Memilih kursi kereta api yang posisinya tidak membuat Anda merasa seperti berjalan mundur bisa membuat perjalanan Anda lebih nyaman dan menyenangkan.

Ketika Anda merasa duduk menghadap ke belakang, pengalaman perjalanan Anda mungkin menjadi kurang mengasyikkan karena pandangan yang terbatas dan sensasi gerakan yang berlawanan dengan arah perjalanan. Karena gak bisa ngeliat kedepan soalnya. Gak seru kan?

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan beberapa faktor saat memilih kursi agar Anda dapat menikmati perjalanan dengan lebih baik.

Tips naik kereta api agar tak seperti berjalan mundur

1. Pilih kelas kereta, ekonomi, bisnis, atau eksekutif

Kelas ekonomi adalah kelas paling menantang karena tidak jelas kita akan duduk dimana? Apakah searah dengan jalannya kereta atau berlawanan.

Kalau berlawanan kan jadi ngeliatnya kebalik, gak seru jadinya.

Tapi kemarin pas saya naik kereta api Kebumen Jakarta pulang pergi, kursinya searah semua di gerbong saya, entah kalau di gerbong lain atau kereta lain.

Terkait hal ini kalian juga bisa baca cara mengenali kelas-kelas gerbong kereta api sebelum membeli tiketnya.

2. Gunakan rumus ganjil genap

Ini adalah rumus jika kalian pergi ke arah timur, misal dari Jakarta ke Surabaya, maka pilih angka ganjil seperti 1,3,5,7 dst.

Sebaliknya, jika ke arah barat maka pilih angka genap, seperti 2,4,6,8 dst.

Dengan begitu Anda bisa jalan searah.

3. Terkait jenis pembagian gerbong yang merata

Di gerbong kereta, terdapat pembagian kursi berdasarkan angkanya. Misalnya angka besar kursinya akan menghadap ke satu sisi atau searah perjalanan.

Sementara angka kecil arah kursinya berlawanan. Sementara di bagian tengah, arah kursinya berlawanan atau berhadapan. Jadi penumpang akan bertatapan dengan penumpang lain.

Jika kereta yang seperti ini, maka penumpang
bisa pilih kursi di atas nomor 12 ke atas. Cara ini bisa digunakan untuk kereta yang menuju ke arah timur atau Surabaya.

Dan jika ke arah barat ke Jakarta bisa pilih angka kecil.

4. Pergi bareng teman

Saat pergi bareng teman atau kenalan, kalian bisa meminta untuk bertukar posisi jika semisal kursinya arah mundur. Namun jika temanmu mau ya.

Selain ke -4 tips di atas, hindari juga duduk dekat gerbong karena akan banyak orang lalu lalang. Apalagi biasanya di sambungan gerbong ada toiletnya.

Buat yang mau ibadah dalam kereta, mungkin bisa terkena najis yang membuat ibadah tidak sah. Pilihlah yang agak jauh dari sambungan lagian potongan sambungan gerbong juga agak ngeri kalau gak awas matanya, takut kejepit kakinya.

Baca Juga : Ini dia 8 Jalur Kereta Api Terindah agar Perjalanan Makin Berkesan

Oh ya, perhatikan posisi AC, kalau gak tahan dingin, mending pilih yang agak tengah. Soalnya saya juga gitu sih, gak kuat dingin dan kadang aku tutup pake lakban AC nya kalau di bus.

Memilih nomor kursi bisa penting gak penting karena berpengaruh ke nyamannya perjalanan. Kalau bagi saya sih, duduk mundur pun gak masalah yang penting dekat jendela karena bisa melihat keluar.

Bagikan biar yang lain tahu