Untuk harga 2 jutaan, sertifikasi tahan air IPX4 termasuk istimewa dan masih langka

Sebelum menuliskan ini, saya sudah riset dulu di google. Eh bukan ding. Saya riset di youtube karena sekarang orang lebih suka nonton video yang lebih nyata dan real ketimbang artikel.

————-

Hai guys, baru-baru ini OPPO meluncurkan wajah baru smartphone miliknya dari lini seri A dengan membawa pembaruan baik dari segi desain atau tekhnologi, sebagai perwujudan umpan balik para konsumen muda yang memang pengguna terbesar OPPO lini seri A di tanah air.

Seri A ini memang populer oleh konsumen Indonesia berkat pertimbangan fitur dan harga yang ditawarkan, seperti fitur tahan air IPX4 namun dengan harga 2 jutaan saja. Tidak heran jika OPPO menaruh perhatian besar pada seri ini.

“OPPO A54 hadir sebagai perwujudan wajah baru lini seri A di tahun 2021, berbeda dengan suksesornya, OPPO A54 menawarkan berbagai keunggulan teknologi dan perangkat keras kelas atas untuk hadir pertama kalinya pada lini seri A, seperti kehadiran layar single punch-hole dan sertifikasi IPX4. A54 juga hadir dengan desain yang modern, pilihan warna yang stylish, dan fashionable. Sebuah perangkat dengan berbagai pembaharuan yang coba didefinisikan kembali untuk pengguna muda Indonesia,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Untuk Anda yang pernah trauma karena smartphone mati kena air, langsung saja ini dia 7 fitur keren OPPO A54, termasuk fitur tahan air IPX4.

1. Desain kokoh dan stylish

Kesan pertama saat melihat tampilan OPPO A54 adalah desainnya yang stylish dengan dua pilihan warna yaitu starry blue dan crystal black. Untuk saya sendiri lebih suka yang biru dengan warna gradasinya. Kemudia jika kita menyoroti bagian belakang pada kameranya, ia terbingkai dalam persegi yang terdiri dari 3 kamera beserta lampu kilatnya yang membuatnya terlihat modern. Hal yang membuatnya terlihat lebih stylish adalah berkat sentuhan kecil pada bagian yang menjadi pemisah antara kamera dengan lampu kilatnya.

Untuk material pembuatnya, OPPO A54 menggunakan material terbaik dengan rangka tengah dengan ketebalan 0,2 mm berpadu alumunium yang membuatnya terlihat kokoh.

Kemudian pada bagian penutupnya, OPPO juga sudah melakukan optimalisasi perangkat dengan meletakkan sebuah plat tipis yang dibuat dengan tekhnologi electropalting. Sebuah proses yang menggunakan tiga lapisan penyemprotan untuk menghasilkan tampilan gradasi bingkai yang halus dengan tampilan yang modern.

Untuk optmalisasi suhu perangkat, ia dibekali tekhnologi Multi-layer Heat Dissipation yang pada penerapannya menggunakan lembaran grafit di bagian penutup layar, kemudian bahan termal kualitas tinggi pada rangka bagian tengah, penutup belakang, dan pada bagian speaker.

2. Sertifikasi tahan air IPX4

Sebagai orang yang pernah trauma karena smartphone pernah error terkena air, maka saya sangat mengidam-idamkan fitur ini. OPPO A54 memiliki fitur IPX4. Menurut Bang Deddy Irwan di Jagatreview channel youtube miliknya, untuk kode “3” pada “IPX3” artinya ia bisa tahan air dari satu sisi, biasanya dari atas.

Sedangkan pada “IPX4”, kode “4” artinya ia tahan terhadap percikan air tipis-tipis dari segala arah. Baik atas, bawah, atau samping. Jadi semisal pengguna membawa OPPO A54 saat gerimis, menelpon saat mencuci tangan, ia bisa bertahan.

Untuk harga 2 jutaan, ia terbaik dikelasnya, ungkap Bang Deddy Irwan. Tapi bukan berarti kalian membelinya kemudian mengguyur dengan air atau merendamnya untuk mengetesnya ya, karena itu tidak benar.

Ya, itu karena OPPO telah melakukan rain of pipe-swing test selama 10 menit. Dan setelah 72 jam tidak terjadi kegagalan fungsi. OPPO A54 juga lolos tes utama. Misal seperti tes uji jatuh, uji ketahanan air, slight drop test, uji sinyal, dan uji radiasi. Smartphone ini juga telah melewati 50 lebih kontrol proses, 130 lebih pengujian keadalan yang sangat ketat, dan 320 lebih pengujian eksperimental.

3. Tekhnologi layar paling modern saat ini

OPPO A54 menggunakan layar yang biasanya digunakan pada layar smartphone kelas menengah ke atas. Namun yang membuatnya beda adalah karena ia menggunakan desain single puch hole disaat para kompetitor mengandalkan layar waterdrop untuk harga yang setara.

OPPO A54 juga dibekali tekhnologi tinggi seperti yang tertanam pada merk sebelumnya yaitu Reno5 F. Beberapa fitur menarik pada layar yang bisa jadi pertimbangan untuk memilikinya misalnya seperti :

Eye Comfort. Yaitu fitur untuk mengurangi cahaya biru yang timbul dari layar dan berfungsi mencegah ketegangan pada mata.

Moonlight Screen. Adalah fitur yang dapat otomatis menurunkan kecerahan layar hingga hanya 2 nits dan membuatnya mampu menjaga kenyaman mata saat digunakan berlama-lama dalam walau dalam kondisi gelap sekalipun seperti malam hari.

Sunlight Screen. Pada smartphone tertentu saat siang hari, biasanya layarnya akan terlihat samar hingga tak terlihat tulisan di dalamnya. Nah, OPPO A54 memiliki fitur dimana kecerahan layarnya akan otomatis meningkat pada siang hari hingga 14,5% atau setara 550 nits. Sehingga konten di dalamnya dapat terlihat walau dalam cahaya terang.

Black screen. Ini adalah fitur untuk menutup layar namun konten di dalamnya tetap nyala dan berjalan. Misalkan kita tidak ingin menonton video dari sebuah lagu dan hanya ingin mendengarkan suaranya saja, maka bisa menggunakan fitur ini yang sekaligus membuat baterainya lebih awet.

Optimize Night Charging. Terkait fitur ini saya ataupun banyak orang punya kebiasaan mencharger baterai semalaman penuh lalu ditinggal tidur. Dan cara ini memang aman sih karena proteksi baterai smartphone zaman sekarang sudah canggih-canggih banget. Namun kebiasaan ini bisa mengurangi masa pakai baterai jika dilakukan terus menerus.

Kebiasaan inilah yang membuat OPPO A54 ini bisa mempelajari cara tidur Anda dengan cara mengisi daya dengan sangat cepat hingga 80% kemudian ia berhenti. Dan saat pagi hari saat kita bangun, ia akan mengisi hingga penuh. Hal ini membuat proses pengisian terpantau hingga penuh. Karena terpantau, maka secara teori akan membuat baterai lebih awet.

Sensor sidik jari di bagian samping. Untuk membuka layar ia juga dibekali sensor sidik jari yang diletakkan disamping kanan. Hal itu membuat proteksi smartphone lebih aman, namun dengan cara yang lebih mudah ketimbang tombol bulat seperti yang umumnya terletak di casing belakang smartphone.

ColorOS 7.2 Android 10. Untuk sistem operasinya sendiri ia mendukung ColorOS 7.2 berbasis android 10 dengan keunggulan seperti HyperBoost. Sebuah tekhnologi yang mendorong performa mesin dan tersedia ekslusif untuk OPPO dan memiliki tiga kemampuan inti seperti scenario-based acceleration, smart frame rate, dan touch optimization. Tekhnologi ini yang memungkinkan sebuah aplikasi dan game berjalan dengan lebih cepat.

4. Baterai kapasitas besar didukung teknologi fast charging

OPPO A54 memiliki kapasitas baterai 5000 mAh 18 watt dan diklaim bisa tahan hingga 2,2 hari. Kapasitas tersebut tentu cukup lama dalam pemakaian dan tak perlu bolak-balik ngecas. Apalagi ia juga didukung fast charging dengan hanya 70% dapat mengisi 60 menit. Untuk daya telpon ia tahan 1,42 jam, musik 40,92 jam, dan durasi menonton youtube 19,96 jam.

5. Dibekali prosesor kuat dan bertenaga – MediaTek p35

OPPO A54 dibekali chip MediaTek helio P35 yang merupakan prosesor tercepat, terhemat, terpintar, dan unggul dari sisi kecerdasan buatan. Kemudian RAM 4GB yang dibenamkannya juga membuatnya berjalan mulus. Apalagi RAM type LPDDR4X yang performanya 10% lebih tinggi dibanding versi sebelumnya.

OPPO A54 juga memiliki tekhnologi optimalisasi RAM yang dengan cara khusus memanfaatkan ruang internal storage yang memang cukup besar yaitu 128GB/RAM 4GB, untuk dapat bekerja seakan ini adalah smartphone 6GB. Ini membuat aplikasi tidak mudah mati meskipun ada di backround dan game pun tidak mudah kehabisan resource.

Berkat memori 128GB/4GB yang cukup besar juga tak perlu memikirkan sebuah foto atau video akan disimpan di mana. Walaupun memori besar, ia masih juga support microSD hingga 256GB. Hal ini membuat penyimpanan semakin luas. Cocok untuk Anda yang sering membuat konten seperti video.

6. Kamera berkualitas

Kamera depan adalah fitur wajib yang harus dimiliki setiap smartphone. Terlebih bagi kaum millenial yang hobi berswafoto. OPPO A54 dibekali kamera utama (belakang) 13 MP, 2 MP Kamera Makro, dan 2 MP Kamera Bokeh.

Untuk kamera depan ia dibekali sensor lebih tinggi lagi yaitu 16 MP. Dengan resolusi tersebut tentu membuat hasil jepretan akan terlihat jelas. Merekan video untuk Anda sang youtuber pun hasilnya akan lebih menarik.

Kamera ini juga dilengkapi AI (Artifcial Intellegent) atau kecerdasan buatan untuk menghasilkan efek yang lebih dramatis dan menarik. Beberapa fiturnya di antaranya seperti :

Dazzle Color. Adalah fitur yang membuat hasil jepretan kaya warna dengan meningkatkan saturasi dan kecerahan gambar melalui proses atau algoritma kecerdasan buatan tersebut.

AI Scene Recognition. Adalah fitur yang mendukung pengenalan foto secara otomatis melalui 23 suasana yang bisa dikenali.

Ultra Night Mode. Adalah fitur untuk melakukan penyesuaian pada malam hari melalui kecerdasan buatan guna memberikan cahaya pada area gelap.

Selain itu, OPPO A54 juga mendukung fitur kamera panorama untuk membuat foto super lebar. Dan karena mendukung fitur AI, ia juga mendukung fitur percantik warna kulit sesuai kulit sawo matang orang Indonesia.

Dan yang terakhir ia juga punya fitur Photo Translator yang merupakan fitur dengan bantuan Google Lens. Saat kamera mengambil foto, ia dapat menerjemahkan teks melalui google translate. Keren kan?

7. Personal hotspot WiFi manajemen

Semua smartphone bisa membuat personal hotspot untuk berbagi koneksi internetnya. Tapi tidak banyak yang memiliki fitur connection manajement seperti OPPO A54.

Di OPPO A54 ini kita bisa mengatur jumlah koneksi yang akan terhubung ke smartphone kita dari 1-10 perangkat. Kemudian OPPO A54 juga  bisa mengatur berapa jumlah data yang akan dipakai oleh mereka yang nyambung ke WiFi kita.

Kita bisa mengesetnya di angka 10 mb, 50 mb, 100 mb, 200 mb, 500 mb, 1 GB, sampai 10 GB. Jangan sampai deh, sudah dikasih gratisan, eh malah nonton youtube full HD atau download film di netflix wkwkwk. Bisa tekor kuota kita.

Kemudian OPPO A54 juga bisa men-share konektifitas WiFi kalian ke smartphone lain, dengan mengaktifkan mode WiFi thatering. Jadi semisal kita nyambung WiFi di Bandara, dan kita bisa membagikannya ke smartphone lain tanpa tersambung ke WiFi utama. Aliasnya estafet gitu. Ini sih fitur langka yang enggak banyak ditemui di smartphone lain ya

Nah, dengan berbagai fitur menariknya, terutama fitur tahan airnya, saya rasa smartphone ini perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan membelinya. Kapasitas memori 4GB/128GB juga termasuk besar untuk harga 2 jutaan. Apalagi ia juga mendukung pengisian cepat dan baterai yang awet hingga 2 harian. Kapan lagi memiliki Smartphone Superior Performa Efisien dengan spesifikasi kelas menengah ke atas namun dengan harga 2 jutaan saja.