Belum lama setelah dirilisnya Samsung Galaxy A50 pada April 2020. Kemudian Samsung Galaxy A50s pada September 2020, Samsung kembali menghadirkan Samsung Galaxy A51 pada pertengahan Januari 2020. Berbeda dengan Samsung S series dan Note yang cuma setahun sekali diluncurkan dengan menghadirkan tekhnologi terbaiknya, Samsung A series ini lebih merespon antusiasme masyarakat agar dapat terus bersaing di pasaran. Oleh karenanya, tidak heran jika pada Oktober 2020 lalu, Samsung Galaxy A51 baru saja memecahkan rekor dengan mencatat penjualan terbesar dengan nilai lebih dari 30 miliar. Fantastis!

Hal itu dikarenakan berbagai keunggulan yang dimilikinya. Misal seperti 4 kamera belakangnya dan kamera selfie 32 mp beserta baterai 4000 mAh yang awet seharian. Dan seperti apa sih keunggulannya, berikut penjelasannya.

Baca Juga :

  1. Perbandingan Oppo A37 Vs Samsung J5
  2. Review OPPO F11. Smartphone Premium dengan Kamera 48 Mega Pixel
  3. Moto G5s Plus – Harga Kaki Lima Kualitas Bintang Lima

1. Desain menarik dengan gradasi melintang

Desain body Samsung Galaxy A51 mirip dengan seri sebelumnya yaitu A50s. Pada bagian belakang bodi terdapat akses unik berupa tarikan melintang dengan warna yang saling bertabrakan yang cukup keren untuk kamu yang ingin terlihat gaya.

Ponsel yang memiliki panjang 158.4 mm, lebar 73.7 mm, dan tebal 7.9 mm ini, juga sudah dilengkapi sensor pemindai sidik yang ada pada layar. Ia juga sudah memiliki jack audio 3.5 mm dan terdapat slot microSD agar dapat menambah memori eksternal.

Untuk bagian belakangnya terdapat 4 kamera yang membuat desainnya menjadi semakin sekaligus pertanda kalau ponsel ini merupakan salah satu ponsel fotografi terbaik. Bukan hanya itu, ia juga memiliki 3 pilihan warna, yaitu Prism Crush Black, Prism Crush White, dan Prism Crush Green

2. Layar 6.5 inch dengan super Amoled untuk tapilan terlihat jernih

Foto : https://gizmologi.id

Samsung Galaxy A51 memiliki luas layar 6.5 inch dengan resolusi 1080 x 2340px dengan kerapatan 396 ppi dan rasio 19.5:9. Layar super Amoled yang dibenamkannya membuat tampilan terlihat bersih, jernih dan tajam. Ia juga sudah dibekali pelindung layar corning gorilla glass 3 agar dapat melindunginya dari goresan dan benturan dari luar.

Kemudian ada juga kamera selfie 32mp yang membuatnya terlihat kerena karena konsepnya yang berupa titik dibagian dibagian atas, bukan dengan poni seperti yang sedang populer saat ini. Samsung menyebutnya dengan infinity O.

3. Empat buah kamera belakang dan satu kamera depan

Samsung Galaxy A51 dibekali empat (4) kamera belakang dan satu (1) kamera depan yang membuatnya terlihat unik dan antimainstream. Seperti saya tuliskan di atas, resolusi kamera depannya sendiri yaitu 32 mp.

Untuk kamera utamanya sendiri memiliki resolusi 48 mp dengan dukungan sensor 1/2”, 0.8 µm dengan aperture f/1.8 dan sudah support PDFA. Tentu dengan resolusi ini, hasil jepretan menjadi sangat jernih.

Kemudian ada juga kamera telephoto dengan resolusi 5 mp, lalu kamera ultrawide dengan resolusi 12 mp, dan kamera depth sensor dengan resolusi 5 mp. Agar hasil foto makin maksimal, dibekali juga fitur pelengkap seperti HDR, fitur panorama untuk hasil foto lebar, Live Focus, sampai fitur perekaman video 4K.

Sedangkan untuk kamera selfie 32mp-nya, memiliki fitur Live Focus untuk hasil jepretan terbaik. Cocok untuk kamu pecinta fotografi. Berikut hasil fotonya. 

 

Foto : https://gizmologi.id

4. Baterai jumbo tahan lama 4000 mAh

Selain kamera yang mumpuni, ia juga dibekali baterai bongsor 4000 mAh agar dapat bertahan seharian. Untuk para gamer yang selalu fokus dengan permainan, mempertibangkan untuk membeli Samsung Galaxy A51 adalah pilihan tepat berkat kapasitas baterainya yang besar. Terlebih karena ia juga sudah dibekali fitur fast charging 15W untuk pengisian cepat.

5. RAM besar dan prosesor tangguh

Jika ditanya tentang performa sebuah ponsel, tentu yang terbesit pertama kali adalah RAM. Untungnya Samsung Galaxy A51 ini tersedia dalam RAM 4GB/64GB, kemudian 4GB/128GB dan 6GB/128GB.

Untuk memori internal jika dirasa kurang, tersedia juga slot microSD dengan kapasitas muat sampai 512GB. Buanyak banget kan?

Namun perlu diketahui pula bahwa untuk versi Indonesia hanya tersedia varian RAM 6GB/128GB. Nah, dengan RAM/ROM sebesar itu, tentu performa akan ngebut. Terlebih buat kamu yang hobi main game.

Untuk jeroannya, ia dibekali chipset chipset Exynos 9611 dengan fabrikasi 10mm. Chipset ini juga dipadukan dengan prosesor octacore dan terbagi menjadi dua varian, yaitu Quad core 1.7 Ghz Cortex-A53 dan juga Quad Core 2.3 Ghz Cortex-A73.

Untuk tampilan grafisnya, ia juga sudah dibekali fitur grafis Mali-G72 MP3 sehingga tampilan akan terlihat tajam, baik saat bermain game atau menonton film.

6. NFC untuk cek saldo e-money dan scanner pembayaran

Samsung Galaxy A51 juga support NFC. NFC ini bisa berfungsi sebagai alat pembayaran atau untuk mengecek saldo kartu e-money, misal e-toll card atau e-money mandiri dengan hanya menscan dan mengarahkannya ke kartunya.

Nah, sekiranya itu saja yang bisa saya bagikan. Cari tahu lebih lengkap mengenai Samsung Galaxy A51 di situs ini.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A51 memiliki banyak keunggulan. Namun yang menurut saya paling menonjol yaitu fitur kamera dan baterainya yang jumbo. Jadi, Terkhusus buat kamu pecinta fotografi dan penggila gaming yang butuh baterai awet, Samsung Galaxy A51 adalah pilihan tepat. Terlebih brand Samsung merupakan brand smartphone ternama yang selalu menghadirkan produk-produk inovatif dengan terkhnologi terkini. Dan berikut spesifikasi lengkap Samsung Galaxy A51.

Sumber : https://gizmologi.id