Hai semua, pernahkah kalian memperhatikan saat sedang berselancar di internet, tiba-tiba muncul notifikasi di browser yang menyuruh Anda untuk kembali agar aman? Ya, itu terjadi karena website yang kalian kunjungi tidak menggunakan sertifikat keamanan SSL (Security Socket Layer) yang pada penerapannya menggunakan HTTPS.

Protokol HTTPS sering bikin pengunjung tidak memperhatikan karena letaknya kecil dan menyatu dengan HTTP. Hanya ketambahan huruf S saja. Padahal pada prakteknya, ada beragam manfaat SSL Certificate Website ini untuk keamanan transaksi di internet. Di antaranya seperti :

1. Mengenskripsi data penting dan sensitif agar tidak dicuri

Saat sedang belanja online, seringkali kita menggunakan alat bayar seperti dompet digital yang mengharuskan kita memasukkan kode PIN dan OTP, atau mungkin kartu kredit. Kalau di Shopee pay, kita malah langsung memasukkan kode keamanan yaitu PIN shopee pay.

Nah, dengan SSL ini, saat transaksi sedang berlangsung, data penting seperti PIN atau password tersebut akan dikirimkan secara aman saat dalam perjalanan. Kalau dilogikakan, PIN atau password berada dalam sebuah brangkas terkunci saat dalam perjalanan. Sehingga pihak yang berusaha membuka kunci tersebut dalam hal itu peretas atau hacker, tidak bisa mencurangi atau membobol data penting tersebut.

Baca Juga : Merdeka di Era Digital Di Daerah Pelosok dengan Blog dan Domainesia

2. Menambah kepercayaan pelanggan

Bagi mereka yang paham, mereka akan sangat berhati-hati dan tidak mungkin melakukan transaksi atau aktivitas pengiriman data di website tanpa HTTPS. Misal untuk website toko online. Karena mereka khawatir akan keamanan datanya. Kemudian setelah tahu bahwa website tersebut tidak mendukung HTTPS, mereka kurang menaruh percaya karena hal tersebut. Bahkan tidak kembali lagi ke website tersebut.

Baca Juga : 9 Cara Meningkatkan Personal Branding Blogger Guna Tingkatkan Upah Menulis

3. Meningkatkan traffic website

Saat mengunjungi sebuah website, browser tertentu seperti google chrome seringkali memberi peringatan di awal bahwa website tersebut tidak aman. Dan seringkali pula malahan tidak bisa dibuka walaupun sudah memilih opsi melanjutkan penelusuran.

Aliasnya, pengunjung akan berkurang, bahkan berkurang cukup banyak karena website tidak mendukung HTTPS. Dan seringkali pula, browser mengidentifikasi website tanpa HTTPS itu mengandung malware atau virus. Untuk kasus seperti ini saya sering mengalaminya dan antivirus di komputer saya langsung bekerja menscannya.

4. Memenuhi standar aturann internet atau bakal kena denda

Bagi pemilik toko online atau e-commerce dan ada pembayaran di dalamnya, maka artinya kamu harus pakai SSL sesuai aturan Payment Card Industry Data Security Standard. Karena jika sampa ada kebocoran data, kamu akan dikenakan dengan dari US$5000 sampai $US500.000. Berapa tuh jika dirupiahkan? Sampai milyaran pastinya. Jadi, pakai SSL itu keharusan ya.

Baca Juga : 5 Manfaat Email Hosting Bagi Blogger Yang Penting Diketahui

5. Mencegah salah kirim data

Selain mengamankan data dari peretas, SSL juga bergunan untuk memberikan autentifikasi atau atau istilahnya bukti yang benar-benar real dan nyata pada suatu data. Sehingga data yang dikirimkan akan melalui proses autentifikasi, sehingga tidak akan terjadi kesalahan pengiriman data, kepada siapa penerimanya? Aliasnya akan dikirimkan ke penerima yang benar-benar tepat.

6. Ramah SEO

Google begitu selektif memilih mana website terpercaya atau tidak. Website dengan HTTPS akan dinilai lebih baik ketimbang tanpa HTTPS. Sehingga dalam konsep SEO, website yang aman akan lebih diprioritaskan.

Bahkan sejak tahun 2014, google sudah menerapkan algoritma bahwa blog atau website dengan SSL menjadi lebih utama, atau dengan kata lain lebih diprioritaskan dibanding yang tanpa SSL. Wesbite dengan SSL juga dinilai lebih banter loadingnya ketimbang yang tanpa SSL.

7. Untuk blogger, potensi menerima banyak job

Pernah suatu kali saya menerima job blogger yang mana salah satu syaratnya adalah blog harus menggunakan HTTPS atau SSL ini. Tapiiii, kayaknya bukan hanya sekali sih, karena di form seleksinya, ada opsi pilihan HTTP atau HTTPS. Dan saya yakin, prioritas diterima untuk blog dengan HTTPS lebih banyak karena memang lebih trusted dan aman.

Untuk mendapatkan SSL ini, domainesia adalah penyedia SSL terbaik untuk website atau blog Anda. Beberapa alasan mengapa pilih Domainesia diantaranya karena memberikan customer support terbaik, telah dipercaya banyak browser, perlindungan yang terenskripsi, website dengan site seal, validasi instan, serta beragam promo SSL tersedia di sini.

Saya sendiri pun punya akun  domainesia dan kedepan berencana membuat blog di sini. Rencananya saya akan membuat blog dengan server luar negeri dan tentu menggunakan SSL dong. Karena SSL terbukti memberikan banyak manfaat bagi perkembangan blog atau website. Buat kalian yang sedang cari Hosting Indonesia, saya merekomendasikan domainesia karena berbagai fitur menariknya. 

Bagikan biar yang lain tahu
%d blogger menyukai ini: