Kondisi pandemi selama lebih dari 2 tahun membuat banyak orang semakin terbiasa dengan kegiatan belanja online. Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa menganggap hal ini sebagai peluang. Untuk itu, Anda memerlukan toko online untuk mengoptimalkan peluang ini. Lalu, bagaimana cara buat toko online?

Biasanya pembuatan toko online membutuhkan banyak plugin dan proses rumit yang membingungkan. Namun dengan bantuan Zyro, Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut. Membuat Toko online melalui Zyro dapat membantu Anda membuat toko online dengan cepat, mudah, dan murah.

Baca Juga : Pemasaran Tradisional Tak Lagi Efektif! 4 Resiko Ini Bisa Terjadi Jika Bisnis Tak Segera di Onlinekan

Keuntungan Buat Toko Online

Di jaman serba digital, keberadaan website toko online menjadi sesuatu yang wajib. Adanya toko online membantu pembeli lebih mudah menemukan bisnis Anda. Selain itu, ada banyak keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dengan membuat toko online, di antaranya:

1. Biaya Lebih Rendah

Saat Anda memulai usaha, tentu saja Anda membutuhkan sebuah toko. Jika Anda baru memulai usaha, toko online bisa menjadi pilihan yang tepat dan hemat. Khususnya jika dibandingkan dengan biaya sewa toko fisik.

2. Toko Tidak Pernah Tutup

Saat membangun toko fisik, Anda tidak mungkin bisa berjualan 24 jam. Dengan adanya toko online, Anda bisa melakukan penjualan kapan saja sepanjang waktu. Bahkan Anda tetap bisa berjualan saat Anda sedang berjalan-jalan ke luar kota.

3. Jualan Hingga ke Luar Negeri

Online adalah dunia yang tidak terbatas wilayah. Pengunjung Anda bisa datang dari mana saja. Bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan pelanggan dari luar negeri. Bukan hanya dari negara tetangga, tapi juga dari negara yang jauh seperti Eropa dan Amerika.

4. Kemudahan Berinteraksi dengan Konsumen

Toko online juga memberikan kenyamanan bagi konsumen. Mereka dapat melihat-lihat produk yang tersedia dengan tenang atau melakukan chat dengan penjual jika dibutuhkan.

Sebagai penjual, Anda juga bisa melayani lebih dari satu konsumen dalam satu waktu. Sehingga, setiap pelanggan tidak akan merasa terabaikan.

5. Bisa Dikelola Sendiri

Saat membangun toko fisik, Anda pasti membutuhkan karyawan untuk membantu proses operasional. Jika tidak, Anda akan sangat kesulitan dan repot. Yang akhirnya justru membuat toko Anda jadi terlihat tidak profesional.

Namun saat membangun toko online, Anda bisa mengelola toko tersebut sendiri. Bagi penjual pemula dengan dana terbatas, tentu saja hal ini lebih efisien secara biaya. Sehingga Anda bisa mengembangkan toko online Anda perlahan-lahan dengan biaya yang lebih terukur.

Baca Juga : 8 Bisnis Online Yang Bisa Dilakukan Pekerja Kantoran

Cara Buat Toko Online Zyro

Jika Anda mencari tutorial membuat toko online, Anda akan menemukan penjelasan yang panjang dan membingungkan. Apalagi jika Anda cukup awam dalam masalah ini. Proses pembuatan website bisa menjadi hal yang melelahkan dan menghabiskan waktu. Padahal, waktu tersebut bisa Anda gunakan untuk melakukan pengembangan bisnis.

Untuk itu, Zyro mengembangkan tools yang dapat membantu Anda buat toko online dengan mudah dan cepat. Anda bahkan bisa membuat website toko online hanya dengan 5 langkah sederhana saja.

1. Buat Akun Zyro

Sebelum dapat membangun website menggunakan Zyro, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu. Setelah membuat akun, Anda dapat bereksplorasi dengan fitur Zyro yang tersedia. Anda juga bisa melakukan uji coba buat toko online secara gratis.

2. Pilih Template Zyro

Membuat tampilan website yang profesional memang cukup menyulitkan. Apalagi jika Anda tidak memahami dasar pemrograman. Tapi hal tersebut tidak perlu Anda khawatirkan jika toko online Anda dibuat dengan Zyro.

Zyro menyediakan ratusan template website toko online profesional yang bisa Anda pilih. Temukan bentuk toko online yang paling sesuai dengan image toko online yang Anda bangun. Kemudian, lakukan penyesuaian secara mudah dengan fitur drag and drop yang telah Zyro sediakan.

3. Tambahkan Produk

Setelah toko online Anda siap, Anda bisa menambahkan produk ke website Anda. Zyro juga telah menyematkan fitur store builder. Sehingga Anda bisa menambahkan produk dengan mudah dan cepat.

Anda juga bisa memantau stok, histori pemesanan, status pembayaran dan pengiriman dengan tampilan dasbor yang intuitif. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa membuat alamat email khusus bisnis. Sehingga, kredibilitas dan profesionalitas bisnis Anda dapat meningkat.

4. Optimalkan dengan Tools AI

Website builder Zyro bukan hanya membantu Anda dalam proses buat toko online saja. Lebih dari itu, Zyro juga membantu Anda dalam optimasi maksimum toko Anda. Ada beragam tools AI yang siap membantu meningkatkan bisnis Anda.

Mulai dari tools AI untuk membuat desain logo, mencari ide untuk nama bisnis Anda, menyempurnakan layout toko online, hingga meningkatkan penjualan bisnis. Semuanya hanya dari satu tempat saja di Zyro. Tentu saja hal ini sangat memudahkan dan meningkatkan produktivitas bisnis Anda.

5. Mulai Jualan Online

Terakhir, tentukan paket eCommerce dengan fitur yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu, website toko online Anda siap diluncurkan dan Anda bisa mulai berjualan sekarang juga.

Zyro juga sudah mendukung berbagai metode pembayaran. Mulai dari Visa, Paypal, Mastercard, dan lebih dari 70 opsi bentuk pembayaran populer lainnya. Anda juga bisa melakukan penjualan lintas platform dengan mudah. Seperti Facebook, Instagram, hingga Amazon.

Baca Juga : Cara Mudah Aktifkan Instagram Shopping Agar Bisnis Makin Untung

Nah, itulah keuntungan dan cara membuat toko online Zyro dalam 5 langkah mudah. Selain membantu Anda buat toko online, Zyro juga dapat membantu Anda membuat website untuk beragam kebutuhan lainnya. Baik untuk kebutuhan personal hingga profesional seperti website blog, portofolio, acara, dan lain sebagainya.Terima kasih.

Bagikan biar yang lain tahu