Saat ini selain pesawat, alat transportasi dengan rute jauh yang paling diminati adalah kereta api. Hal itu karena kereta api kini lebih tertata dan maju daripada beberapa tahun lalu. Sudah tidak ada lagi orang-orang yang naik gerbong kereta api dan pedagang-pedagang asongan yang menjajakan barang dagangannya di dalam gerbong. Kini kereta api sudah lebih tertib karena adanya aturan baru dari perusahaan kereta api Indonesia tentang penumpang dan sebagainya. Tentunya hal itu membuat kereta lebih nyaman untuk dinaiki.

Kereta api sendiri hampir sama dengan pesawat dan bus yaitu memiliki banyak kelas dan harga yang dapat dipilih. Hal itu dimaksudkan agar dapat dijangkau oleh seluruh kalangan masyarakat sehingga hampir semua orang bisa untuk naik kereta dengan harga yang termurah. Selain itu juga agar masyarakat lebih tertarik untuk naik transportasi umum untuk pergi dengan jarak yang jauh daripada menggunakan kendaraan pribadi yang dapat menyebabkan kemacetan serta menambah polusi udara. 

Baca juga 

Anda penting untuk mengetahui jenis-jenis kelas yang dimiliki oleh kereta api supaya jika suatu saat ingin menaikinya, anda dapat menyesuaikan dengan bujet yang dimiliki. Kelas-kelas di kereta api tentunya memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Perbedaan itu bisa menjadi bahan pertimbangan anda dalam menentukan pilihan yang tepat supaya tidak kecewa jika nantinya tidak sesuai dengan ekspektasi anda.

Nah, untuk itu di artikel satu ini kami akan berikan sedikit informasi pada anda tentang kelas-kelas di kereta api tersebut dan apa saja perbedaannya. Pasti mau tahu sekali, bukan? Yuk, di simak ulasannya berikut ini!

Kelas-Kelas Kereta Api dan Perbedaannya

Kelas Ekonomi

Kelas satu ini biasanya menjadi yang paling banyak dipilih oleh banyak orang. Hal itu karena harganya yang paling terjangkau dibanding kelas lainnya. Tapi, meski murah jangan khawatir tentang fasilitasnya karena di kereta ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan bagus seperti adanya toilet, kursi penumpang dengan formasi berhadapan 2-3 dan 3-3 serta sandaran yang tegak, lalu juga ada fasilitas Full AC sehingga orang-orang yang merokok tidak diperbolehkan untuk merokok di dalam gerbong dan jika melanggar akan diturunkan di stasiun berikutnya. Kemudian ada juga colokan untuk mengisi daya ponsel, dan ada juga fasilitas bantal dan selimut tapi harus menyewa terlebih dahulu tapi dengan harga yang cukup terjangkau.

Untuk durasi perjalanannya, kereta dengan kelas ekonomi biasanya yang paling lama sampai tempat tujuan dibanding kelas lain karena kereta ini akan berhenti dihampir semua stasiun yang dilewati, lalu jika kebetulan berpapasan jalur dengan kereta yang kelasnya lebih tinggi, kereta dengan kelas ini harus mendahulukan kereta yang kelasnya lebih tinggi tersebut.

Kelas Bisnis

Kereta dengan kelas satu ini bisa dikatakan lebih tinggi levelnya daripada kelas ekonomi. Itulah sebabnya harga tiket kereta kelas ini juga lebih tinggi daripada kelas sebelumnya. Lalu kelas ini pun ditujukan untuk penumpang kelas menengah, tapi meski begitu harga tiket kereta kelas ini masih lebih murah daripada kelas eksekutif.

Untuk fasilitasnya sendiri kelas ini dapat dibilang lebih unggul sedikit dibanding kelas ekonomi karena memiliki fasilitas yang seperti ini, kursi yang berformasi 2-2 dengan sandaran kursi yang tidak tegak lurus sehingga membuat lebih nyaman, lalu full AC agar tidak ada yang merokok di dalam gerbong, toilet yang bersih, colokan untuk mengisi daya baterai ponsel, dan ada juga selimut serta bantal yang bisa disewa oleh penumpang. Nah, untuk durasi perjalanannya pun kereta kelas ini sedikit lebih cepat dari kelas sebelumnya dengan jarak tempuh yang sama, tapi masih kurang cepat dari kelas eksekutif.

Kelas Eksekutif

Kereta kelas ini bisa dibilang sebagai kereta dengan kelas paling atas di antara kelas lain yang sering digunakan oleh penumpang. Kenapa dibilang sebagai kelas teratas? Hal itu disebabkan kelas ini memiliki fasilitas yang paling baik dari kelas-kelas sebelumnya.

Fasilitas yang ditawarkan kelas ini seperti kursi dengan formasi 2-2 yang sandarannya dapat diatur sendiri kemiringannya, lalu ada juga toilet, full AC dan tidak memperbolehkan ada yang merokok, pijakan kaki dan ruang kaki yang cukup lebar, selimut yang tidak perlu sewa, colokan untuk charge baterai ponsel serta ada beberapa yang memiliki fasilitas TV.

Terakhir untuk durasi perjalanan, kereta dengan kelas ini merupakan yang tercepat sampai tujuan yang jarak tempuh sama daripada kereta lain.