Datangnya J-Express ini kayak mendatangkan keuntungan lebih banget kayak kita UKM kecil ini. Dwi Purwadi – selamatpagi.co

Beberapa waktu yang lalu saya menonton video YouTube dari channel JX Indonesia mengenai sebuah UKM yang memproduksi sebuah jaket yang banyak diminati oleh anak-anak muda, yang dikenalkan oleh anak muda asal Depok, Jawa Barat, Dwi Purwadi.

Awal mula local brand yang berfokus pada pembuatan jaket pria ini, yaitu ketika ada beberapa teman yang butuh seragam, dan beliau coba membuat jaketnya. Jaket yang diproduksinya pun umum seperti jaket-jaket pada umumnya.

Namun, yang membedakan produk ini yaitu karena lebih menciptakan seni. Seperti seni jahitan, seni kombinasi, seni pola, dan seni bahan.

Dwi Purwadi selaku founder dari brand lokal ini mengatakan bahwasanya jaket premium ini paling murah dari brand lainnya.

Dengan bahan yang sama, kualitas yang sama, bahkan jauh lebih bagus, ia berani bandingkan kalau produknya yang terbaik. Hal itulah yang membuat jaket ini diminati orang-orang.

Dengan harga sekitar 200-300 ribu rupiah, konsumen bisa dapat produk kualitas bagus, dimana jika di merek lain harus mengeluarkan dana lebih.

Untuk pemasarannya, awal mulanya masih manual, seperti menawarkannya ke teman-teman yang mulai butuh seragam, sampai akhirnya tercetus membuat brand selamatpagi.co.

Di sini akan ditamilkan video

Setelahnya, ia juga bekerjasama dengan toko-toko yang ternyata peminatnya sangat banyak sampai di tahap enam bulan pertama.

Konsumennya sendiri seperti anak-anak vespa, anak-anak motor, anak-nak hijab style, hingga bos-bos besar karena model jaketnya lebih cocok untuk motor-motor besar seperti Harley.

Bagaimana JX Indonesia mendukung perkembangan bisnis jaketnya?

Dwi Purwadi mengatakan, awal mula ia bergabung dengan JX Indonesia yaitu saat menemukan iklan di Instagram Story dan ia tertarik untuk bergabung dan menggunakan layanan JX karena merasa cocok.

Setelah bergabung, ternyata efeknya begitu besar untuk perkembangan bisnisnya hingga mendapatkan omzet yang melimpah, yang saat itu pandemi baru saja melanda.

Karena pandemi, bisnisnya yang masih skala kecil pun mengalami penurunan dikarenakan banyak toko rekanan yang tutup, iklan yang boncos, sampai ia menemukan campaign #MariSurviveBersama, di mana JX memilih sembilan brand lokal untuk dipromosikan di berbagai aset yang dimiliki JX..

Bagaimana bisa menemukan fitur COD (cash on delivery) dari JX Indonesia hingga dapat meningkatkan jualannya?

Awalnya beliau sendiri masih mencari-cari, ada gak sih, ekspedisi yang menangani masalahnya agar customer bayar di tempat?

Karena sejauh ini hanya ada di marketplace. Ia juga mengatakan bahwa di ekspedisi lain belum ada yang menawarkan fasilitas-fasilitas menarik untuknya selain JX.

Menurut Dwi Purwadi, bisnisnya mengalami banyak kehilangan pelanggan karena fitur COD ini. Namun dengan datangnya JX Indonesia melalui fitur tersebut, malah mendatangkan banyak keuntungan lebih bagi UKM-nya yang masih skala kecil.

Dan memang benar sih, lewat J-Express, kita yang jualannya bukan di marketplace, misal hanya di Facebook Marketplace atau Instagram dan WhatsApp, bisa memanfaatkan fitur COD dari JX Indonesia ini.

Nah, selain COD, JX Indonesia sendiri menawarkan fitur CSOD (card swipe on delivery), yaitu layanan bayar di tempat menggunakan kartu debit atau kredit jika semisal pembeli sedang tidak ada cash.

Nantinya pembeli bisa menggesekkan kartu debit atau kredit miliknya lewat mesin EDC yang dibawa olehkurir. Tentunya ini memudahkan sekali, bukan?

Tentang JX Indonesia

JX Indonesia adalah partner logistik tepercaya yang melayani pengiriman untuk berbagai kalangan dan kebutuhan atau model bisnis, baik itu tingkat korporasi, penjual online, maupun pelaku UMKM. Perusahaan ini masih bagian dari JD.ID dan JD.com. Standar pengirimannya pun mengacu pada kedua perusahaan tersebut.

JX Indonesia memiliki cita-cita untuk dikenal sebagai mitra logistik tepercaya untuk klien korporasi seperti Unilever, Kimia Farma, Zalora, Sociolla, dan lain-lain, serta penjual online (pemilik toko online dan UMKM).

Untuk JD.ID sendiri, perusahaan ekspedisi ini telah menangani pengiriman selama lebih dari enam tahun.

Korporasi adalah perusahaan yang membutuhkan jasa pengiriman khusus atau customized service untuk mendistribusikan barangnya ke retail, kantor cabang atau toko, distributor, atau reseller.

Kategori korporasi sendiri seperti FMCG, apotek, perusahaan startup, POS, bank/fintech, hotel restaurant & cafe (HORECA).

Sedangkan untuk UMKM, pengusaha, atau penjual online, adalah mereka yang membutuhkan jasa pengiriman seperti brand lokal jaket di atas yang menjual produknya di media sosial atau website.

Kategorinya sendiri seperti fashion, elektronik, aksesoris gadget, snack/makanan kering, kosmetik dan skincare, perawatan kesehatan, aksesoris otomotif, sembako, produk-produk hobi, buku & peralatan kantor dan sekolah, dan sebagainya.

Khusus untuk penjual online, JX menyediakan kampanye yang disebut #TemanOnlineSeller. Hal ini juga digunakan sebagai salam dari JX kepada mereka.

Melalui kampanye dan layanan yang disediakan, JX berharap dapat menjadi teman yang baik dan sangat dekat bagi penjual online.

JX menjamin layanannya yang unik dan sangat baik cukup ramah bagi penjual online untuk mempercayakan bisnis mereka kepada JX.

Hingga saat ini JX Indonesia memiliki 8 gudang, 250+ drop point, 3000+ kurir, serta menyediakan layanan antar jemput tanpa minimal jumlah paket, dasbor khusus untuk penjual online, dan biaya COD yang kompetitif.

Untuk fee admin COD sendiri pun cukup transparan hanya sebesar 2%-3% tanpa minimum jumlah transaksi atau nilai invoice, di mana pencairan dananya bisa dilakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Untuk korporasi atau UMKM yang ingin mendaftarkan bisnisnya, bisa melalui laman www.j-express.id/business-register

Yang menarik dari layanan JX Indonesia

Yang membuat layanan JX Indonesia ini menjadi unik dan terbaik adalah karena jenis layanan seperti customized delivery service, COD dan CSOD, free pick up tanpa minimum order, layanan cargo untuk barang dengan muatan banyak, last mile delivery dan cross border last mile delivery. Selain itu, kurir JX Indonesia juga merupakan kurir yang profesional dan terlatih.

Layanan-JX-Indonesia

Selain itu, JX Indonesia juga memberikan keuntungan tersendiri bagi penjual online atau UKM, melalui sebuah komunitas bernama RUMUS X (Ruang Kumpul Seller JX).

RUMUS X adalah program pelatihan dan lokakarya gratis dalam format webinar, bagi seller yang sudah terdaftar sebagai klien JX.

Nilai plus dari JX Indonesia sendiri, yaitu seperti saya katakan di atas, bahwa JX Indonesia telah menggunakan sistem dan standar logistik dari JD.ID dan JD.Com, dan dapat melayani layanan yang disesuaikan dengan berbagai model bisnis selama bertahun-tahun.

Pada akhirnya, kita bisa tahu bahwasanya JX Indonesia adalah partner logistik tepercaya untuk korporat, UMKM, atau penjual online dengan layanannya yang beragam dan solutif, dan tidak kalah dengan brand logistik lain.

Kelebihan yang paling menonjol, yaitu melalui fitur COD dan CSOD-nya yang telah terbukti meningkatkan perkembangan bisnis dari sebuah UKM di masa pandemi. #TemanOnlineSeller, #1Paket1Senyuman, #JXDukungBisnisOnline, #JXAntarSampaiTujuan

Terakhir, jangan lupa untuk follow media sosial JX Indonesia di bawah ini untuk dapat informasi terbarunya.

– Instagram: @jx.indonesia (https://www.instagram.com/jx.indonesia/)
– Facebook: PT Jaya Ekspress Transindo (https://web.facebook.com/jx.indonesia)
– LinkedIn: PT. Jaya Express Transindo (https://www.linkedin.com/company/pt-jaya-express-transindo-jx/)
– YouTube: JX Indonesia (https://www.youtube.com/c/JXIndonesia/) –
– TikTok: @jx.indonesia (https://vt.tiktok.com/ZSe1fcKtU/)