Entah kenapa saya ini hobi sekali menonton konten kesehatan gigi dan mulut di media social. Terutama pembersihan karang gigi atau scalling gigi. Kalau udah liat plak terlepas dari gigi, rasanya lega dan puas. Mungkin ada yang saya denganku ? Kemudian, saya juga seringkali melihat kasus dimana saat proses scalling berlangsung, darah dari gusi keluar. Dan inilah salah satu penyebab gusi berdarah. Yaitu karena sekian lama gigi tak dirawat dengan baik, maka bisa timbul darah hingga resiko gigi copot.

Baca Juga : Mau Cabut Gigi Geraham saat Sakit Asam Lambung ? Ini Pengalaman Saya

Berbicara soal gusi berdarah, pernah dulu saya mengalaminya. Dan disarikan dari website kesehatan dan pengalaman pribadi, berikut beberapa penyebab gusi berdarah.

1. Menyikat gigi terlalu keras

Pernah dulu saya menyikat gigi terlalu keras. Akibatnya gusi berdarah. Kemudian ukuran sikat gigi yang terlalu besar dan bentuknya kurang friendly di mulut, juga menjadi pemicunya. Itu yang kadang saya alami. Karenanya, sekarang saya lebih memilih sikat gigi dengan bentuk yang lebih friendly di rongga mulut dan dengan bulu halus dan lembut.

2. Karang gigi

Seperti saya singgung diatas. Gusi berdarah bisa timbul karena plak yang mengeras di gusi dan menjadi karang yang keras. Gusi menjadi rentan berdarah karena karang gigi. Bahkan karang gigi yang terlalu tebal dapat menanggalkan gigi.

3. Periodontitis

Periodontitis adalah infeksi dan peradangan gusi yang sampai merusak jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Gejalan paling utama dari peiodontitis adalah gusi berdarah.

Baca Juga : Gigi Berlubang, Baiknya Dicabut atau Ditambal ?

4. Kekurangan Vitamin C dan K

Kekurangan vitamin C dan K ternyata dapat menimbulkan pendarahan, termasuk pada gusi. Vitamin C berfungsi memperkuat tulang dan penyembuhan luka.Sementara vitamin K berfungsi pada pembekuan darah. Vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, papaya, strawberry, serta cabe merah. Sedangkan vitamin K banyak terdapat pada sayuran seperti brokoli, ikan, dan pok choy. Kemudian terdapat juga padablueberry, anggur, dan apel. Penyebab gusi berdarah lainnya yaitu seperti missal

5. Penggunaan gigi palsu yang belum terpasang dengan tepat
6. Kemudian gusi yang belum bisa beradaptasi dengan benang gigi (dental floss)
7. Perubahan hormone saat hamil
8. Diabetes
9. Leukimia atau kanker darah
10. Konsumsi obat pengencer darah, dll.

Baca Juga : Ini Dia 8 Permasalahan Gigi yang Perlu Anda Ketahui

Lalu bagaimana sih cara mencegah gusi berdarah :

1. Gosok gigi dengan rajin 2 kali sehari. Namun seperti di atas saya tuliskan, hati-hati saat menggosok gigi. Jangan terlalu keras dan gunakan sikat gigi yang friendly di mulut.

2. Jangan mengkonsumsi makanan yang terlalu panas atau dingin karena dapat merusak gigi dan gusi.

3. Berkumur dengan air garam dan hindari obat kumur yang mengandung alkohol karena dapat memperburuk kondisi gusi berdarah.

4. Minum air putih yang cukup. Hal ini karena air putih dapat membersihkan sisa-sisa plak pada gigi penyebab karang gigi.

5. Cara paling tepat yaitu dengan rutin berkunjung ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Dokter gigi akan mengetahui seperti apa kondisi kesehatann gigi dan mulut Anda saat pemeriksaan dan melakukan tindakan yang tepat. Bilamana terdapat karang gigi, cara membersihkan karang gigi dengan scaller di dokter gigi adalah tindakan tepat untuk mencegah gusi berdarah.

Nah, itulah penyebab gusi berdarah. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu, lakukan pencegahan seperti menyikat gigi teratur 2 kali sehari setiap pagi dan sebelum tidur, atau dengan rutin berkunjung ke dokter gigi 6 bulan sekali.

Referensi artikel : 

https://www.alodokter.com/gusi-berdarah
https://www.alodokter.com/daftar-makanan-yang-mengandung-vitamin-c-tinggi
https://www.alodokter.com/ini-penyebab-gusi-sering-berdarah-dan-tips-mencegahnya
https://www.sehatq.com/artikel/sumber-vitamin-k-lebih-baik-dari-makanan-atau-suplemen