Perubahan sebelum dan setelah operasi plastik. Dok. https://jabar.tribunnews.com/2018/06/09/13-foto-orang-korea-selatan-sebelum-dan-sesudah-operasi-plastik-mana-paling-beda

Hmmmm kira-kira seperti apa ya jawaban mereka? 

Buat kalian penggemar K-POP atau girl band Korea, pasti tak asing lagi dengan fenomena operasi plastik yang banyak dilakukan orang-orang Korea yang cantik-cantik dan tampan. Jika dibandingkan dengan wajah-wajah orang Indonesia, sangat berbeda jauh karena wajah mereka terlihat sangat mulus layaknya bayi yang baru lahir. Sedangkan rata-rata wajah orang Indonesia merupakan asli bawaan dari lahir.  

Jika kalian perhatikan, kantung mata pada wajah-wajah orang Korea seperti tidak ada, bahkan mungkin memang tidak ada karena sudah dilakukan operasi plastik.  Tidak heran jika banyak sekali anak muda Korea memiliki wajah terlihat awet muda. 

Berkaitan dengan hal ini, berikut adalah 9 fakta menarik seputar operasi plastik orang Korea berdasarkan wawancara akun YouTube Asian Boss via IDN Times pada beberapa orang Korea. 

Baca juga :

  1. 7 Fashion Item Anti Mati Gaya yang Wajib Kamu Miliki
  2. Trik Memeriksa Kualitas Sepatu Sneakers yang Pasti Original

1. Bagi orang Korea, penampilan itu lebih penting ketimbang ketrampilan atau skill 

Jika di Indonesia, orang akan lebih disegani karena skill dan talentanya ketimbang tampangnya, maka di Korea sebaliknya. Jika dia adalah seorang multitalent dengan wajah cantik atau ganteng, maka orang-orang akan lebih menyorotinya karena penampilannya dibanding mereka yang tidak atau biasa saja. 

Menurut beberapa responden, seseorang multitalent dengan tampang biasa, akan kalah dengan multitalent namun memiliki paras yang rupawan. Kemudian mereka juga tidak mempermasalahkan jika perubahan pada tubuhnya dikarenakan operasi plastik.  Buat orang Indonesia, kalau ingin cantik atau ganteng, ada banyak ko makeup tutorial storie yang bisa kalian pelajari tanpa harus melakukan operasi. 

2. Tidak semua orang Korea suka dengan operasi plastik 

Ya, biarpun banyak masyarakatnya yang gemar melakukan operasi plastik, namun ternyata masih ada juga warga Korea yang mikir kembali jika harus menjalani operasi plastik. Mereka menganggap bahwa operasi plastik adalah jalan pintas. 

3. Sebenarnya mereka juga risih mendapat sebutan bahwa orang Korea gemar operasi plastik

Banyak dari warga kita atau mungkin Negara lain yang menganggap bahwa orang Korea senang melakukan operasi plastik. Namun sebenarnya tidak semua orang Korea gemar melakukan operasi plastik, dan mereka merasa terganggu dengan sebutan itu. Pasalnya masih banyak orang Korea yang memiliki wajah dan cantik dan tampan dari lahir tanpa operasi. Contohnya Hari Jisun. Youtuber kuliner Korea yang hits karena pandai berbahasa Indonesia, dan selalu syuting di Indonesia. 

4. Operasi kelopak mata adalah hal lumrah

Klinik operasi plastik di Korea ada dimana-mana, seperti di daerah Gangnam misalnya. Dan yang paling banyak dilakukan adalah operasi kelopak mata agar matanya terlihat lebih besar.  Dan itu termasuk operasi kecil. 

Orang Korea akan mengganggap mereka yang memiliki mata besar walaupun alami, dikira operasi plastik. Menurut sumbernya di video chocoemoong channel, untuk range harganya sendiri berkisar 850 – 1,5 juta won atau sekitar 10-17 juta rupiah. Dan mereka yang melakukannya biasanya anak-anak yang baru lulus SMA. Hal itu dilakukan agar mereka terlihat lebih menarik saat masuk kuliah. 

5. Bukan hanya cewek, cowok pun melakukan operasi plastik 

Kalau kalian lihat personil KPOP, hampir tidak ada yang memiliki wajah tidak mulus. Semuanya mulus dan kencang. Ya, operasi plastik dapat membuat wajah lebih menarik dan hal itu banyak dilakukan juga oleh kaum pria disana agar lebih menarik. Misal seperti memancungkan hidung agar terlihat lebih menarik atau membesarkan mata.  

6. Penampilan menarik membuatnya mudah dalam mendapatkan pekerjaan

Menurut orang Korea, penampilan menarik mendatangkan banyak keberuntungan dan itu prioritas. Semisal dalam mendapatkan pekerjaan karena perusahaan lebih memilih calon karyawan karena penampilannya yang menarik. Jadi, mereka sangat memprioritaskan sesuatu dari luarnya, selain talenta pastinya.  

7. Orang cantik atau ganteng mendapatkan perlakuan lebih

Sebagian orang Korea mengaku bahwa dengan penampilan yang menarik, mereka akan mendapatkan perlakuan lebih. Orang-orang jadi lebih santun kepada mereka yang memiliki penampilan menarik. Tidak heran deh jika banyak orang Korea melakukan operasi plastik. 

8. Media luar terlalu memandang negatif fenomena operasi plastik di Korea

Operasi plastik di korea adalah hak individu dan keputusan masing-masing. Setiap orang berhak untuk melakukannya dan tidak ada yang bisa melarangnya karena disana operasi plastik sudah membudaya. Namun sayangnya media luar terlalu memandang negatif dan hal itu di anggap mengecewakan bagi mereka.  

9. Penyebab mereka melakukan operasi plastik adalah televisi

Saat ditanya “kenapa sih ko banyak orang Korea pengin operasi plastik?” seorang responden menjawab “semua gara-gara televisi. Televisi lah yang bilang kalau cantik itu wajahnya kecil, hidung mancung, dan kulit mulus”. Kemudian orang-orang Korea juga sering bilang gini “masa lu operasi plastik, gue enggak sih” 

Nah, itu dia 9 tanggapan orang-orang Korea tentang operasi plastik. Dan itu hak mereka, kita tidak boleh menganggap itu hal negatif apalagi sampai menghujatnya karena itu budaya mereka.

Sumber referensi artikel :

https://www.idntimes.com/life/inspiration/annisa-rizki-purwani/ini-pendapat-mengejutkan-orang-korea-soal-operasi-plastik-di-negaranya-c1c2/full?q=operasi%20plastik

Share This