Memakai dasi saat ini mungkin lebih banyak dilakukan orang ketimbang di era terdahulu. Misalnya karena pada zamanku sekolah tahun 2000an, hampir tak pernah melihat ada anak sekolah memakai dasi.

Barulan di tahun 2010-an ke atas, banyak anak sekolah memakai dasi. Baik dari SD hingga SMA. Memakain dasi memang dapat menambah kegantengan meningkat sekitar 25%.

Apalagi buat mereka yang bekerja tapi pakai dasi, orang-orang yang melihat bisa gagal fokus karena menjadi pusat perhatian. Seorang pria yang bekerja tapi pakai dasi, bakal jadi MIM alias menantu idaman mertua.

Lalu bagaimana sih cara memakai dasi?

 

Cara pakai dasi dengan berbagai bentuk dan peruntukkan

Cara pakai dasi SD

Sebenarnya cara pakai dasi simple aja sih, tinggal diikat-ikat begitu saja. Untuk anak SD ini, pertama, taruh dasi di tangan, lalu ikatkan bagian kecilnya tiga kali mengitari tangan.

Btw kalau tutorial gini tapi secara tertulis agak sulit sih diikuti, jadi bisa lihat video cara pakai dasi segitiga ini di bawah saja ya.

2. Cara pakai dasi SMP

Cara pakai dasi SMP ini juga sama sih dengan cara pakai dasi SD, dimana bagian lilitan keduanya ditarik ke atas sampai membentuk lingkaran, lalu dipasang ke leher. Lihat video di bawah ini.

3. Cara pakai dasi SMA

cara pakai dasi sekolah untuk anak SMA juga sama saja sih kayak yang SD dan SMP, mudah saja. Lihat videonya di sini

4. Cara pakai dasi paling mudah

Cara pasang dasi ini sejatinya sama dengan ketiga contoh di atas, namun videonya sudah ditonton 20jt. Coba lihat di sini

5. Cara pakai dasi berbagai model

Cara pakai dasi ini ada 8 cara, jadi kalau bosen pakai ke empat cara di atas, bisa pakai cara yang ini.
Dan videonya sudah ditonton 33 juta view. Ini videonya

Kalau ingin cari tahu cara memakai dasi lainnya bisa kalian kunjung channel nomor 5 tersebut.
Ada 88 video tentang bagaimana cara mengikat dasi dengan berbagai model. Wah, bisa sebanyak itu ya. Padahal cuma ikat dasi doang.

6. Cara pakai dasi pramuka

Untuk dasi pramuka ini cukup beda dengan dasi biasanya, karena bentuknya kotak besar yang kemudian dibuat segita dan dilipat-lipat. Untuk mengikatkannya pun pakai penjepit. Beriktu cara pakainya.

Fungsi Dasi

By the way, apa sih fungsi dasi ini? Hanya bikin rapi doang gitu? Sebenarnya ada berbagai macam fungsi dasi yang perlu kita tahu, misal seperti

1. Membuat penampilan rapi, membuat ketampanan meningkat 20%

Kalian kalau pakai dasi, apalagi kalau sudah bekerja, pastinya ngerasa keren begitu, level ketamvanan meningkat.

Ditambah parfum wangi untuk pria seperti parfum HMNS atua brand terkenal seluruh dunia, Dior, hmmmm, orang-orang pada gagal fokus.

2. Buat anak sekolah, memakai dasi dapat melatih kedisiplinan.

Kalau gak pakai dasi bakal kena hukum. Pakai dasi juga melatih kedisplinan agar sifat baik ini bisa melekat saat dewasa nanti.

3. Daya pikat saat marketing

Dalam bidang marketing, dasi membuat percaya diri saat akan menawarkan produknya. Dasi menjadi daya pikat tersendiri dalam tekhnik marketing.

4. Simbol formalitas

Dalam budaya timur yang selalu melihat sesuatu dari penampilan, memakai dasi menandakan orang itu baik dan sopan, rapi, tidak ugal-ugalan, dan selalu mandi.

Sebaliknya, orang yang berpakaian kotor akan terlihat sebagai orang yang tidak bersihan, jarang mandi, urakan, ugal-ugalan, dan persepsi negatif lainnya.

Seperti kata pepatah, ajining roga soko busana, maksudnya, nilai dari seseorang dilihat dari cara berpakaiannya.

Misalnya pakai kemeja samase warna biru laut seperti yang aku punya di rumah, atau kacamata saturdays yang keren itu, dijamin akan terlihat tamvan dan pinter.

5. Simbol proffesional dan berwibawa

Menggunakan akan menimbulkan kesan proffesional dan berwibawa. Karena memang dasi ini sering dipakai orang-orang dengan pekerjaan top di sebuah perusahaan.

Lalu, kenapa cuma orang tertentu saja yang sering memakai dasi?
Seperti kita tahu, dasi menunjukkan strata sosial dan biasanya dari kalangan menengah ke atas. Seperti intelektual, bisnisman, atau orang dengan pendidikan tinggai.

Kalau orang menengah ke bawah pakai dasi ya mungkin terlihat aneh. Masa pedagang kaki lima pakai dasi, tukang sayur pakai dasi, tukang cilok pakai dasi. Ya walaupun ada tukang syur pakai dasi sih, tapi ya itu aneh kalau dilihat orang.

6. Menambah ekslusifitas diri

Di kalangan birokrasi, dasi juga bisa membedakan antara atasan dan bawahan. Di kalangan ekslusif, dasi juga membedakan antara dirinya dengan dengan pengangguran.

Aneh banget kan pengangguran pakai dasi? Kalau mau cari kerja sih gak apa-apa, supaya keterima gitu.

Fakta unik tentang dasi

Dasi memang identik dengan simbol proffesionalitas dan formalitas bagi yang memakainya. Dan ternyata ada beberapa fakta menarik tentang dasi ini.

1. Sudah ada dari zaman batu

Penggunaan dasi ini erat kaitannya dengan aksesori yang sudah ada sejak zaman batu dulu. Soalnya aksesori leher ini dipakai oleh orang dengan strata tinggi di zaman batu dulu.

2. Sebagai tanda penghormatan

Dasi juga berfungsi sebagai simbol penghormatan dalam hal kemiliteran. Misalnya karena kaisar pertama Tiongkok yaitu Qin Shi Huang yang wafat pada tahun 210 sebelum masehi, dimakamkan dengan ribuan prajurit lainnya dan memakai kain di leher mereka.

Atau yand relief Collona Traiana atau Tiang Trajan di Roma, Italia, yang dibangun tahun 113 masehi, ribuan tentaranya juga terlihat menggunakan berbagai model dan gaya dasi.

3. Sebagai penghangat leher tau tubuh

Konon katanya dasi juga dibuat sebagai penghagat tubuh atau sering disebut syal, selain sebagai tanda penghormatan. Yang akhirnya berevolusi menjadi dasi yang berfungsi menjadi aksesoris pakaian.

Terkait dasi ini ternyata ada pembahasannya juga ya, seperti manfaat atau keunikannya. Dan ternyata ada begitu banyak cara pakai dasi, dari yang simle sampai yang beragam.

Bagikan biar yang lain tahu