Note : tulisan ini tentu saja tidak ada maksud apapun. Melainkan hanya bersifat memotivasi kepada sesama muslim untuk melakukan kebaikan dan ibadah

Hai teman, dulu sewaktu saya berkunjung ke rumah orang tua (mertua), beliau pernah menyarankan saya untuk melanggengkan sholat dhuha setiap paginya. Tujuanya tentu untuk kebaikan. Misal sebagai sedekah tubuh kita karena tubuh pun perlu disedekahi.

Atau sebagai perantara kemudahan mencari rezeki. Karena banyak orang percaya bahwa sholat dhuha dapat memudahkan rezeki. Namun tentu saja niat utamanya yaitu ibadah.

Nasihat dari bapak mertua tidak langsung saya lakukan. Hingga beberapa waktu setelahnya saya mulai menyadari bahwa sholat  dhuha itu penting agar urusan hidup kita lebih termudahkan.

Mengenai waktu sholatnya, saya yang full time blogger merasa sangat beruntung karena bisa bebas melakukannya. Karena bagi mereka yang bekerja, mungkin akan sulit melakukannya. Secara di pagi hari gitu, saat jam -jamnya orang kerja. Waktunya sendiri biasanya saya melihat jadwalnya di kalender. Dan biasanya saya melakukannya sekitar jam 7 pagi sampai jam 11 siang.

Selain sholat dhuha, saya juga melaksanakan sedekah shubuh. Sedekah shubuh adakah sedekah atau mengumpulkan sejumlah dana dari diri kita sendiri sehabis kita selesai sholat shubuh, untuk kita sedekahkan ke mereka yang membutuhkan, atau digunakan untuk kebaikkan. Ibaratnya kayak nyelengin gitu dalam suatu wadah, nanti hasilnya digunakan untuk kebaikan.

Baca Juga : Jangan sampai Tertipu, Berikut 10 Tips Memilih Travel Umroh agar Tidak Menyesal

Mengenai sedekah shubuh ini, pernah ada seorang Ayah yang dulu sedang mengawasi ujian sekolah, yang bercerita tentang keinginannya menyekolahkan anaknya hingga kuliah. Dan ia pun melakukan sedekah shubuh. Dengan kuasa Illahi, cita-citanya pun terkabul. Sang Ayah bisa mengkuliahkan anaknya.

Namun selesai kuliah, sang anak belum juga menemukan jodoh. Kemudian sang Ayah pun melakukan sedekah shubuh. Alhamdulillah anaknya pun menemukan jodohnya. Setelah menikah dan ingin memiliki momongan karena sudah lama menikah tak kunjung dikarunia cucu, kembali sang Ayah melakukan sedekah shubuh, dan akhirnya dikarunia. Intiinya barokah sedekah shubuh memudahkan semua hajat

Nilai dari sedekah yang kita lakukan juga terserah berapa saja. Entah 500 atau 1000 rupiah. Karena sedekah ini bukan terkait jumlah uang yang dimasukkan, tapi nilai keberkahan dari setiap nilai yang kita sisihkan.

Dana yang terkumpul dari sedekah shubuh ini lalu disedekahkan kemana?

Tentu saja untuk disedekahkan lagi. Semisal kepada mereka yang membutuhkan, atau ditaruh di kotak amal masjid pun tak masalah. Intinya untuk kebaikkan. Biasanya saya kasihkan ke tukang pencari barang bekas, orang yang meminta-minta, tukang becak, kotak amal masjid, dsb.

Dan tanpa berlama-lama, ini dia kemudahan-kemudahan yang pernah saya alami karena sholat dhuha sebagai blogger.

1. Rezeki selalu ada entah dari mana datangnya

Saya hanya blogger lepas dengan penghasilan tidak menentu. Saat kerjaan sepi atau invoice belum turun, biasanya saya ambil dari tabungan. Dan kadang sesekali saya pinjam ke saudara.

Saat sudah ada dana buat bayar hutang, saya langsung bayarkan. Karena hutang itu membebani diri kita, dan hidup dengan hutang itu tidak nyaman. Makannya sebisa mungkin saya tidak berhutang, kecuali jika kepepet.

Mending kalau semisal ada yang mau pinjam uang, kita bisa lihat dulu kebiasaan dan sifatnya kayak apa. Kalau memang bisa dipercaya ya kasih aja. Kalau sekiranya berpotensi mblenjani, mungkin kasih sedikit secara cuma-cuma biar enggak berhutang.

Selain itu saya juga tak pernah merasa kekurangan. Asalkan kita mau berusaha, niscaya rezeki akan selalu ada. Lha wong pengemis aja punya rezeki ko. Saya juga tidak iri dengan rezeki orang lain yang kadang diperlihatkan di media sosial. Ya, itu memang sudah rezekinya, bukan rezeki saya.

Nah, mungkin karena sholat dhuha, kadang saat lagi gak ada uang, eh tiba-tiba ada yang kasih kerjaan. Saat uang habis, tiba-tiba juga invoice cair di waktu yang pas. Dan itu yang sering saya alami. Saya merasa bersyukur sekali untuk itu.

Atau semisal pekerjaan lagi sepi, kadang jualan tiba-tiba ada yang beli atau menang giveaway. Alhamdulillah pokoknya. Rezeki selalu ada kalau kita percaya pada Sang Maha Kaya jika mau berusaha dan berdoa.

2. Memudahkan segala urusan dan kemudahan hidup

Kemarin pas lagi nyebrang di jalan raya, saya bersyukur banget karena motor saya berhentinya setelah saya selesai nyebrang agak jauh dari jalan raya karena bensinnya habis. Coba kalau berhentinya pas di tengah jalan raya, entah apa jadinya. Apalagi karena saya berboncenngan. Ya Tuhan aku bersyukur banget karena aku masih diberi kesempatan hidup.

Pernah juga yang pas saya lagi bikin konten youtube dan lagi cari buah bengkoang. Saat itu saya tak kunjung beli di warung. Selain karena lagi enggak musimnya, kalaupun ada, pastinya saya harus keluar uang untuk membelinya. Kemudian saya berkunjung ke rumah ortu, dan ternyata ada. Ya Tuhan, aku merasa sangat dimudahkan banget. Dan aku minta deh karena hanya butuh beberapa biji saja.

Berikutnya yang lomba blog IndiHome kemarin, saya pikir saya akan kesulitan mengikuti lomba karena di tempat saya yang di perkampungan, penggunanya jarang. Dan ternyata saya salah, karena ternyata penggunanya adalah tetangga dan teman saya sendiri yang rumahnya hanya beberapa meter dari rumah saya. Bersykur banget aku tuh.

Dan bersyukurnya lagi, temanku yang lain yang rumahnya berjejeran juga pakai . Ya Tuhan, terima kasih banget karena telah memudahkan urusanku. Sebelumnya yang artikel lomba ASUS dan meraih juara 1 setelah 5 tahun perjuangan, narasumbernya juga temanku sendiri itu tadi. Bersyukur banget pokoknya.

Selain hal tersebut diatas, ada banyak kemudahan hidup yang serba “ndilalah” saya alami . Dulu saat saya belum rutin melakukannya, hidup terasa ngos-ngosan banget alias ngoyo banget. 

Jika ingin sesuatu, kerja kerasnya pakai banget karena banyak sekali rintangan dan kesulitan. Namun saya rasa semenjak melaksakanan sholat dhuha dan rutin, banyak sekali kemudahan yang saya dapatkan.

3. Tetap bisa bekerja walaupun sering terkendala kesehatan

Semenjak kena sakit asam lambung 2020 lalu, badan saya tak se-fit dulu saat masih sehat-sehatnya. Kecapean dikit langsung drop. Namun beruntunglah karena sekarang saya bisa kerja walaupun enggak seproduktif dulu. Masih bisa mencari nafkah memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kalau untuk kerja dari pagi sampai sore masih kuat. Namun kalau sampai malam bisa berasa capek banget. Saya enggak muluk-muluk punya harta melimpah, yang penting bisa kerja dan makan tanpa berhutang itu sudah bersykur banget.

4. Mimpi terwujud

Kemarin saya lagi pengen banget punya laptop karena laptop yang lama sudah sering ngadat. Keyboard eror lah, baterai soak, dsb. Dan alhamulillah karena akhirnya saya dapat gantinya yang baru, sehingga lebih mudah untuk bekerja. Saat sholat dhuha dan sedekah shubuh, saya selalu berdoa semoga diberikan kesehatan dan keselamatan. 

5. Daftar adsense 2 hari diterima untuk 2 blog

Saya sering melihat keluh kesah blogger yang sulit daftar adsense blognya. Udah beberapa kali daftar, bahkan sampai ada yang satu tahun, belum juga beruntung. Tapi saya cuma dua hari keterima. Hari ini daftar, selang dua hari keterima dan bisa muncul iklan.

Bukan hanya satu blog, tapi dua blog. Blog yang kedua pun hanya 2 hari atau 3 hari kalau gak salah dan langsung keterima. Mungkin karena blogku udah lama dan pengunjungnya sudah banyak. Terlebih blogku yang sekarang aku kelola merupakan blog wordpress dengan hosting. Dan sekarang saya sedang menunggu PIN adsense datang. Saya gak menyangka bisa semudah ini.

Mengenai sholat dhuha ini biasanya saya lakukan paling sedikit dua rakaat. Paling banyak bisa 12 rakaat. Biasanya saya melakukannya di pagi hari saat matahari sudah terbit mengikuti jadwal waktu sholat di kalender.

Niatnya pun mudah. Ini doanya.
اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى
Ushalli sunnatan dhuhaa rak’ataini mustakbilal qiblati adaa’alillaahi ta’aalaa
Artinya: “Aku niat sholat sunnah dhuha dua rakaat, karena Allah ta’ala”

Nah, itu dia manfaat sholat dhuha yang rasakan. Kalian yang muslim pun bisa melakukannya agar urusan hidup dimudahkan. Tapi jangan malah sholat dhuha yang diutamakan, dan mengesampingkan atau meningggalkan sholat wajib 5 waktu. Sholat 5 waktu itu hukumnya wajib, sementara sholat dhuha itu sunnah. Jadi, kerjakan yang wajib dulu. Oke?

Bagikan biar yang lain tahu