Berhasil masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) adalah dambaan banyak siswa selepas SMA. Karena banyak peluang menjanjikan jika seseorang bisa lulus dari kampus negeri. Seperti dalam hal pekerjaan misalnya, lulusan kampus negeri tentunya lebih diprioritaskan. Bahkan untuk menjadi PNS, pernah saya baca artikel bahwasanya calon kandidat yang kampus negeri lebih diutamakan.

Tapi yang menjadi masalah adalah sulitnya untuk menembus PTN karena peminatnya sangat banyak, namun kuota diterimanya sangat terbatas. Maka dari itu, calon mahasiswa berbondong-bondong mengikuti persiapan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) agar diterma di kampus negeri, seperti tryout misalnya. Karena tentunya ada banyak manfaat mengikuti tes ini. Di antaranya sbb :

Baca juga : Mau Kuliah Ke Luar Negeri? Belajar Bahasa Inggris Lewat Kursus jadi Lebih Mudah dan Terfokus

1. Berlatih menyelesaikan berbagai macam jenis soal

Tentunya masih banyak dari kita yang tidak tahu seperti apa bentuk soal SBMPTN tersebut, iya kan? Maka dari itu tryout ini penting diikuti agar lebih bersiap menghadapinya. Dalam tes SBMPTN, peserta akan menemui berbagai macam soal, seperti Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek, Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan TKD Soshum.

Dengan mengikuti tryout, kamu akan berlatih banyak macam soal. Apalagi karena soal SBMPTN lebih sulit dibanding soal UN (Ujian Nasional). Dengan begitu kamu bisa mengetahui gambaran soal apa dan materi apa yang akan keluar nantinya. Sehingga lebih bersiap saat tes SBMPTN nantinya.

2. Mengetahui kelemahan dan kekurangan kita

Dari banyak materi SBMPTN yang kita pelajari, mungkin ada satu atau dua materi yang tidak atau sulit kita pahami, dan mungkin itu kelemahan kita. Nah, dengan mengikuti Tryout Online SBMPTN seperti di tryout.id , kita dapat memperkuat atau mendalami materi tersebut. Sehingga peluang masuk ke kampus impian pun terbuka lebar. Apalagi karena banyak peserta lain yang tentunya sudah melakukan usaha maksimal dan belajar keras agar bisa lolos SBMPTN. Namun dengan kamu mengikuti tryout SBMPTN ini, kamu bisa mendapatkan gambaran dimana posisimu dan seperti apa hasilnya nanti.

Baca Juga : 12 Alasan Kuliah di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin

3. Hasil tryout menjadi tolok ukur untuk jurusan yang kamu inginkan

Hasil tryout dapat menjadi tolok ukur apakah kita bisa menembus jurusan kuliah yang kita inginkan atau tidak? Jika ternyata sudah berkali-kali ikut namun hasilnya tidak memuaskan, kamu bisa memilih jurusan lain sesuai dengan kemampuanmu, atau belajar lebih giat untuk meningkatkan nilaimu.

4. Mengetahui kapasitas diri

Salah memilih jurusan kuliah akan membuat aktifitas perkuliahan menjadi tidak menyenangkan, dan mungkin bisa bikin stress karena bertentangan dengan minat atau passion kita. Bahkan potensi diri juga tidak berkembang karena salah pilih jurusan.

Manfaat tryout SBMPTN ini adalah untuk mengukur seberapa besar kapasitas atau sumber daya diri yang kita miliki, sehingga kita bisa mengukur seberapa besar kemungkinan untuk masuk suatu jurusan kuliah atau program studi.

5. Memperkuat mental saat tes SBMPTN

Usahamu selama berbulan-bulan akan ditentukan saat ujian SBMPTN nanti. Jangan sampai terjadi, hanya karena gugup atau cemas akan hasil ujian nanti, semua persiapanmu jadi sia-sia. Jadi, mengikuti tryout SBMPTN itu penting. Karena tryout ini bukan hanya soal materi, tapi soal mental juga, dan kamu harus bisa mengelolanya dengan baik. Setelah berusaha keras, jangan lupa berdoa dan beristirahat agar hasil ujian yang kamu lakukan lebih maksimal.

Baca Juga : 8 Alasan Kenapa Harus Kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto

6. Belajar manajemen waktu saat mengerjakan soal

Soal SBMTPN itu lebih sulit dari soal UN dan jumlahnya soalnya pun cukup banyak, namun dengan durasi yang terbatas. Dan bisa jadi, mayoritas peserta pun belum siap dengan durasi tersebut, sehingga secara tak sadar waktu udah habis aja.

Untuk itu kita perlu belajar mengatur waktu dalam mengerjakan soal SBMPTN ini. Misal dengan menjatah 3 menit untuk setiap soal, jika sudah melebihi waktu namun belum kelar, bisa pindah ke soal lainnya.

Kemudian cara termudah juga bisa dilakukan dengan mengerjakan yang mudah dulu, baru kemudian yang tersulit. Dengan begitu waktu yang digunakan akan lebih maksimal.

7. Mengasah kemampuan otak

Semakin banyak soal tryout yang kamu kerjakan, maka akan membuatmu semakin terbiasa dengan berbagai macam soal yang akan kamu kerjakan. Bahkan soal yang belum pernah kamu temukan sebelumnya.

================

Nah, buat kamu yang lagi persiapan masuk PTN yang mungkin ada rasa khawatir tak diterima karena persaingan yang sangat ketat, tak perlu khawatir, karena sekarang ada tryout.id.

Tryout.id adalah pusatnya pembelajaran soal SBMPTN yang terlengkap dan terbaik di Indonesia, dimana didalamnya terdapat lebih dari 30.000 soal latihan. Di sini kamu bisa belajar kapanpun dimanapun karena tryout ini tersedia dalam bentuk mobile yang ringan tanpa iklan.

Ada dua mode pembelajaran, yaitu mode belajar dan mode tryout. Mode belajar adalah mode dimana setiap setelah soal, di bawahnya akan keluar jawaban. Sedangkan mode tryout adalah mode belajar, dimana peserta akan menjawab soal dulu hingga selesai, baru kemudian di akhir sesi akan sesi akan diketahui dimana betul atau salahnya.

Dan karena bisa diakses secara mobile, maka kamu bisa mengerjakannya sambil ngapain aja bisa. Misal sambil santai, sambil menunggu bus, sambil antre di bank, dll.

Oiya, buat kamu yang berniat daftar CPNS, Tryout Online CPNS juga ada di tryout.id. Karena sama dengan tryout SBMPTN, mengikuti tryout bagi para ASN juga ada keuntungan tersendiri. Sepert bisa memahami banyak materi, termasuk mata pelajaran sejak bangku sekolah dasar. Kemudian mengenal banyak jenis dan tipe soal, lebih mengenal system CAT, dsb.

Akhirnya, menggapai mimpi masuk PTN favorit atau lolos CPNS adalah dambaan banyak orang. Berusaha sekuat tenaga dan jangan lupa berdoa adalah cara yang bisa dilakukan. Namun jika kita bisa bekerja sedikit lebih cerdas, misal dengan mengikuti tryout, kesempatan untuk lolos di masing-masing kategori pun lebih terbuka lebar.