Rak besi banyak digunakan sebagai tempat penyimpanan barang, baik di rumah, gudang ataupun di kantor. Bukan tanpa sebab, rak yang berasal dari biji besi ini memiliki keunggulan karena kuat dan tidak bisa dimakan rayap.  

Namun bagaimana cara memilih yang sesuai kebutuhan? Simak penjelasan selengkapnya lewat artikel di bawah ini. 

Tips Memilih Rak Besi yang Kuat

Di pasaran ada banyak pilihan rak yang mungkin akan membuat Anda bingung. Simak tips berikut sebelum Anda membeli rak besi. 

1. Sesuaikan Bentuk dan Kegunaan

Saat memilih rak besi pastikan Anda mengetahui terlebih dulu jenis barang yang akan disimpan. Apakah dipakai untuk meletakkan benda dengan bobot ringan, sedang atau berat.

Memilih rak untuk menyimpan buku tentu berbeda dengan memilih rak sebagai tempat menyimpan alat masak bukan? 

Jika barang yang disimpan membutuhkan space luas, maka Anda bisa memilih rak besi yang tidak memiliki banyak sekat. Rak ini bersifat fleksibel karena saat dibutuhkan Anda bisa menambahkan belakangan. 

2. Pastikan Bentuk Rak Besi Sesuai Kebutuhan

Ada berbagai macam bentuk rak yang dapat dipilih, mulai dari susun, gantung, estetik maupun rak yang memiliki bentuk dengan tujuan khusus, seperti rak galon. 

Anda perlu menyesuaikan bentuknya dengan tujuan penggunaan agar dapat memaksimalkan fungsi rak tanpa mengorbankan sisi estetiknya.

3. Perhatikan Bahan Pembuat dan Kekuatannya

Rak besi bisa dibuat dari berbagai material, mulai dari baja berkualitas tinggi, besi cor hingga alumunium. Memerhatikan bahan pembuat akan menjaga rak memiliki usia yang panjang, sebab penggunaannya bisa disesuaikan. 

Misalkan, Anda akan menggunakan rak besi di tempat yang terkena sinar matahari langsung maka Anda akan memilih bahan anti karat. Selain itu, perhatikan pula kekuatan rak dengan mengukurnya menggunakan kapasitas maksimum.

rak-besi-1

4. Desain, Kestabilan, dan Keamanan Rak Besi

Ketiga faktor tersebut sangat penting diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Terlebih jika perabot yang akan Anda simpan sangat berharga sehingga bisa mengurangi nilainya jika sampai terjatuh. 

Saat membeli, jangan lupa untuk memeriksa kaki rak. Tujuannya untuk melihat kestabilannya saat berada di permukaan yang tidak rata. Pilih rak yang dilengkapi dengan sistem pengunci dan pengaman untuk melindungi barang agar tidak terjatuh.

Sementara desain, bisa Anda sesuaikan dengan selera dan penempatan rak. Misalnya, rak besi akan diletakkan di ruangan dengan tema minimalis maka Anda bisa memilih rak dengan bentuk sederhana.

5. Ada Tidaknya Powder Coating Anti Karat

Salah satu kelemahan besi adalah rawan terkena korosi. Oleh sebab itu, penting untuk memeriksa ada tidaknya powder coating yang akan menjaga rak Anda dari karat. Dengan power coating, umur rak bisa bertahan hingga waktu yang lama, bahkan lebih dari 10 tahun.

6. Ukuran Rak Besi Harus Sesuai Ruang Penyimpanan

Jika ukuran rak yang dibeli tidak sesuai maka bisa membuatnya sulit keluar masuk ruangan. Ukur terlebih dahulu tempat yang akan Anda pakai sebelum membeli rak besi.  

7. Beli di Supplier Terpercaya

Membeli rak di tempat terpercaya akan memberi rasa aman karena terdapat jaminan keaslian produk. Bahkan kebanyakan supplier akan membantu memilihkan rak yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. 

Anda tidak perlu khawatir tertipu karena supplier terpercaya pasti memberi pelayanan terbaik, sebab reputasi mereka yang menjadi taruhannya.

rak-besi-2

3 Rekomendasi Rak Besi yang Kuat dan Tak Mudah Karat

Jika ingin awet karena bisa digunakan dalam jangka waktu lama, sebaiknya pilih dari material berkualitas. Nah, berikut 3 rekomendasi rak besi yang kuat dan anti korosi. 

1. Light Duty Racking

Jenis rak besi pertama yaitu light duty racking yang cocok digunakan untuk menyimpan benda dengan bobot ringan, seperti buku, alat kantor dan sebagainya. 

Jenis ini biasanya terbuat dari baja dengan desain yang ringan dan mudah dipasang. 

Hal tersebut menjadi keunggulannya karena tak akan mudah dipindahkan. Dengan light duty racking, barang-barang Anda akan tertata rapi sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan mood. 

2. Medium Duty Racking

Merupakan rak besi yang bisa dipakai untuk barang-barang berbobot sedang, mulai dari display toko maupun digunakan sebagai rak untuk menyimpan perlengkapan industri dengan bobot menengah. Jenis rak ini terbuat dari material baja berkualitas tinggi sehingga mampu menampung beban sedang namun memiliki fleksibilitas yang tinggi. 

3. Heavy Duty Racking

Jika Anda membutuhkan rak untuk menyimpan barang yang berat dan memiliki massa yang tinggi, rak jenis ini menjadi pilihan yang tepat. Heavy duty racking terbuat dari bahan baja berkualitas tinggi sehingga dapat diandalkan untuk menampung barang berat Anda. 

Heavy duty racking mampu menopang berat mulai dari ratusan hingga ribuan kilogram. Membuatnya cocok dipakai untuk menyimpan benda dengan bobot maksimum, misalnya dipakai di penyimpanan gudang pabrik. 

Rak besi bisa diandalkan untuk menjaga kerapian sehingga barang lebih nyaman dipandang dan mudah dicari. Penting bagi Anda untuk memilih rak berkualitas daripada asal beli yang murah, terutama kalau tujuan pemakaiannya untuk bisnis. 

Bagikan biar yang lain tahu