Perlahan tapi pasti, teknologi dan informasi semakin berkembang dengan cepat. Bahkan kini teknologi dan informasi sudah diterapkan pada beberapa bidang penting di Indonesia seperti bidang kesehatan, sosial, pendidikan, bisnis dan bidang lainnya hampir menggunakan sistem teknologi dan informasi. Adapun perusahan yang kerap menggunakan teknologi adalah perusahaan di bidang industry hingga perusahaan start up. Untuk kali ini kita akan bahas mengenai teknologi yang berkembang dalam bentu sistem operasi seperti windows hosting dan linux.

Windows hosting atau lebih dikenal dengan windows server yang berfungsi memberikan pelayanan pada sebuah jaringan komputer. Tidak hanya windows hosting, sekarang juga banyak bermuncul hosting provider yang menawarkan dua jenis hosting terbaru yang bisa anda gunakan yaitu windows hosting dan linux. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Untuk mengetahui bagaimana perbedaan antara windows hosting dan linux, simak penjelasan di bawah ini.

Windows Hosting

Windows hosting memiliki banyak perbedaan dengan linux, antara lain :

Windows hosting memiliki sistem operasi yang mudah dan sederhana

Apabila anda sudah terbiasa menggunakan windows, anda tentu akan lebih aman dan puas menggunakan windows hosting pada server anda. Sistem operasi yang sederhana membantu anda yang sedang terjuan di dunia server. Kelebihan memakai windows hosting adalah memiliki penyedia server sendiri sehingga anda tidak perlu mencari pilihan server untuk windows hosting pada website anda. 

Baca juga :

Merdeka di Era Digital Di Daerah Pelosok dengan Blog dan Domainesia

Berapakah Biaya untuk Membuat Blog Seperti Kangamir.com ?

Ingin Serius jadi Influencer ? 13 Kelebihan WordPress Ini Lebih Potensial Naikkan Penghasilanmu

Windows hosting dapat berjalan dengan ASP klasik

Windows hosting biasa digunakan untuk menjalankan ASP atau script net. Selain itu juga dapat membantu sistem operasi dan pengelolaan database dengan cara yang dinamis dan elegan. Apabila pekerjaan anda mengharuskan menggunakan database yang sesuai dengan windows hosting antara lain adalah SQL. Lalu CMS yang cocok untuk windows hosting adalah Umbraco, NopCommerce, DotNetnuke dan masih banyak lagi yang lainnya.

Windows hosting memiliki layanan yang luas

Perbedaan lain yang sangat mencolok terlihat antara windows hosting dan linux adalah windows hosting lebih dinamis dan fleksibel. Windows hosting juga sangat didukung semua aplikasi yang dikeluarkan Microsoft. Windows hosting juga telah difasilitasi oleh platform dari bawaan windows.

Linux

Linux merupakan sistem operasi komputer yang diperkenalkan pada tahun 1991 oleh Mr. Linux Torvald. Linux merupakan salah satu perangkat lunak yang bersifat open source dan bisa didapatkan secara gratis. Linux dengan jenis Os linux juga sama seperti windows hosting yang bisa digunakan pada bermacam-macam sistem operasi komputer. Sekilas memang memiliki kesamaan yang hampir tidak bisa dibedakan. Namun inilah perbedaan linux dengan windows hosting yang perlu anda ketahui.

Linux memiliki banyak jenis

Beberapa sistem linux antara lain adalah linux red hat yang memiliki tampilan desain grafis dengan proses instalasi. Anda bisa menggunakan linux red hat dengan mudah. Linux debian yang tidak kalah popular dan memiliki sistem operasi yang sangat tangguh, namun tidak semua komputer menggunakan linux debian karena linux jenis ini hanya dibuat khusus untuk server.

Linux ubuntu bisa anda gunakan khusus untuk komputer personal, atau komputer yang anda gunakan untuk kepentingan pribadi. Ada juga linux mint yang memiliki server pada linux ubuntu. Linux jenis mint ini memiliki 2 tipe (Cinnamon & Mate).

Linux fedora yang sangat cocok untuk anda yang gemar dengan design. Linux fedora memiliki banyak keunggulan terutama pada platformnya. Dan yang terakhir adalah linux suse yaitu unggul dalam pustaka dan memiliki segudang aplikasi, namun sayangnya linux suse termasuk salah satu linux yang masih berkembang dan setiap waktu terdapat perubahan.

Memiliki sistem operasi code 32 bit

Code 32 bit dapat membantu sistem operasi berjalan dengan lancar. Anda saat menggunakan linux dengan code 32 bit dijamin akan terhindar dari crash. Komputer anda dijamin tidak akan mengalami error atau hang karena pengaruh gangguan software atau sistem tertentu.

Modifikasi terhadap source code lebih mudah

Bagi para programmer, para ahli IT, dan blogger menggunakan linux tentu sangat membantu, sebab source code membuat modifikasi sistem operasi linux menjadi lebih mudah dan semakin menarik.

Biasanya digunakan pada bengkel komputer

Bengkel komputer atau anda yang gemar bongkar pasang komputer, linux adalah sistem operasi yang sangat pas anda gunakan. Source code juga akan membantu anda memodifikasi atau mengubah sistem operasi pada komputer. Anda jangan khawatir dengan sistem operasi dari linux, karena lisensi daripada linux bersifat open source.

Sekarang saatnya anda memutuskan untuk menggunakan windows hosting atau linux untuk mendukung sistem operasi komputer anda saat ini ?. Pastikan anda memilih sistem operasi yang terbaik tanpa mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Semoga dapat membantu.

Windows hosting atau lebih dikenal dengan windows server yang berfungsi memberikan pelayanan pada sebuah jaringan komputer. Tidak hanya windows