Cakap Kids Academy : Manfaat Belajar Bahasa Inggris untuk Anak dan Pentingnya Pengajar yang Mendampingi

Belajar Bahasa Inggris di usia yang tak muda itu sulit, apalagi secara otodidak. Makannya, bekali kemampuan bahasa Inggris sejak dini karena otak anak masih mudah menyerap informasi, namun dengan pengajar yang mendampingi agar tak salah arah.

<br />
belajar-bahasa-inggris-bersama-cakap-kids-academy

Hai guys, di usia yang hampir kepala empat ini, saya memutuskan untuk belajar Bahasa Inggris secara otodidak, baik dari youtube, instagram, tiktok, atau pun buku.

Saya melakukannya karena bahasa Inggris begitu bermanfaat untuk masa depan. Dan saat ini sudah jalan 3 tahun lebih saya belajar dengan jadwal satu jam saat pagi, dan saya lakukan setiap hari. 

Namun saya menyesal, kenapa tidak dari dulu saya belajar, sewaktu masih muda dan otak masih lebih mudah menangkap pelajaran. 

Belajar di usia yang tak muda lagi itu cukup sulit karena beban hidup sudah banyak.

Seperti memikirkan pekerjaan, keluarga, dan sebagainya. Otak jadi sulit diajak kompromi karena banyak yang dipikirkan. 

Foto tahun 2021, saat masih awal belajar bahasa Inggris. Belajar di usia tak muda itu sulit karena sudah banyak yang dipikirkan. Dokpri.

Kadang untuk mempelajari satu video tutorial saja perlu 3x mengulang atau bahkan lebih. Dan jika tidak konsisten, maka akan cepat lupa. Jadi, umur itu sangat berpengaruh.

Apalagi karena belajarnya otodidak, saya jadi tidak tahu materi apa yang harus saya pelajari duluan? Aliasnya bluncat-bluncat tidak karuan. Harusnya belajar materi A, malah belajar materi C.  Dan seringnya bluncatnya terlalu jauh. Ujung-ujungnya jadi stress karena tidak ada pendamping atau guru yang mengarahkan.

BELAJAR-BAHASA-INGGRIS

Foto-foto saat belajar bahasa Inggris secara otodidak dengan berbagai cara, tidak tentu arah dan bluncat-bluncat karena tidak ada modul yang terstruktur.  Dokpri.

Saat ini saya lebih sering menonton drama kartun english karena pembelajaran via film pendek ini lebih mudah dimengerti. Namun saya juga tidak tahu apakah yang saya pelajari saat ini benar atau tidak langkahnya? Dan sudah sampai mana level english saya?

Aliasnya sangat membingungkan. Bahkan saya pernah merasa kayak mau berhenti saja karena bingung harus gimana lagi? Mau melangkah ke depan takut salah. Mau berhenti tapi sudah jalan cukup jauh. 

Tapi saya tidak putus asa. Sekarang saya lebih ke yang selow saja belajarnya dan menikmati prosesnya. Saya tak punya tujuan harus bagaimana dan untuk apa kemampuan english saya nanti? Yang penting terus berproses dan tidak menjadikan beban agar tidak tertekan.

Dan karena belajar di usia yang tak muda alias mendekati tua, tentu saja effortnya lebih besar karena otak sudah tidak setanggap saat muda dulu. Ditambah lagi tanggung jawab keluarga, konsentrasi jadi gampang buyar.

Itulah mengapa belajar bahasa Inggris saat masih muda, terutama usia anak-anak sangat penting. Karena di usia tersebut, otak anak masih cukup cerdas untuk menerima pelajaran dan beban masih ringan. Apalagi anak zaman sekarang rata-rata memang cerdas dan mudah tanggap.

Manfaat belajar bahasa Inggris saat masih anak-anak

belajar-english-bareng-cakap

Kalau kalian tahu artis Maudy Ayunda, beliau adalah salah satu contoh artis yang sejak kecil sudah diakrabkan dengan bahasa Inggris dan membuatnya cukup sukses sekarang ini.

Untuk S1-nya, beliau di Oxford University, Inggris, dan S2-nya di Stanford University, Amerika. Kalau tidak bisa berbahasa Inggris, tentu tidak mungkin kuliah di kampus tersebut karena bahasa pengantarnya bahasa Inggris.

Selain Maudy Ayunda, ada juga Leonardo Edwin, youtuber yang banyak membuat video saat kuliah di Amerika. Sejak kecil, Leo sudah diakrabkan dengan bahasa Inggris oleh orang tuanya. Sehingga saat masuk kuliah ke Amerika pun langsung diterima karena sudah terbiasa.

Selain itu ada juga Putri Ariani, penyanyi Indonesia yang sempat booming karena tampil di acara America’s Got Talent, juga sudah diajarkan bahasa Inggris sejak kecil oleh orang tuanya. Tak heran jika bahasa Inggrisnya cukup bagus dan bisa sukses di ajang internasional. 

leonardo-edwin-putri-ariani-dan-maudy-ayunda

Selain ketiga anak muda tersebut, tentu saja ada banyak contoh lainnya yang tak terlihat. Jadi untuk para orang tua, membekali anak kemampuan bahasa Inggris sejak dini itu sangat penting karena di usia tersebut, otak mereka sedang cerdas-cerdasnya. 

Banyak hal akan mudah diserap otak anak, tak terkecuali kemampuan bahasa asing. Sehingga saat dewasa, banyak peluang yang bisa diambil berkat kemampuan bahasa asingnya. Berikut adalah manfaat belajar Bahasa Inggris untuk anak :

golden age

Memaksimalkan periode emas pertumbuhan anak

Pertumbuhan otak manusia mengalami perkembangan yang sangat pesat selama hidupnya, yaitu di periode golden age saat berumur 0-5 tahun.

Di saat tersebut, otak akan mudah menyerap ilmu dengan cepat dan maksimal. Maka dari itu, mengajarinya Bahasa Inggris akan membuat anak mudah menerima dan mengingatnya.

kemampuan-kognitif-anak

Meningkatkan kemampuan kognitif anak

Saat belajar bahasa Inggris, otak anak berlatih untuk mengingat kosakata, grammar atau tata bahasa, dan juga pelafalan. Dimana hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan memori dan konsentrasi anak, serta kemampuan kognitif anak secara keseluruhan.

Belajar Bahasa Inggris juga melatih anak dalam memproses informasi dalam dua bahasa sekaligus. Sehingga membantu anak untuk bisa fokus dalam beberapa hal sekaligus.

kemampuan-berbicara-anak

Meningkatkan kemampuan berbicara anak

Saat belajar Bahasa Inggris, anak akan belajar empat aspek bahasa. Seperti listening, writting, speaking, reading, yang akan dilatih sedemikian rupa. Dengan begitu kemampuan berbicara anak baik dalam bahasa Inggris ataupun bahasa lainnya terus diasah.

Akses-pengetahuan-yang-lebih-luas

Akses pengetahuan yang lebih luas

Dengan belajar Bahasa Inggris, anak bisa belajar dari berbagai macam sumber pengetahuan. Entah itu internet, buku, video, ataupun podcast.

Dengan begitu wawasan anak akan lebih luas dan secara tak langsung meningkatkan kemampuan akademik mereka. Mereka akan lebih unggul di sekolah karena sumber pengetahuan yang lebih luas.

Membuka-sudut-pandang-baru

Membuka sudut pandang baru

Belajar bahasa Inggris juga membuat anak bisa tahu budaya orang luar. “oh, ternyata di luar negeri seperti ini ya kebiasanyaa?” Dengan begitu dapat melahirkan sikap empati dan lebih bisa menghargai orang lain.

Bisa-berkomunikasi-dengan-orang-asing

Bisa berkomunikasi dengan orang asing

Anak artis Raffi Ahmad, Rafatar, pernah berbicara dengan kasir toko saat di luar negeri dengan bahasa Inggris. Jadi kemampuan bahasa Inggris anak bermanfaat jika ia sedang bepergian ke luar negeri.

Membuka-peluang-karir-di-masa-depan

Membuka peluang karir di masa depan

Zaman sekarang kemampuan berbahasa Inggris begitu diperhitungkan. Dengan berbahasa Inggris, kandidat akan lebih diperhitungkan. Seorang pelamar kerja lebih berpotensi diterima ketimbang mereka yang tidak. Apalagi jika perusahaan tersebut adalah perusahaan asing.

Membuat-anak-berprestasi

Membuat anak berprestasi

Dengan Bahasa Inggris, anak bisa berprestasi di sekolah. Misalnya karena ia bisa mengikuti lomba debat atau pidato bahasa Inggris. Walaupun tidak menang sekalipun, tentu saja sudah membawa nama baik sekolah karena bisa berbahasa Inggris.

Memudahkannya-mempelajari-teknologi-dan-hiburan

Memudahkannya mempelajari teknologi

Saat ini hampir semua teknologi menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantarnya. Misalnya pada software desain. Begitupun dengan ilmu pemrograman atau coding. Dan untuk komputer atau laptop pun menggunakan bahasa Inggris pada sistem operasinya.

Memudahkannya-belajar-bahasa-baru

Memudahkannya belajar bahasa baru

Dengan mengetahui Bahasa Inggris, mempelajari bahasa baru pun jadi lebih mudah. Misalnya bahasa Rusia atau Jerman. Karena pastinya sumber belajar berbahasa Inggris jauh lebih banyak ketimbang bahasa lain dalam hal ini bahasa Indonesia.

Memudahkannya-saat-apply-pendidikan-ke-luar-negeri

Memudahkannya saat apply pendidikan ke luar negeri

Mau kuliah ke Eropa atau Amerika tapi tidak bisa bahasa Inggris, pastinya sulit. Karena di negara-negara barat seperti Amerika, Inggris, Irlandia, Perancis, dan sebagainya, penguasaan bahasa Inggris pastinya wajib untuk mempermudah proses perkuliahan.

Contohnya Seperti Leonardo Edwin, beliau bisa memenui skor TOEFL tertentu yang membuatnya langsung diterima di Bellevue College karena ia sudah akrab dengan bahasa Inggris sejak kecil.

Membuatnya-lebih-percaya-diri

Membuatnya lebih percaya diri

Dengan memahami bahasa Inggris, bisa membuat anak lebih percaya diri karena pengetahuannya bisa lebih luas dari anak-anak seusianya, yang ia dapat dari sumber-sumber informasi berbahasa Inggris.

Pentingnya pengajar yang mendampingi saat anak belajar bahasa Inggris

teaching-english-for-kids

Walaupun ada begitu banyak manfaat belajar bahasa Inggris, namun tentu saja pendampingan adalah hal penting.

Jangankan mereka yang masih anak-anak, yang sudah dewasa pun jika tidak ada pendampingan bisa terjadi kebingungan seperti saya.

Di kutip dari tiktok Omar dan Bunda Official, menurut Ibunda Omar yang merupakan lulusan S3 Pendidikan Bahasa Inggris sekaligus dosen di sebuah universitas, mengatakan, kebingungan bahasa pada anak mungkin  bisa terjadi karena cara mengajar yang kurang kurang tepat.

Misalnya  cara seperti ini “adek, bahasa inggrisnya ayam apa, chicken”

Cara tersebut dapat menurunkan refleks anak saat berpikir, kecepatan berbicara dan juga kemampuan untuk berpikir langsung dalam bahasa asing. Cara yang dilakukan Ibunda Omar sendiri dengan menggunakan dua pendamping.

Dengan sang Ayah, Omar berbicara dalam Bahasa Indonesia, sedangkan dengan sang Ibu, Omar berbicara dalam bahasa Inggris. Sehingga tidak ada kebingungan bahasa.

Selain itu, Ibunda Ratih juga rajin membacakan buku kosakata Bahasa Inggris sejak Omar usia 4 bulan. Kemudian metode eksposur seperti nonton film bahasa Inggris, atau metode practice seperti percakapan.

Tidak heran jika di usianya yang baru 5 tahun, Omar sudah mahir berbahasa Inggris. Terlepas dari basic pendidikan Ibundanya yang memang bahasa Inggris.

Tapi membekali anak dengan kemampuan bahasa Inggris sejak kecil adalah contoh Parenting luar biasa agar anak makin bersaing di masa depan. Dan semua orang tua bisa memulainya dari sekarang tanpa harus seperti Bunda Omar.

Namun di sini peran pengajar sangat penting agar anak mudah mengerti dan dapat arahan. Seperti yang dilakukan Ibunda Omar. 

omar dan momynya

Omar, anak dari Ibunda Ratih yang sudah cukup pandai berbahasa Inggris karena sudah diajarkan sejak usia 4 bulan. Screenshoot dan dari Tiktok Omar dan Mom Official.

Tanpa pengajar, orang tua mungkin malah akan memberikan tontonan bahasa Inggris ke anak dan membiarkannya sampai berjam-jam. Yang justru paparan layar atau screen time seperti itu dapat menimbulkan speech delay atau keterlambatan bicara pada anak. Tidak mau kan hal itu terjadi? 

Percayalah jika belajar dengan pengajar yang mendampingi, hasilnya akan lebih maksimal dan sesuai harapan. Saya sendiri seringkali mengalami kebuntuan belajar karena tidak tahu harus belajar apalagi? Rasanya jadi tidak karuan dan bahkan seperti mau frustasi karena tidak ada arahan. Hasilnya pun kurang maksimal, padahal sudah cukup lama.

Tiga tahun lebih belajar Bahasa asing bukanlah waktu yang sebentar, namun saya masih belum lancar. Padahal hampir setiap hari saya belajar. Kadang rasanya ingin sekali ambil kursus, namun belum memungkinkan untuk saat ini.

Nah, itu untuk saya yang orang dewasa. Untuk anak-anak, sepertinya tidak mungkin belajar bahasa Inggris secara ototidak. Misalnya membiarkan anak menonton tayangan berbahasa Inggris di youtube tanpa arahan, karena bisa membuat anak kebingungan akan bahasa. Begitu sih yang dikatakan Ibunda Omar. 

Maka dari itu, belajar dengan pengajar dalam hal ini guru atau kursus bahasa Inggris adalah jalan terbaik agar anak bisa paham, namun tanpa kebingungan seperti belajar otodidak. Beberapa manfaat pendamping saat anak belajar bahasa Inggris di antaranya seperti :

modul

Ada modul dan kurikulum

Jika anak belajar Bahasa Inggris dengan pendamping, semisal di Cakap Kids Academy, maka akan ada modul dan juga kurikulum dalam pembelajaran.

Itu berarti materi diajarkan sudah terstruktur, jelas dan terukur.  Sehingga tidak ada kebingungan mau belajar dari mana dulu dan tidak bluncat-bluncat seperti belajar otodidak.

placement test

Disertai tes placement

Bagi anak yang sudah sedikit mengenal bahasa Inggris, saat akan mendaftar juga akan ada tes placement untuk mengukur sampai mana kemampuannya? Jika ternyata levelnya ada di Young Caterpillar seperti di Kursus Bahasa Asing Anak di Cakap Kids Academy misalnya, maka bisa ambil kelas di level atasnya, yaitu Caterpillar.

tempat bertanya

Ada tempat bertanya atau interaksi

Jika anak bingung akan suatu materi, mereka bisa tanya ke gurunya atau temannya. Adanya interaksi ini tentu memudahkan proses belajar dan terhindar dari kebingungan.

jadwal-kursus

Waktu belajar konsisten

Melalui kursus, maka akan ada jadwal konsisten. Misal Senin, Rabu, dan Sabtu, di jam tertentu. Sehingga bisa konsisten belajar. Berbeda dengan belajar otodidak, waktunya memang bebas, namun mungkin bisa sulit untuk konsisten karena tidak adanya jadwal pasti. Apalagi jika sudah main handphone. Bisa keterusan. 

teman kelas untuk bertanya

Ada teman belajar

Dengan mengikuti kursus, tentu saja ada teman belajar yang bisa diajak bertanya atau bermain. Apalagi dunia anak adalah dunia bermain. Belajar sambil bermain seperti di Cakap Kids Academy tentu saja lebih menyenangkan. Intinya ada banyak keuntungan belajar via kelas ketimbang otodidak.

Cakap Kids Academy, Belajar Bahasa Inggris Agar Anak Makin Bersaing

cakap-kids-academy

Cakap Kids Academy adalah tempat kursus bahasa Inggris untuk anak dengan format kelas offline dan online. Di sini anak bisa melatih kemampuan kognitif, sensorik, dan motoriknya melalui pembelajaran hardskill dan softskill, dengan cara yang menyenangkan.

Metode pembelajaran yang diberlakukan bernama EXPERT ( Explore, Practice, Certify) yang didukung dengan latihan dan juga praktik langsung untuk hasil yang optimal. Metode ini memadukan antara eksplorasi perkembangan kognitif dan saraf motorik anak. Dan berikut pembahasan kelasnya.

 

Kelas online dan keunggulannya

Kelas Online adalah kelas yang dirancang spesisifik untuk anak yang tidak memungkinkan untuk datang ke lokasi. Namun begitu sang tutor tetap menjalankan perannya dengan baik untuk muridnya.

Ada 4 program pembelajaran sesuai kebutuhan untuk anak usia 4-11 tahun, dan terbagi dalam enam level, yaitu eggs, young catepilar, Caterpillar, puppa, butterfly, and fly high.

Keunggulan Kursus Bahasa Inggris Anak Online ini diantaranya seperti :

  1. Murid akan mendapatkan kelas interaktif dan menyenangkan oleh tutor proffesional, termasuk mendampingi murid untuk mengerjakan PR sekolahnya.
  2. Adanya laporan komprehensif dan konstruktif dari para tutor
  3. Menggunakan kurikulum Cambrige yang sudah tersusun secara komprehensif. Kurikulum Cambridge adalah kurikulum internasional dimana materinya disesuaikan dengan umur dan daya tangkap anak. 
  4. Bisa pilih tutor sendiri dan memilih jadwal yang pas sesuai kesibukkan orang tua dan anak.
  5. Program pembelajaran sudah berstandar global CEFR (Common European Framework of Refferences of Languages) yaitu standar kecakapan yang menggambarkan kecakapan berbahasa yang diakui secara luas di seluruh Eropa dan semakin umum di dunia. 
  6. Tersedia tiga bulan kelas gratis, dengan catatan jika setelah kursus ternyata kemampuan si kecil tidak meningkat (SK berlaku).
  7. Bisa belajar lewat aplikasi baik di android, ios, ataupun website.
kelas-online-cakap-kids-academy

Kelas online cakap kids academy. Dok. cakap

Tutor Kelas Online 

teacher Yoshi

Teacher Yoshi 

Dengan pengalaman mengajar lebih dari 3 tahun, serta telah mengantongi sertifikat CEFR level B2, teacher Yoshi adalah pengajar yang baik di Cakap Kids Academy yang akan memandu si kecil belajar Bahasa Inggris dengan cara interaktif dan menyenangkan.

teacher Ivan

Teacher Ivan

Teacher Ivan adalah pengajar di Cakap Kids Academy dengan pengalaman lebih dari 4 tahun, dan merupakan lulusan Sastra Inggris.

Kelas offline dan keunggulannya 

Kelas offline adalah kelas dimana murid bisa hadir di kelas dan bertemu langsung dengan para tutor dan murid lainnya.

Di sini si kecil dapat melatih kemampuan kognitif, motorik dan sensoriknya melalui pembelajaran hard skill dan soft skill. Beberapa keunggulannya seperti

  1. Kelas yang nyaman serta kondusif dengan lingkungan yang mendukung aktiviitas belajar mengajar, dan dilengkapi teknologi terkini.
  2. Dilengkapi kegiatan kreatif dan tematik agar anak bisa belajar bahasa Inggris dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.

Selain itu Ada juga Gym dan taman bermain dimana si kecil bisa bermain sambil mengasah ketrampilan motorik dan personalnya seperti di gambar berikut.

Kelas offline cakap kids academy. Dok. cakap. 

  1. Pengajar berpengalaman dan terlatih dalam mengajarkan anak-anak untuk membantu mengembangkan kemampuan mereka dengan cara yang efektif.
  2. Jadwal yang fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kesibukan anak dan juga parents.
  3. Adanya laporan secara berkala terkait perkembangan belajar anak.
  4. Selebrasi atau wisuda perayaan kelulusan dengan adanya sertifikasi yang diadakan setahun sekali.
  5. Konsultasi PR anak di sekolah yang brekaitan dengan bahasa Inggris di luar jam kelas

Tutor Kelas Offline 

teachr nining

Tutor Nining – English Course Tutor 

teacher tamara

Tutor Tamara – English Course Tutor 

teacher madi

Tutor Madi – English Foreign Tutor 

Lokasi Kelas Offline 

cakap kids daan mogot

Alamat :

Ruko Paramount Sparks Blok C No. 12, Jl. Boulevard Gading Serpong, Kel. Kelapa Dua, Kec. Kelapa Dua, Kab. Tangerang

1.4 km ke Summarecon Mall Serpong
2 km ke Pasar Modern Paramount
3 km ke Scientia Square Park

cakap kids gading serpong

Alamat : 

Jl. Jimbaran Raya No.15/16 Ruko Blok B7, RT.8/RW.12, Kalideres, Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11840, Indonesia

1 KM to Matahari Mall Daan Mogot
3 KM to Terminal Kalideres
3 KM to Palm Bay Water Park

Cara bergabung di Cakap Kids Academy

Berikut cara bergabung di Cakap Kids Academy :

  1. Anak dan orang tua bisa mencoba trial class terlebih dahulu melalui form yang tersedia. Ya, di Kids Academy ada trial class juga lho.
  2. Setelah cocok dengan kelas yang dipilih, selanjutnya bisa melakukan registrasi dan pembayaran pada paket yang dipilih.
  3. Anak bisa mulai kelas pembelajaran yang dipilih
  4. Setelah proses belajar selesai dan lulus, anak akan mendapatkan sertifikat kelulusan. Namun ada juga selebrasi berupa wisuda.
  5. Gunakan kode referral AMICKPSLP3SIC saat melakukan pendaftaran.
    Jika kamu menggunakan kode ini, maka akan ada diskon 15% untuk paket Cakap Private.

Tanya Jawab

Beberapa hal yang mungkin perlu ditanyakan terkait Cakap Kids Academy juga bisa kalian lihat di bawah ini.

Seperti apa proses belajar di Cakap Kids Academy?

Setiap minggu ada 2 sesi kelas dan dalam waktu 3 bulan sang anak bisa merampungkan satu level pembelajaran. Setiap level kelas berdurasi 3 bulan.

 

Apakah ada kelas pengganti jika murid tidak hadir?

Tidak, namun parent bisa meminta ekstra class jika semisal sang anak pernah ketinggalan materi di kelas. pemesanan kelas bisa dilakukan melalui Center Manager di center Cakap Kids Academy

Berapa jumlah murid di setiap kelasnya?

Ada 3-10 murid

Apakah ada toleransi waktu semisal murid datang terlambat?

Tidak ada perpanjangan waktu, namun murid bisa tetap mengikuti pembelajaran dan kelas akan berakhir sesuai jadwal yang ada.

Seperti apa proses kelulusannya?

Murid akan mengikuti final exam yang bersifat wajib untuk mendapatkan sertifikat. Skor yang diperlukan untuk selesai satu level yaitu minimal 80%.

Berapa jumlah soal saat final Exam dan durasi pengerjaannya?

Ada 30 soal dengan waktu 30 menit

Apa itu Final Exam? Bagaimana jika Final Exam kurang dari 80%? Apakah ada remidial?

Final Exam yaitu penilaian summatif yang wajib diikuti anak untuk menyelesaikan kursus dan mendapatkan sertifikat.
Untuk remidial, tidak ada remidial. Namun nilai kurang dari 80%, nilai tambah bisa didapat di final project pada sesi kelas terakhir. Final Project yaitu tugas akhir murid guna mengetahui dan mengukur ketrampilan anak.

Untuk pemesanan sesi Extra Class, apakah bisa dilakukan secara Online?

Tidak, pemesanan Extra Class hanya dapat dilakukan lewat Center Manager di Center Cakap Kids Academy

Apakah sesi Extra Class akan diumumkan supaya wali murid lainnya bisa ikut?

Tidak, hanya wali murid yang sudah memesan yang bisa hadir di Extra Class

Soal walk-in Placement test, bagaimana sistemnya?

Placement test bisa diikuti oleh murid secara online di center Cakap Kids Academy. Setelah wali murid berkonsultasi terkait study Plan, sang anak bisa langsung mengikuti tes.

Seperti apa kelulusannya dan bagaimana konsepnya?

Acara kelulusan akan dilakukan setiap tahun sekali dan konsepnya seperti acara seremonial, yang dihadiri oleh anak dan wali murid.

Bagaimana bentuk kelas di Cakap Kids Academy?

Untuk anak umur 4-6 tahun akan dikelompokkan berdasakan umurnya. Sedangkan umur 6 tahun ke atas akan dikelompokkan berdasarkan hasil placement test.

Apakah ada semacam grup untuk koordinasi dengan wali murid?

Jika wali murid memiliki pertanyaan, bisa langsung menghubungi Whastapp Center Manager

APA KATA MEREKA?

Testimonials Customer

Kesimpulan

Bahasa Inggris adalah skill yang teramat penting untuk masa depan si kecil di zaman yang terus berkembang. Karena ada banyak kesempatan terbuka lebar jika si kecil mampu berbahasa Inggris dengan baik.

Dalam hal pekerjaan, kandidat dengan skill ini tentu akan diprioritaskan ketimbang yang tidak. Namun, mempelajari Bahasa Inggris sebaiknya dilakukan sejak masih anak-anak karena kinerja otak sedang bagus-bagusnya dalam menyerap informasi.

Jika sudah dewasa, orang bisa lebih sulit belajar bahasa karena fokus sudah terpecah belah, seperti yang saya alami.

Namun dalam proses belajar, pendampingan juga penting dilakukan agar tidak salah arah dan berujung stress. Apalagi untuk usia anak-anak, pendampingan dalam hal ini tutor di sebuah kursus, penting dilakukan agar hasilnya maksimal dan tidak salah arah. Jangan biarkan anak menonton tayangan bahasa Inggris tanpa pendampingan, karena bisa terjadi kebingungan bahasa. 

Percayalah jika suatu proses belajar didampingi seorang guru atau tutor, maka hasilnya akan sesuai harapan. Tanpa guru atau pendamping, seseorang bisa tersesat entah kemana.

Cakap Kids Academy adalah tempat kursus Bahasa Inggris anak dimana anak bisa belajar Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Tutornya juga proffesional dan sudah berpengalaman di bidangnya.

Kurikulumnya juga sudah berstandar global dan terstruktrur.  Sehingga apa yang dipelajari anak sudah jelas dan terukur.
Jadi, yuk daftarkan si kecil dari sekarang di kursus bahasa Inggris Cakap Kids Academy agar anak makin bersaing di masa depan.

Sumber referensi artikel :

Pengalaman pribadi

Omar dan Mom Official Tiktok

blog cakap

Gambar :

Olah grafis dari freepik.com yang diedit kembali

Website cakap

Bagikan biar yang lain tahu