Hai guys, November 20223 lalu saya berkesempatan berkunjung ke Jakarta untuk acara blogger gathering tentang lingkungan dari Eco Blogger Squad.

Selama tiga tahun berjalan kami komunitas blogger lingkungan hanya ketemu via webinar, namun akhirnya berkesempatan kopdar offline di Kuningan Jakarta Selatan.

Di sana kami menginap di Pop Hotel yang juga berkonsep lingkungan. Untuk kendaraan, saya menggunakan kereta api rute Kebumen Jakarta pulang pergi malam hari dengan kereta Senja Utama Solo.

Tarifnya kalau gak salah sekitar 260 ribuan kelas ekonomi. Namun sebagian teman ada yang naik pesawat karena dari luar pulau. Seperti Kalimantan, Nias, dan juga Aceh.

Baca Juga : 4+ Tips Memilih Kursi Kereta Api Agar Tak Seperti Berjalan Mundur

Sementara yang dari Jabodetabek kebanyakan pakai gojek. Kalau yang dari Jawa Timur pada pakai Kereta Api

Pengalaman naik kereta Kebumen Jakarta Pulang Pergi Malam Hari

Terakhir naik kereta yaitu tahun 2011 dan saat itu tiket masih murah banget, kalau gak salah 21 ribu dan belinya di stasiun dan masih banyak pedagang. Namun sekarang sudah beda banget, modern dan bersih.

Dari Kebumen ke Jakarta, saya berangkatnya dari stasiun Karanganyar sekitar jam 9 malam, dan sampai stasiun Senen jam 3 pagi.

Cepat dan tepat waktu sih. Kalau pakai bus lebih lama lagi, bisa sampai 8 jam lebih. Belum lagi kadang ada kriminal di bus atau dijalan. Pernah ngalamin soalnya, semalam 2x kali apes.

Btw kalau mau beli tiket kereta api baiknya kenali dulu kelas-kelasnya, agar bisa menyesuaikan budget.

Oh ya, kalau pakai kereta aman banget. Tempat duduk nyaman, toilet ada, dan tepat waktunya itu yang membuat orang pada milih naik kereta biarpun lebih mahal. Kenyamanan itu yang utama.

Cuma kudu tetap hati-hati karena rawan pencurian. Mungkin kalian pernah lihat kasus pencurian laptop di kereta yang ditukar buku.

Kemudian yang perlu kalian persiapkan yaitu jaket karena AC-nya dingin. Oh ya, harga makanan di sini mahal ya, nasi goreng kalau gak salah 20 ribuan lebih. Mending bawa sendiri. 

Nah, pas perjalanan pulang dari hotel, jadwal kereta saya jam 6 sore. Dari hotel, ojol yang saya tumpangi ngebut karena takut telat, ditambah hujan deras banget.

Sempet deg-degan di jalan tapi akhirnya sampai tepat waktu juga.

Baca Juga : Ini dia 8 Jalur Kereta Api Terindah agar Perjalanan Makin Berkesan

Untung saja sudah ada jas hujan plastik. Dari Pop Hotel Kemang jam 5 kurang, sampai stasiun Senen hampir setengah 6 dan saya masih ada waktu menunggu. Badan pun basah.

Stasiun Senen sekarang sudah beda banget sama yang dulu, sudah modern dan rapi.

Saat menunjukkan tiket tiket pulang di Stasiun Senen, semua penumpang diminta menunjukkan KTP-nya, jadi kudu siap KTP ya kalau mau naik kereta.

Tapi pas berangkat di Stasiun Karanganyar enggak sih, gak dintanyain KTPnya. Dan sampai Karanganyar jam 12 malam, cepet dan tepat waktu banget.

Sepanjang perjalanan saya gak banyak lihat pemandangan luar sih karena gelap. Naik kereta paling enak siang sih karena bisa lihat pemandangan luar, gak panas pula.

Oh ya, di kereta ada toilet juga, gak khawatir kebelet. Tapi harga makanan

Nah, itu dia pengalaman saya naik kereta Kebumen Jakarta pulang pergi malam hari kelas ekonomi.

Waktu perjalanan hanya 6 jam dan tepat waktu banget. Jangan lupa bawa KTP ya kalau naik kereta. Biar perjalanan lancar selamat sampai tujuan.

Bagikan biar yang lain tahu