Foto : kentjana.co.id

Halo guys, sebagai warga Kebumen, tentu saja saya bangga karena di kota saya Kebumen, ada produsen kecap bernama kecap Kentjana.

Kecap ini cukup populer dan melegenda di tempat saya Kebumen. Sejak zaman baheula, sudah dari dulu banget di rumahku dan kebanyakan orang di sini selalu pakai kecap Kentjana Kebumen ini.

Karena memang seenak itu sih. Ini bukan karena sponsor atau apa ya, ini memang pengalaman pribadi dan testimoni. Btw Ejaannya masih pakai TJ sebagai pengganti C.

Beberapa alasan mengapa pilih kecap Kentjana di antaranya :

1. Rasa lebih enak

Kecap Kentjana ini rasanya lebih enak dibanding yang lain. Lebih buket, terus warnanya gak terlalu gelap atau item gitu, kalau kecap lain itu kadang gelap banget. Kalau buat bikin sayur jadi gak item banget. Kalau kecap lain kadang kan item banget. Begitu sih kata orang rumahku.

2. Manisnya pas

Kecap Kebumen ini manisnya pas, jadi gak yang manis banget atau kurang manis. Sehingga lebih nikmat di lidah. Kalau manis banget kan jadi mblengeri.

3. Orang luar Kebumen pun pada suka

Kalau kata tetanggaku yang pernah tinggal di kota, tetangganya yang orang-orang kota pun sukanya kecap kentjana kebumen karena rasanya yang cocok di lidah.

4. Tanpa bahan kimia

Dikutip dari website resminya Kentjana.co.id. kecap Kebumen ini tidak menggunakan pengawet seperti  natrium benzoat atau sejenisnya. Jadi 100% alami. Tidak juga mengandung MSG atau penguat rasa.

Pemanis buatan seperti siklamat pun tidak, dan tanpa pewarna buatan. Intinya 100% alami. Enggak heran jika orang-orang pada suka. Karena alami, pastinya lebih sehat.

5. Disukai oleh penjual makanan

Seorang ibu pemilik warung bakso mengatakan, kecap kenjtana Kebumen itu sudah pasti bagus dan cocok untuk bakso jualannya. Pembeli pada suka pakai kecap Kentjana. Makan sate Ambal khas Kebumen pake kecap ini pun cocok banget.

Kecapa Kentjana ini tersedia dalam berbagai ukuran. Dari yang kecil ukuran 70 ml yang biasanya saya beli. Lalu yang tanggung ukuran 220 ml, dan  botol kaca ukuran 620 ml.

Tapi ada juga yang jerigen besar, dan ada juga yang pouch. Selain itu ada juga produk cuka dari brand Kentjana.

Pabrik kecap Kentjana Kebumen

Pabrik kecap kentjana ini ada di Kebumen kota. Ada dua orang tetangga saya yang bekerja di sana. Terkait bagaiamana proses pembuatan kecap Kentjana Kebumen ini bisa kalian lihat di video berikut.

Buat yang mau beli kecap kentjana Kebumen ini, tentu saja sudah tersedia di shopee atau marketplace lainnya. Tinggal ketik saja kecap kentjana, pakai TJ ya, dan seketika hasilnya muncul. Oke selamat mencoba.

Bagikan biar yang lain tahu