Artikel ini saya khususkan untuk blogger awam dan pemula. Untuk para senior yang ingin membaca, tentu dipersilakan.

————————

Cara Mudah Cari Uang Lewat Blog. Sebagai seorang yang bekerja dari rumah, membuat banyak orang bertanya kepada saya. “Mir, kamu kerjanya apa sih?”

Bukan hanya satu atau dua orang, tapi banyak. Namun setelah saya jelaskan, mereka seringkali tidak mudeng. Dan dari aktivitas yang saya lakukan, membuat beberapa teman penasaran dan termotivasi, lalu ikutan.

Ya benar ! Ada 3 orang teman yang penasaran dengan kegiatan ngeblog saya. Namun yang 1 bukan membuat blog, tapi sedang mencoba peruntungan dengan jualan online. Dan saat ini sedang belajar membuat website.

Mengetahui hal itu, saya pun cukup takjub. Ngeblog adalah aktivitas membaca dan menulis. Karena tanpa membaca, tulisan akan terasa hambar dan kurang berbobot. Artinya mereka mau tidak mau juga harus membaca. Dan tentu ini bagus karena mereka akan berkarya disaat berbagai masalah yang muncul di negeri kita ini. Seperti misal baru-baru ini Kebumen dinobatkan sebagai salah satu Kabupaten termiskin di Jawa Tengah.

Secara santer kita dengar, dari 1000 orang di Indonesia, hanya ada 1 yang gemar membaca. Dan itulah salah satu alasan mengapa Indonesia belum juga menjadi Negara maju seperti Negara-negara lain.

Namun si teman juga masih bingung, bagaimana sih Cara Mudah Cari Uang Lewat internet (Blog) ? Apakah jika artikel di klik lalu kita dapat upah atau bagaimana ?

Nah, untuk orang awam atau blogger awam, kalau saya jelaskan seperti adsense, lomba blog, lomba seo, affiliasi, tentu bisa sulit dimengerti. Maka dari itu mengapa artikel ini saya buat. 

Baca juga : 

Berbagi 22 Tips Menang Lomba Blog Ala Kang Amir Setelah 200 Kali Lebih Ikutan

30 Blogger Terbaik Berbagi Tips Menang Lomba Blog

Di sini saya akan menjelaskan secara lengkap bagaimana sih cara mendapatkan uang lewat blog, untuk menjawab rasa penasaran orang awam bukan blogger maupun blogger yang penasaran, seperti apa sih konsepnya? Seperti apa sih analoginya? Oke deh, mari kita mulai.

1] Membuat email  dengan gmail.com

Sebelum memulai membuat blog, kalian para blogger awam harus memiliki email terlebih dahulu ya? Saya yakin jika hampir semua orang sudah punya masing-masing. Kalau kalian bisa download di playstore, berarti kalian sudah punya email aktif di gmail.

Email inilah yang akan digunakan untuk membuat blog. Jadi jangan sampai lupa alamat dan juga passwordnya. Kalau kalian belum punya, bisa bikin di gmail.com. Asumsi saya, disini kalian udah bisa masing-masing. Jika belum silahkan buat terlebih dahulu.

Membuat email dengan gmail.com

2] Mulai membuat blog

Untuk membuat blog, sebenarnya ada banyak media blog. Seperti blogger, wordpress.com, wordpress.org, tumblr, kompasiana, dsb. Namun karena saya mengkhususkan untuk blogger awam dan pemula, maka saya pilih blogger saja yang mudah. Oke berikut langkah pembuatannya

Siapkan email aktif dan ketikan www.blogger.com di browser laptopmu dan akan muncul halaman seperti ini. Saya sarankan menggunakan PC atau laptop agar lebih mudah. Lalu Jika sudah, klik tombol “BUAT BLOG”

3] Setelah itu akan muncul daftar email dan klik email tersebut. 

4] Berikutnya akan muncul halaman blogger seperti di bawah ini. Isikan Nama Tampilan dan klik tombol “lanjutkan ke blogger”

5] Setelah itu klik tombol “BUAT BLOG BARU”

6] Berikutnya, pilih judul blog, alamat blog, centang template pilihan dan klik “BUAT BLOG”. Oiya, untuk alamat blog, harus sampai tercentang biru ya yang menandakan alamat tersedia.

7] Klik entri baru untuk membuat blog postingan pertamamu

8] Buat postingan pertamamu. Untuk penggunaan tools (alat format) menulisnya, bisa Anda pelajari di google atau youtube. Saran saya di Youtube karena belajar lewat video lebih mudah.

Oiya, untuk menulisnya, baiknya di aplikasi ketik semisal word atau notepad. Jangan di dashboardnya langsung. Karena beresiko gagal simpan jika terjadi kendala seperti internet lambat atau laptop tiba-tiba mati.

Nah, jika mengetik di word, pastikan untuk copas dahulu ke notepad untuk menguraikan kode programnya. Jika langsung copas dari word ke dashboard, hasilnya akan berantakan dan paragraf sulit diatur.

Pada bagian label, isikan kategori. Misal artikel bertema wisata di kebumen, maka bisa kasih label wisata. Kemudian klik prantinjau untuk melihat hasil pratayang, dan publish untuk mempublikasikan. Lihat gambar di bawah.

9] Nah, pada bagian dashboard, kalian bisa mengeditnya. Lihat gambar dibawah

10] Dan inilah tampilan setelah jadi.

2] Mendaftarkan ke domain

Setelah blog selesai dibuat, selanjutnya kita akan mendaftarkan domain. Dari yang tadinya masih menggnakan subdomain .blogspot.com, maka subdomain tersebut kita hilangkan hingga menjadi nama domain kita.

Contoh untuk alamat blog https://domainanda.blogspot.com/, maka akan berubah menjadi www.domainanda.com/, sehingga terlihat lebih professional. Misal nama kalian Budi Laksono, maka jadi www.budilaksono.com, Atau Iwan Darmawan, maka bisa www.iwandarmawan.com, dsb.

Untuk akhiran atau ekstensi domainnya, bukan hanya dot com (.com) saja, tapi ada dot net (.net), dot id (dot.id), dot co dot id (.co.id) dsb. Namun disini saya merekomendasikan dot com saja karena lebih umum dan lebih populer.

Untuk mendaftarkan ke domain, Anda harus membeli langganan domain terlebih dahulu. Harganya lumayan murah hanya sekitar 120-150 ribu pertahun. Mengapa domain ini penting untuk blog Anda.

Tentu saja penting. Karena kebanyakan brand atau jasa hanya akan memilih blog dengan domain pribadi untuk mempromosikan produknya. Jadi dengan memiliki domain pribadi, peluang dilirik brand atau advertiser lebih besar.

Sebenernya blog dengan subdomain juga berpeluang mendapatkan penghasilan, namun potensinya jauh lebih kecil ketimbang domain berbayar. 

Oke, untuk cara mengubahnya, berikut langkah-langkahnya. Kali ini saya menggunakan idwebhost.com sebagai layanan penyedia domain.

Idwebhost adalah layanan penyedia domain di mana kita bisa beli domain pribadi dengan berbagai macam ekstensi seperti di atas. Harganya untuk domain dot com (.com) sekitar 130 ribuan pertahun. Namun selain idwebhost, penyedia domain yang lain juga banyak. Misal seperti niagahoster, rumahweb, domainesia, masterwebnet, dan sebagainya. 

Oke langsung saja berikut langkah-langkahnya

1] Masuk ke dashboard blog Anda dan pilih “Setelan”

2] Klik pada bagian “siapkan url pihak ke-3 untuk domain anda”

3] Pada bagian “setelan domain pihak ketiga” masukan domain anda yang sudah dibeli di idwebhost. Misal www.domainanda.com lalu klik tombol “simpan”

4] Setelah itu, Anda akan mendapatkan 2 cname, yaitu

www ghs.google.com 

dan  

2orl7p6hxjpg gv-4gxsy73yvfjqb5.dv.googlehosted.com

Nah, ke-2 CNAME tersebutlah yang akan digunakan untuk setting pada member area di idwebhost.

5] Login ke member area idwebhost di alamat member.idwebhost.com

6] Setelah berhasil login, silakan klik domain

7] Setelah muncul list domain yang baru saja dibeli, silakan pilih domain tersebut dan klik gambar tang untuk setting

8] Pilih tombol “Nameserver” kemudian ubah name server khususnya. Nameservernya yaitu ns1.idwebhost.id dan ns2.idwebhost.id

Bagi yang pertama kali melakukan ini mungkin terasa sulit, tapi jangan sungkan untuk hubungi customer servicenya karena siap membantu.

Isikan name server tersebut setelah di cek bulletlist pada opsi “Gunakan nameserver lain (masukan di bawah)” Dan jika sudah, klik tombol “Ganti Name Server”. Isikan seperti pada gambar di bawah

Note : harus memakai nameserver tersebut ya, jika tidak maka blog bisa jadi tidak dapat diakses.

9] Setelah nameserver diubah, klik menu “Kelola DNS”

10] Selanjutnya, isikan karakter “@” tanpa tanda petik pada kolom “Nama Host”. Kemudian pada “Jenis Record” pilih Address. Nah, kemudian klik “Simpan” dan hasilnya akan berubah jadi nama domain sendiri. Misal www.domainanda.com. 

Untuk kotak isian “Prioritas” bisa dikosongkan saja.

Setelah itu, masukan IP berikut ini

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Berikut tampilannya setelah jadi

Note : pada host “@”, saat disimpan dapat berubah menjadi nama domain sendiri. Pada contoh diatas yaitu blog dengan alamat blogwebku.net

11] Kemudian pada bagian “CNAME”, isikan dua CNAME tadi yaitu www ghs.google.com dan 2orl7p6hxjpg gv-4gxsy73yvfjqb5.dv.googlehosted.com

Note : penulisannnya di pisah antara www  dan ghs.google.com serta antara 2orl7p6hxjpg dan gv-4gxsy73yvfjqb5.dv.googlehosted.com pada masing-masing kolom. Lihat gambar di bawah. 

Lalu pada kolom “Jenis Record” untuk CNAME ini, ubah ke “CNAME(Alias)”. Lihat bagian yang dikotaki.

Setelah semua selesai, silahkan tunggu antara 6 sampai 8 jam hingga akhirnya blog Anda online dengan domain sendiri. Lihat gambar di bawah saat semua settingan sudah jadi. 

3] Membuat artikel berkualitas

Setelah blog dengan nama domain sendiri dibuat, selanjutnya adalah membuat artikel. Nah, bagi Anda yang baru pertama kali membuat artikel, belajar dan belajar adalah cara cepat untuk mahir. Tidak ada kata lain untuk sukses selain dengan belajar.

Ada banyak tutorial cara membuat artikel di internet yang bisa dipelajari. Jika Anda senang membaca, otomatis perbendaharaan kata pun banyak. Karena memang seorang penulis harus banyak baca agar isi tulisan tidak hambar.

Untuk awalan mungkin perlu perjuangan. Tapi jika terus diasah, maka menulis adalah hal yang biasa dan mudah dilakukan.

Untuk jenis artikel yang dipilih, bisa memulai dari yang termudah dulu. Misalkan Anda seorang IRT yang kesehariannya mengurus rumah. Anda bisa menuliskan tema seputar parenting. Misal tentang tumbuh kembang anak. Tips menjaga anak agar tidak mudah masuk angin, dsb. Atau menulis resep masakan juga bisa.

Atau bagi Anda seorang pekerja, Anda bisa menuliskan hal-hal terkait pekerjaan Anda. Semisal suka duka menjadi seorang karyawan, hal-hal yang menyenangkan selama bekerja, dsb.

Nah untuk kalian yang suka jalan-jalan,  misal week end kemarin habis berkunjung ke Waduk Jembangan di Kebumen, Anda juga bisa menuliskannya.

Untuk tema dari blognya juga tidak harus satu tema. Maksudnya, blog bukan hanya berisi artikel membahas satu tema, tapi sesuai keinginan alias gado-gado atau campur-campur. Misal hari ini menulis tema parenting, besok nulis tentang kuliner, dan besoknya lagi tentang wisata, dsb. Terserah Anda. 

Tuliskan artikel secara konsisten. Lengkapi juga dengan gambar agar semakin menarik. Bila perlu sematkan video juga. Setelah artikel dibuat, jangan lupa untuk membagikannya ke media sosial seperti facebook, twitter dan instagram.

Tapi perlu diingat. Jangan berhenti belajar nulis saat masih awal dan pemula. Semua yang sulit akan terasa mudah jika terus dilakukan. Percaya saja apa kataku.

4] Membangun jaringan blog dan komunitas

Agar kalian bisa terkoneksi dan terhubung dengan komunitas blogger, kalian bisa gabung komunitasnya. Ada banyak banget komunitas grup blogger di Indonesia. Kalian bisa ketik di facebook dengan kata kunci “blogger” dan muncullah hasilnya. Ada bloggercrony yang paling hits, kemudian warung blogger, pojok blogger, blogger Indonesia, dsb. Komunitas tersebut juga ada di twitter.

Di twitter, kalian juga bisa saling follow untuk menambah relasi dan ilmu baru. Semakin banyak relasi, rejeki pun semakin berdatangan.

Di grup komunitas tersebut, kalian bisa saling berkunjung ke blog milik para blogger atau istilahnya disebut blogwalking. Di situ kalian bisa bertutur sapa untuk berkenalan dan menjalin silaturahmi. Dengan bersilaturahmi, kalian akan mendapat banyak relasi dan kenalan untuk berbagi pengalaman.

Terkait pekerjaan dari blog, ada juga grup blogger di facebook yang isinya tentang job blogger. Namanya SMSC Mencari Kontak dan juga Job Blogger Indonesia. Kalian bisa gabung tuh dan pantengin kronologinya karena banyak job blogger dibagikan disitu.

Intinya, nulis terus saja dulu sampai performa blog kalian bagus, hingga adversiter menghubungi kalian untuk menawarkan kerjasama. Jika sudah sampai tahap ini, saya ucapkan selamat. Yeayyyy…

Oiya, nulisnya jangan asal-asalan ya. Karena tulisan mencerminkan diri seseorang. Dan jangan pernah melakukan copy paste sedikitpun dari blog atau website lain. Atau kerja keras Anda sia-sia. Karena mereka bisa tahu apakah artikel blog Anda menyadur atau tidak?

Brand atau advertiser tidak akan mau bekerjasama dengan blog copy paste karena itu melanggar hak cipta. Jadi, seperti apapun hasilnya, asal itu tulisan sendiri, advertiser tentu akan menghargai.

5. Begini konsep dan analogi cara mendapatkan uang dari Blog termudah versi Kang Amir

Jadi gini yah sobat blogger. Kalian pasti pernah menonton TV kan, ya ? Nah, saat menonton TV dan channel tersebut menampilkan acara yang bagus dan menarik, kalian pasti ogah mengganti-ngganti channelnya. Iya kan ya ? 

Walaupun di channel tersebut banyak “iklannya”, kalian masih enggan juga untuk menggantinya. Karena kalau diganti, khawatirnya pas acaranya mulai, kalian tidak bisa menonton seluruh tayangannya karena kepotong iklan. 

Karena acaranya menarik, penonton pun merasa senang walaupun penuh iklan, dan enggan ganti channel. Dan karena pemilik channel TV tersebut berhasil membuat tayangan dan tontonan yang menarik, maka pihak pengiklan pun tidak segan untuk beriklan di channel tersebut karena penontonnya banyak.  

Jumlah penonton yang banyak akan meningkatkan potensi penjualan suatu produk atau jasa. 

Nah, media blog juga demikian. Jika seorang blogger dapat menayangkan konten menarik di blognya sehingga pengunjungnya banyak, maka pengiklan pun tidak segan untuk bekerjasama dengan pemilik blog tersebut. Nah, inilah analogi dan jawaban saat orang tanya ke saya “gimana sih Mir cara dapetin uang dari blog?”

Konten yang menarik akan meningkatkan kunjungan atau visitor blog. Misal blog yang isinya tentang wisata atau travelling. Karena sang blogger sering update artikel seputar wisata, maka pengunjung terutama yang hobi traveling jadi sering berkunjung dan membuat blog tersebut ramai. 

Jika blog ramai, maka brand tidak segan untuk beriklan di blog tersebut. Untuk blog wisata, advertiser yang datang biasanya juga masih relevan. Misal seperti traveloka, Pegipegi, Booking lokal, dsb. 

Jadi tidak usah heran kalau saat ini banyak orang hobinya jalan-jalan terus karena emang itu pekerjaannya dan dibayar. Asik kan ? Kerjaan ko jalan-jalan, seru tau wkwkwk. Pasti kalian mau kan ya ? 

Eh btw kalian tau berapa rate untuk sekali kerjasama dengan brand besar kayak traveloka atau Pegipegi ? Kalau buat beli bakso bisa dapat 40 mangkok Bro hihihi. Dan bahkan untuk satu postingan, seorang teman blogger pernah dapat upah 10 jeti euy. Bikin ngiler kan ? 

Nah, untuk jenis kerjasama blogger ini ada dua model. Yaitu content placement dan juga job review. Berikut saya jelaskan detailnya. 

1. Content placement atau titip artikel

Yang dimaksud titip artikel atau dalam istilah bloggernya disebut content placement, adalah artikel yang sudah disiapkan oleh pengiklan (advertiser) dan pemilik blogger (publisher) tinggal mengunggahnya di blognya, lalu mendapatkan upah. Jadi disini blogger tidak perlu nulis karena konten iklan sudah disiapkan oleh pengiklan. 

Misalkan nih ya, sebuah agen perjalanan semisal traveloka atau Pegipegi ingin meningkatkan usahanya. Dan karena mereka ingin lebih cepat saat promosi, mereka sudah menyiapkan konten artikelnya. Kemudian agen tersebut mencari dan menghubungi blogger untuk bekerjasama, dan pemilik blog mendapatkan upah. 

2. Job Review atau menulis sendiri produk atau jasa untuk direview

Pada content placement, sang pemilik blog hanya mengupload artikel, maka pada job review, blogger akan menulis sendiri artikelnya sesuai arahan pengiklan. Semisal pihak traveloka mengajak kerjasama dengan seorang blogger, maka blogger akan mengulas dan mereview produk dari traveloka dan menguploadnya di blog.

Disini blogger harus bekerja keras untuk mempelajari produk dari advertiser yang dalam contoh ini yaitu traveloka. Terkadang blogger juga harus eksplor langsung ke TKP agar tulisan lebih orisinal dan mendalam. Blogger-blogger seperti ini namanya travel blogger yang kerjanya jalan-jalan tapi dibayar. Seru gak sih ? 

Lalu terkait jumlah fee atau upah, bedanya gimana antara content placement dengan review ? Umumnya content placement lebih rendah ketimbang job review. 

Ok, tapi sekitar berapa ya ? 

Umumnya, content placement berkisar antara 100 hingga 300 menurut yang banyak di share adversiter. Dan job review berkisar antara 150 hingga 1 juta bahkan lebih banyak lagi. Tergantung performa blog masing-masing sih. Semakin baik performanya di mata google, rate tau upahnya pun semakin naik. Dan semakin menarik blog Anda, semakin banyak pula adversiter yang datang. Bahkan saya pernah membaca kesaksian seorang blogger yang bisa umroh hanya mengandalkan review seperti ini. 

Lalu, apa harus nunggu sampai ada pengiklan yang mengubung pemilik blog ? 

Tentu tidak. Karena sekarang banyak pasar backlink, yaitu sebuah media yang menghubungkan antara pengiklan dengan blog. Jadi, blogger nantinya akan mendaftarkan blognya, dan pengiklan akan menseleksi dan memilih suatu blog untuk diajak kerjasama. 

Ada banyak pasar backlink atau marketplace backlink disini, seperti rajabacklink.com, sosiago.id, vira.id, blogpartner.id, sociabuzz.com, hip Indonesia, jawalink.com, dsb. 

Rajabacklink.com, salah satu marketplace backlink tempat blogger mencari kerja. 

Pemilik blogger bisa mendaftarkannya di semua platform tersebut untuk mendapatkan pekerjaan pertamanya. Untuk saat ini, saya pernah mendapatkan job dari selain jawalink.com dan hip Indonesia.

Blogger yang lebih berpotensi mendapatkan perkerjaan adalah blog yang menarik baik dari segi artikel, bagus di mata mesin pencari, ataupun tampilan blog itu sendiri. Dan tentunya bukan blog copy paste. Namun tentu saja konten yang menarik menyumbang 80% potensi dilirik brand. 

Sampai disini, saya harap kalian orang awam bukan blogger, blogger awam, dan blogger pemula, paham, ya ? 

Jadi cara termudah mendapatkan uang dari blog jika dilihat dari konsepnya dasarnya yaitu, jika suatu blog ramai pengunjung, maka pihak pengiklan pun teratarik untuk bekerjasama. Sementara jika suatu blog terlihat kurang menarik dan pengunjungnya sedikit, maka yang beriklan juga jarang.

Nah, buat kalian para pemula dan blogger awam yang masih bingung dan baru memulai bikin blog. Cara ini bisa diterapkan terlebih dahulu. Karena sebenarnya ada banyak cara mendapatkan penghasilan dari blog dengan cara lainnya.

Buatlah artikel semenarik, sebanyak dan sebermanfaat mungkin sampai mendatangkan banyak pengunjung, kemudian dengan sendirinya, pundi-pundi rupiah akan mengalir karena banyak orang tertarik beriklan di blog Anda. 

Terima kasih 🙂

Amir Mahmud – Blogger Kebumen

Note : buat kalian yang masih bingung juga, bisa kontak saya juga lewat sosmed atau WA di atas. 

Bagikan biar yang lain tahu