Kini banyak orang menjadikan Instagram sebagai tempat untuk berjualan online. Instagram juga memiliki fitur keren bernama Instagram Shopping yang bisa membuat bisnis online semakin mudah dan menguntungkan. Cara mengaktifkan instagram shopping bisa dilakukan sendiri, tetapi langkah-langkahnya cukup panjang.

Adanya Instagram Shopping ini mampu menghadirkan pengalaman berbelanja seperti di e–commerce. Pada unggahan produk juga terdapat label yang bisa disorot. Apabila di klik akan menuju ke halaman tentang deskripsi produk yang memberikan informasi lengkap untuk memudahkan pelanggan mempelajari produk tersebut. Kemudahan inilah yang akan semakin menarik minat para pengguna untuk memilih berbelanja di Instagram.

Baca Juga : Pemasaran Tradisional Tak Lagi Efektif! 4 Hal Buruk Ini Bisa Terjadi Jika Bisnis Tidak Segera di Onlinekan

Instagram Shopping dapat diakses lewat halaman Explore, para penggunanya tak perlu keluar aplikasi untuk berbelanja. Menarik ya? Kalian bisa segera memanfaatkan Instagram Shopping untuk memulai berjualan. Cara mengaktifkannya sendiri bisa kalian simak di bawah ini:

Syarat Mengaktifkan Instagram ShoppingSebelum kalian mengaktifkan fitur Instagram Shopping, harus terlebih dahulu memenuhi beberapa persyaratan. Karena fitur Instagram Shopping cukup istimewa sehingga tak bisa sembarangan akun yang dapat mengaktifkan Instagram Shopping. Berikut ini persyaratan yang harus kalian penuhi :

1. Akun yang digunakan harus akun Instagram bisnis, jika akun Instagram kalian belum diubah menjadi akun bisnis maka segera lakukan

2. Akun bisnis Instagram yang digunakan harus mematuhi perjanjian pelapak dan kebijakan perdagangan yang telah pihak Instagram berikan

Baca Juga : Terbukti Menghasilkan! Ini 4 Cara Saya Mendapatkan Uang dari Internet Saat Pandemi Corona. Mau Coba Yang Mana?

3. Akun bisnis Instagram yang kalian miliki harus menjual produk fisik agar gambar produk dapat ditandai setelah mendapat izin tayang dari Instagram Shopping, jadi apabila bisnis kalian tidak terdapat produk fisiknya tidak dapat mengaktifkan Instagram Shopping

4. Akun bisnis tidak boleh mempunyai batasan negara atau usia.

5. Akun bisnis tersebut juga harus terhubung dengan katalog Facebook
Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

Setelah memenuhi semua persyaratan di atas kalian sudah bisa memulai langkah-langkah selanjutnya. Berikut ini cara mengaktifkan instagram shopping secara detail:

1. Membuat Website

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat website. Adanya website akan mempermudah kalian untuk membuat Instagram Shoping. Selain itu bagi toko online yang memiliki website sendiri juga lebih terlihat professional sehingga membuat para calon pelanggan menjadi percaya dan tidak ragu untuk memilih berbelanja di toko online kalian.

Walau terdengar sulit membuat website sendiri, tapi sebenarnya ada acara yang mudah memiliki website untuk toko online sendiri yaitu dengan menggunakan TokoTalk. TokoTalk akan membantu kalian dengan mudah memberikan website gratis untuk toko online, bukan sembarang website bahkan website yang dilengkapi dengan fitur yang canggih untuk mengembangkan bisnis online kalian.

Baca Juga : 3 Hari Jualan Online Langsung Laris, Ini 7 Tips yang Saya Lakukan ! Dicoba Saja Dulu

2. Membuat Halaman Facebook dan Katalog

Seperti dijelaskan pada persyaratan sebelumnya bahwa kalian harus memiliki akun Instagram yang terhubung dengan Facebook. Jika sudah terhubung selanjutnya adalah membuat halaman Facebook untuk mendapatkan katalog produk kalian.

1. Buat akun pengelola halaman Facebook di Pengelola Bisnis Facebook dan login menggunakan akun Facebook milik toko online kalian.

2. Selanjutnya isilah informasi yang diminta untuk membuat akun bisnis yang baru.

3. Pilih Pengaturan Bisnis.

4. Klik Sumber Data kemudian pilihlah menu Katalog lalu klik Tambahkan untuk membuat katalog baru.

5. Buat nama dan jenis produk yang akan kalian jual ke dalam katalog, lalu klik Buat Katalog.

6.Kemudian kalian dapat mentukan siapa saja yang akan mendapatkan akses standar atau akses admin untuk katalog ini.

Baca Juga : Ingin Sukses Bisnis Kedai Kopi? Ini 9 Tips yang Bisa Dilakukan! Mulai Aja Dulu

7. Setelah itu katalog kalian akan terlihat masih kosong. Agar dapat menghubungkan ke akun bisnis Instagram dan mengaktifkan Instagram Shopping, kalian harus mengisi katalog terlebih dulu dengan produk yang akan kalian jual, caranya dengan mengklik “Buka di Pengelola Katalog”

8. Pilih “Saluran” pada menu di sebelah kiri, lalu Klik “Tambahkan Produk”.

9. Selanjutnya Pilih “Tambahkan Secara Manual”

10. Kemudian kalian hanya perlu mengisi informasi produk yang diperlukan. Jika sudah, klik Tambahkan Produk.

11. Selanjutnya katalog telah siap dan kalian bisa menghubungkannya ke akun bisnis Instagram.

3. Menghubungkan Instagram Shopping Dengan Katalog di Facebook

Jika kalian telah selesai membuat katalog pada Facebook, langkah selanjutnya adalah memasukkan katalog ke halaman Facebook dan website. Inilah saatnya untuk mengaktifkan Instagram Shopping melalui aplikasi Instagram. Cara mengaktifkan Instagram Shopping hanya bisa dilakukan lewat aplikasi Instagram di handphone ya.

1. Pertama klik Business di pengaturan.

2. Selanjutnya pilih Sign Up for Shopping

3. Ikuti saja langkah-langkah yang diminta seperti menghubungkan akun dengan Facebook dan menghubungkan Instagram dengan katalog Facebook yang telah kalian buat. Selanjutnya pilih Facebook Catalog Manager, lalu klik “Check for Catalog”

4. Kemudian selesai, kalian hanya perlu menunggu akun Instagram kalian diizinkan untuk membuat Instagram Shopping

Meskipun caranya terlihat panjang, namun cukup mudah untuk dilakukan. Namun bila kalian tidak mau repot untuk mengurus pembuatan Instagram Shopping tenang saja, ada cara yang lebih mudah lagi. Kalian bisa menggunakan layanan SIST atau Solusi instagram Shopping TokoTalk. Layanan tersebut adalah layanan untuk membantu para penjual online untuk membuat dan memiliki IG shopping dengan cara yang mudah. Kalian hanya cukup mendaftar saja dan yang menyenangkannya lagi layanan ini gratis. Jika kalian ingin dilayani lebih cepat oleh TokoTalk, undanglah teman kalian untuk ikut bergabung ke dalam SIST.

Jika nantinya kalian telah terpilih dalam layanan SIST ini, maka kalian akan dibantu oleh Tim TokoTalk dalam setiap langkah yang diperlukan dalam pembuatan Instagram Shopping. Yuk jangan ragu lagi untuk mengembangkan bisnis online kalian dengan memanfaatkan fitur Instagram Shopping dan makin permudah prosesnya bersama TokoTalk.