Baru pertama kali mendaftar bank dan merasa bingung bagaimana cara menjawab pertanyaan ketika wawancara? Saat baru pertama melamar lowongan kerja bank, tentu hal ini akan menjadi saat-saat yang mendebarkan.

Apalagi bila kamu ingin melamar lowongan kerja bank Indonesia di BCA. Mungkin kamu bakal berpikir apakah kualifikasi yang dimiliki sesuai ataukah tidak. Tak heran, jika nantinya muncul pertanyaan mengenai apa saja yang kira-kira bakal ditanyakan saat wawancara.

Baca Juga : Soft Skill yang Sangat Penting Bagi Dunia Kerja

Seluruh calon pelamar kerja pastinya sangat berharap agar bisa lolos di tahap ini. Oleh karena itu, kamu juga harus paham betul bagaimana cara lolos lowongan kerja di bank BCA di tahap wawancara. Perhatikan penjelasan cara memberikan jawaban yang tepat berikut.

Cara Menjawab Pertanyaaan Wawancara di Lowongan Kerja Bank

Calon pelamar tentu membutuhkan lebih banyak usaha dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan HRD. Berikut ini beberapa cara menjawab wawancara lowongan kerja bank supaya kamu layak dipertimbangkan.

1. Gambarkan Diri

Apa yang pertama kali ada di benakmu saat HRD menanyakan mengenai identitas diri? Meski terlihat sepele, tetapi kamu perlu memperhatikan hal ini. Gambarkan dirimu dengan positif karena HRD ingin tahu seperti apa karakter dasarmu. Berikan gambaran karakter yang menggunakan kata-kata positif seperti jujur, pekerja keras, antusias, berkomitmen tinggi, dsb.

2. Ketahui Informasi BCA dan Posisi yang Dilamar

Pelamar lowongan kerja bank Indonesia di BCA wajib mengetahui seluk beluk bank dan posisi yang dilamar. Pertanyaan ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengenalan dan keseriusan calon karyawan. Tips penting yang perlu diperhatikan, yakni fokuslah pada sisi positif BCA.

3. Alasan Bergabung ke BCA

Jelaskan alasanmu mengapa ikut mengisi lowongan kerja bank dan tertarik bergabung di BCA. Hindari memberikan jawaban seperti mencari pengalaman, butuh pekerjaan, ataupun mencari perusahaan dengan gaji tinggi”. Usahakan mencari motivasi yang sesungguhnya dengan memberikan alasan-alasan positif.

4. Jelaskan dengan Singkat, Padat, dan Jelas

Dalam menjawab pertanyaan dari HRD, sebaiknya jawablah menggunakan kalimat yang singkat, padat dan jelas. Pastikan pula untuk selalu melihat HRD agar menunjukkan dirimu adalah seorang yang percaya diri.

5. Alasan Keluar dari Perusahaan Sebelumnya

HRD seringkali memberikan pertanyaan yang sedikit menjebak, seperti alasan keluar dari perusahaan sebelumnya. Dalam hal ini kamu bisa menjawab sejujurnya, namun tanpa menjelekkan perusahaan sebelumnya.

Apalagi jika kamu sampai membandingkannya dengan BCA. Jangan membicarakan mengenai permasalahan atau hal-hal negatif di perusahaan sebelumnya. Karena HRD pasti akan berpikir, bahwa bisa saja kamu melakukan hal sama jika diterima di lowongan kerja bank Indonesia.

6. Hal Negatif yang Dimiliki

Kebanyakan calon pelamar terlalu jujur bila diberikan pertanyaan seputar hal negatif yang dimilikinya. Padahal saat melamar lowongan kerja di bank BCA dan berada di tahap wawancara, kamu perlu memilah-milah kata yang tepat.

Misalnya saja bila kamu tipe orang yang kurang percaya diri, namun saat ini sudah dapat mengatasinya”. HRD akan mempertimbangkan bila melihat upayamu untuk menjadi lebih baik. HRD akan percaya bahwa kamu bisa memberikan kontribusi ke BCA nantinya.

7. Berapa Gaji yang Diinginkan

Berikanlah harga yang pantas sesuai dengan kemampuan dan beban kerjamu bila nantinya diterima. Jelaskan juga kenapa harga itu pantas diberikan padamu, serta kontribusi apa yang bisa kamu berikan pada BCA.

 Baca Juga : 6 Keunggulan Menggunakan Aplikasi Penggajian

Dalam mendaftar lowongan kerja bank, tentu kamu harus memperhatikan cara yang tepat dalam tes wawancara. Dalam tahap ini HRD akan melihat secara langsung bagaimana kualitasmu sebagai calon kandidat karyawan BCA.