Mendirikan sebuah bangunan umumnya mengeluarkan biaya yang besar, bahkan sangat besar. Tidak hanya puluhan juta tapi bisa ratusan juta bahkan milyaran. Maka dari itu, sebagai konsumen cerdas kita musti cerdik memilih kontraktor atau penyedia jasa terkait agar hasilnya memuaskan dan berkualitas.

Jangan sampai salah memilih agar dana yang kita keluarkan tidak sia-sia. Tidak seperti pengalaman saya dimana tembok rumah saya doyong karena human error.

Bukan hanya untuk bangunan secara umum saja, tapi memilih jasa semisal penjual kubah masjid pun kudu cerdik. Kita harus tahu portofolionya seperti apa, testimoninya, kualitas bahan atau pengerjaannya, SDM-nya, dan lain sebagainya, agar hasil yang didapat sesuai keinginan. Dan berikut tips memilih penjual kubah masjid.

1] Cek testimoni dari orang-orang sekitar

Ini adalah cara tradisional namun ampuh. Yaitu dengan mencari tahu pengalaman seseorang yang pernah menggunakan jasa kontraktor kubah masjid. Pastinya mereka akan memberitahu pengalamannya terdahulu. Kita juga bisa meminta rekomendasi jasa kontraktor mana yang bagus dan berpengalaman? Dengan mengetahui kesaksian langsung dari konsumen, gambaran tentang suatu jasa akan terlihat jelas dan gamblang ketimbang hanya dengan tulisan atau kabar burung.

2] Kunjungi proyek yang sedang berlangsung

Sebelum memutuskan membeli atau menggunakan jasanya, pastikan Anda melakukan kunjungan ke lokasi proyek. Pastinya ada jasa jual kubah masjid terdekat yang bisa dikunjungi. Cari  dan ketahui seperti apa hasil pengerjaannya baik yang sedang dikerjakan atau yang sudah selesai. Jika memang bagus dan berkualitas, maka Anda bisa memutuskan secepatnya. Namun jika dirasa kurang memuaskan, Anda bisa memilih jasa lainnya.

3] Riset harga kubah masjid dan jangan tergiur harga murah

Sekarang semua serba canggih dan bisa dilakukan lewat internet. Jadi sebelum membeli kubah masjid, lakukan riset harga kubah masjid terlebih dahulu sampai menemukan penjual yang tepat dan harga kompetitif.

Baca Juga : 7 Tips Menjual Rumah di Era Digital Agar Cepat Terjual

Di internet terdapat banyak penjual kubah masjid yang ditawarkan. Bandingkan antara satu dengan yang lainnya dan pilihlah yang menurut kalian terpercaya dan berkualitas. Oiya, jangan tergiur iming-iming harga murah. Karena biasanya harga berkaitan erat dengan material di pasaran. Perhatikan proposal penawaran mereka apakah sesuai dengan spesifikasinya?

4] Pilihan kubah masjid enamel, galvalum, atau beton?

Ada harga ada rupa. Kubah masjid saat ini ada dua jenis yang paling populer. Yaitu enamel dan galvalum. Enamel adalah jenis bahan material untuk kubah yang mampu bertahan dari 20-30 tahun pemakaian. Proses pembuatan yang menggunakan suhu 800 derajat celcius ini yang membuatnya tahan panas dan kuat hingga berpuluh-puluh tahun lamanya.

Bahan enamel juga lebih kuat ketimbang dari galvalum. Terutama karena ia tahan terhadap cuaca yang sangat panas sekalipun. Karena ia lebih awet, maka harga pun lebih mahal ketimbang galvalum. Oiya, warna pada kubah enamel ini juga sangat tahan terhadap panas karena itu tadi, ia dibuat melalui pembakaran 800 derajat celcius.

Sedangkan galvalum adalah bahan metal dengan kombinasi antara seng dan alumunium dengan komposisi dan proses tertentu. Umumnya ia mengandung 45% bahan seng dan 55% bahan alumunium dan kuat hingga 5 tahunan. Kelebihan dari galvalum yaitu karena ia tahan panas hingga 300 derajat celcius tanpa terpengaruh kontur atau tampilan.

Baca Juga : 6 Apartemen Di Jakarta Timur dengan Review Terbaik di Traveloka

Ia juga tahan karat dan korosi yang bersifat asam. Dan yang tak kalah penting adalah karena ia dapat menyerap panas sehingga ruangan dalam masjid menjadi lebih adem terutama saat cuaca terik. Catnya juga tidak mudah mengelupas karena daya rekat yang sangat kuat. Untuk harganya memang lebih rendah ketimbang enamel. Aliasnya ada harga ada rupa.

Kalau untuk kubah beton memang ia dibuat dengan bahan cor sehingga lebih beban lebih berat dan pengerjaan lebih rumit. Beban yang berat mengharuskan pondasi bangunan harus sangat kuat untuk menahan kubah tersebut demi menghindari berbagai resiko.

Berbeda dengan enamel atau galvalum. Kedua bahan ini masa yang jauh lebih ringan. Sehingga tidak terlalu membutuhkan pondasi bangunan yang terlampau kuat.

5] Pilih kontraktor terpecaya dan berpengalaman

Kualitas adalah prioritas. Maka dari itu memilih kontraktor terpercaya dan berkualitas adalah sebuah keharusan. Anugerah Kubah Indonesia adalah salah satu kontraktor kubah masjid ternama yang sudah menangani proyek kubah masjid di seluruh penjuru Indonesia.

Ada banyak kelebihan dari kontraktor kubah masjid yang sudah terkukuhkan dalam PT. Aanugerah Indonesia ini. Di antaranya seperti memiliki tenaga berpengalaman. Baik dalam hal desain kubah, tekhnisi yang handal, dan tentu saja karena ia menggunakan bahan dan material berkualitas seperti galvalum dan enamel.

Itu dia 5 Tips Memilih Penjual Kubah Masjid Berkualitas Agar Hasil Memuaskan. Kunjungi websitenya di https://www.jualkubahmasjid.id. Semoga tips bermanfaat.