Foto : https://www.jakartamangrove.id

Hai kawan kawan semua yang pernah tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Saya ingin tanya satu hal ke kalian semua. Apa kesan kalian selama tinggal di sana? Senang dengan banyak fasilitasnya karena semua kenikmatan dunia ada di sana ?

Pastinya.

Namun ada satu hal yang pasti kalian rasakan. Yaitu sumpek. Karena dulu pas masih tinggal di Jakarta, saya pun merasakan hal demikian. Bising dan penuh polusi. Macetnya juga bikin stress. Dan begitu pulang kampung, rasanya lega dan sejuk sekali. Banyak oksigen dimana-mana karena masih banyak pepohonan.

Yang bikin saya heran dan aneh dengan kota Jakarta. Sudah tau panas dan sumpek, tapi kenapa jalan setapak selalu saja dicor. Disemen. Dikeraskan. Dan itu membuat hawa jadi tambah panas.

Buat warga Jakarta, menikmati keindahan alam yang sejuk dan alami adalah suatu keistimewaan untuk menyingkir sejenak dari bisingnya kota. Kalau kebanyakan sih biasanya warga Jakarta berlibur ke puncak Bogor. Tapi kan jauh ya. Padahal di Jakarta ada lho tempat sejuk dan alami buat liburan. Di sana kita bisa merasakan sensasi sejukanya seperti hutan amazon di Brasil.

Iya.

Staycation Jakarta gak melulu cuma hutan beton, tapi hutan beneran juga ada. Namanya Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk yang berada di Jakarta Utara. Di sana kita bisa menikmati sejuknya hutan mangrove di tengah sibuknya kota Jakarta. Dan berikut adalah 7 hal yang bisa kita dilakukan.

1. Menyusuri sungai menggunakan speedboat atau perahu

 

Foto : https://www.jakartamangrove.id

Menyusuri sungai diantara pepohonan bakau layaknya dihutan sungguhan menghadirkan keistimewaan tersendiri. Terlebih karena ini ada di tengah kota nomor 1 di Indonesia. Bikin pikiran jadi plong. Di sini ada dua tipe. Yaitu dengan perahu yang dikemudikan supirnya, atau speedboat jika ingin bermain dayung. 

Kalau untuk Speed Boat tarifnya 350 ribu untuk 6 orang per perahu. Atau 450 ribu untuk 8 per perahu. Untuk perahu dayung tarifnya 100 ribu untuk maksimal 4 orang. Sedangkan untuk sepeda air kodok dan perahu kano tarifnya pun 100 ribu per unit.

2. Berjalan-jalan di jembatan kayu

Foto : https://www.jakartamangrove.id

Berjalan-jalan dijembatan kayu diantara pepohonan bakau tentu sangat mengasyikkan. Apalagi jika datang bersama pasangan atau keluarga tercinta. Namun karena tapak jalan terbuat dari kayu kayu yang tertata bergelombang, sebaiknya jangan gunakan sepatu kets saja ya agar tidak terpeleset. Jangan pakai high heels buat para cewek, nanti yang ada malah ada kejadian memalukan.

3. Menginap di pagoda diatas air

Foto : https://www.jakartamangrove.id

Menginap di tengah hutan dengan bangunan terbuat dari kayu diantara pepohonan dan sungai, ah tentu sangat mengasyikkan. Suasananya sangat beda. Apalagi bentuk bangunan yang cukup unik berbentuk segitiga dan penataan bangunan yang rapi serta dipenuhi lampu saat malam, tentu menghadirkan sensasi tersendiri. Dan tentu saja, jangan lupa untuk berswafoto ya. Belum afdol namanya, liburan tapi gak ada foto. Eh tapi sebaiknya jangan bawa kamera proffesional ya. Atau akan dikenakan denda yang tak sedikit.

Baca Juga :

 4. Foto pre wedding

Foto : www.sukagitu.com

Nah, buat kamu yang mau prewedding dan mau nikah, disini juga menjadi tempat favorit lho buat para calon pengantin. Pilih spot-spot yang menarik dan fotografer proffesional agar hasilnya maksimal. Namun tentunya harus dikoordinasikan dulu dengan pengelolanya.

5. Menaikki tower untuk melihat indahnya kota Jakarta

Foto : https://www.jakartamangrove.id

Nah, ini juga hal menarik yang kudu dilakukan pas ke Hutan Mangrove PIK Jakarta. Yaitu menaikki tower untuk melihat indahnya kota Jakarta dari ketinggian. Dari sini kamu bisa melihat kalau Jakarta juga ada hutan beneran. Bukan hutan beton saja.

6. Ada masjid di atas air

Foto by manov via sukagitu.com

Hutan Mangrove PIK Jakarta ini, ada masjid terapung yang tentunya terbuat dari kayu. Bentuknya begitu etnik dan disekelilingnya banyak ditumbuhi pohon bakau. Di sini kamu bisa beribadah sambil rehat sejenak melepas lelah setelah berjalan-jalan. Namun tentu saja karena bangunan masjid dan sekelilingnya yang begitu menarik, berswafoto tidak boleh ketinggalan untuk feed instagram kamu.

7. Menanam bibit mangrove

Foto : https://www.jakartamangrove.id

Kemudian buat kamu yang ingin belajar menanam bibit mangrove, disini juga tersedia wisata edukasi menanam bibit mangrove lho. Dan tentunya ada pengalaman tersendiri dari kegiatan ini. Yaitu karena kita bisa begitu menyadari betapa pentingnya keberadaan pohon agar bumi tetap hijau. Dalam hal untuk menjaga abrasi pntai. Secara bangunan Jakarta sudah sangat penuh. Apalagi banyak prediksi mengatakan kalau tanah di Jakarta semakin lama semakin turun karena terlalu banyak menahan material berupa bangunan-bangunan yang tiada henti.

Nah, itulah 7 hal menarik yang bisa kamu lakukan di Hutan Mangrove PIK Jakarta. Dengan pemandangan hijau dari hutan bakau dan sungainya, sensasi seperti di hutan amazon pun bisa kita rasakan walaupun di tengah padatnya kota Jakarta yang panas dan penuh bangunan beton.

Referensi artikel
https://sukagitu.com/hutan-mangrove-pik/
https://jejakpiknik.com/hutan-mangrove-pik
https://www.jakartamangrove.id