Dulu saat ane masih sekolah nih sob, entah kenapa saat tes atau ujian, materi yang diajarkan guru seringkali tidak keluar. Keseringan sih matematika. Karenanya, ane jadi kesal dah sob, karena kan proses belajarnya cukup memeras otak. Sebelum tes atau ujian, biasanya ane baca dua sampai empat buku. Wah, pusing gak tuh? Tapi karena gak keluar, jadi seperti percuma saja gitu mempelajari materi yang gak akan diujikan.

Dan anehnya, hal itu terus terjadi berulang-ulang setiap tahunnya sob. Apakah karena kualitas guru di daerah memang berbeda dengan guru di kota-kota? Sehingga hanya diajarkan yang bisa saja? Hmmm, enggak tahu deh kalau gitu. Dan apakah sekarang masih begitu juga?

Tapi di zaman internet ini, sekarang semua yang sulit jadi mudah, tak terkecuali soal pelajaran di sekolah. Karena kan ada roboguru dari ruangguru.

Saat ente menemukan soal ujian sekolah yang sulit, ente tinggal tanya saja di roboguru. Dan masalah akan selesai.

Yang kita lakukan hanyalah memotret saja foto soal saat dirasa sulit, kemudian kita upload dan kita akan mendapat rekomendasi pembahasan sesuai soal yang kita upload tadi.

Oiya, fitur roboguru ini hanya bisa membaca tulisan ketikkan komputer ya, bukan tulisan tangan pakai pulpen atau pensil gitu. Dan fitur ini gratis ya sob.

Yang bikin menarik adalah karena kita bisa akses fitur roboguru ini lewat whatsapp. Sehingga lebih mudah.

Pertama-tama kita musti menyimpan nomor whatsapp roboguru di 0815-7815-5000. Ketik ROBOGURU di WA-mu dan kirim ke nomor tersebut. Kamu juga bisa mengaksesnya lewat aplikasi ruangguru dan klik pada bagian roboguru. Ini penampakannya

Fitur roboguru di Aplikasi ruangguru

Fitur roboguru whatsapp di Aplikasi ruangguru

Setelah itu tinggal pilih jenjang sekolahmu sob, apakah SD, SMP, SMA, dst. Kemudian pilih mata pelajaran. Matematika misalnya. Berikutnya, kirimkan foto soal yang menurutmu sulit sob. Dan kemudian roboguru akan mencarikanmu pembahasan dan juga video tentang soalmu yang sulit tadi untuk kamu pelajari. Dengan begitu, ente tidak hanya tahu kesulitannya dimana, tapi juga paham dari konsep soalnya. Menarik sekali, bukan?

Dari ruangguru ini, ada banyak banget lho sob, siswa yang sudah berhasi l meningkatkan nilainya. Bahkan yang tadinya iseng-iseng bisa dapat nilai bagus.

Misalnya nih seperti kesaksian di kolom komentar playstore di salah satu video youtube ruangguru. Ada seorang pengguna ruangguru yang berhasil meningkatkan nilainya di sekolah hingga berhasil lulus dan diterima FKG atau Fakultas Kedokteran Gigi di UGM, serta dapat beasiswa di Jerman. Lalu ada juga yang awalnya nilainya 34 menjadi 82. Padahal dia bilang cuma iseng.

Baca Juga :

1. Sukses Masuk Kampus Negeri Setelah Belajar di Ruangguru, Ini Kumpulan Kisah Inpsiratif dari Alumni

2. 8 Alasan Kenapa Harus Kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Berkat ruangguru, seorang pengguna diterima di UGM pada fakultas kedokteran gigi dan beasiswa di Jerman.

Pengguna ruangguru memberikan testimoni di playstore. Dari yang tadinya dapat nilai 34 jadi 82.

Bukan itu saja, karena aplikasi ruangguru juga membangun mental penggunanya. Misal seperti kesaksian pengguna yang tadinya tidak suka fisika, namun setelah belajar di ruangguru, ia jadi suka dengan pelajaran fisika, hingga mengantarkannya ikut olimpiade di Universitas Sriwijaya.

Hal yang tak kalah penting adalah, aplikasi ruangguru ini sangat membantu orang tua. Menurut penuturan banyak orang tua pengguna, anak-anak mereka yang seringkali susah belajar karena mungkin materi yang sulit, mereka jadi termudahkan tanpa perlu disuruh-suruh. Mereka udah mojok aja di ruangan karena materi yang diajarkan mudah dimengerti.

Menurut CEO ruangguru dalam video youtube ruangguru, Iman Usman, aplikasi ruangguru ini dibuat semudah mungkin dan semenarik mungkin. Karena menurutnya, belajar itu fun, belajar itu menyenangkan. Ya, itu karena memang pembahasan soal di ruangguru sangat mudah dimengerti melalui video pengantar animasi. Makannya, banyak pengguna yang terbantu dengan konsep animasi yang memudahkan seperti ini.

Oiya, ada juga cerita seru dari pengguna ruangguru yang tinggal di perbatasan, yaitu Oksalin, siswi SMA N 1 Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe. Sebuah pulau yang letaknya jauh di ujung utara Indonesia yang dekat dengan Filipina, dan jaraknya sekitar 202 kilometer dari Sangihe.

Oksalin ini seringkali disulitkan dengan pelajaran matematika karena tidak mengerti akan materi yang diajarkan disekolah yang kadang penjelasannya yang cepat, jadi susah dimengerti.

Orangtuanya pun pernah mencarikan guru les matematika karena dia ngeluh di rumah. Tapi kalau cari guru les itu lokasinya jauh, dan kalau sudah sampai lokasi sudah malam, ungkap ortunya. Nah, berkat ruangguru jadi enggak pergi-pergi lagi karena bisa belajar dari rumah.

Menurut Oksalin, penjelasan di ruangguru itu jelas sekali, singkat dan enggak bikin bosan. Dulu sebelum pakai ruangguru, nilai matematikanya rendah, 60, 70, 75. Setelah pakai ruangguru, nilainya meningkat drastis jadi 80,90 bahkan 100.

Oksalin, pengguna ruangguru dari Kabupaten Kepulauan Sangihe yang berhasil membuktikan manfaat ruangguru.

Oksalin sendiri bercita-cita ingin masuk UGM jurusan hukum dan ingin masuk tes hakim atau pengacara. Ia pun sudah berlangganan juga ruangguru OnTheGo SBMPTN agar kemungkinan besar bisa lolos masuk unversitas impiannya.

Berkat ruangguru, semangat belajar juga naik karena kadang bisa belajar sampai malam. Kata orang tuanya, ia semangat belajarnya luar biasa. Mimpinya adalah ingin memajukan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Nah, dari beberapa cerita di atas, menjadi bukti bahwa ruangguru terutama lewat fiturnya di roboguru, membuat nilai siswa semakin meningkat. Saya sendiri pun yang sudah enggak sekolah, pengen banget belajar di ruangguru. Rencana mau ambil paket English Academy karena sekarang aku emang lagi belajar English. Ok deh sob, itu dia cerita tentang ruangguru, selamat belajar ya. Capai cita-citamu setinggi langit.