Halo teman-teman! Beberapa hari yang lalu, saya mengalami pengalaman yang sangat menyebalkan di sebuah toko cetak. Saya harus menunggu selama berjam-jam hanya untuk mendapatkan dokumen yang saya perlukan dicetak.

Semua ini karena saya tidak memiliki printer pribadi di rumah. Saya harus pergi ke tempat nge-print dan menunggu di antrian panjang hanya untuk mencetak beberapa halaman saja (yang sangat penting tentunya). Awalnya saya kira antrian itu akan cepat selesai, tapi ternyata tidak. Saya harus menunggu selama berjam-jam hanya untuk mendapatkan dokumen yang saya perlukan.

Sebagai orang yang sibuk, pengalaman ini sangat menyebalkan. Saya harus merencanakan perjalanan saya dengan sangat baik dan mengatur waktu saya dengan sangat rapi hanya untuk mencetak dokumen yang saya perlukan. Saya berharap suatu saat nanti saya bisa membeli printer pribadi dan tidak perlu lagi mengalami masalah seperti ini.

Kalau kalian sudah memiliki printer pribadi di rumah, maka kalian beruntung! Soalnya, kalian akan punya lebih banyak waktu dan tenaga daripada harus pergi ke toko cetak dan menunggu di antrian panjang hanya untuk mencetak beberapa halaman saja. Jadi, kalau memang belum punya, berinvestasilah pada printer pribadi jika kalian bisa.

Gara-gara ini juga, saya pun mulai iseng untuk cari printer. Tapi, saya agak bingung dari mana saya harus memulai.

Baca Juga :

1. Daikin AC nyaman dan Hemat Listrik

2. Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik Bagi Keluarga

3. Smart TV Coocaa UB5500 & UB7500 – Menonton TV Tak Pernah Seseru Ini

Akhirnya, karena penasaran, saya coba mengetik “harga printer” di mesin pencari Google dan tentu saja–saya disambut dengan berbagai iklan dan hasil pencarian yang sangat banyak. Ada printer inkjet, printer laser, printer all-in-one, printer wireless, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyaknya pilihan tadi, saya benar-benar tidak tahu yang mana yang paling cocok untuk kebutuhan.

Setelah beberapa jam mencari informasi, saya sepertinya lebih tertarik untuk membeli printer ink tank karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan printer laser dan fitur yang ditawarkan sudah cukup lengkap untuk kebutuhan saya. Tadinya sih saya juga berniat untuk membeli printer wireless agar bisa terhubung dengan perangkat lain di rumah tanpa harus menggunakan kabel, tapi selisih harganya lumayan juga.

Alasan kenapa saya lebih memilih printer ink tank adalah karena model ini merupakan keluaran terbaru dibandingkan pendahulunya, yaitu printer inkjet. Pengisian tinta juga sudah anti tumpah, jadi aman deh kalau kalian orangnya teledor seperti saya. Dari segi harga printer pun masih affordable lah, setara dengan harga smartphone yang terjangkau.

Printer dengan sistem ink tank memiliki wadah tinta yang lebih besar dibandingkan dengan printer dengan sistem tinta biasa, sehingga tidak perlu sering-sering mengganti tinta. Selain itu, printer ink tank juga memiliki biaya cetak per halaman yang lebih rendah karena tinta yang digunakan lebih efisien untuk pencetakan massal.

Kalau berdasarkan website yang saya kunjungi, kualitas cetak yang ditawarkan oleh printer dengan sistem ink tank itu lebih baik daripada inkjet. Artinya, warna yang dihasilkan lebih pekat dan tajam dibandingkan dengan printer dengan sistem tinta biasa.

Enaknya punya printer sendiri, pastinya saya tidak perlu lagi pergi ke toko cetak untuk mencetak dokumen yang saya perlukan. Saya juga bisa mencetak dokumen kapan saja dan di mana saja tanpa harus meninggalkan rumah. Ini sangat membantu saya karena saya bisa menyelesaikan pekerjaan lain dengan lebih cepat dan efisien.

Bukan hanya itu, tapi saya bisa mencetak dengan kualitas yang lebih baik. Printer ink tank yang saya lihat di internet sudah jelas memiliki fitur yang lebih canggih dibandingkan dengan printer yang digunakan di tukang fotokopi atau toko print, sehingga hasil cetak printer ink tank lebih tajam dan warna yang dihasilkan lebih pekat.

Moral dari cerita saya adalah, jika kalian akan membeli printer baru, pastikan untuk mengevaluasi kebutuhan kalian dan bandingkan fitur yang ditawarkan oleh berbagai jenis printer. Jangan lupa untuk mempertimbangkan harga juga.

Sampai jumpa di postingan saya berikutnya, salam!

 

Bagikan biar yang lain tahu
%d blogger menyukai ini: