Hai guys, awal tahun 2020 sampai pertengahan 2021 lalu adalah tahun yang teramat berat bagiku.

Di tahun tersebut saya mengalami sakit asam lambung yang membuat roda kehidupanku berputar di titik terbawah. Padahal baru saja menikah.

Karena sakit, badan jadi kurus sampai tetangga heran karena saya selalu berjemur mengenakan jaket, padahal hari sedang panas.

Sakit yang saya alami ini cukup berat karena cukup lama, sekitar 1.5 tahun lebih dan hanya bisa di rumah saja. Untuk jalan 10 meter saja rasanya lelah banget dan sering berhenti.

Karena sakit ini pula, efeknya jadi ke mata karena membuat saya jadi sulit tidur, yang akhirnya menimbulkan drama kesehatan mata saya.

Akibatnya, mata kering pun sering saya alami dan bahkan sampai ada noda seperti darah yang bikin khawatir.

Drama mata kering ini terjadi selama 4 tahun, dari awal 2020 sampai sekarang dan mau jalan tahun ke-5.

1. Sakit asam lambung membuatku sulit tidur hingga timbul mata kering yang cukup lama

malam-tak-bisa-tidur-selalu-bangun

Saat sakit dulu, tidak ada hari tanpa mata kering dan panas. Kadang rasanya ingin jadi orang lain yang bisa tidur lelap dengan tubuh dan mata yang sehat.

Padahal saya tidur cukup awal. Pukul 8 malam biasanya sudah tidur, namun mata sulit dipejamkan.

Walaupun mata tertutup, tapi pikiran kemana-kemana dan itu yang membuat saya sulit tidur.

Karena ingin sembuh, saya pun coba berolahraga setiap hari. Entah itu bersepeda atau sekedar peregangan ringan mengikuti video di youtube agar mudah tidur.

Saat bersepeda, saya sering ilfil karena orang-orang selalu menatap saya karena mata saya yang pucat dan panas dengan kelopak menghitam.

orang-orang-memperhatikanku-di-jalan

Saya pun kadang bergumam “kenapa orang-orang menatap saya begitu ya? Mereka pasti bisa tidur lelap tanpa terbangun”

Bagi saya waktu itu, nikmat terbesar adalah bisa tidur lelap dan pulas tanpa terbangun tengah malam.

Karena malam kurang tidur, maka saya pun coba untuk tidur siang, tapi paling hanya 10 menitan saja sudah bangun.

Ingin rasanya bisa tidur siang 1 atau 2 jam agar badan semringah dan tak timbul mata kering. Tapi tidak bisa. Tidur malam sulit, tidur siang juga. 

Saat itu, saya benar-benar mengalami bagaimana rasanya sehari cuma tidur 2-3 jam selama berbulan-bulan yang berakibat pada kesehatan mata saya. Mata jadi kering, panas, merah dan pucat.

2. Sering buang air kecil di tengah malam membuat tidurku terganggu, yang menjadi penyebab mata kering

tak-bisa-nahan--buang-air-kecil

Selain sakit asam lambung yang sudah sembuh secara alami, saya juga mengalami keluhan buang air kecil yang sampai saat ini masih terasa. Kadang rasanya ingin menangis harus menerima kenyataan ini.

Dulu pas sakit parah, semalam bisa 4-5 kali ke kamar mandi. Sekarang paling 1-3 kali namun masih menyiksa.

Selama kurang lebih 4 tahun ini, saya belum pernah sama sekali tidur pulas semalaman. Bayangkan coba jika Anda jadi saya. Kadang rasanya ingin menangis saja menghadapi semua ini.

Saya ingin sekali merasakan nikmatnya bisa tidur semalaman sampai pagi tanpa terbangun seperti orang-orang.

Kalaupun saya tidur cepat, pasti di tengah malam terbangun karena tak bisa menahan buang air kecil. Biasanya saya bangun pukul 02.00 atau pukul 03.00 dini hari untuk ke kamar mandi.

Saat artikel ini ditulis saya tidur pukul 22.30 saja dan bangun pukul 03.30 karena tak bisa menahan buang air kecil. Dan akhirnya sampai pukul 05.00 gak bisa tidur.

Karena masalah inilah, saya sering mengalami mata pegal, kering dan terasa panas. Mata jadi pucat dan kalau melihat matahari atau cahaya terang jadi silau.

Makannya saya sering pakai kacamata hitam agar tak silau saat berkendara di siang hari.

Terkait keluhan buang air kecil ini, saya pun sudah berobat ke dokter spesialis urologi beberapa kali dan dokternya bilang tak ada penyakitnya.

“Ini sama sekali tidak berbahaya, sama sekali tidak berbahaya” ucap dokternya.

Ucapan sang dokter membuat saya sumringah karena ternyata tidak ada masalah pada tubuhku. Tapi mengapa masih sering terbangun di malam hari karena tak bisa menahan buang air kecil?

Apakah yang dikatakan adikku itu benar ya? Tapi saya gak mau cerita.

Ke depan saya masih ingin berobat kembali agar keluhan buang air kecil ini teratasi sehingga tidur saya kembali normal, dan otomatis mencegah mata kering terjadi.

By the way adakah yang mengalaminya? Boleh dong tulis di kolom komentar. Saya ingin segera keluar dari masalah ini.

3. Mata kering sampai timbul noda bercak merah seperti darah

noda-merah-seperti-darah-pada-mata

“Mas, ko kayak ada noda merah di mata sampean (kamu)” ucap sang istri.

“Apa iya sih, coba saya lihat” jawab saya sambil melihat ke spion motor.

Dan seketika saya merasa panik, rasanya seperti mau menangis saja.

“Ya Tuhan, apa yang terjadi dengan mataku, aku masih sayang mataku, saya tak mau sesuatu terjadi” batinku kala itu dengan pikiran yang tak karuan.

bercak merah pada mata-min

Waktu itu saya lagi jalan-jalan sore dan langsung pulang karena mood berubah. Orang-orang di jalan pun kadang memperhatikanku karena ada noda merah di mataku.

Dari yang tadinya hanya mata kering, sekarang jadi merah. Merahnya itu merah banget seperti darah dan membuat saya jadi takut. Bahkan bagian putihnya ikut kemerahan juga.

“Kenapa ini terjadi padaku ya Tuhan? Saya ingin sekali tidur lelap seperti orang-orang agar hal ini tak terjadi padaku” batin saya kala itu.

Namun selang beberapa hari kemudian, noda merah itu mulai hilang karena saya berusaha sebisa mungkin untuk tidur cukup.

Ya walaupun hanya tidur-tidur ayam. Tapi kejadian ini membuat saya cukup takut dan trauma.

4. Dalam kondisi mata kering dan sakit lama, saya tetap harus bekerja menatap layar untuk bertahan hidup 

tetap-kerja-walau-sakit

Moment yang tak kalah drama adalah saat saya sakit cukup lama, tapi harus tetap bekerja.

Bekerja dalam kondisi sakit itu cukup berat. Tapi mau bagaimana lagi, tidak ada pilihan lain. Dan saya juga tidak mau merepotkan orang lain karena kondisiku ini.

Maka mau tak mau saya harus bekerja. Menulis blog, mengikuti lomba, jualan online, harus saya lakukan walaupun susah payah.

Bekerja dengan tubuh yang sakit, mata kering dan panas, terpaksa saya lakukan karena saya punya istri untuk dinafkahi. 

Saya masih ingat gimana rasanya menahan sakit di dada tapi sambil berpikir mencari ide tulisan dan juga memikirkan desain gambar. Walaupun sakit dan mata harus menatap layar, tapi itu harus saya lakukan. 

Nah, buat kalian yang masih muda dan punya banyak waktu, persiapkan diri kalian sebaik mungkin untuk menghindari kenyataan pahit yang muncul di masa depan.

Gunakan masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu. Karena kehidupan yang sebenarnya adalah ketika kamu jadi “orang”.

5. Penampilan menjadi kurang menarik karena mata kering, dan itu terjadi setiap saat

penampilan-kurang-menarik-karena-mata-kering

Di suatu postingan blogku, seorang rekan berkomentar “kenapa matanya sayup sekali mas?”

Dan saya pun jawab karena kurang tidur. Tapi saya sudah berusaha tidur cukup tapi masih saja belum bisa.

Karena kurang tidur, penampilan jadi kurang menarik. Mau berfoto pun kadang malu. Bahkan bercermin di depan jendela pun jadi kurang menarik.

Mata kering itu rasanya panas dan sering berair. Kalau bangun tidur sering keluar kotoran basah.

Di tambah gigi geraham yang sudah dicabut membuat pipi jadi kempot dan kurang estetik. Dan sampai sekarang pun saya masih sering merasakan mata kering.

Lah, memang gak kenapa-napa ta, dibiarkan terus menerus?

Sebenarnya sekarang saya selalu tidur lebih cepat. Paling telat pukul 22.00 sudah tidur.

Namun ya itu, masih sering terbangun di tengah malam karena gak bisa nahan buang air kecil.

Kalau tubuh normal pada umumnya bisa tidur pulas tanpa terbangun sampai pagi, tapi saya enggak.

Alhasil mata kering masih sering terjadi. Namun saya masih terus berusaha memperbaikinya. Semoga usaha yang saya lakukan membuahkan hasil.

====

Selain kelima drama di atas, pekerjaan saya yang seorang blogger juga menuntut saya selalu menatap layar yang seringkali pedih di mata. Kadang sehari bisa dari pagi sampai malam laptop menyala.

Smartphone pun kadang sampai 12 jam penggunaan yang membuat mata kering. Namun saya akali dengan meredupkan kontrasnya sampai level terendah.

Jarak pandangnya pun saya kurangi karena menggunakan keyboard eksternal. Sehingga mata jadi nyaman karena tak terlalu dekat dengan layar.

Nah guys, itu dia 5 drama mata kering yang saya alami karena masalah kesehatan di tubuhku.

Karena masalah tersebut, kalau malam jadi sering terbangun dan mau tidur lagi jadi susah. Akhirnya jadi kurang tidur dan kalau pagi wajah terlihat pucat dan mata pun terasa kering.

gejala-mata-kering-subjudul-banner

Untuk kondisi mata kering saya  ini masih tergolong ringan. Karena biasanya kalau kualitas tidur lagi baik (tapi jarang), mata terasa lebih cerah.

Namun saat kurang tidur, mata kering pun melanda. Adapun gejala mata kering yang dilansir dari situs alodokter.com di antaranya seperti :

1. Mata merah dan terasa panas. Ini seringkali saya rasakan. Saat kurang tidur, mata akan terasa panas rasanya berat.

2. Karena mata kering, rasanya jadi kayak ada pasirnya dan terasa mengganjal. Dan ini tidak nyaman.

3. Mata berair. Saya juga sering mengalami. Saat mata kering, jadi sering keluar air mata. Padahal gak menangis lho.

3. Mata silau jika terkena cahaya matahari. Dan bahkan membelakangi matahari pun mata terasa silau. Biasanya saya sering pakai kacamata hitam saat keluar naik kendaraan.

4. Adanya lendir saat bangun tidur. Ini juga sering saya alami. Pas bangun tidur keluar kotoran di tepi mata.

5. Mata jadi cepat lelah. Saat terlalu lama memandang gadget baik smartphone atau laptop, membaca buku terlalu lama, atau berada di lingkungan yang kering juga dapat menyebabkan mata kering.

6. Penglihatan dapat memburam setelah berkedip. 

7. Mata terasa sepet. Kalau menurut kbbi.lektur.id mata sepet itu seperti rasa melekat atau tidak enak pada mata.

8. Mata pegal. Kondisi mata pegal juga itu tidak enak banget dirasakan. Rasanya seperti berat dan bawaannya ingin memejamkan mata terus.

bahaya mata kering

Kondisi mata kering yang dibiarkan begitu saja tanpa ada penangangan, tentu tidak baik karena dapat memunculkan masalah lain. Menurut halodoc.com, komplikasi yang mungkin terjadi akibat mata kering di antaranya seperti :

1. Infeksi pada mata. Mata kering adalah kondisi dimana mata tidak cukup mendapatkan pelumasan oleh air mata. Tanpa pelumasan yang cukup, resiko infeksi pada mata bisa terjadi.

2. Risiko rusaknya permukaan mata. Mata kering yang terlihat parah dapat menimbulkan radang pada mata, ulkus kornea, abrasi pada permukaan kornea, dan terganggunya masalah penglihatan.

3. Menurunnya kualiltas hidup. Karena mata kering tentu saja mengganggu kualitas hidup.

Misalnya yang paling umum seperti membaca, berkendara di jalan, dan sebagainya. Dan tentu saja ini sangat tidak nyaman saat menjalani aktivitas sehari-hari

penyebab mata kering

Seperti yang tadi saya tuliskan, mata kering terjadi ketika mata tidak mendapatkan pelumasan yang cukup oleh air mata.

Adapun beberapa hal yang menjadi penyebab mata kering dan masih bersumber dari situs halodoc.com, di antaranya :

Berkurangnya produksi air mata

Mata kering bisa terjadi karena berkurangnya produksi air mata pada kelenjar mata. Dan hal tersebut bisa terjadi karena :

1. Usia yang menua dan ini tidak dapat dihindari

2. Kurangnya vitamin A yang terdapat pada buah atau sayur, seperti apel, nanas, wortel, dsb. 

3. Penyakit diabetes atau gangguan pada hormon tiroid.

4. Mengkonsumsi obat tertentu seperti dekongestan, antihistamin, antidepresan, obat jerawat, obat hipertensi, obat sakit parkinson, atau bisa juga obat untuk terapi pengganti hormon.

5. Rusaknya kelenjar air mata karena terapi radiasi atau operasi laser pada mata.

Penguapan air mata

Air mata terdiri dari berbagai unsur seperti seperti minyak, garam, protein, dan lendir.

Jika ada satu unsur saja yang kurang atau tidak dihasilkan sama sekali, terutama minyak, maka penguapan air mata dapat terjadi yang membuat mata jadi cepat kering.

Namun pada umumnya, penguapan pada air mata terjadi karena :

1. Terlalu lama menatap layar handphone atau komputer yang membuat mata jarang berkedip. 

2. Adanya gangguan di kelopak mata. Misalnya karena kelopak mata berbalik ke dalam atau entropion, atau berbalik keluar atau ektropion

3. Penguapan air mata juga bisa terjadi karena ada alergi pada mata.

4. Penyakit parkinson. 

Selain itu, penyebab mata kering juga bisa terjadi karena :

1. Berusia di atas 50 tahun dan berjenis kelamin perempuan.

2. Terjadinya perubahan hormon karena hamil atau konsumi pil KB, dan menopause juga bisa.

3. Penyakit yang membuat daya tahan tubuh berkurang seperti lupus atau rhetrhoid athiritis.

4. Penggunaan soft lens mata dalam waktu lama.

Setelah mengetahui gejala, penyebab dan bahaya mata kering, kita juga perlu tahu cara mencegah mata kering agar jangan sampai terjadi. Berikut infograsinya.

13-tips-mencegah-mata-kering

Insto Dry Eyes untuk Solusi Mata Kering

Sudah sejak lama Insto Dry Eyes menjadi #SolusiMataKering yang cukup dipercaya di kalangan masyarakat.

Saat orang menyebut obat tetes mata, maka brand yang pertama diingat adalah INSTO DRY EYES.

insto dry eyes

Empat keunggulan #InstoDryEyes yang perlu diketahui di antaranya :

1. Insto Dry Eyes mengandung bahan aktif yang pada prosesnya dapat memberikan efek pelumas layaknya air mata asli, untuk mengatasi kekeringan pada mata.

2. Iritasi mata akibat kurangnya produksi air mata juga dapat diatasi dengan Insto Dry Eyes berkat bahan aktifnya. Insto Dry Eyes juga bisa dipakai untuk pelumas pada mata palsu lho.

3. Kemasan 7.5 ml yang kecil, praktis, dan mudah dibawa kemanapun kita pergi.

4. Sudah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) serta bersertifikat halal sehingga aman digunakan.

Oh ya. Untuk cara penggunaannya pun mudah, tinggal teteskan 1-2 tetes 3x sehari ke mata yang sakit.

Kemudian yang tak kalah penting adalah terkait masa simpannya. Menurut penuturan dr. Luh Putu Previyanti dari alodokter.com, obat tetes mata umumnya hanya bisa digunakan satu bulan dari dibuka tutupnya.

Jadi semisal sudah melewati satu bulan, baiknya jangan digunakan ya karena khwawatirnya sudah terinfeksi bakteri. Sebaiknya disingkirkan saja dan lihat tanggal kadaluarsanya juga. 

Kesimpulan

Nah guys, itu dia drama mata kering yang saya alami. Dari tahun 2020 awal sampai 2024 alias 4 tahun, dan sekarang jalan tahun ke-5. Namun bersyukur karena mata masih sehat walau drama mata kering sering saya alami. 

Mata kering mungkin akan dianggap sakit ringan dan sepele. Padahal mata adalah organ vital yang sangat penting perannya dalam hidup dan membutuhkan perhatian khusus agar tetap sehat.

Hal yang paling mudah adalah tidak mengucek mata saat mata pedih atau gatal. Walaupun tangan bersih, tapi kuman atau bakteri tidak terlihat oleh mata secara langsung.

Mata kering memang bikin drama. Untuk Anda yang mengalaminya, penanganan cepat dan tepat adalah solusi terbaik agar masalah tidak berlarut larut.

Namun sekarang kita tak perlu khawatir karena ada Insto Dry Eyes sebagai solusi mata kering.  Bahan aktif didalamnya bekerja layaknya air mata untuk mengatasi mata kering.

Kemasannya yang praktis dan mudah masuk kantong, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Harganya juga terjangkau berkisar 15ribu sampai 16 ribuan tergantung daerah, dan bisa didapat di apotik terdekat ataupun e-commerce. 

Menjaga kesehatan mata itu penting karena mata adalah jendela dunia. Mata adalah organ utama dalam tubuh. Karena mata, kita bisa melihat indahnya dunia dan menikmati apa yang ada didalamnya.

Artikel ini disertakan dalam lomba blog Insto x Blogger Perempuan. Jika artikel ini juara, maka dananya akan saya gunakan untuk berobat agar saya bisa sehat kembali dan bisa tertidur lelap serta terhindar dari mata kering. 

Sumber referensi artikel :

1] https://www.alodokter.com/mata-kering

2] https://www.halodoc.com/kesehatan/mata-kering

3] https://www.rsmurniteguh.com/artikel/Bagaimana-Mencegah-Mata-Kering?page=6

4] https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/mengenal-mata-kering

5] https://www.alodokter.com/komunitas/topic/obat-tetes-mata-2

6] https://kbbi.lektur.id/sepet

7] Pengalaman pribadi

Bagikan biar yang lain tahu