Ada kucing yang makannya mudah tapi ada yang makannya susah atau picky eater. Kucing yang susah makan ini makannya normal namun pemilih.

Kalau kucing makannya susah dalam arti tidak seperti biasanya, menolak makan, atau makan sedikit sekali meski sudah diberi makanan favoritnya. Maka perlu diperiksakan ke dokter hewan apakah ada masalah kesehatan.

Namun untuk kucing yang makannya normal tapi picky eater, beberapa tips berikut bisa kamu coba agar kucingmu lebih gampang makannya.

Hangatkan Wet Food

Wet food yang sudah dibuka biasanya disimpan di kulkas untuk diberikan lagi pada kucing di kesempatan lain. Sebaiknya sebelum diberikan ke kucing, wet food kamu hangatkan dulu. Atau diusahakan agar suhunya dinginnya jadi berkurang, bisa dengan didiamkan atau bungkusnya disiram air keran mengailr beberapa lama.

Karena wet food yang didinginkan di kulkas aromanya akan berkurang. Sedangkan kucing bergantung pada penciumannya untuk menilai apakah makanannya dia sukai atau tidak. Dengan menghangatkan atau menormalkan suhunya maka wet food akan lebih beraroma.

Berikan Variasi

Kucing biasanya sehari-hari diberi makan dry food. Sebaiknya diselingi dengan wet food dan sesekali diberi snack. Kamu juga bisa memberinya minuman khusus kucing yang sekarang sudah cukup banyak dijual.

Baca Juga : 9 Manfaat Memelihara Kucing di Rumah

Atau memberinya sedikit ikan atau ayam rebus sesekali. Dengan demikian kucing tidak bosan dan selera makannya terjaga.

Tempat Makannya Harus Bersih

Pastikan tempat makan kucingmu bersih, biar makanannya tidak terganggu bau yang lain. Misalnya bau makanan lama yang mungkin sudah basi, atau bau kotoran yang tak sengaja masuk. Karena bau-bau tersebut bisa membuat kucing tidak berselera makan.

Hindari Makanan Basi

Kamu bisa saja memberi dry food kebanyakan lalu kucing tidak habis makannya. Dan setelah beberapa jam bisa basi, alias aromanya sudah tidak menarik lagi bagi kucing. Solusinya beri makan secukupnya jangan berlebihan.

Jadi kamu perlu juga memperhatikan kebiasaan makan kucingmu. Misalnya saya punya jenis kucing Persia, sebenarnya makannya banyak tapi setiap makan sedikit namun sering sehari bisa 6 kali. Saya pun memberinya makan sesuai yang biasa dia habiskan sekali makan.

Dry food yang dibuka bungkusnya juga akan mulai teroksidasi. Maka lebih baik beli kemasan yang lebih kecil. Menyimpannya juga harus tertutup rapat.

Cobalah Bereksperimen

Coba beri kucingmu merk makanan kucing lain atau rasa yang berbeda, baik dry maupun wet food. Lihat mana yang paling disukai kucingmu. Kamu juga bisa menaruh sedikit liquid snack di atas dry food untuk meningkatkan selera makan kucing.

Jangan-Jangan Kucingmu Stres

Kucing juga bisa stres kalau lokasi tempat makannya tidak nyaman baginya. Misalnya dekat dengan hewan lain, tempatnya terlalu tersembunyi, tempatnya terlalu ramai banyak orang lalu-lalang, rawan diganggu kucing lain, dsb. Kamu perlu mencermati tempat di mana kamu menaruh tempat makan kucing apakah ada hal yang bisa membuat tidak nyaman.

Jangan-Jangan Kucingmu Di-Bully

Ini bisa terjadi kalau kamu punya beberapa kucing. Bisa saja ada kucing yang lebih dominan, menguasai makanan, sehingga kucing yang lain susah kalau mau makan.

Solusinya selain tempat makannya diberi sendiri-sendiri, sebaiknya lokasinya juga dipisah. Lebih bagus lagi kalau kamu bisa sering mengawasi kalau sedang waktunya makan.

Buang Wet Food yang Sudah Tidak Layak

Buang wet food yang sudah terlalu lama di tempat makan kucing. Karena kadang kucing tidak habis makannya dan wet food masih sisa banyak. Kalau kamu gercep mungkin bisa kamu ambil dan simpan di kulkas.

Tapi kalau sudah terlalu lama sebaiknya dibuang. Apalagi kalau sudah dihinggapi lalat. Atau permukaan wet food-nya sudah mengering, bahkan baunya sudah tidak enak.

Bagikan biar yang lain tahu