Setelah disuplay ramuan kunyit hitam, seorang Ibu sembuh dari covid-19

Hai teman, beberapa waktu lalu saya berkunjung ke rumah seorang pehobi tanaman di daerah saya tinggal, Kebumen, Jawa Tengah. Beliau yaitu mas Arif. Awal saya kenal mas Arif yaitu saat akan mereparasi laptop saya yang rusak, namun hingga kini belum juga saya perbaiki.

Nah, selain tekhnisi komputer, ternyata mas Arif ini juga seorang pehobi tanaman dan dijadikan bisnis. Tanaman yang ia tanam pun cukup unik dan langka, yaitu kunyit hitam dan beberapa tanaman lainnya. Nama usahanya yaitu ShaHam Garden Kebumen, yang ratingnya di google maps pun cukup bagus.

ShaHam-Garden-Kebumen

ShaHam Garden Kebumen dengan rating bintang lima di google maps

By the way, Adakah di sini yang pernah dengar nama kunyit hitam? Hmmm, sepertinya belum ya. Dan saya sendiri pun baru tahu, kalau kunyit kuning saya tahu.

Diceritakan oleh mas Arif, kunyit hitam adalah tanaman asli India, namun karena di India tanahnya berpasir dan tidak dapat tumbuh dengan baik, akhirnya ada orang Thailand ke India untuk mencoba membudidayakannya di negaranya.

Setelah dicoba ditanam di Thailand, ternyata bisa tumbuh subur dan hasilnya lebih besar hingga menjadi tanaman endemik. Di Thailand sendiri kunyit hitam ini bermanfaat sebagai obat tradisional paru-paru, menambah vitalitas dan hormon bagi orang dewasa, yang ternyata banyak juga yang cocok di sana.

Melihat manfaatnya yang begitu besar, empat orang dari ITB (Institu Tekhnologi Bandung) pun berkunjung ke Thailand untuk meneliti lebih lanjut dan membawanya ke Indonesia. Dan hasilnya memang benar jika manfaat kunyit hitam ini seperti disebutkan di atas.

Alasan memakai kunyit hitam ini yaitu sebagai alternatif terbaik jika dibandingkan ginseng yang masa panennya 7 tahunan, sementara kunyit hitam hanya 1,5 tahunan.

Umbi-Kunyit-Hitam

Umbi kunyit hitam dan pohonnya. Dok. @shahamgarden

Dan beruntunglah karena mas Arif adalah salah satu yang pertama berkesempatan belajar membudidayakan tanaman ini, dan berkunjung ke Bogor bersama peneliti dan profesor tersebut untuk melakukan pelatihan. Waktu itu pelatihannya masih gratis, namun sekarang sudah berbayar, kalau tidak salah sekitar 350 ribu.

Setelah belajar selama dua minggu, mas Arif membawa pulang dengan harga 400 ribu per ons yang dibeli dari profesornya. Harganya memang masih mahal karena ini tanaman langka dan harus di ambil dari negara lain.

Di rumahnya di Kebumen, ia kembangkan tanaman ini hingga jadi beberapa polibag. Dan waktu itu, tepatnya November 2019, ia mulai menekuni usaha ini. Kemudian Januari 2020, covid-19 mulai merebak di negara tetangga, dan saat masuk ke Indonesia pada Maret 2020, tanaman rimpang-rimpangan ini pun sempat booming dan banyak dicari masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit tersebut. 

Dulu harganya memang masih tinggi, namun karena banyak pedagang yang ingin cepat untung, akhirnya harganya turun sangat jauh menjadi 50 ribu per ons. Bahkan ada yang lebih murah lagi, namun kualitas beda-beda.

Kunyit-Hitam

Foto terbaru kunyit hitam dalam polibag siap jual. Dokpri

Saat saya tanya target pasarnya bagaimana, ia menjawab bahwa target pasarnya adalah usia di atas 40 tahun ke atas. Aliasnya orang-orang yang punya uang. Seperti para pensiunan, misalnya. Pensiunan ini kebanyakan tidak ada aktivitas dan ingin bertanam, tapi bingung mau menanam apa yang sekiranya potensial dan menghasilkan?

Target usia ini ditemukan mas Arif setelah melihat data analitik youtubenya yang ternyata peminatnya di usia 40 tahun ke atas. Dan memang benar karena customer mas Arif pun kebanyakan para pensiunan. Nah, saat booming tanaman rimpang-rimpangan ini dulu, toko onlinenya kebanjiran order hingga ia bisa 10x kirim paket dalam sehari.

Dan bukan hanya jualannya, tapi channel youtubenya pun semakin banyak penontonnya dan sudah monetisasi. Karena lewat youtubenya lah, mas Arif jualan tanaman ini. Ia mengatakan jika melalui youtube, semuanya bisa terlihat dan jualan lebih mudah. Berbeda dengan foto yang hanya berupa gambaran saja. Bahkan ada satu video yang viewnya sampai ratusan ribu.

Youtube-ShaHam-Garden-Kebumen

Youtube ShaHam Garden Kebumen milik mas Arif.

Untuk strategi marketing yang ia lakukan yaitu dengan cara soft selling alias promosi tersembunyi. Lewat soft selling ini, pembeli bisa repeat order. Bahkan ada satu konsumen dari Blitar yang sudah 4x order. Dengan metode ini pula, tiap kali upload video produk baru, maka closing pun terjadi. Dan inilah yang bikin ia semangat menekuni usahanya.

Kemudian ia sendiri tidak mencantumkan nomor hp di dalam videonya, melainkan di deskripsinya. Videonya dimanfaatkan murni untuk promosi. Ada sih tapi tapi hanya beberapa dan ia tidak melanjutkan. 

“konsep jualannya yaitu soft selling, orang butuh tau dulu” ungkapnya.

Kalau orang lain memang ada sih yang pakai nomor hp di judul atau thumbnail youtubenya, tapi cuma sekali beli. Tapi yang dilakukan mas Arif ini beda. Sehingga yang beli bisa repeat order. Saat saya berkunjung ke rumahnya, ia juga akan kirim paket ke Salatiga dan pembelinya juga seorang pensiunan.

Untuk packing pengirimannya, ia memakai tikar bekas banner karena kuat. Kadang juga pakai botol plastik bekas yang kemudian dilapisi kardus. Dan memang benar sih karena banyak rating toko onlinenya yang bintang lima di lapak jualannya terkait packingnya.

toko-online-ShaHam-Garden-Kebumen

Toko online ShaHam Garden Kebumen milik mas Arif dengan skor bintang lima

Karena usahanya ini, bahkan sampai ada orang dari Ciamis dan Serang berkunjung ke rumahnya untuk belajar. Katanya ia punya lahan di rumahnya, tapi bingung mau ditanami apa? Dan akhirnya berkunjung ke tempat mas Arif.

Untuk pengirimannya pun ada perlakuan tersendiri. Yaitu dengan mengirimnya di sore hari saat bibit tanaman sudah tidak lagi mengalami foto sintesis dan tidak mengeluarkan air. Karena jika dikirim siang hari, semisal pagi atau siang, maka tanaman bisa layu sampai tujuan karena tertutup rapat dan kepanasan.

Tanaman yang dikirim juga yang sudah sekiranya mengandung air. Misal ada 30 polibag, maka yang dikirimkan yang sudah semingguan disemprot, sehingga tidak terlalu basah. Karena jika terlalu basah, tanaman bisa mati atau busuk saat sampai tujuan.

Kemudian untuk maksimal pengiriman (umbi dengan daun) pun hanya 4 hari. Lewat dari itu ia tidak mau karena bisa layu. Kalaupun memaksa, paling yang dikirim hanya umbinya saja.

Untuk kendala yang pernah ia alami yaitu, karena ia pernah harus menyertakan surat karantina tanaman saat pandemi sedang anget-angetnya. Misalnya karena cuma kirim 5 paket, tapi harus ada surat karantina, dan mas Arif harus pergi ke Cilacap untuk mengurusnya. Enggak ketemu dong hasilnya? Karena biaya perjalanan bisa lebih banyak ketimbang harga barang.

Dan akhirnya setelah pilih-pilih ekspedisi, ia nemu ekspedisi yang cocok yang bisa kirim tanpa surat karantina, namun paling hanya bisa kirim 2-3 paket saja.

Nah, dari kunyit hitam ini, satu hal yang menurut saya sangat berkesan adalah karena kunyit hitam bisa menyelematkan nyawa Ibunya yang terkena covid-19 dulu. Selama dua minggu, sang Ibu terus disuplay dengan ramuan kunyit hitam ini. Hasilnya setelah dua kali rontgen, penyakit hilang dan dinyatakan sembuh.

Selain kunyit hitam, mas Arif juga menanam kencur hitam. Kencur hitam juga tanaman langka, bahkan sangat langka. Kencur hitam ini sendiri ada dua jenis, yaitu umbi hitam dan umbi kuning.

Jadi warna daunnya hitam gitu. Dan umbinya selain yang hitam, ada juga yang kuning. Manfaat kencur hitam ini hampir sama dengan kencur biasa, namun ia bisa untuk kanker darah. Harga kencur hitam ini sangat mahal, per ons-nya 750 ribu. Itu berarti satu kilogramnya 7,5 juta.

kencur-hitam

Kencur hitam koleksi mas Arif. Dokpri

Rimpang kencur hitam ini sangat kecil. Usia panennya juga sekitar 1,5 tahunan, sama seperti kencur biasa. Namun ia cukup rentan, sehingga ada perawatan khusus menggunakan paranet atau peneduh seperti tanaman hidroponik. Karena jika kena panas matahari secara langsung, bisa layu.

Oiya, semua tanamannya dipupuk secara organik tanpa bahan kimia. Untuk kencur hitamnya selalu pakai organik, kalau pakai bahan kimia terlalu keras, tanaman tidak kuat. Mas Arif sendiri belum pernah menjualnya karena panennya sulit. Dari 10 polibag yang pernah ia paneh, hasilnya enggak ada 1 gram.

Selain kunyit hitam dan kencur hitam, tanaman lain yang ditanam yaitu seperti daun stevia. Daun stevia ini rasanya manis dan bisa sebagai pengganti gula. Lalu ada jahe wulung, kunyit merah, aglonema, keladi, daun bidara arab, dll. Geser untuk gambar lainnya. 

Koleksi tanaman lain milik mas Arif. Dokpri

Lalu, seperti apa sih kemudahan dalam mengembangkan bisnis bibit kunyit hitam milik  mas Arif Jika didukung ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)?

Dalam sebuah bisnis, perangkat bisnis begitu direkomendasikan karena mendukung banyak hal terkait bisnis. Misal karena bobotnya yang ringan, baterainya yang awet, performanya yang kencang, tahan guncangan, dan sebagainya. Karena saya pun sudah membuktikannya sendiri dengan laptop bisnis yang saya miliki dari ASUS ExpertBook.

Dan salah satu perangkat bisnis yang direkomendasikan, tidak lain yaitu ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) itu sendiri karena memenuhi fungsi di atas, bahkan lebih. Selain diperuntukkan untuk pebisnis, laptop ini juga diperuntukan untuk guru atau murid guna menunjang aktivitas belajar mengajarnya.

Apalagi karena dual kameranya yang jernih dan dapat digunakan untuk pembelajaran jarak jauh seperti via zoom atau google meeting, tentu akan sangat bermanfaat.

ASUS-ExpertBook-B3-Flip-B3402

Laptop bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Nah, seperti apa sih kemudahan yang akan didapatkan mas Arif dalam mengembangkan usaha penjualan bibit tanamannya jika didukung perangkat bisnis ini? Berikut ulasannya.

1] Membuat video youtube jadi lebih mudah berkat dual kamera dan layar flipnya

Ada kalanya hanphone atau kamera yang digunakan untuk merekam video youtube yang digunakan mas Arif terkendala. Misal karena memori dan RAM penuh yang kemudian memaksanya untuk menghapus file. Atau mungkin kamera eror sehingga tidak bisa terpakai.

Nah, dengan fitur dual kamera dari ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini, tentu akan sangat terbantu dalam pembuatan konten. Mas Arif bisa melipat laptop ini hingga 360 derajat dan kemudian ditaruh di meja untuk mulai merekam.

Resolusi 13 mega piksel di laptop ini juga lumayan jernih, sehingga hasilnya lebih bagus. Atau misal hanya dengan kamera standar yang berada diatas layar pun cukup jernih. Begitu video selesai direkam, maka bisa langsung diedit di laptop. Apalagi karena mas Arif ini termasuk yang tidak bisa mengedit di handphone, ujarnya.

Fitur-kamera-ASUS-ExpertBook-B3-Flip-B3402

Semisal mas Arif ingin mengikuti webinar seputar pertanian pun jadi sangat mudah berkat webcamnya yang cukup jelas. Kemudian untuk keluaran suara, ada juga noise canceling dengan fitur upstream yang dapat menghilangkan kebisingan dibagian speaker laptop, dan juga downstream untuk menghilangkan kebisingan dari lawan bicara. Aliasnya suara jadi jernih dan mudah didengar.

Baca juga : Perjuanganku Mewujudkan Mimpi Jadi Konten Kreator Internasional Bareng ASUS VivoBook 15 A516

Dan hasil kameranya ternyata juga bisa lebih jernih lagi, bahkan di kondisi minim cahaya, berkat fitur Teknologi 3D noise-reduction (3DNR). Kemudian ada fitur mute key, yang jika ditekan, maka suara kita akan hilang. Misal kita sedang webinar di zoom dan ingin menonaktifkan suara, maka tinggal tekan saja tombol icon microphone tersebut dan suara akan hilang.

noise-reduction-camera-mute-key-asus-expertbook-b3-flip-b4302

Noise reduction camera + mute key ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

O iya, layar yang bisa diputer itu memudahkan sekali dalam bekerja karena bisa mengatur sudut kemiringan yang akan memudahkan dalam mengetik. Membantu banget deh pokoknya. Ini sudah saya buktikan sendiri. Misal saat bekerja secara lesehan, maka layar bisa putar lebih ke arah luar agar membaca lebih mudah. 

2] Bisa bekerja darimana saja dengan tenang karena mendukung slot SIM 4G LTE

Laptop bisnis dari ASUS emang beda banget dan inovatif. Terutama untuk ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini karena mendukung slot SIM 4G LTE. Ya enggak keren gimana sih, masa ada laptop bisa kayak smartphone gitu karena mendukung slot SIM kartu seluler?

 Fitur-4G-LTE-ASUS-ExpertBook-B3-Flip-B3402

Dengan slot SIM ini, mas Arif bisa bekerja darimana saja dengan jaringan internet yang paling kuat saat itu. Semisal ia lagi ada di daerah terpencil yang biasanya hanya sinyal tertentu saja yang kuat, maka ia bisa menaruh kartu SIM dari jaringan terkuat di laptop. Dan untuk slot SIM-nya pun mendukung jenis penyimpanan lain yaitu micro-SD, dimana bisa dipasang untuk penyimpanan lebih banyak.

Kemudian untuk WiFi-nya sendiri juga mendukung WiFi 6 terbaru dengan speed yang ultra cepat dan lancar, namun dengan jarak yang lebih jauh. Dengan WiFi ini, mas Arif bisa bekerja atau belajar dengan lebih mudah. Misal untuk upload video ke youtube, bisa lebih cepat karena speed lebih kencang.

Baca juga : ASUS ExpertBook B9400 Mahal? Ini 8 Keunggulannya dari Sudut Panjang Penjual Benang

3] Bodi dan konstruksi yang kuat dan solid membuatnya bisa bekerja di berbagai kondisi

Kalau saya lihat di youtube mas Arif, ia kadang bepergian ke rekan sesama pegiat tanaman dan membuat konten di sana. Dan tentu saja aktivitas keluar rumah bisa beresiko ke laptop kita. Jika terlalu banyak guncangan ke laptop, tentu itu tidak baik untuk kesehatan laptop. Namun tidak perlu khawatir karena laptop ini dibuat dari material bahan yang kuat dan sudah lolos uji standar militar AS MIL-STD 810H. 

Konstruksi-Solid-ASUS-ExpertBook-B3-Flip-B3402

Dengan bodi laptop yang kuat dan sudah teruji, mas Arif tak lagi khawatir dan tetap nyaman membuat konten. Laptop bisnis memang beda. Beberapa uji ketahanan militer pada ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402 diantaranya seperti di bawah ini. Geser ya. 

Sebagian Tes Kekuatan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

4] Performa kuat dengan intel gen-11 dan windows 11 membuat pekerjaan cepat selesai

Saat saya tanya ke mas Arif tentang bagaimana pengaruh dan perkembangan bisnisnya jika didukung laptop Bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)? Ia menjawab tentu saja sangat penting, namun belum mau meminangnya karena belum ada budgetnya

“Tentu saja penting banget, tapi kalau untuk beli entar dulu karena belum ada budgetnya” jawabnya via whatsapp dengan emoji ketawa.

Ya memang benar sih karena laptop bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Sehingga performanya akan sangat ngebut.

Performa-ASUS-ExpertBook-B3-Flip-B3402

Ini sudah saya buktikan sendiri ya karena saya pun saat ini menggunakan laptop ASUS ExpertBook dengan spesifikasi tersebut dan kerjanya was wes tanpa hambatan. Membuka software grafis inkscape, photshop, buka banyak browser, ngetik di word, secara bersamaan, pun tak masalah dan tetap ngebut.

Dengan chip garfis dan kemampuan tersebut, tentu saja akan mempermudah mas Arif dalam melakukan pekerjaanya. Misalnya saat mengedit atau merender video jadi lebih cepat. Membuka banyak tab atau software sekaligus juga tanpa masalah.

Baca Juga : Masih Ragu Pilih ASUS ExpertBook P2451? 8 Fitur Ini Akan Berikan Segudang Keuntungan Untuk Lonjakkan Bisnis Digital Kita Semuanya

Saat menghidupkan laptop pun jadi lebih cepat karena laptop ini sudah mendukung SSD hingga 1TB, RAM sampai dengan 48GB, dan untuk prosesornya didukung hingga intel Intel® Core™ i7 CPU generasi ke-11.

Begitu tombol power ditekan, maka layar akan segera terbuka tanpa menunggu lama. Apalagi karena sudah mendukung windows 11 yang tampilannya sederhana dan mudah pengoperasiannya. Terlebih jika disetting dalam bahasa Indonesia.

windows-11

Windows 11 di ASUS ExpertBook milikku. Windows 11 lebih sederhana dan mudah pengoperasiannya. Dokpri

Dengan spesifikasi tersebut, tentu saja mas Arif akan termudahkan dalam banyak hal karena laptop ini bisa sat set gitu kerjanya. Render video atau upload video jadi lebih cepat. 

5] Tangan tetap bersih karena dibekali fitur anti bakteri

Ada laptop punya fitur antibakteri? Masa sih? Iya dong, laptop bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) punya fitur ini. Sehingga tangan tetap bersih dari bakteri.

Saat akan makan dan sebelumnya sudah ngetik di laptop, biasanya saya cuci tangan dulu dengan sabun. Tapi dengan laptop Bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) kita bisa meminimalisir hal ini.

Tetap sehat dan produktif dong ya. Apalagi pandemi juga masih ada walaupun sudah mulai membaik. Namun protokol kesehatan tentu saja masih terus diterapkan demi kesehatan bersama. Untuk mas Arif, ini penting karena mengingat berkebun selalu berkutat dengan tanah. 

Fitur-Antibacteri-ASUS-ExpertBook-B3-Flip-B3402

6] Tetap nyaman bekerja berlama-lama berkat layarnya yang redup namun nyaman dan aman di mata

Kalau saya boleh tebak, mas Arif ini setiap harinya selalu berkutat dengan layar laptop. Selain karena ia mengelola youtube untuk jualan, ia juga seorang tekhnisi komputer dan selalu berhubungan dengan layar.

Nah, dengan laptop yang layarnya nyaman ini, tentu saja akan terasa nyaman di mata saat digunakan sehari-hari. Dan ini amatlah bermanfaat karena mata itu jendela dunia yang harus dijaga kesehatannya, terutama bagi seorang millenial seperti mas Arif. 

Fitur-Eye-Care-TUV-Rheinland-Certified-ASUS-ExpertBook-B3-Flip-B3402

Ya, itu karena laptop bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) mendukung fitur Eye Care Certified by TUV Rheinland yang layarnya teramat nyaman di mata. Layar seperti ini kontrasnya sangat berbeda dengan layar laptop biasa.

Baca Juga : ASUS ROG Phone 3, Smartphone Gaming Paling Tangguh di Dunia Sudah Ada di Indonesia

Kalau layar laptop biasa itu cenderung bikin mata perih walau kecerahan rendah, tapi ini tidak. Layarnya bikin adem di mata. Oleh karenanya, saya yang dulu punya angan-angan beli kacamata radiasi untuk antisipasi menjaga mata tetap sehat pun, pun saya urungkan dulu karena ternyata layarnya nyaman di mata.

7] Konektivitas lengkap yang memudahkan banyak pekerjaan

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah dilengkapi konektivitas mumpuni untuk berbagai keperluan. Yang paling keren menurutku adalah adanya dua buah USB-C yang cara ngecasnya bisa dibolak-balik. Tidak seperti USB biasa, yang hanya satu arah. Dulu saya bingung dengan USB-C ini, “konvertibel itu maksudnya gimana sih ya?”

Namun setelah pakai sendiri, ternyata USB-C ini bisa ngecas bolak-balik dan enggak khawatir salah arah pas lagi nyolokin ke kabel chargernya. Apalagi karena jumlahnya ada 2, sehingga bisa ngecas dari port yang mana pun bisa.

Dan yang lebih kerennya lagi, saya pikir laptop ini bisa di chas dengan charger yang port-nya pakai USB-C juga, seperti charger handphone yang support USB-C kan ada. Tapi saya belum pernah coba sih. Dan untuk keunggulan USB-C ini, kalau untuk ngecas cepet banget penuhnya. Ini penampakan punya saya.

USB-C-ASUS-ExpertBook

Penampakan port USB-C yang bisa bolak-balik tanpa khawatir salah arah. Dokpri.

Kemudian ada juga port USB 2.0 dan USB 3.2 gen 1 untuk mencolokkan USB biasa. Ini juga penting karena saat ini masih banyak yang menggunakan model ini. Misal untuk mencolokkan ke mouse, USB flash disk, dan sebagainya. Dan ini konektivitas lengkapnya.

Kelengkapan-Port-ASUS-ExpertBook-B3-Flip-B3402

Konektivitas yang mendukung pada ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Oiya, untuk pen stylus ini tentu ada wadahnya tersendiri di laptop. Nah, saat disimpan, stylus ini dapat mengisi daya sendiri agar siap dipakai kapanpun. Apalagi hanya dengan 15 detik pengisian, bisa untuk 45 menit pemakaian.

Pen-Stylus-ASUS-ExpertBook-B3-Flip-B3402

Dengan konektivitas tersebut, tentu sangat bermanfaat buat mas Arif. Misalnya saat akan membuat thumbnail youtube dengan pen stylusnya karena bisa lebih mudah. Kemudian jika ingin menampilkan dalam monitor yang lebih besar, ada juga port HDMI. Ah, pokoknya membantu banget deh.

8] Bisa bekerja saat mati lampu sekalipun karena keyboard backlit dan numpadnya

Saat mati lampu, tentu saja hari menjadi kurang atau tidak produktif. Terutama bagi pebisnis yang menggunakan laptop karena latop kan pakai baterai. Saat baterai habis dan listrik mati, tentu enggak bisa ngapa-ngapain dong. Ini yang kadang saya alami.

Baca Juga : Dari A – Z untuk Alasan Kenapa Harus Ganti ke Laptop ASUS VivoBook 14 Flip TP410UR

Nah, dengan keyboard backlit dan fitur numpad ini, akan mempermudah pekerjaan mas Arif saat mati lampu atau bekerja di ruangan minim cahaya, hanya dengan menekan tombol F7, maka keyboard bisa menyala. Sehingga enggak masalah banget jika listrik mati atau bekerja di kondisi minim cahaya. Kemudian yang paling keren adalah karena touchpadnya juga bisa nyala dan muncul angka.

Keyboard-Backlit-ASUS-ExpertBook-B3-Flip-B3402

Ini penting banget sih, misal saat akan input angka. Namun begitu tetap bisa berfungsi sebagai touchpad. Saya pikir saat touchpad digesek-gesek, angka-angka yang nyala tersebut akan tersenggol dan mengganggu saat mengetik, eh ternyata tidak. Keren gak sih, guys? Ini punya saya.

keyboard-backlit-asus-expertbook

Penampakan keyboard backlit dan numpad di ASUS ExpertBook milikku. Dokpri.

Untuk mengaktifkannya hanya tinggal tekan dan tahan icon kalkulator di pojok kanan atas. Oiya, keyboarnya juga mendukung lapisan kedap air yang memungkinkan keyboard laptop bisa bertahan saat ketumpahan cairan hingga 330 cc tanpa membahayakan. Tapi, jangan pernah sengaja melakukannya ya karena itu sangat tidak dianjurkan dan akan menimbulkan resiko.

9] Data tetap aman berkat fitur keamanan super ketat fingerprint dan TPM 2.0

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) dilengkapi fitur keamanan fingerprint atau sensor sidik jari, dimana hanya pemiliknya saja yang bisa memakainya. Tentu ini akan sangat aman dari pengguna tidak diizinkan. Secara kan sidik jari tiap orang-berbeda-beda dan tidak akan pernah sama.

Kemudian ada juga fitur TPM atau Trusted Platform Mobile. Yaitu fitur enkripsi yang akan melindungi data dalam laptop. Sederhananya, semisal laptop diambil orang dan buka kepingan SSD-nya untuk dipasang di laptop lain, maka tidak akan terbuka. Jadi bisa dipastikan aman banget kalau pakai laptop ini.

Fitur-keamanan-ASUS-ExpertBook-B3-Flip-B3402

Fitur fingerprint, webcam shield, dan TPM. Dok. ASUS.

Dengan fitur ini, mas Arif bisa menyimpan datanya dengan aman tanpa takut kehilangan. Karena untuk login saja, sudah terlindungi dengan sidik jari. Rahasia dagang atau atau data penting lainnya pun akan tersimpan aman semisal laptop hilang kemudian SSD dicopot dan dipasang di laptop lain.

Baca Juga : Membuat Konten Kreatif Luar Biasa dengan Asus VivoBook A407UB

Lalu ada juga fitur webcam shield yang berfungsi menutup webcam saat tidak terpakai. Secara kan malware itu bisa menembus webcam. Jangan sampai deh ada peretas yang memotret diri kita lewat webcam tersebut. Cara menutupnya pun hanya menggeser tombol slidernya saja, mudah.

10. Manajemen bisnis lebih mudah dengan Link to MyASUS

Untuk kemudahan menjalankan bisnis, ada fitur Link to MyASUS. Dengan fitur ini, mas Arif bisa mengirim file footage atau gambar dari smartphone ke laptop dengan mudah setelah bluetooth dan wifi dari kedua perangkat dihubungkan.

Misal ingin mengirim link youtube tanamannya, ia bisa dengan mudah melakukannya dari laptop ke smartphone atau sebaliknya, hanya dengan mengklik tombol share di pojok kanan aplikasi dan pilih MyASUS. 

Kemudian jika ingin membuka file kerja di laptop, mas Arif juga bisa melakukannya dari smartphone alias dari jarak jauh.

Dan melalui fitur screen extender, mas Arif juga bisa mengirim file atau video hanya dengan mendrag ke arah kanan dimana smartphone diletakkan. Iya, secanggih itu Link to MyASUS ini.

Selanjutnya, ia juga bisa mengakses smartphone dari laptop dengan mengaktifkan opsi mirror di Link to MyASUS. Misal untuk membalas chat pelanggan yang bertanya tentang tanamannya, atau yang lainnya. Karena menulis pesan zaman sekarang itu lebih mudah via laptop.

Bahkan mas Arif juga bisa menelpon seseorang lewat laptop lewat fitur telfonnya. Dan tentu saja, kesemua itu akan memudahkannya dalam mengelola usaha tanamannya. Dan, uniknya aplikasi ini setelah saya memakainya, yaitu karena nama file gambar bisa menyesuaikan nama objeknya secara otomatis. Kemarin saya kirim file gambar di bawah, dan nama di folder pun menjadi “Link to MyASUS”, keren…. 

Link-to-MyASUS

Penampakan fitur Link to MyASUS di laptop dan handphone saya. Saya coba untuk kirim gambar dan berhasil. Dokpri. 

11] Maksimum support, minimal effort

Selain kesemua fitur di atas, dukungan lainnya yaitu seperti garansi 2 tahun global Kemudian layanan support 24/7 ke akses perangkat keras dan perangkat lunak. Ada juga layanan door to door berupa Pick Up & Return/Onsite Service, yaitu fitur penjemputan barang ke rumah pemilik, dan akan diantar kembali jika sudah selesai diservice.

Dengan layanan ini, tentu akan mempermudah usaha mas Arif karena kemudahan yang diberikan karena tak perlu keluar rumah. Walaupun ia seorang tekhnisi komputer. 

Nah, itu dia 11 kemudahan yang bisa mas Arif dapatkan pada bisnisnya jika didukung ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402). Karena perangkat yang mendukung merupakan salah satu faktor kesusksesan sebuah bisnis. Tapi, mengapa sih harus pilih ASUS? 

Dan, ini dia alasan pilih ASUS dari kacamata tekhnisi komputer

Mas Arif adalah seorang tekhnisi komputer yang cukup berpengalaman. Saat saya tanya tentang laptop yang cocok untuk pekerja dan pebisnis, ia pun merekomendasikan ASUS.

“Eh tapi bukan karena saya sedang membahas ASUS kan ya” tanya saya saat bertandang ke rumahnya.

“Enggak dong, ini pengalaman saya sendiri” jawabnya

Ia mengatakannya karena memang sudah lama jadi tekhnisi, tidak heran jika ia pun merekomendasikan ASUS. Menurut pengalamannya, ASUS mencakup semua kebutuhan. Bahkan teman-teman tekhnisinya pun mengakui kalau ASUS punya kinerja yang bagus karena bisa memenuhi semua kebutuhan, terutama multimedia. Misalnya karena dalam satu laptop bisa cocok untuk game, streaming, dan video, jadi satu.

ASUS-ExpertBook-B3-Flip-B3402

Menurutnya, ASUS menyadari bahwa kedepannya orang lebih senang dengan multimedia, dan ASUS bisa memberikan semua. Ia juga mengatakan kalau ASUS baterainya bagus, penampilan bagus, dan soundnya bagus. Dan memang benar sih, punyaku yang ASUS ExpertBook soundnya menggelegar banget. Sampe heran pas pertama kali tahu.

Mas Arif juga menambahkan, dulu pernah ada customer yang akan beli laptop. Dan kemudian ia melakukan test drive dulu untuk produk ASUS dengan membuka empat live streaming. Yaitu streaming film, streaming e-commerce, streaming youtube, streaming sosmed, dan semuanya berjalan lancar.

Tidak heran jika dulu pas zaman ia kuliah dimana ia masih pakai pentium tiga, mainboard ASUS juga menjadi andalan karena hanya merk ASUS-lah yang cocok di semua komputernya. Jadi kayak semacam primadona kalau udah punya ASUS. Sekali lagi bukan karena saya lagi wawancara tentang ASUS, tapi karena ia mengalami sendiri.

Jadi kalau kalian bingung mau pilih laptop, bertanya ke seorang tekhnisi komputer adalah cara terbaik karena memang ahlinya. Namun di sini saya sudah melakukannya untuk Anda. Karena saya pun pakai ASUS sejak lama. Di bawah adalah 3 laptop ASUS saya. 

asus-laptopku

ASUS laptopku. Dokpri.

Kesimpulan

Nah, dari cerita di atas, dapat disimpulkan bahwa ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini berperan penting dalam perkembangan dan peningkatan usaha bibit tanaman ShaHam Garden Kebumen milik mas Arif.

Dengan dual kameranya, ia bisa membuat konten dengan mudah karena file video langsung tersimpan di laptop. Tidak perlu transfer dari hp ke laptop. Layarnya yang jernih juga membuat hasil video jadi lebih baik.

Baca Juga : Kreatif dan Produktif dengan ASUS E202

Dengan dukungan SIM 4G LTE-nya, membuat ia bisa lebih mudah mendapatkan sinyal internet dimanapun ia berada. Bodinya yang kuat dan lolos uji militer, juga membuatnya tak khawatir terhadap benturan atau goncangan.

Dengan prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics-nya, membuat semua pekerjaan lebih ngebut sat set pokoknya. Kemudian fitur anti bakterinya membuat tangan tetap bersih.

Dan yang tak kalah penting adalah karena nyaman di mata berkat fitur Eye Care Certified by TUV Rheinland, serta keyboard backlitnya yang selalu bisa diajak kerja walaupun listrik padam.

Dan dengan fitur fingerprint dan TPM-nya, membuat laptop tetap aman karena hanya satu pengguna saja yang bisa buka.

Gimana, cukup menarik enggak sih, guys? Dengan semua kemudahan diatas, bisa dipastikan jika usaha tanaman mas Arif dapat berkembang dan semakin melonjak omsetnya. Dan di bawah adalah spesifikasinya.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Jangan lupa komentarnya ya…..

spesifikasi-ASUS-ExpertBook-B3-Flip-B3402

Sumber referensi artikel 

1. Wawancara langsung dengan mas Arif pemilik ShaHam Garden Kebume

2. Pengalaman menggunakan gadget ASUS ExperBook milik pribadi

3. Press Release ASUS

Note : semua gambar adalah karya penulis. Ada pun foto terkait tanaman sudah memiliki izin dan ownernya.

Bagikan biar yang lain tahu