Banyak orang bilang bahwasanya pekerjaan paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Ya, itu memang benar karena pekerjaan yang berasal dari hobi akan mendatangkan kebahagian batin tersendiri dan mungkin tidak bisa dibandingkan dengan apapun. Karena hobi, orang rela melakukan apapun asalkan dapat memuaskan hasrat hatinya. Ia rela mengorbankan banyak hal asal apa yang ia senangi keturutan. Tidak peduli harus keluar biaya banyak, ia akan tetap melakukannya dengan senang hati.

Di masa pandemi covid-19 ini banyak orang kehilangan pekerjaan. Baik itu yang di PHK, dipotong gaji, atau dikurangi jam kerjanya. Entah sampai kapan ini akan berakhir. Pandemi juga membuat orang lebih banyak diam di rumah untuk menekan penyebaran virus. Namun begitu, tentu saja ada banyak hal produktif yang bisa dilakukan karena kehidupan terus berjalan dan dapur harus tetap ngebul.

Aktivitas di rumah saja bukan berarti tidak bisa melakukan apapun. Karena pandemi sendiri juga mendatangkan banyak hikmah. Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu seperti melakoni suatu hobi yang bisa dilakukan dari rumah. Saya yakin jika kalian memiliki suatu hobi atau passion yang begitu menonjol pada diri kalian.

Coba ingat-ingat, hal apa yang kalian senangi dan selalu terangan-angan dan dilakukan terus menerus tanpa rasa bosan? Coba pikir-pikir kembali. Nah, hal itu bisa kalian manfaatkan menjadi peluang bisnis. Karena sudah banyak yang membuktikan bahwa sebuah hobi dapat diubah menjadi sebuah bisnis dan mendatangkan profit melimpah. Jika sulit dilakukan karena terkendala PSBB, kan bisa dionlinekan. Iya enggak? Secara sekarang semuanya serba online. Tak terkecuali jodoh. #Eh.

Baca Juga : Ingin Sukses Bisnis Kedai Kopi? Ini 9 Tips yang Bisa Dilakukan! Mulai Aja Dulu

Salah satu inspirasi yang bisa kita dapatkan yaitu dari seorang pemuda di Bandung bernama Wendy Kurniawan dalam channel youtube BERGURU (Belajar Ragam Usaha Baru) dari Ninja Express. Jadi, Mas Wendy ini memiliki hobi yang cukup unik. Yaitu mengoleksi ikan dalam aquarium. Namun aquarium ini memiliki desain yang cantik dan estetik. Aquarium ini diberi nama aquascape. Aquascape sendiri berasal dari kata aquarium dan landscape yang disingkat aquascape. Yaitu aquarium yang dihias dan didekorasi berupa pemandangan hingga terlihat cantik dan menarik dan membuat orang tertarik untuk memilikinya.

 Wendy Kurniawan, aquascaper sukses dari Bandung yang berawal dari hobi

Awal mula Mas Wendy menjalani usaha ini yaitu saat ia masih menjalani skripsi di Bandung tahun 2007 lalu. Ia dikasih sekantong ikan hias air tawar kecil-kecil dari seorang kerabat dan aquarium berbentuk bulat. Nah, dari situlah hobinya dimulai dan menjadikannya sebuah usaha seperti sekarang ini. Ia sendiri tertarik dengan ikan hias air tawar jenis tetra cardinal dan kemudian mencari tahu banyak hal tentang kebutuhan ikan tersebut di internet untuk mengembangkan hobinya tersebut. Dalam video yang saya tonton di URL ini https://youtu.be/TcFgyan0GlY, saya merangkum tips agar sukses menjadi aquascaper ala Mas Wendy Kurniawan. Diantaranya :

1] Menurut Mas Wendy, basic untuk menjadikan hobi ini menjadi bisnis adalah kecintaan terhadap tanaman dan satwa. Karena di aquascape sendiri unsur utamanya adalah tanaman air tawar dengan ikannya, walaupun ikan hanyalah sebagai elemen penambah estetika. Aliasnya jika kita sudah suka dengan hal ini, maka menjalani bisnis akan terasa menyenangkan karena dilakukan dari hati.

Kecintaan terhadap satwa dan tanaman merupakan modal utama bisnis aquascape. By the way, keren juga ya aquascapenya.

2] Untuk tips kedua yaitu mengenai tantangan dari hobi aquascape ini. Yaitu menentukan tema dari landscape dan pemandangan seperti apa yang akan dibuat nantinya? Karena pastinya jika tampilan atau landscape terlihat menarik dan unik, pengunjung pun akan suka dan berdatangan memesan aquascape Anda. Untuk cara ini bisa dilakukan dengan browsing di internet untuk mencari sumber referensi mengenai desain-desain yang ada. 

Baca Juga : Bisnis Menarik Untuk Para Penggemar K-POP

Perlu diketahui juga nih bahwasanya style atau gaya aquascape ini ada 3 macam. Yaitu Natural Style, Ducth Style, Iwagumi. Kalau Natural Style itu lebih ke mereplikasi apa yang ada di dalam ke dalam aquarium ini. Sedangkan Iwagumi secara harfiah kalau dalam bahasa Jepang artinya taman batu. Kalau di Jepang banyak taman-taman batu dan rumput. Nah, di aquascape ini banyak diterapkan. Sedangkan Dutch style itu terinspirasi dari taman bunga tulip di Belanda. Dan semakin kreatif melakukan penataan, hasil dan estetika aquascape pun menjadi lebih menarik.

3] Tips ke-tiga yang penting dilakukan yaitu merawat tanaman dan ikan-ikan di dalamnya agar terus tumbuh sehat. Karena tentunya aquascape menjadi kurang menarik tanpa adanya unsur hidup seperti ikan dan udang yang menghiasinya. Dalam hal ini ada yaitu menentukan jenis pasir seperti pada tips ke-empat di bawah.

4] Tips ke-empat yaitu memperhatikan kondisi pasir atau subtrate karena berpengaruh terhadap keberlanjutan hidup tanaman.

Jenis pasir berpengaruh terhadap keberlangsungan tanaman dan satwa dalam aquascape

Sebelum memulai, hal-hal yang perlu dipersiapkan dari aquascape ini yaitu aquarium itu sendiri. Kemudian sebagai pengganti cahaya matahari yaitu ada lampu neon. Lalu ada juga batu-batu atau kayu yang akan menambah estetika atau tampilan. Dan berikutnya ada juga subtrate itu tadi. Yaitu media seperti tanah yang nantinnya digunakan untuk menancapkan tanaman-tanaman agar dapat hidup. Tanaman-tanaman tersebut nantinya yang akan mendapatkan nutrisi dari subtrate ini.

Namun hal penting yang perlu diperhatikan adalah bahwa tanaman bisa saja mati karena kandungan amonia dalam subtrate tersebut dikarenakan subtrate berasal dari alam. Amonia sendiri bisa diubah menjadi nutrisi dalam 1-2 minggu. Namun agar prosesnya lebih cepat, dibutuhkan bakteri starter yang dicampurkan ke dalam subtrate ini.

Bakteri untuk mempercepat proses pengubahan amonia menjadi nutris dalam subtrate

Untuk kondisi airnya, mungkin kita bertanya-tanya, apakah airnya khusus atau bagaimana? Untuk airnya sendiri menurut Mas Wendy, suhunya berkisar antara 22-28 derajat celcius. Oiya, perlu diketahui juga, seni aquascape ini juga bukan hanya seni merawat tanaman atau media lain di dalamnya. Tapi juga seni merawat air.

5] Tekhnik penanaman yang benar dan jenis pasir menentukan hasil aquascape

Nah, kalau dalam proses planting atau atau memperlakukan tanamannya, kendala yang biasanya dialami para pehobi adalah tanaman yang selalu ngambang di air. Pernah juga Mas Wendy menerima keluhan dari sesama pehobi.

“Bang, tanamannya kok ngambang ya?”

Tips dari Mas Wendy yaitu agar tanaman tidak ngambang yaitu dengan memperhatikan subtrate atau pasirnya itu tadi. Karena ada beberapa jenis seperti pasir silica dan pasir malang. Kalau untuk pasir malang yang relatif ringan, ia cukup sulit untuk mengikat akar tanaman. Sehingga akan mengambang saat air terisi full.

Lalu untuk proses menancapkan (menggunakan pinset khsusus) tanamannya, juga tidak harus lurus, tapi agak miring atau melandai agar luas permukaan batangnya yang tertimbun oleh media pasir atau subtratenya lebih banyak.

Nah, itu dia 5 tips yang bisa kalian lakukan dalam memulai hobi aquascape ini. Menurut Mas Wendy, hobi aquascape ini juga merupakan hobi yang cocok untuk kita yang terdampak pandemi karena tidak perlu kemana-mana tapi dan bisa dilakukan dari rumah.

Karena masa pandemi, Mas Wendy ini awalnya juga sempat khawatir jika usahanya akan terdampak. Tapi justru di masa dimana orang-orang pada stay at home, mereka malah mencari hobi baru, selain karena memang sedang viral.

Jadi, walaupun masa pandemi, justru usahanya malah mengalami peningkatan penjualan. Untuk omset tertinggi, ia pernah membuat aquascape dengan ukuran sekitar 4 meteran dengan biaya sekitar 100 juta. Wah menguntungkan sekali ya?

Sedangkan jika ditanya berapa sih budget terminim bagi pemain baru untuk modal awal bisnis aquascape ini? Mas Wendy menerangkan kalau untuk aquarium ukuran 60×30 cm itu kisaran 2 juta fullset udah bisa memulai usaha aquascape. Tapi kalau mau yang lebih kecil lagi, Mas Wendy menuturkan jika dengan modal 500-600 ribu saja juga sudah bisa. Terjangkau ya?

Dari cerita di atas, mungkin bagi pemula akan terlihat sulit ya. Oh, tentu tidak. Harus optimis dong. Karena apapun yang awalnya sulit, jika sudah dicoba maka akan terasa mudah. Terlebih jika itu adalah sebuah hobi, maka melakoninya pun dengan senang hati tanpa ada rasa paksaan atau tekanan.

Tentang BERGURU seperti di atas saya tuliskan

Melalui kampanye #ObsesiUntukNegeri, Ninja Xpress melakukan kampanye kolaborasi melalui konten youtube bersama para kreator lokal seperti cerita inspiratif dari Mas Wendy dengan bisnis aquascapenya, untuk mendukung UMKM dan brand lokal serta para komunitas dalam menghadapi era new normal atau kebiasaan baru ini. Salah satunya yaitu melalui konten #Berguru ini. 

BERGURU atau Belajar Ragam Usaha Baru adalah kategori konten dari channel youtube Ninja Xpress yang berisi tutorial dan tips memulai usaha baru dari rumah. #Berguru dibuat untuk mendorong masyarakat untuk membangun usahanya sendiri dan mengubah persepsi bahwa sesuatu yang sebelumnya dianggap sulit, akan terasa mudah jika sudah dilakukan. Yakinlah karena saya sendiri pun mengalaminya. Sesuatu yang sebelumnya saya anggap sulit, namun setelah action dan berani mencoba, ternyata mudah juga.

Konten #Berguru sendiri akan tayang setiap minggu sekali dengan topik yang berbeda-beda. Makanya jangan lupa subscribe channel youtube Ninja Xpress, like, dan tuliskan di kolom komentar mengenai tema atau topik apa yang harus dipelajari bersama selanjutnya? Karena saya sendiri pun begitu terinspirasi dari konten berguru pada cerita Mas Wendy untuk bisnis aquascapenya.

Ninja Xpress dengan websitenya di Ninjaxpress.co adalah mitra usaha yang akan mendukung industri bisnis dan UKM serta e-commerce yang sudah berdiri sejak tahun 2015 dan merupakan penyedia layanan pengiriman paket berbasis tekhnologi inovatif, yang akan turut andil dalam menyelesaikan rumitnya proses pengiriman paket.

Layanan paling bikin banyak orang suka adalah karena ia menerima fitur COD atau Cash on Delivery. Jadi, penerima paket bisa membayar pesanan kepada kurirnya. Dan ini adalah solusi bagi mereka yang masih awam dan sering khawatir saat belanja online karena #ObsesinyaCumaDelivery.

Dan Ninja Xpress sendiri lah yang nantinya akan menjadi mitra usaha yang akan mendukung UMKM dan brand lokal serta para komunitas di Indonesia melalui pelatihan Ninja Academy, dengan berkomitmen untuk terus mendukung mitra usaha dan karya lokal agar dapat terus bangkit dan bertumbuh walaupun di masa pandemi. Kunjungi alamat website di www.ninjaacademy.co untuk info selengkapnya.

Akhirnya, dari cerita di atas kita bisa tahu bahwa walaupun di rumah aja bukan berarti tidak bisa ngapa-ngapain ya. Karena ada banyak hal yang bisa dilakukan. Terlebih jika kita memiliki hobi atau passion dalam suatu hal. Tidak ada yang mustahil jika kita memang niat melakukannya. Salah satu contoh sukses adalah dari Mas Wendy Kurniawan ini. Berawal dari hobi, ia sukses meraup untung melimpah dari bisnis aquascape yang sepertinya terlihat mudah, namun setelah dicoba terasa mudah, yang kesemuanya dikemas dalam konten #Berguru dari Ninja Xpress.

Jadi bagi kalian yang ingin mendapatkan gambaran tentang suatu bisnis, pantengin terus channel Youtube #Berguru Ninja Xpress dan juga IG-nya di @ninjaxpressid karena setiap minggunya bakal ada episode seru tentang tips memulai usaha dari rumah. Terima kasih 🙂

Bagikan biar yang lain tahu