Seiring perkebambangan zaman, softlens mata yang tadinya digunakan untuk alasan kesehatan seperti pada penderita rabun jauh, kini mulai beralih fungsi sebagai estetika yang dapat mengubah penampilan, terutama bagi kaum wanita agar terlihat lebih cantik dengan bola mata yang besar dan kebarbie-barbiean gitu.

Namun sebelum menggunakannya, tentu ada beberapa hal yang musti dilakukan, diketahui, dan juga diterapkan dong agar kesehatan mata tetap terjaga. Terutama bagi mereka yang menggunakannya untuk menambah estetika penampilan. Dan berikut 9 tips memilih softlense mata.

1. Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakannya

Orang pakai softlens itu ada alasan tersendiri. Biasanya sih untuk membantu penglihatan akibat mata kering, iritasi, atau infeksi. Nah, jika Anda ingin menggunakannya karena enggan menggunakan kacamata, sebaiknya konsultasikan dulu deh ke dokter mata atau optik tempat membeli agar tidak salah langkah dan mendapatkan jenis softlens yang tepat. Penggunaan jenis softlens yang tepat akan membantu kesehatan mata penggunanya.

2. Lebih bagus softlense bening atau yang berwarna sih? 

Menurut Mbak Ovie dalam video youtubenya, kalau masih pemula sebaiknya pilih yang bening. Karena biasanya yang bening kadar airnya lebih banyak dan lebih nyaman dipakainya. Sehingga lebih banyak menyalurkan oksigen ke mata kita. Menurut Kak Ririe, juga dalam video youtubenya, saat masih pemula dulu, ia lebih prefer softlens bening yang sekali pakai. Hal itu dikarenakan kecenderungan iritasi lebih sedikit ketimbang softlens yang berbulan-bulan dipakai.

Memang lebih mahalan dikit sih tapi lebih sehat. Jadi untuk softlens yang sekali pakai itu didalam boxnya terdapat beberapa pasang softlens antara 30-40 gitu dan sekali pakai langsung buang. Satu box bisa untuk sebulan atau dua bulan gitu.
Untuk softlens warna, kalian bisa pilih warna sesuai dengan warna kulit atau makeup kalian. Kalau Kak Ririe, ia lebih suka warna yang memang cocok dengan riasan wajahnya.

3. Sesuaikan diameter dengan bola mata

Bagi perempuan, mata yang besar akan terlihat lebih cantik dan kebarbie-barbiean. Namun bukan berarti bisa memaksakan untuk memiliki mata besar. Sebelum memutuskan menggunakannya, sebaiknya sesuaikan dengan ukuran bola mata kalian. Karena jika ukuran softlense melebihi ukuran bola mata, mata akan cepat lelah dan malah beresiko iritasi. Dan malah bagian putihnya bisa tertutup.

Buat kalian yang matanya enggak belo-belo banget alias sipit seperti Kak Ririe, mungkin pakai softlens yang diameternya enggak gede-gede banget lebih cocok. Ia sendiri dalam video youtubenya memakai ukuran 14.5. Ia pernah pakai yang ukuran lebih besar dan pas di foto malah kayak nutupin bagian putihnya. Jadi enggak natural banget jadinya.

4. Kadar air dalam softlense

Sebelum membeli softlense, perhatikan juga berapa kadar airnnya? Biasanya keterangan kadar air ada dalam wadahnya. Namun terkadang ada penjual yang tidak paham mengenai hal ini. Maka dari itu, kita sebagai konsumen juga harus teliti dan jeli agar mendapatkan produk yang tepat.

Softlense itu hydrogel yang suka banget dengan air. Mereka membutuhkan air untuk membuat lengkungan yang pas dengan mata. Memilih softlens yang kadar airnya tepat, bisa disesuaikan dengan kondisi mata masing-masing karena beda-beda. Ada orang dengan kondisi mata yang kering dan ada yang cenderung berair.

Kalau yang cenderung kering, lebih baik pakai softlens yang kadar airnya banyak. Makin tinggi kadar airnya, makin bagus buat nerusin oksigen ke mata. Jadi gak ada yang kayak keganjel gitu.

5. Softlense yang tebal atau tipis

Ini juga hal penting yang perlu dilakukan. Softlense tipis akan lebih nyaman penggunaannya ketimbang yang tebal. Namun konsekuensinya adalah ia cepat robek terutama mereka yang punya kuku yang panjang. Jadi emang kudu hati-hati memakainya dan lebih diakali gitu cara pakainya.

Karena tipis dan gampang robek, artinya itu kalian harus beli lagi dan keluar uang lagi dong dan jadi boros. Nah, kalau yang tebal jadi lebih awet. Tapi ya itu, softlens tebal jadi kurang nyaman dipakainya.

6. Cek expired atau tanggal kadaluarsa

Ini penting banget dari semuanya. Sebelum membeli pastikan tanggal kadaluarsa masih panjang agar lebih nyaman dipakainya. Jangan sampai menggunakkan softlens yang sudah kadaluarsa atau mendekati kadaluarsa walaupun bentuknya masih bagus. Karena resiko penggunaan softlens terhadap kesehatan bisa sampai hilang penglihatan.

Dulu pernah lihat di TV mengenai seseorang yang memakai softlens untuk tidur, eh malah matanya gak bisa ngelihat lagi. Ngeri kan? Kalau menurut penurutan Mbak Olive, ia memakai yang kadaluarsanya 6 bulan, tapi masuk 3 bulan sudah ia ganti agar lebih aman dan sehat. Dan selama itu matanya baik-baik saja. Itu dilakukan karena pemakaiannya cukup sering dan intens.

7. Gunakan minus yang sesuai

Buat kalian yang punya mata minus, kalau menurut Kak Olive yang punya mata minus 4, ia dikasih tau oleh petugas optiknya kalau ia sebaiknya pakai yang minusnya dibawahnya. Dia sendiri memilih memilih ukuran 3,75. Yang ia rasakan emang cocok sih dan jelas banget. Bahkan ia pakai minus 3,5 juga masih jelas.

8. Jangan asal beli softlense. Apalagi karena murah 

Softlens adalah benda asing yang akan ditaruh di mata kita yang merupakan jendela dunia. Mata adalah organ yang bener-bener vital. Makannya jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak di inginkan. Pastikan kalian membeli softlens yang sudah ada izin dari dinas kesehatan dan sudah ada nomor kemenkesnya.

Mbak Olive pernah memakai softlens yang tidak ada nomor izin kemenkesnya dan matanya langsung merah dan softlens langsung dibuang. Dan sejak saat itu ia tidak lagi beli softlens yang seperti itu. Harganya memang murah sih sekitar 50-60 ribuan. Tapi ya itu, yang ada malah bikin mata jadi merah.

9. Siapkan alat pembersih dan penyimpan softlens

Cairan softlens berfungsi untuk membasahi dan melumasi softlens agar tetap basah saat disimpan dalam casenya. Sedangkan alatnya berfungsi agar softlensenya lebih bersih dan lebih steril. Karena kan biasanya ada yang pakai tangan saat memakainya dan enggak tau itu bersih atau tidak? Takutnya yang ada malah kotor dan iritasi karena ada debu atau benda lain yang masuk ke mata.

Dan cairan pembersih softlens juga banyak jenisnya. Ada yang untuk mata sensiitif dan ada yang untuk mata normal. Biasanya mata yang sensitif atau normal ditentukan oleh kadar air dalam mata.

Cairan pembersih softlens juga dapat menimbulkan iritasi lho. Jadi kudu pilih yang cocok. Oiya, cairan ini juga harus diganti minimal 2 kali sehari seperti yang dilakukan Mbak Ririe di videonya. Tapi lebih bagusnya di tiap habis dipakai, bersihin, lalu diganti airnya di casenya.

Berkenalan dengan Miacare. Silikon Hidrogel yang diproduksi dengan tekhnologi revolusioner asal Taiwan.

Dengan dukungan sumber daya dan pengetahuan oleh BenQ Materials, Miacare yang merupakan perusahaan optik tunggal asal Taiwan menghadirkan softlens terbaik untuk mata yang diproduksi dengan tekhnologi revolusioner atau disebut Teknologi Silikon Hidrofilik EautraSil. Sebuah tekhnologi revolusioner yang akan memberikan kenyaman dan kesehatan saat memakai lensa kontak.

Sebagai no.1 Healthy and Charming Softlens in the world. Miacare menghadirkan Softlens terbaik untuk mata untuk kenyamanan penglihatan Anda.

Misalnya seperti Lensa Kontak Silikon Hidrogel DELiGHT yang bisa dipakai dalam durasi harian mulai dari pagi hari hingga kembali lagi di malam hari. Softlens ini dibuat dengan tekhnologi Silikon Hidrofilik Eautrasil™ yang merupakan tekhnologi revolusioner untuk pemakaian yang lebih lama.

Softlense terbaik untuk mata

Produk ini sendiri memiliki transmisibilitas oksigen ultra yang tinggi mencapai Dk/t 150, mengandung formula yang bebas cairan pelarut, dan fungsi perlindungan untuk UV Blocking.

Untuk produk bulanan, ada CONFiDENCE Flash. Produk ini memiliki beberapa keunggulan. Beberapa di antaranya seperti perlindungan seperti UVA atau UVB. Formula bebas cairan pelarut. Transmisi oksigen mencapai Dk/t 193. Modulus rendah 0.55 MPa dengan tekstur yang semakin lembut pada lensanya. Juga desain modis tri-layer yang membuat penampilan jadi lebih estetik.

Softlense terbaik untuk mata

Where to Buy

Softlens warna SiHy ini bisa didapatkan di marketplace Shopee dengan berbagai macam jenis dan varian harga atau kunjungi websitenya di http://www.miacare.co.id.

Akhirnya, memilih softlens tidak hanya dilihat dari warna dan cocoknya saja, tetapi juga harus mempehatikan WC (water content) dan juga DK/t (tingkat penyerapan oksigen)

Design miacare yang unik, jika diperbesar, seperti pori-pori, sehingga tidak mudah membuat mata lelah, sirkulasi oksigen lancar dan meningkatkan WC (water content). Menjadikan sebagai softlens paling sehat dan meningkatkan pesona melalui pandangan mata setiap orang yang memakainya.

Miacare, the expert/ahlinya Silicone Hydrogel (SiHy) Softlens.

Sumber referensi artikel :
Channel Youtube Olivia https://youtu.be/JTjIKl85_FY
Channel Youtube Ririe https://youtu.be/mqQNB5M06hQ