Dulu saat smartphone masih baru-barunya populer di tempat saya di tahun 2016, dan orang-orang mulai pada punya sendiri-sendiri, mereka seringkali tanya ke saya

“Ko kamu internetnya lancer-lancar saja, pakai apa sih?”

Saya ingat pas mereka tanya ke saya yang ngelihat saya yang itu lagi asik main internet tapi lancar terus. Lalu saya jawab kalau saya pakai smartfren. Padahal saya tinggalnya di pelosok desa. Rumah saya ada di paling utara dan ke belakang sudah gunung perbukitan dan tak ada rumah lagi. Tapi internet smartfren tetap ngebut.

Nah, karena saya pakai smartfren, orang-orang jadi pada ikutan, bahkan beli gadget smartfren juga. Agak kaget juga kalau ternyata yang saya lakukan ditiru orang-orang.

Namun sekarang sudah gak keluar sih produknya, sayang banget sih ya. Saya sendiri punya gadget smartfren mungkin ada 5 bua, mulai dari smartfphone dan modemnya.

Untuk modemnya yang M3Z ini, sumpah awet banget sejak 2016. Apalagi pas awal-awal beli. Baterainya kuat banget padahal udah jatuh berkali-kali. Emang sih karena bodinya kekar dan baterainya besar.

Modem smartfren

Sebelumnya saya juga agak nyesel, kenapa gak dari dulu saya pakai smartfren kalau tahu ngebut gini. Waktu itu saya pernah cek speed sampai 680an Kbps dan itu sangat cepat. Untuk memutar youtube tidak buffering atau lag. Untuk akses internet di pelosok, itu luar biasa.

Sebelum kenal smartfren, saya musti ke warnet dulu karena akses internetnya cepat. Tapi semenjak smartfren hadir dengan kecepatan tinggi, saya bisa online dari rumah dan pekerjaanku makin lancar. Gak perlu ke warnet lagi dan saat itu warnet mulai pada tutup.

Dulu saya pernah langganan paket internet 28GB yang harganya 90ribuan kalau tidak salah, selama setahun dan saya belinya online. Waktu itu saya ngerasa bebas banget berkreasi karena tak terkendal soal internet.

Berkat smartfren, saya bisa ngeblog dan menemukan pekerjaan terbaruku

2015 adalah tahun terakhir saya bekerja di perantauan dan memantapkan diri untuk banting stir menjadi penulis blog. Waktu itu saya bingung, umur sudah semakin matang, dan saya tidak yakin dengan pekerjaanku saat itu yang sebagai kuli kasar di perantauan.

“Apa iya saya mau gini terus, harus ada perubahan”

Dan mantaplah saya pulang ke kampung dengan sebuah harapan. Harapan hidup dari menulis. Dan saya merasa sangat beruntung dan agak kaget juga karena ternyata internet smartfren begitu cepatnya dari rumah saya yang di pelosok. Kenapa gak tahu dari dulu sih ya.

Tekad saya menjadi blogger begitu kuat. Buktinya saya pernah kost di daerah kecamatan hanya untuk bisa akses internet karena internet di rumah gak bisa jalan. Yang ada di pikiran saya saat itu, saya yakin kalau apa yang saya lakukan akan membuahkan hasil.

Setelah tahu internet internet smartfren begitu cepat dari rumah, saya makin bersemangat menulis. Waktu itu saya masih menggunakan hp sebagai modemnya. Dan hp-nya pun tak kuat dan hanya bertahan 1 tahun.

Sekarang sudah 2021 dan saya sudah tidak tinggal di rumah ortu karena sudah misah. Artinya sudah 6 tahun berjalan. Dan saya masih menggunakan smartfren karena internetnya paling ngebut di antara yang lainnya. Harganya pun paling terjangkau menurut saya.

Kalau provider lain memang ada sih yang lebih terjangkau dan bagus juga, namun, jujur, saya lebih suka pakai smartfren. Kalau untuk buka video selalu lancar jaya.
Biasanya saya beli paket 18 GB full 2 jam untuk modem dan habis sekitar 10-12 harian. Kalau untuk paket unlimited 28 hari harganya pas saya beli kalau gak salah 72 ribu. Dan orang-orang bilang smartfren ini murah tapi cepat.

Karena menulis artikel ini, saya juga jadi kepikiran bahwa kedepan pengen coba paket unlimited 72 ribu untuk smartphone yang kemudian saya sambungkan ke laptop. Soalnya saat ini saya pakai internet indosat yang 100 ribu dapat 50GB dan bonus kuota. Saya pakai Indosat juga udah lama banget dan lumayan ngebut juga. Hmmm saya suka.

Jadi kesimpulannya, saya puas sekali pakai smartfren karena internetnya super ngebut dan harganya terjangkau. Namun mungkin berbeda di tempat kalian. Itu saja review dari saya. Terima kasih, semoga membantu.

Bagikan biar yang lain tahu