Emas merupakan pilihan investasi yang populer karena harganya yang stabil dan aman. Namun seringkali masyarakat tidak bisa membedakan emas asli dari yang palsu sehingga tertipu ketika membelinya.

Mengetahui cara membedakan emas asli dan palsu menjadi sangat penting dalam langkah investasi Anda. Ketahui beberapa caranya di artikel ini.

Membedakan Berdasarkan Riwayat Pembelian

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah membedakan emas asli dan palsu dengan meneliti riwayat pembeliannya.

Sumber Terpercaya

Penjual resmi yang memiliki reputasi baik selalu menyertakan sertifikat keaslian emas di tiap pembelian. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan emas asli sejak awal.

Periksa Sertifikat Keaslian

Sertifikat keaslian adalah bukti penting dari emas asli. Pastikan sertifikat tersebut valid dan dikeluarkan oleh lembaga yang terpercaya.

Baca Juga : Pengalaman Menjual Emas Antam di Butik Emas Antam LM Yogyakarta

Pemeriksaan Fisik Emas

Selain itu, Anda juga bisa mengecek keaslian emas dengan memulai pemeriksaan fisik sederhana. Berikut caranya.

Pemeriksaan Warna

Emas asli menampilkan warna kuning khas yang berbeda dengan emas palsu yang seringkali terlihat lebih pucat atau memiliki kilauan aneh.

Kekerasan Emas

Emas asli diketahui memiliki kekerasan yang tinggi. Anda bisa melakukan tes sederhana dengan menggoreskannya menggunakan benda lebih lunak, seperti koin tembaga. Jika tidak tergores, besar kemungkinan emas tersebut asli. Ini merupakan cara mudah untuk menguji keaslian emas tanpa perlu alat khusus.

Uji Berat

Berat emas bisa menjadi penentu keasliannya karena emas memiliki densitas tinggi. Timbanglah emas Anda dengan timbangan yang akurat untuk memastikan keasliannya. Jika beratnya tidak sesuai dengan ukuran atau volume emas, ini bisa menjadi indikator kuat bahwa emas tersebut mungkin palsu atau campuran.

Uji Magnet

Emas asli tidak akan bereaksi terhadap magnet. Jika emas Anda tertarik magnet, ini bisa jadi pertanda bahwa emas tersebut palsu atau merupakan campuran.

Metode Uji Lanjutan

Setelah melakukan pemeriksaan fisik, ada beberapa metode uji lanjutan yang bisa dilakukan. Metode ini lebih detail dan dapat memberikan bukti lebih lanjut tentang keaslian emas.

Uji Asam Nitrat

Jika terdapat perubahan warna saat ditetesi asam nitrat, besar kemungkinan emas itu palsu. Uji ini harus dilakukan dengan hati-hati dan oleh orang yang tahu cara menggunakannya untuk menghindari kerusakan pada emas atau bahaya kimia.

Uji dengan Cairan Penetrasi

Cairan penetrasi bisa menguji tingkat oksidasi emas. Emas asli tidak akan bereaksi, sedangkan emas palsu akan menunjukkan perubahan warna. Metode ini membutuhkan pengetahuan tentang bahan kimia dan sebaiknya dilakukan oleh profesional.

Memahami cara membedakan emas asli dan palsu penting diketahui sebelum Anda memulai investasi emas. Pastikan Anda membeli emas di penjual resmi bersertifikat untuk menghindari penipuan akan emas palsu.

Jika Anda masih ragu, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan deposito sebagai alternatif investasi yang lebih aman dan stabil.

Bagikan biar yang lain tahu