Dari semua tips tentang perangkat keras dan juga kapasitas server data pusat, tidak ada artinya jika Anda tidak dapat mengelola ruang fisik di sekitar rack server dengan hati-hati. Alasannya, server Anda merupakan investasi baik untuk perusahaan atau Anda pribadi di masa depan. Berikut ini ada beberapa tips berikut untuk merawat perangkat keras ruang server Anda dengan lebih baik.

Rencanakan Ruang Server Anda Dengan Benar

Tidak banyak perusahaan yang lebih memprioritaskan kinerja saat ini atau sekarang ketimbang perencanaan jangka panjang. Alasannya bukan karena tidak adanya keinginan untuk ke arah tersebut, namun juga berkaitan dengan dengan anggaran yang ketat dan dengan tim kecil. Padahal perencanaan jangka panjang penting dalam hal perencanaan server seperti manajemen rack server.

Perusahaan baru umumnya akan tergoda untuk membuat server tepat di sebelah lokasi bekerja Anda karena minimnya ruang. Faktanya hal tersebut dapat membahayakan perangkat keras Anda atau bahkan mengganggu mereka yang bekerja di sebelah ruangannya. Pusat server adalah salah satu ruang yang akan menjadi ruang yang bising.

Baca Juga

Jalan tengahnya, memasang server di rack server dengan tepat melindungi seluruh perangkat server dari kecelakaan umum yang biasanya terkait dengan area yang ramai orang-orang. Kecelakaan tersebut seperti karena terkena tumpahan air atau minuman, remah-remah, dan kabel tersandung dan sebagainya.

Dengan penggunaan dan instalasi rack server yang benar akan menjaga perangkat keras Anda yang paling penting agar tetap aman dan juga memberi Anda kesempatan untuk mengatur segala sesuatunya di ruangan agar lebih mudah diakses baik untuk tujuan perawatan, pembersihan juga pengelolaan.

Perencanaan server dengan tepat tersebut juga akan menyisakan ruang untuk masa depan perusahaan Anda. Oleh karena itulah, pertimbangkan baik-baik saat memilih dudukan rack server Anda, pastikan pula ada ruang untuk perangkat keras yang bisa Anda kembangkan di masa mendatang. Kecuali memang ruang perusahaan Anda sangat terbatas.

Jangan Sepelekan Pendinginan

Pendinginan server merupakan pertimbangan yang sangat penting untuk pusat data. Komputer membutuhkan kondisi optimal untuk dapat bekerja secara efisien. Jangan menilai hanya pada peralatan Anda yang tampaknya bekerja dengan baik, terlalu banyak bekerja dalam kondisi panas dapat secara drastis mengurangi masa pakainya.

Pastikan Kabel Tersusun Rapi

Jumlah kabel yang masuk dan keluar dari pengaturan rack server Anda akan sangat mengejutkan. Anda harus dapat memastikan bahwa kabel tersebut tersusun rapi, termasuk juga tentang kebersihannya. Nantinya juga ini akan mempengaruhi kemudahan Anda dalam memasang pemutakhiran di masa mendatang.

 Pastikan saat akan memasang, melepas, atau mengatur ulang kabel server di rack server Anda, kabel juga semuanya diberi label dan dikelompokkan sesuai dengan bagiannya. Mengelola semua jenis perangkat keras yang ada juga berlaku untuk server. Ini adalah cara terbaik untuk menjamin investasi IT Anda di masa depan.

Untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik, disarankan juga untuk Anda bermitra dengan penyedia layanan TI terkelola dan profesional. Hal ini juga termasuk dengan tempat pembelian perangkatnya. Sebagai rekomendasi, Anda bisa mengunjuni kedaitekno.com untuk mendapatkan semua kebutuhan Anda dalam membangun pusat data Anda seperti rack server.

Kebutuhan untuk rack server berkualitas seperti untuk ukuran rack server 42U juga merupakan hal yang penting untuk mendapatkan yang berkualitas dan tak terkecuali sesuai dengan budget perusahaan Anda. Jadi tunggu apa lagi, kunjungi situs resmi dapurtekno, konsultasikan kebutuhan Anda dan dapatkan produk berkualitas yang sesuai dengan budget yang terjangkau.