khawatir dengan berbagai macam media penghubung.

Dengan banyaknya konektivitas yang disematkannya, tentu kita dapat mentransfer data dengan mudah dan cepat. Card reader untuk membaca micro SD. USB untuk transfer data dari flash disk. Headphone out & audio ini combo untuk earphone. Ada juga port HDMI untuk menampilkan layar ke tampilan yang lebih besar seperti LCD TV. Dan VGA untuk tampilan ke proyektor.

USB Type C Asus ExpertBook P2451 sudah support HDMI 

Kemudian yang terpenting adalah karena ia support USB 3.2 Gen 1 Type A dengan kecepatan transfer 5 Gbps. Dan USB 3.2 Gen 2 Type A dengan kecepatan transfernya 2 kali lebih cepat yaitu 10 Gbps.

Asus ExpertBook P2451 mampu mentransfer data dengan lebih cepat

Asus ExpertBook P2451 mampu mentransfer data dengan lebih cepat berkat USB 3.2 Gen 2

Untuk untuk tampilan ke luar, bisa juga lewat USB-C TM 3.2 Gen 2 yang mendukung pengisian cepat dan sudah support resolusi 4K. Kemudian port RJ-45 untuk mempermudah penggantian pesawat telpon. Dan kensington lock slot untuk mengunci laptop agar tak dicuri orang. Untuk WiFi-nya, ia sudah mendukung WiFi 6 dan Asus WiFi master yang mana kecepatan lebih ditingkatkan dan lebih stabil.

WiFi 6 ini memiliki memiliki keunggulan 3 kali lebih cepat dari WiFi 5. 4 kali lebih stabil untuk pengguna di daerah perkotaan. Serta mempunyai daya tahan baterai yang lebih lama dan efisien. WiFI 6 ini juga akan sangat cocok jika digunakan di daerah dengan jaringan yang sangat padat.

Sedangkan untuk Asus WiFi Master ia memiliki kecepatan transfer lebih tinggi dengan jarak yang lebih jauh. Ia juga dapat menangkap sinyal lebih cepat disaat perangkat lain masih mencarinya. Semisal kita sedang berada di hotel dan berebut WiFi, maka perangkat dengan WiFi master sudah duluan mendapatkannya. Kemudian Asus WiFi master ini juga masih dapat menikmati streaming video Full HD di Youtube dengan jarak yang cukup jauh hingga 300 meter.

 

Keuntungannya

Saya tak perlu repot saat akan mentransfer data, namun media penghubungnya berbeda-beda. Entah itu micro SD, USB 2.0, USB 3.2 Gen 1 Type A, atau USB-C™ 3.2 Gen 2 . Itu karena Asus ExpertBook P2451 memiliki banyak macam port walaupun laptop ini tipis dan ringan. Untuk salah satunya portnya yaitu USB 3.2 Gen 2 Type A, ia memiliki kecepatan tranfer yang sangat tinggi. Sehingga tak perlu menunggu lama saat akan mentransfer file video yang sizenya hingga 6GB karena bisa dilakukan dengan cepat. Kemudian hadirnya USB-C (USB-C TM 3.2 Gen 2) untuk tampilan keluar selain dari HDMI dan VGA.

WiFi 6 yang disematkan juga membuat kecepatan internet lebih ngebut. Dengan WiFi Masternya, saya juga tak perlu repot berebut sinyal WiFi saat deadline menjelang. Apalagi jarak 300 meter pun masih dapat memutar video Full HD. Tentu ini penting karena seringkali saya harus ke WiFi corner yang jaraknya paling hanya 100 meter, tapi dari rumah belum bisa menangkap sinyal. 

6] Keyboard backlit yang nyaman untuk mendukung pengetikan cepat

Dalam sebuah bisnis, laptop yang nyaman sangat penting agar proses pengetikan dan pengerjaan dokumen menjadi lebih nyaman dan cepat. Pada Asus ExpertBook P2451, keyboardnya sudah mendukung fitur backlit agar dapat terus mengetik walau dalam kondisi pencahayaan yang minim. Kemudian key travel atau jarak antar tombol keyboard 1.5 mm yang disematkannya juga membuat aktivitas mengetik semakin mudah.

Lalu yang membuatnya beda adalah karena adanya SensePoint untuk mengontrol kursor dengan mudah. Dan yang membuat laptop ini wajib dibeli adalah karena ia tahan terhadap tumpahan cairan di keyboardnya selama 3 menit. Seperti air, soda, atau kopi, dengan kuantitas 60cc. Kemudian juga terdapat tombol fungsi cerdas berupa tangkapan layar, pengunci webcam, tombol untuk mengakses Aplikasi MyAsus, dan tombol keluar untuk privasi.

Keuntungannya

Pekerjaan menulis atau mengedit video menjadi lebih cepat karena keyboard yang nyaman. Saya juga tak perlu khawatir bekerja saat ruangan gelap karena fitur backlitnya akan menampilkan cahaya latarbelakang. Ini penting karena di rumah saya sering sekali mati listrik dan membuat saya harus cari sumber listrik biarpun malam hari.  Dan yang paling kece, ia tahan tumpahan cairan. Laptop saya kemarin baru saja kena air, dan 3 tombolnya mati hiks hiks. 

7] Layar anti glare yang nyaman di mata

Asus ExpertBook P2451 dibekali layar anti glare yang nyaman dimata dan tidak cepat membuat mata Anda lelah dalam waktu lama. Anda tidak pernah menyesal berinvestasi lebih untuk sebuah sebuah layar yang nyaman dan menyenangkan. Dengan layar jenis ini, saya tetap nyaman walau bekerja hingga 15 jam seharian. Menangnya pernah? Sering, tapi dulu. Sekarang enggak. 

Keuntungannya

Seringkali mata saya perih dan berair jika terlalu lama menatap layar. Namun dengan layar anti glare dari Asus ExpertBook P2451 ini, hal itu bisa diminimalisir. Terlebih karena saya setiap hari menatap layar monitor.

8] Dukungan Asus Business Manager dan Windows 10 Pro yang Support Bisnis

Asus Business Manager bermanfaat untuk Anda pebisnis yang tidak punya manajemen IT yang memadai. Fitur yang sudah terupdate ini mampu menyederhanakan proses manajemen dan pemeliharaan. Sehingga memungkinkan Anda untuk lebih berfokus kepada bisnis Anda. Beberapa fiturnya yaitu seperti :

1. Secure Guard

Ada 2 opsi untuk administrator. 1. Device Lock, berfungsi untuk menghindari pengguna mengcopy data dari penyimpanan USB atau card reader dan ODD. 2. Sytem Restriction. Berfungsi untuk menghindari pengguna mengedit register yang dapat merusak komputer. Fitur ini juga dapat menghindari pengguna memodifikasi waktu sistem.

2. Secure Storage

Adalah fitur dimana Anda dapat membuat partisi yang dilindungi password di dalam komputer Anda. Partisi itu semacam folder. Seperti Local Disk (D) di komputer Anda. Partisi ini nantinya akan dinamai Asus Secure Drive yang terlindungi password sebagai tempat menyimpan data penting Anda. Anda juga bisa menguninstall partisi tersebut jika tak ingin menggunakannya.

3. Secure Backtrack

Adalah fitur yang membantu pengguna membuat restore point untuk sistem. Sistem juga dapat dipulihkan menggunakan restore point saat rusak.

4. My Logo

Adalah fitur yang dapat mengubah tampilan logo booting BIOS sesuai keinginan. Anda bisa mengubahnya menjadi logo bisnis atau perusahaan Anda supaya terlihat lebih proffesional. Selengkapnya tentang Asus Business dapat dilihat di alamat ini https://www.asus.com/id/support/FAQ/1042634

Selain itu, ExpertBook P2451 juga sudah mendukung Windows 10 Pro yang memang ditujukan untuk bisnis. Dengan windows 10 Pro ini, Anda akan mendapatkan layanan terbaik dan terbaru dari Microsoft. Seperti mengamankan data sensitif, perangkat, identitas pelanggan, serta hak intelektual milik Anda dengan kontrol dan perlindungan kelas perusahaan. Beberapa fitur bisnisnya yaitu :

1. Device Guard dan Secure Boot

Adalah aplikasi ekslusif hanya untuk windows 10 Pro yang berfungsi memastikan bahwa perangkat sudah terbebas dari virus malware atau software berbahaya.

2. BitLocker

Adalah sejenis enskripsi tool yang berfungsi untuk memungkinkan perangkat melakukan penguncian (enskripsi) pada sebuah PC agar orang lain tidak bisa mengaksesnya.

3. Remote Dekstop

Adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengendalikan PC dari jarak jauh. Aliasnya pengguna bisa mengakses PC dari mana saja.

Keuntungannya

Saya tak perlu khawatir karena karena dapat menyimpan data rahasia di partisi yang aman menggunakan password. Terlebih karena seringkali saya mereparasi laptop di konter. Saya juga tak perlu khawatir karena jika ada pengguna mengcopy data saya berkat fitur secure guard. Dan dengan fitur File Shredder, saya bisa menghapus file permanen tanpa bisa dikembalikan lagi. Aman banget pokoknya.

Saya juga tak perlu khawatir karena windows 10 pro yang tertanam dilaptop ini bisa memastikan bahwa laptop sudah bebas dari malware. Ini penting sekali karena banyak sekali data pribadi di laptop saya. Selain itu saya juga masih awam dengan yang namanya malware. Jadi tenang deh kalau ada laptop ini.

Kesimpulan

Bagi sebagian orang, mungkin masih ada yang belum tahu bahwa dalam menjalankan sebuah bisnis terutama bisnis digital, dukungan laptop khusus bisnis begitu penting. Pada laptop bisnis, terdapat banyak fitur-fitur pendukung untuk memaksimalkan bisnis. Dan karena trend bisnis digital semakin berkembang, Asus pun memahami bahwa produk-produknya pun harus dapat memberikan solusi dalam mengembangkan usaha para pebisnis digital. Untuk itu, Asus pun menghadirkan laptop yang menyasar kalangan bisnis.

Beberapa keuntungan yang saya sebutkan di atas hanya sebagian saja dari segudang keuntungan yang ada dan tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Tentu itu semua akan sangat mendukung bisnis saya sebagai blogger dan penjual online. Bagi kalian para pebisnis digital, segudang fitur unggulannya tentunya akan sangat mendukung bisnis Anda semuanya. 

Akhirnya, berakhirlah sudah pembahasan panjang tentang laptop bisnis Asus ExpertBook P2451. Berikut Spesifikasi Asus ExpertBook P2451 diambil dari website resminya di https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-ExpertBook-P2451FB/specifications/

Untuk harga, ia berkisar dari $599 (Rp. 8.386.000,-) – $1019 (Rp. 14.182.000) dengan kurs dollar Rp 14.000,-. Harga di ambil dari modul Asus ExpertBook P2451

Sumber referensi artikel :

Webinar IIDN dengan teman “Secure Your Business with ExpertBook Series”

Modul Asus ExpertBook P2451

Website Asus

www.arusgadget.com/perbedaan-windows-10-pro-dan-windows-10-home/

bairuindra.com/5-keunggulan-asus-zenbook/