Sumber: Free-Photos dari Pixabay

Tahukah kamu apa sih soft skill itu? Soft skill ini sebenarnya berhubungan dengan keterampilan kamu dalam hal kecerdasan emosional, kemampuan berinteraksi dengan orang lain, dan yang berhubungan dengan kepribadian kamu.

Tidak hanya hard skill, soft skill juga begitu penting untuk dikembangkan mengingat keterampilan ini berhubungan erat dengan karakter individu dalam berinteraksi dengan individu maupun kelompok lainnya. Bahkan, soft skill saat ini telah digunakan sebagai salah satu kriteria oleh para perekrut kerja. Oleh karenanya, bisa dibilang soft skill ini adalah hal penting yang harus kamu miliki dan harus diasah.

Salah satu cara yang bisa kamu tempuh untuk mengasah soft skill kamu adalah dengan mengakses Tambah Pinter. Tetapi, sebelum tahu gimana cara mengasah soft skill dengan Tambah Pinter, kamu juga perlu tahu dulu pentingnya soft skill ini bagi dunia kerja dan jenisnya yang dibutuhkan bagi dunia kerja. Langsung saja yuk simak ulasannya.

Baca Juga : Manfaat Kuliah Sambil Bekerja Ini Bikin Kamu Diincar Perusahaan Besar

Pentingnya Soft Skill di Dunia Kerja

Dengan adanya sumber daya manusia yang mumpuni di dunia kerja, akan sangat mungkin jika suatu perusahaan bisa berkembang pesat. Sumber daya manusia yang bagus juga didukung oleh soft skill yang mereka miliki pula.

Saat ini, di dunia kerja, hard skill bukanlah satu-satunya kriteria yang dicari. Justru, soft skill telah jadi perhatian sejak lama. Ini dikarenakan soft skill dapat menentukan bagaimana kamu berinteraksi dengan sesame pekerja serta meningkatkan kinerja kamu di dunia kerja.

Tanpa adanya soft skill yang bagus, tentu saja karirmu di dunia kerja juga akan sulit berkembang. Jadi, penting banget untuk terus mengasah dan mengembangkan soft skill yang dimiliki. Bahkan, jika bisa, kamu pun harus belajar soft skill baru yang bisa mendukung dirimu di dunia kerja.

Jenis Soft Skill yang Penting Bagi Dunia Kerja

Jenis dari soft skill terbilang cukupbanyak, namun tidak semua soft skill yang ada dibutuhkan dalam dunia kerja. Berikut ini ada beberapa soft skill yang benar-benar dibutuhkan dalam dunia kerja, diantaranya:

1. Kemampuan memimpin
2. Kemampuan berkomunikasi
3. Kemampuan berorganisasi
4. Kemampuan berinteraksi dan menjalin hubungan dengan orang lain
5. Fleksibilitas dalam beradaptasi
6. Manajemen Waktu
7. Kepercayaan Diri
8. Kemampuan Berpikir Kritis

Baca Juga : 6 Keunggulan Menggunakan Aplikasi Penggajian

Kedelapan soft skill yang telah disebutkan tadi apabila dilengkapi dengan hard skill yang bagus tidak diragukan lagi akan membuat kamu jadi pekerja dengan kualitas SDM yang mumpuni. Dengan begitu, peluangm uuntuk mengembangkan karir dalam dunia kerja juga akan sangat terbuka lebar.

Nah, sudahkah kamu mempunyai beberapa soft skill di atas? Soft skill tersebut tentunya bisa dikembangkan dan diasah ya. Kamu hanya perlu menemukan cara yang tepat dalam mengembangkan soft skill tersebut.

Mengasah Soft skill dengan Tambah Pinter

Sebelumnya, kamu sudah tahu beberapa soft skill yang penting bagi dunia kerja. Soft skill tadi tidak semata-mata muncul begitu saja dalam dirimu. Apalagi jika soft skill itu tak pernah kamu kembangkan untuk jadi lebih baik.

Tambah Pinter sebagai platform yang memberikan informasi pendidikan terpercaya juga menyediakan section khusus untuk kamu yang ingin mengasah soft skill kamu di dunia kerja. Di sini, kamu akan mempelajari berbagai skill seperti kepemimpinan, berorganisasi, negosiasi, rasa percaya diri, berpikir kritis dan lain sebagainya.

Kamu juga nggak perlu khawatir jika penjelasan yang diberikan itu ribet, dikarenakan Tambah Pinter mampu memberikan penjelasan tentang materi atau topik yang ada dengan bahasa yang mudah dipahami. Ditambah lagi, Tambah Pinter ini bisa kamu akses secara gratis, sehingga kamu juga akan diuntungkan karena bisa mengasah skill tanpa mengeluarkan biaya. Keren ‘kan?

Baca Juga : 8 Alasan Kenapa Harus Kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jadi, itu tadi sedikit pengenalan tentang pentingnya soft skill serta jenis soft skill yang saat ini dibutuhkan di dunia kerja. Bagi kamu yang benar-benar ingin mengasah soft skill kamu, Tambah Pinter bisa kamu jadikan sebagai solusi yang patut untuk kamu coba ya.

Semangat belajar!