Bukan hanya 1 channel, tapi 6 channel pendukung yang akan menjawab setiap pertanyaanmu dengan sangat cepat dan mudah dan on terus 1×24 jam.

Hai teman, beberapa hari yang lalu saya dibuat kagum oleh provider seluler berplat merah yaitu telkomsel dengan layanan customer service otomatisnya. Layanan ini menggandeng 6 channel sekaligus dalam melayani konsumen. Hal Itu membuktikan bahwa telkomsel begitu mendedikasikan dirinya kepada para pelanggan agar selalu mendapatkan layanan terbaik.

Yang bikin saya kagum lagi adalah karena ia sangat cepat dan gesit dalam menjawab setiap pertanyaan pelanggan dan buka 1×24 jam 7 hari. Begitu perintah diketikkan maka dengan segera jawaban akan muncul. Layanan tersebut yaitu asisten virtual Telkomsel atau disebut tanya veronika.

Tanya veronika adalah adalah layanan berbasis chatting yang sudah ada sejak 24 Agustus 2017 yang akan menjawab setiap pertanyaan pelanggan terkait produk atau layanan telkomsel secara otomatis, gesit, cepat, melalui 6 channel tersebut di atas. Yaitu Facebook Mesengger, WA, Line, Telegram, App MyTelkomsel, dan Website telkomsel. Untuk facebook, bisa dilakukan baik itu lewat aplikasi messengger di smartphone atau lewat website facebook itu sendiri lewat kolom perpesanan.

Sedikit pembahasan tentang chat bot tanya Veronika

Tanya veronika sendiri merupakan chat bot atau robot system yang dibuat melalui kecerdasan buatan. Jika perintah-perintah khusus diketikkan, maka jawaban akan muncul secara otomatis. Jadi bukan manusia ya. Jika perintah yang disampaikan tidak sesuai, maka akan ada instruksi bahwa perintah yang disampaikan kurang tepat atau salah. Dan itu artinya jawaban yang diinginkan pun akan tertunda. 

Jika dulu kalian pernah menerima jawaban seperti “maaf, nomor yang Anda tuju tidak dapat dihubungi, mohon periksa kembali nomor tujuan Anda” saat nomor telkomsel yang kita telpon tidak mengangkat, maka itulah bot. Namun sekarang sudah canggih lagi karena bisa dilakukan lewat aplikasi dan bukan hanya 1 aplikasi, tapi 6 aplikasi. Sekarang kalian sudah paham kan ya apa itu chat bot?

Lalu, bagaimana sih cara menggunakan asisten virtual tanya veronika ini?

Tentu saja sangat mudah, karena hanya menggunakan 6 chanel atau aplikasi di genggaman tanganmu. Paling mudah lewat WhatsApp karena pastinya semua orang punya WhatsApp.

Semisal lewat PC atau laptop juga mudah. Jika lewat facebook, tinggal masuk ke perpesanan saja. Kalau lewat website telkomsel, tinggal klik ikon tanya veronika di pojok kanan bawah.

Namun karena ini brand telkomsel, maka Anda harus memiliki nomor telkomsel dulu ya. Karena nanti akan ditanyakan berapa nomor telkomselnya? Tanpa nomor telkomsel, maka percakapan belum bisa berlangsung. Oiya, fitur tanya veronika ini berlaku untuk seluruh pelanggan telkomsel, kecuali pengguna kartuHalo dan nomor tambahan.

Oke langsung saja, berikut adalah 6 channel asisten virtual yang akan membantu Anda menjawab setiap pertanyaan terkait produk atau layanan telkomsel.

1. Aplikasi Line 

Cara pertama yaitu melalui Aplikasi Line di smartphone.  Caranya mudah. Setelah aplikasi terbuka, carilah akun resmi line telkomsel dan ketikkan kata kunci “Hai” atau “Halo”. Maka Veronika akan segera menjawabnya. Waktu itu saya mencari akun telkomsel Line dan saya coba kirim pesan. Dan ternyata balasan yang saya dapat menyebutkan bahwa dia adalah tanya veronika. Berarti saya benar kalau ini akun Line tanya veronika.

Setelah itu masukkan nomor telkomsel Anda dan Veronika akan mengirim kode OTP lewat SMS. Masukkan kode OTP yang berlaku selama 3 menit tersebut ke dalam percakapan agar percakapan dapat dilanjutkan.

2. Aplikasi Messenger Facebook

Untuk aplikasi messenger facebook, cari akun telkomsel yang sudah tercentang biru. Ingat ya jangan sampai salah akunnya. Karena pastinya ada banyak akun dengan nama yang sama. Ini akun resmi telkomselnya https://web.facebook.com/telkomsel

Setelah itu masukkan nomor telkomsel Anda dan kemudian link akan terkirim ke nomor Anda lewat SMS. Klik link verifikasi tersebut agar chat dengan Veronika dapat berlanjut.

Nanti Veronica akan membalas bahwa Anda sudah melakukan verifikasi. Setelah terverifikasi, maka chat dengan Veronika dapat dilanjutkan.

Nah, saat kalian mengakses messenger, maka secara otomatis terjadi juga percakapan di akun facebook kalian. Aliasnya kalian bisa chat dengan Veronika melalui kolom pesan via website facebook juga.

3. Aplikasi MyTelkomsel

Buat yang baru pertama menggunakan telkomsel, Anda bisa mendaftarkan nomor telkomsel baru Anda melalui Aplikasi. Setelah berhasil daftar, Anda bisa masuk dan tombol chat Veronica ada di bagian bawah. Scroll untuk menuju fitur chatnya.

Kalau di aplikasi MyTelkomsel, tidak ditanyakan nomor telkomselnya karena memang ini adalah officiall akun yang terhubung langsung dengan nomornya. Jadi bisa langsung mengetikan “Hai” atau “Halo” untuk bisa bertanya langsung. Kalau saya langsung mengetikkan “Cek Pulsa” agar lebih cepat.

Karena ini lewat aplikasinya langsung, maka transaksi seperti pembelian pulsa atau kuota akan diarahkan ke aplikasi. Yang saya suka dari tanya Veronika di aplikasi adalah tampilannya lebih interaktif dan menarik karena disertai ilustrasi berwarna dalam ikon bergambar. Jadi lebih seneng aja pakainya.

Kemudian untuk minimum pembelian pulsa, di aplikasi MyTelkomsel juga minimalnya lebih kecil yaitu 10 ribu sudah bisa beli pulsa. Kalau di channel lain seperti WhatsApp atau Line, minimal 50 ribu. Berikut tampilan aplikasi di mytelkomsel.

Tampilan aplikasi tanya veronika di mytelkomsel. Masuk ke aplikasi mytelkomsel, gulir ke bawah sampai menemukan icon tanya veronika.

Bisa langsung ketikan “Hai” atau “Halo” dan dia akan menjawabnya. Di sini saya mengetikkan “cek kuota” dan disambut dengan jawaban diawali pantun. 

Tampilan dengan ikon berwarna yang interkatif dan lebih menarik.

Tampilan beli pulsa lewat tanya veronika di app mytelkomsel nominal lebih murah. 10 ribu sudah bisa.

4. Aplikasi WhatssApp

Untuk bertanya di WhatssApp, pertama-tama kita harus menyimpan dulu nomornya yaitu 0811-1111-1111 di smartphone kita. Karena bertanya via WA, kita tidak akan ditanyakan berapa nomor telkomselnya? Karena nomor WA kita sendiri merupakan nomor telkomsel. Jadi bisa langsung ketikkan “Hai” atau “Halo” dan dalam hitungan detik, Veronika akan langsung menjawab dengan rinci.

Detail informasi yang diberikan yaitu seperti masa berlaku kartu, sisa pulsa, sisa kuota, dan pilihan paket lain dalam 6 poin seperti pada gambar di samping. Ini yang paling saya suka karena bertanya via WA lebih cepat. Untuk Anda yang sering terburu-buru, membeli pulsa atau kuota di WA akan sangat cepat. Secara kan setiap orang pasti punya WA kan ya?

5. Aplikasi Telegram

Kalau dari aplikasi telegram, pertama kita harus ketikkan akun resmi telegram telkomsel di @telkomsel_official_bot dan selanjutnya ketikkan kata “Halo” atau “Hai” untuk memulai percakapan.

Kemudian kita akan dimintai nomor telkomsel kita. Setelahnya akan dikirimkan kode OTP lewat SMS yang akan berlaku selama 3 menit. Masukkan kode tersebut dan jangan sampai salah agar percakapan dapat dimulai.

6. Melalui Website Telkomsel

Dan yang terakhir yaitu melalui website telkomsel di www.telkomsel.com. Untuk melakukannya, saya kira awalnya harus login dulu. Eh ternyata tidak.

Jadi di pojok kanan bawah, terdapat icon Veronika. Klik dan ketikkan nama sapaan kalian agar Veronika bisa tahu sebutan nama kalian apa. Setelahnya ketikan “Hai” atau “Halo” untuk memulai percakapan. Setelah itu kita akan dimintai nomor telkomsel kita dan kode OTP yang berlaku selama 3 menit. Masukkan 4 digit kode tersebut pada kolom percakapan sehingga chatting bisa terus berlangsung.

Nah, bagaimana, mudah sekali, kan? Dari semua channel yang ada, semuanya mudah dan gampang dilakukan. Namun jika harus memilih, saya pilih WA saja karena paling mudah. Terlebih karena seringkali kita hanya memiliki kuota chatting saja setelah kuota utama habis. Sehingga tanya Veronika lewat chat WA bisa dilakukan.

Namun untuk pengalaman lebih seru, saya lebih memilih aplikasi MyTelkomsel karena lebih interaktif dan bisa beli pulsa lebih murah dengan 10 ribu saja. Pembayaran juga bisa dilakukan dengan banyak metode. Seperti LinkAja, Gopay, ShopeePay, DAN, dan OVO.

Beragam metode pembayaran tanya veronika

Beragam metode pembayaran tanya veronika di aplikasi mytelkomsel.

Sedangkan jika kita hanya pakai handphone jadul (selanjutnya saya sebut hanphone konvensional) yang cuma bisa buat sms dan telpon saja, dan nantinya aktivitas internetan akan dilakukan via modem, maka bisa tanya Veronika dengan website telkomsel. Karena apa? Karena akan ada OTP yang dikirimkan via SMS ke handphone konvensionalmu.

Handphone konvensional ini kita kita gunakan untuk menerima kode OTP saja. Setelahnya, nomor telkomsel bisa kita pindahkan ke modem dan internetan pun bisa dilakukan.

Oiya, Veronika juga akan mengingatkan lewat pesan jika dalam waktu tertentu, Anda belum juga membalas atau menyelesaikan chat yang berlangsung, seperti pada gambar di bawah ini.

Balasan veronika yang mengingatkan agar pengguna tidak lupa bahwa ia sedang chatting.

Akhirnya, kita benar-benar dimudahkan berkat fitur tanya Veronika telkomsel ini.

Eh, tapi tunggu dulu, biarpun ini adalah chat bot dan bukan manusia, tapi tentu saja ada aturan dalam mengajukan pertanyaan. Pengguna tida diperkenankan melakukan hal-hal yang dilarang. Di antaranya seperti :

1. Kita tidak boleh melontarkan kata-kata kasar ataupun yang terlihat vulgar seperti pornografi biarpun ini hanya sebuah robot chat.

2. Kita juga tidak boleh menghina, mengancam, bahkan melecehkan orang lain atau badan usaha lain.

3. Dilarang membuat spam di kolom chatting. Misal dengan mengirim pesan secara cepat dan terus menerus.

4. Dilarang menyinggung SARA (Suku, Ras, Agama).

5. Dilarang mencoba melakukan tindakan yang bersifat mengancam keamanan layanan ini.

6. Dilarang mengirimkan file berupa gambar, video, suara, link, dokumen, tanpa ada izin dari pemiliki HAKI (Hak Kekakayaan Intelektual) terkait.

7. Dilarang melakukan akses secara ilegal layanan Tanya Veronika

8. Dilarang memberikan informasi palsu yang dapat merugikan pihak lain.

9. Dilarang melakukan tindakan yang bertentangan dengan hukum dan nila-nilai yang ada di Indonesia .

Oiya, terkait OTP atau One Time Password, ada beberapa hal yang musti diingat. Diantaranya:

1. Jangan sampai orang lain mengetahui kode OTP tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyalahgunaan. Karena OTP bersifat rahasia layaknya PIN atau password.

2. Jika salah memasukkan kode OTP sebanyak 3 kali, maka akan terblokir selama 5 menit. Namun jika salah sampai 9 kali, maka akan terblokir selama 1×24 jam.

Nah, sekarang kita sudah tahu apa itu Veronika Telkomsel ya. Dan pastinya kalian penasaran, manfaat apa saja sih yang bisa dilakukan dengan asisten virtual Telkomsel ini? Berikut infografisnya. 

Untuk layanan ganti kartu, pastikan nomor telkomsel Anda tidak memiliki layanan perbankan. Pengguna juga diwajibkan menyiapkan kartu identitas seperti KTP/Paspor/SIM/KITAP/KK. Kartu akan dikirim ke tempat Anda maksimal 20km dari lokasi GraPARI terdekat. Lihat SK-nya pada gambar di bawah ini.

Nah, itulah hal-hal yang bisa ditanyakan di asisten virtual tanya veronika. Saya sudah telusuri layanan dari telkomsel ini. Namun hanya 8 point di atas yang bisa ditemukan didalamnya. Kalau kalian ada tambahan, boleh dong tulis di kolom komentar.

Lalu, bagaimana sih cara bertanya di veronika? Sulit enggak?

Oh, tentu saja mudah. Di atas pun sudah saya terangkan bagaimana menggunakannya pada setiap aplikasi. Saya yakin kalian pasti sudah paham ya. Namun kali ini saya akan menerangkannya lagi pada sebuah contoh. Semisal kita ingin membeli pulsa menggunakan WhatssApp karena yang paling mudah. Berikut infografis cara melakukannya.

Gampang banget kan? 

Oiya, untuk membatalkan pilihan, bisa tekan “Batal” atau “Cancel” ya. Nanti transaksi akan dibatalkan oleh Mbak Veronika.  Sedangkan untuk aplikasi atau channel lain pun kurang lebih sama. Hanya tampilan saja yang berbeda. Nah, dari manfaat tersebut diatas, ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan untuk produktifkan harimu, di antaranya :

1. Transaksi apapun menjadi sangat cepat dari 6 channel yang ada. Jika tak punya satu aplikasi, kita bisa pakai aplikasi lain. Untuk aplikasi WhatsApp menurutku yang paling mudah. Melalui tanya veronika ini, kita tak perlu lagi ke konter untuk membeli pulsa, kuota, paket hiburan seperti games dan musik, dan lainnya. Jadi enggak perlu lagi keluar panas-panasan deh. Irit kan jadinya.

2. Beragam keuntungan dari jumlah poin yang kita dapat. Dari poin tersebut, bisa dimanfaatkan untuk potongan harga untuk merchant terkait. Seperti potongan untuk merchant pada kategori makanan, belanja, undian, olahraga, jalan-jalan, otomotif, kecantikan, ecommerce, dsb. Lihat penampakannya di bawah.

Promo poin veronica telkomsel

3. Bisa menolong teman saat sedang butuh bantuan. Dengan layanan veronika, kita juga bisa kirim paket ke teman. Baik itu pulsa atau paket internet. Semisal seorang teman sedang kepepet atau kehabisa pulsa atau kuota ditengan jalan dan tidak bisa kontak siapapun. Nah, lewat tanya Veronika, kita bisa membantunya mengirim pulsa atau kuota. Sehingga ia bisa tertolong.

4. Layanan 24 jam. Melalui tanya Veronika, kita akan dilayani 24 jam 7 hari penuh. Entah itu pagi, siang, sore, malam, bahkan dini hari pun tetap akan dilayani.

5. Saat kita diharuskan berkunjung ke GraPARI, itu tak perlu dilakukan lagi karena layanan GraPARI bisa diakses lewat tanya Veronika. Gak perlu capek-capek kepanasan lagi deh.

6. Mengecek status kartu jadi sangat mudah. Dengan tanya veronika, kini mengecek status informasi kartu seperti sisa kuota, sisa pulsa, sisa kuota nelpon, sisa SMS, bisa dilakukan dengan sangat mudah.

7. Memudahkan bagi yang tidak punya smartphone dan hanya ada handphone konvensional dan modem doang. Ya, tanya Veronika akan begitu membantu kalian yang tidak punya smartphone, namun ingin membeli kuota yang akan dipasang di modem. Karena fitur ini dapat diakses lewat website telkomsel atau messenger facebook. Nantinya kode OTP akan dikirim lewat SMS ke handphone konvensional kalian. Sedangkan pembelian kuota bisa dilakukan via messenger atau website, dan setelah kuota didapat, nomor telkomsel bisa dipasang dimodem. Sehingga tetap bisa internetan deh.

8. Veronika berasal dari telkomsel yang merupakan provider seluler yang terkenal dengan sinyalnya yang menjangkau hingga ke pelosok daerah Hal ini telah dibuktikan oleh Abang saya sendiri yang tinggal di pelosok desa dan kemarin baru saja berganti ke telkomsel.

Ia mengatakan kalau sinyal simpati begitu kuat sehingga internetan pun ngebut. Artinya bagi kalian yang tinggal di daerah pelosok, saya merekomendasikan telkomsel agar dapat terus update perkembangan tekhnologi melalui internet. Dan melalui tanya Veronika, urusan membeli pulsa atau kuota menjadi begitu mudah.

Tanya veronika membuat harimu makin produktif

Dari beragam fitur diatas, tanya veronika telah terbukti membawa banyak keuntungan bagi kita semua. Kita jadi lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal bermanfaat ketimbang harus ke konter untuk membeli pulsa atau kuota. Kita juga tak perlu lagi ke GraPARI karena bisa diaskses lewat tanya Veronika.

Kita juga bisa menolong teman yang sedang terpojok karena tidak bisa ngapa-ngapain karena kehabisan pulsa atau kuota. Dan tentu saja, kita juga bisa mengakses tanya Veronika dimana saja dan kapan saja karena sinyalnya kuat hingga ke pelosok daerah selama 24 jam 7 hari non stop. Dan kesemua itu membuat kita termudahkan dan menjadi lebih produktif.

Dengan tanya veronika, akan lebih banyak waktu luang untuk melakukan hal-hal bermanfaat. Bukankah bekerja cerdas akan membuat kita lebih menikmati hidup? Dengan tanya Veronika, kita bisa melakukannya.

Dari review yang saya lakukan, saya menemukan beberapa kekurangan dan kelebihan yang semoga saja bisa membantu veronika untuk terus berkembang. Di antaranya :

Kekurangan

1. Untuk 5 channelnya, nominal beli pulsanya lumayan besar yaitu 50.000. Terlalu mahal untuk saya pribadi dan mungkin kebanyakan orang Indonesia. Kecuali di aplikasi mytelkomsel karena 10 ribu sudah bisa beli pulsa.

2. Saat sedang chatting, seringkali harus memasukkan kode referral. Namun saya bingung apa itu kode referral? Ya soalnya saat awal daftar, saya tidak mendapati adanya kode referral. Bahkan setelah saya cari-cari di google, juga tak menemukan artikel tentang kode referral ini. Oleh karenanya, chat akan terhenti jika tanpa kode referral.

Tapi setelah beberapa saat, kita bisa melanjutkan chat lagi tanpa perlu memasukan kode referral. Bagi mereka yang belum paham atau terburu-buru, bisa jadi akan meninggalkan fitur tanya veronika ini karena dikira fitur terblokir. Soalnya saya berpikiran begitu dan sempat akan meninggalkan. Ini penampakannya.

Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel

3. Untuk layanan via WA, pembayaran pulsa hanya bisa pakai LinkAja. Tentu akan lebih mempermudah jika ditambah metode pembayaran lain sperti ibank, uang elektronik seperti gopay atau OVO, dll.

4. Paket combo sakti yang ditawarkan ternyata tidak tersedia, namun masih disertakan. Ini saya lihat di WA dan messenger facebook.

Veronika

5. Fitur jelajah pada point “produk untuk kamu” yang jika diklik, jawabannya malah mengakhiri chat. Ini saya temukan di aplikasi mytelkomsel.

Veronika produk untuk kamu

6. Fitur cek lokasi graPARI terdekat belum akurat di aplikasi mytelkomsel belum sepenuhnya berfungsi. Karena saya cek untuk lokasi bebrapa kota seperti Kebumen, Jogjakarta, Semarang, yang muncul cuma Jakarta saja . Kemudian jika mengetikkan perintah seperti GraPARI atau Share Location pun, tanya Veronika tidak mengenali.

Veronika produk untuk kamu

Kelebihan

1. Layanan yang sangat cepat sekali dan bahkan sangat cepat di semua aplikasi. Sehingga lebih mudah dilakukan kapan dan dimana saja.

2. Tampilan begitu menarik dan interaktif untuk aplikasi line, facebook messenger dan aplikasi mytelkomsel karena disertai gambar

3. Veronika memiliki pantun kepada para pelanggannya sehingga bisa sedikit menghibur.

Akhirnya, itulah review saya tentang asisten virtual tanya veronika. Dengan asisten virtual ini, kini kita tak perlu repot soal saat akan mengakses fitur dan layanan dari telkomsel karena bisa dilakukan dengan sangat mudah lewat 6 channel.

Ya, bukan hanya 1 channel, tapi 6. Sehingga begitu memudahkan. Jika semisal tidak ada satu aplikasi di smartphone kita, masih ada 5 channel lainnya. Kemudian beragam manfaat tanya veronika juga memberikan banyak keuntungan untuk produktifkan hari Anda.

Kita tak perlu lagi keluar rumah saat akan membeli pulsa atau kuota, bahkan bisa mengakses layanan GraPARI dari rumah. Jika semisal ingin ganti kartu, kita juga bisa melakukannya dari rumah. Kemudian ada juga fitu kirim paket dimana kita bisa menolong saudara atau teman jika sedang kepepet ditengah jalan lewat tanya Veronika. Terlebih lagi sinyal telkomsel menjangkau hingga ke pelosok-pelosok desa. Benar-benar memudahkan sekali kan?

Akhirnya, itulah review saya untuk asisten virtual tanya veronika. Saya sudah pakai tanya Veronika, kalau kamu?