Strategi bisnis merupakan upaya yang wajib diperhitungkan dari awal berdirinya sebuah perusahaan. Disamping itu, untuk menjalankan strategi bisnis, perusahaan memerlukan perangkat yang mampu menyelesaikan pekerjaan dengan efisien.

Misalnya, WhatsApp CRM sebagai perangkat lunak manajemen hubungan dan data pelanggan atau perangkat keras sebagai penunjang kerja karyawan.

Selain itu, strategi dapat didefinisikan sebagai skema yang digunakan untuk mencapai sebuah target. Merencanakan strategi juga merupakan bentuk upaya bisnis untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi.

Begitu juga dengan mengintegrasikan WhatsApp CRM ke dalam strategi pemasaran. Hal ini merupakan bentuk upaya bisnis untuk bertahan di tengah dinamika transformasi digital saat ini.

Strategi Pemasaran Interaktif dengan WhatsApp CRM

Strategi pemasaran memiliki beberapa tujuan seperti, memperkenalkan produk dan merek, membangun loyalitas pelanggan, serta membangun kepercayaan dengan pelanggan.

Di era digital ini, pemasaran dengan cara yang interaktif semakin gencar dilakukan. Dalam pelaksanaanya, strategi pemasaran interaktif memfokuskan penggunaan media promosi dengan format yang melibatkan hubungan bilateral dengan pelanggan. Whatsapp Business merupakan salah satu aplikasi yang mampu mewujudkan strategi ini.

Baca Juga : 8 Bisnis Online Tanpa Modal Lewat Hp Untuk Pelajar

Optimasi cerita interaktif dengan pesan personalisasi

Pemasaran dengan bercerita secara interaktif atau storytelling marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang mampu menyentuh emosi pelanggan.

Melalui susunan kata yang sederhana, strategi ini mampu meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap merek serta menyampaikan nilai perusahaan dengan cara yang interaktif.

Mudahnya, narasi yang disampaikan bisa berupa cerita tentang berdirinya perusahaan, perjalanan produksi dari bahan baku hingga menjadi produk berkualitas. ataupun perjalanan terbentuknya ide dari sebuah layanan yang bermanfaat.

Membagikan cerita interaktif melalui whatsapp bisa dilakukan dengan melakukan taktik tiga pendekatan funnel sesuai perjalanan pengalaman pelanggan, yaitu:

  • Funnel bagian teratas: mengirimkan pesan yang didukung oleh gambar infografis atau video tentang narasi pengenalan produk maupun merek, dengan tujuan untuk menarik perhatian pelanggan dan membangun brand awareness.
  • Funnel bagian tengah: mengirimkan pesan personal dengan isi konten yang sesuai persona target audience, disertai pula dengan pesan call-to-action, sehingga dapat mengundang pelanggan untuk melakukan pembelian.
  • Funnel bagian terbawah, mengirimkan pesan berupa cerita testimonial pelanggan lain yang mampu menginspirasi serta meyakinkan pelanggan untuk menggunakan produk.

Baca Juga : Pentingnya Sistem ERP dan Kegunaan Fiturnya Dalam Efisiensi Bisnis

Pastikan konten cerita yang terkandung dalam pesan adalah cerita yang otentik, agar pelanggan menjadi lebih tertarik. Pesan personalisasi dapat dioptimalkan dengan data yang telah dikumpulkan oleh platform CRM WhatsApp integration.

Selain itu, bisnis juga dapat memantau reaksi pelanggan serta mengukur kesuksesan strategi terkait pesan personalisasi melalui grafik analitik yang disediakan perangkat lunak.

Membentuk komunitas dengan fitur gratis WhatsApp Community

Selain untuk mengenalkan merek, strategi pemasaran interaktif juga dapat dilakukan untuk membangun loyalitas pelanggan.

Pelanggan yang loyal cenderung sudah memahami merek serta produk lama yang dikeluarkan oleh bisnis. Jika dilihat dari tahapan perjalanan pengalamannya mereka telah mencapai titik paling dasar, dimana jika bersedia mereka bisa memberikan testimoni yang jujur secara percuma.

Testimonial bisa menjadi bagian dari pemasaran jika tim marketing mampu mengelola dan menanggapinya dengan baik. Misalnya, dengan memanfaatkan fitur gratis whatsapp community. Dalam fitur ini, bisnis bisa membentuk komunitas yang memungkinkan pelanggan untuk berdiskusi.

Bila memungkinkan, anda bisa menunjuk seorang moderator yang mampu menjawab pertanyaan pelanggan dengan kredibilitas yang valid. Dalam komunitas, anda dapat membagi grup menjadi beberapa topik, seperti diskusi mengenai produk baru, testimonial, maupun tips n trick terkait produk.

Untuk menjaga komunikasi tetap aman dan nyaman digunakan untuk semua kalangan, tetapkan peraturan yang tegas agar diskusi tetap berjalan dengan tertib.

Inovasi Strategi: Menjangkau Pasar berdasarkan Segmentasi

Segmentasi pasar merupakan sebuah cara untuk mengklasifikasikan target audience sesuai dengan kategori tertentu. Tujuannya agar strategi yang disusun jadi lebih tepat sasaran dan terfokus pada golongan tertentu.

WhatsApp-CRM

WhatsApp CRM

Segmentasi pasar ini secara umum dapat dibagi menjadi empat kategori, yaitu:

  • Demografis: membagi segmen pasar berdasarkan umur, jenis kelamin, jenjang pendidikan, luas perusahaan, jenis perusahaan serta peran perusahaan.
  • Geografis: membagi kategori pasar berdasarkan wilayah seperti, kabupaten, kota, negara, provinsi, atau benua.
  • Psikografis: pembagian kategori pasar berdasarkan gaya hidup, sikap, minat, dan nilai-nilai.
  • Perilaku: membagi segmen pasar berdasarkan pengetahuan tentang produk, pola pembelian, dan penilaian produk.

Penentuan segmentasi pasar juga perlu disokong dengan analisa serta riset yang mendalam. Hal ini nantinya akan memudahkan bisnis untuk membentuk identitas mereka di mata masyarakat. 

Lalu, jika kita menghubungkan segmentasi pasar dengan whatsapp business dan CRM, keduanya merupakan sebuah inovasi strategi yang sejalan dengan perubahan digital yang dinamis.

Peran segmentasi pasar terhadap pemasaran digital

Dikutip dari berbagai sumber, segmentasi pasar dalam strategi pemasaran digital berperan untuk menarik perhatian konsumen yang tepat, membedakan poin unik perusahaan, menyampaikan pesan yang lebih kuat, hingga mengidentifikasi niche market.

Selain itu, dengan ditetapkannya segmentasi pasar, ekspansi pasar juga semakin jelas. Misalnya dengan segmentasi demografis dimana bisnis menargetkan wanita sebagai target pasar. Untuk melakukan ekspansi bisnis, perusahaan dapat memperluas pasar dengan target yang mendekati info demografis wanita, seperti umur, atau tingkat pendidikan.

Manfaat WhatsApp untuk menjangkau pasar berdasarkan segmentasi

Untuk membagi pelanggan ke beberapa segmentasi, whatsapp CRM merupakan perangkat lunak yang efektif. Berikut beberapa alasannya:

  • Fitur tag pada whatsapp CRM dapat mengklasifikasi kontak ke dalam beberapa kategori.
  • CRM WhatsApp Integration memungkinkan untuk mengirimkan pesan kustomisasi sesuai kategori segmentasi pasar untuk menarik minat pelanggan.
  • Interaksi pesan yang terekam dan tersimpan dalam CRM dapat mengidentifikasi reaksi pelanggan terhadap pesan yang dikirimkan.

Dengan manfaat tersebut, mengumpulkan data pelanggan melalui whatsapp CRM dapat memudahkan tim marketing untuk menganalisa potensi pasar yang akan terjadi.

Secanggih apapun teknologi yang diciptakan oleh manusia, perlu diimbangi dengan pengguna yang cerdas. Sehingga untuk memanfaatkan whatsapp CRM, pelatihan serta sosialisasi kepada tim harus terus dilakukan. Dengan demikian, manfaat penggunaannya dapat bekerja secara optimal.

Bagikan biar yang lain tahu