Ayam kampung adalah salah satu makanan yang cukup digemari masyarakat. Daging ayam jenis ini juga banyak sekali dijual di pasaran. Namun, terkadang dalam membeli daging ayam tersebut, terkadang pembelian seorang konsumen melebihi porsi yang bisa dihabiskan. Hal tersebut kerap sekali membuat olahan ayam kampung menjadi mubazir melainkan busuk.

Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan cara dibacem beku atau frozen. Ayam kampung yang sudah dibekukan disebut ayam kampung frozen. Dengan dibekukannya ayam tersebut, daya tahan keawetan akan menjadi lebih lama yaitu bisa sampai 6 hingga 7 bulan. Tidak perlu khawatir, cara ini cukup aman. Berikut ini adalah ulasannya.

Baca Juga : Resep Tumis Cumi Cabe Ijo Ekstra Pedas yang Menggugah Selera

Bahan – bahan yang perlu disiapkan

1. Ayam kampung – 1kg
2. Daun salam – 3 lembar
3. Lengkuas – 2 ruas
4. Gula jawa secukupnya
5. Garam secukupnya
6. Air – 500 ml
7. Kaldu bubuk – 1 sdt
8. Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus

1. Bawang merah – 8 butir
2. Bawang putih – 6 siung
3. Kemiri 2 butir
4. Jahe – 2 ruas jari
5. Kunyit – 2 ruas jari
6. Ketumbar 1sdm

Langkah Pembuatan

1. Masukan bumbu – bumbu halus ke dalam layah lalu ulek hingga benar – benar halus

2. Siapkan minyak dan tuangkan minyak goreng ke dalam wajan. Setelah panas, tumislah bumbu halus dan daun salam hingga tercium bau harum. Setelah tercium bau harum, tambahkan air sebanyak 500 ml dan masak hingga mendidih. Biarkan hingga airnya surut habis, kurang lebih selama satu jam.

3. Setelah airnya surut, biarkan sejenak ayam kampung tersebut hingga dingin. Setelah dingin, masukan daging ayam kampung ke dalam plastik atau wadah apapun yang tertutup.

4. Masukan ayam yang sudah di plastiki tadi ke dalam freezer

5. Jadilah Ayam kampung frozen yang bisa bertahan lama hingga 6 bulan ke depan

Nah, seperti itulah cara membuat ayam kampung beku atau frozen, mudah sekali bukan? Anda pun pasti bisa melakukannya dengan mudah. Jangan lupa, yang perlu anda ingat adalah ayam kampung frozen ini belum matang sempurna, jadi anda perlu mengolahnya kembali jika ingin dimakan.

Baca Juga : Sate Ambal-Kuliner Khas Kebumen yanga Tahan Berbulan-bulan dan Tanpa Pengawet

Ayam yang sudah di freezer tersebut masih dapat diolah seperti olahan ayam pada, misalnya sate, rica – rica, ayam bakar, ayam goreng dan lain sebagainya.

Namun, ada sedikit kekurangan dari olahan ayam yang di freezer ini yaitu dagingnya yang keras, maka dari itu sebelum mengolahnya anda harus mencairkannya terlebih dahulu supaya menjadi seperti daging ayam pada umumnya. Terdapat 3 cara yang bisa anda lakukan untuk menaklukkan kekerasan ayam frozen yaitu dengan membiarkannya di ruangan terbuka supaya mencair dengan sendirinya, direndam dalam baskom dengan air dingin dan menggunakan microwave.

Cukup sampai disini pembahasan kita mengenai cara membuat ayam kampung frozen dan lagkah – langkah penyajiannya. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.