Hai kawan-kawan terutama pemilik online shop, terpikirkah kalian untuk mempromosikan jualan kalian via kalender? Ya, kalender. Desain kalender bisa kalian bikin seunik dan semenarik mungkin kemudian taruh dalam paketan dan kirim kepada pelanggan.

Menjelang akhir tahun, umumnya banyak sekali bisnis atau usaha yang memberikan bonus berupa kalender sebagai promosi jangka panjang kepada para konsumen. Tapi kebanyakan mereka adalah usaha offline atau konvensional. Kalau bisnis online seperti jualan online, seperti masih sangat jarang. Bahkan saya belum pernah mendapati biarpun sering belanja online.

Yah, buat apa beli kalender. Lihat di hp atau laptop kan ada?

Ya, memang sih. Tapi kalian pasti sudah tau dong. Lebih enakan mana, lihat kalender di handphone atau laptop ketimbang lihat langsung dalam bentuk cetak?

Yups, pasti lebih enakan dalam bentuk cetak kan ya? Lebih nyata dan greget. Kalau lihat di hp, pasti udah ngebosenin banget. Terlalu banyak hal berbau digital juga bikin kepala pusing. Apalagi kalau cuma melihat sekarang tanggal berapa? Dan berikut adalah 5 manfaat kalender dalam bentuk cetak.

1. Mudah dilihat saat kita ingin tahu “sekarang tanggal berapa sih?”

2. Pengingat akan suatu acara. Misalnya berkunjung ke rumah teman, kondangan, ujian sekolah, dll.

3. Mudah ditandai atau dicentang. Semisal saat akan menandai habisnya masa pakai suatu benda. Contoh : token listrik, gas, kuota, pulsa, dll.

4. Bisa mengetahui tanggal merah atau tanggal penting. Ya, ini penting. Kalau di hp atau laptop tidak ada, kan?

5. Sebagai promosi bisnis dan usaha sepanjang tahun tersebut atau bahkan lebih. Tak terkecuali jualan onlinemu.

Nah, sudah tahu kan manfaat kalender cetak itu kayak gimana? Lalu, bagaimana penerapannya dalam jualan online yang sedang kita kelola ? Apakah tidak menambah berat beban produk. Sehingga berat bertambah dan kemungkinan ongkos kirim juga bertambah?

Ya memang sih. Tapi semua bisa di akalin. Bentuk kalender kan tidak harus besar dan tebal. Kalender satu lembar berisi 12 bulan dari Januari – Desember dengan ukuran 24 cm x 16 cm kan bisa. Tebalnya tidak sampai 0,5 mm ko.

Ada dua sisi pada kalender ini. Satu sisi berisi tanggal dan bulan, dan yang satunya lagi berisi profil dan jualan kita.

Misalnya nih ya karena saya juga jualan online, maka saya bisa membuat desainnya sedemikian rupa dan semenarik mungkin. Jika kamu bisa membuat desain sendiri, manfaatkan saja kehalianmu itu. Tapi jika kamu tidak bisa melakukannya, sekarang kan banyak jasa desain kalender.

Desain kalendernya bisa berisi foto jualan kamu, alamat toko onlinenya, baik itu website sendiri atau e-commerce. Kemudian kontak atau narahubung, media sosial, atau bahkan kode QR yang jika discan akan langsung menuju ke lapak jualanmu. Intinya dibuat semenarik mungkin ya.

Contoh desain kalender untuk jualan onlineku. Hanya ilustrasi. Dokpri.

Wah, menarik juga ya ? Tapi kalau produk jualan online saya bentuknya kecil, bagaimana? Apakah kalendernya juga kecil?

Baca Juga

 

Tentu bisa saja dong jika memang berniat meningkatkan branding. Kalender bisa berukuran sebesar kartu nama untuk satu bulan saat itu. Atau jika mereka membelinya dalam jumlah banyak sehingga ukuran packingnya besar, maka bisa pakai kalender yang ukurannya besar juga. Iya enggak?

Nah, jika kebetulan bentuk paketanmu besar, misal paket berisi pakaian atau apa gitu yang isinya besar, maka kamu bisa pakai kalender sesuai ukuran paket. Baik itu satu lembaran berisi 12 bulan, atau kalender yang terbagi dalam beberapa bulan. Menurutku enggak terlalu membebani sih kalau berat kalender cuma 100-200 gram.

Nah, untuk kalender yang terbagi dalam beberapa lembar, disetiap lembarnya bisa didesain sedemikian rupa untuk mempromosikan jualanmu. Dengan begitu, kamu bisa melakukan lebih banyak branding disetiap lembaran bulan kalender. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini.

Contoh desain kalender lipat yang terbagi dalam 12 bulan. Di satu sisi berisi preview profil, dan satu sisi berupa tanggal. Dokpri.

Kalau di ekspedisi, berat 1,2 kg atau 1,3 kg itu adalah batas maksimal dan masih dihitung 1 kg. Selebihnya baru hitung 2 kg. Jadi, menyematkan 100 gram kalender dalam box packing , sepertinya masih memungkinkan deh. Iya enggak?

Ide ini tercetus sehari sebelum saya menuliskan ini. Karena saya punya online shop dan tiba-tiba kepikiran, kenapa tidak pakai kalender saja untuk branding?

Tapi baru sebatas bikin desainnya saja. Namun sudah punya gambaran dan sepertinya cukup bagus untuk promosi. Karena selama ini, yang sering nyebarin kalender kan cuma usaha offline saja. Yang online sepertinya masih jarang banget atau bahkan belum ada.

Mengenai desain kalender, jika kamu belum bisa desain sendiri, saya merekomendasikan fastwork untuk membuat desain kalender untuk jualan onlimu. Kamu bisa kunjungi https://fastwork.id/publication/calendar karena di situ ada banyak jasa desain kalender yang bisa kamu pilih.

Ada banyak freelancer dengan keahlian di bidang desain di fastwork ini dan kamu bisa pilih sesuai rating dan tarif yang tersedia. Saran saya sebagai konsumen yang bijak, pilihlah freelancer yang sudah cukup memiliki portofolio dan rating yang cukup bagus untuk memastikan agar hasil desainnya nanti memuaskan.

Lalu, mengapa harus memilih fastwork.id untuk desain kalendermu?

Desain Kalender Fastwork

1. Pertama karena para freelancer di fastwork telah melalui verifikasi dan seleksi. Sehingga dapat menghasilkan para freelancer yang sesuai keinginan konsumen.

2. Kedua, ada banyak kategori yang tersedia. Dari mulai desain grafis, penulisan dan terjemahan, web dan pemrograman, visual dan audio, pemasaran dan periklanan, jasa konsultasi, gaya hidup, dll.

3. Harga yang cukup bersahabat. Untuk desain kalender sendiri, harga mulai dari 30 ribu dan siap dalam waktu cepat.

4. Ketiga, ada lebih dari 150 ribu freelancer dari 70 kategori yang ada.

5. Banyak konsumen yang telah puas menggunakan fastwork. Berikut beberapa diantaranya.

Akhirnya, menaruh kalender dalam paketanmu adalah cara yang terbilang unik, baru, dan prospektif untuk perkembangan olshopmu. Mereka para pembeli bisa memajang kalender darimu dan selalu melihat tokomu dengan mudah. Belum lagi jika disematkan kode QR. Pengguna smartphone tinggal scan dan lapakmu akan segera terbuka. Menarik sekali, bukan.