Menjadi seorang blogger yang sebelumnya hanya menulis curhat sana-sini tanpa arah, kemudian secara tiba-tiba mendapatkan penghasilan dari pekerjaan yang memang disukainya tersebut, tentu ada kebanggaan tersendiri, iya enggak?

Dulu saat blog saya isinya kebanyakan artikel lomba blog, dan saya belum tahu menahu kalau ternyata dengan menulis bisa dibayar melalui jasa content placement atau job review. Kemudian setelah artikel berbayar pertama saya dapatkan, saya pun ketagihan.

Hobi yang dibayar adalah dambaan semua orang. Saya pun merasakan demikian.

Dulu saya masih belum mengenanl situs influencer seperti rajabacklink, mediabacklink, digimart, atau vira.id ini. Kalau dapat tawaran job nulis biasanya karena saling berbagi aja dengan teman. Atau kirim email penawaran kerjasama ke agency atau perawakilan brand.

Baca Juga : Review Mediabacklink, Penyedia Backlink Berkualitas Sekaligus Tempat Blogger Cari Job Nulis

Dapat penghasilan dari menulis itu menyenangkan sekali. Selain uang tentunya, saya pernah dapat bantal tidur, pakaian, dipinjami smartphone mahal untuk direview, voucher belanja, dan sebagainya. Terakhir, untuk job dalam bentuk barang, saya dapat baju muslim branded SAMASE dari seorang rekan blogger.

Sekarang saya sudah tak pernah kirim email ke agency karena keseringan mereka yang menghubungi kita melalui broadcast yang disebar lewat media sosial atau grup. Selain itu, sekarang juga semakin banyak muncul situs influencer tempatnya para blogger mencari penghasilan. Di atas hanya beberapa saja.

Pengalamanku berkali-kali dapat job dari vira.id

Saya mengenal vira.id kalau enggak salah tahun 2020 dan kemudian mendaftarkan blog saya di kangamir.com dan www.amir-silangit.com, namun lebih sering atau bahkan hampir semua job bernaung di blog berbasis wordpress ini. Yang blog satunya yang berbasis di blogger.com jarang. Mungkin karena enggak saya update udah lama.

Tapi kemarin saya baca di artikel, kalau vira.id ini hanya menerima blog wordpress. Tapi enggak tahu sih yang sebenarnya. Kemudian ada juga beberapa blogger yang udah lama daftar, tapi tak kunjung disetujui juga.

Dulu saat awal-awalnya dapat job di vira.id ini, ratenya masih 87.500. Menurutku itu teramat “terjangkau” mengingat menulis itu perlu mikir keras. Namun saya lihat sekarang rate jobnya rata-rata 105.000 dan itu sangat lumayan. Lumayan banget untuk 500 kata.

Jika dibandingkan dengan situs influencer lain, bedanya jauh. Karena di stus lain ada yang menawarkan rate cuma 50.000 saja. Makannya saya gak terlalu tertarik kalau ada situs influencer baru, karena kalau saya lihat ratenya kecil. Padahal menulis itu sulit.

Dulu pas rate per artikel masih 87.500, untuk bisa payout itu harus 4 kali nulis karena minimum payout itu 300.000. Namun sekarang setelah rate artikel naik dan bahkan kemarin ada yang 145 ribu kalau gak salah, untuk bisa payout hanya perlu tiga kali nulis saja.

Saya sendiri mungkin sudah 3 kali payout dari pertama gabung hingga sekarang. Lumayan banget lah. Menurutku vira.id perlu dicoba karena ratenya cukup layak dan daftar jobnya banyak.

Baca Juga : Berkali-Kali Dapat Job Nulis, Ini 5 Marketplace Backlink Yang Membayarku! Blogger Pemula Wajib Coba

Untuk periode payoutnya sendiri setiap tanggal 14 disetiap bulannya. Namun terakhir kemarin, enggak sampai tanggal 10 udah cair.

Beberapa artikel yang pernah saya kerjakan di vira.id seperti tentang cara menghilangkan noda tinta di baju, cara menghilangkan noda minyak dan oli di baju, karir astra dari SERA, dan sebagainya.

Alur kerja vira.id hingga mendapatkan penghasilan

Untuk bergabung dengan vira.id, pastinya yang pertama dilakukan yaitu mendaftar terlebih dahulu. Jika kalian seorang blogger yang ingin mendapatkan penghasilan, maka setelah kolom isian seperti nama dan email, klik tombol publisher/writter seperti gambar di bawah ini.

Cara daftar situs influencer vira.id

Setelah blog kalian terdaftar, tunggu sampai beberapa waktu hingga mendapatkan email balasan untuk verifikasi email. Dulu kalau enggak salah, saya dapat email verifikasi pendaftaran agak lama, sampai saya bertanya ke teman-teman.

Nah, agar harapan diterima semakin besar, pastikan kalian selalu update blog kalian dengan baik. Apalagi karena saya dengar vira.id ini hanya dikelola oleh ownernya saja yaitu Hadi Ariawan.

Perbanyak artikel organik agar tak dikira blog spam. Buat navigasi blog dengan baik. Blog juga harus domain TLD (Top Level Domain) dan berumur paling tidak 3 bulan dan rutin update konten. Karena pastinya advertiser lebih suka dengan blog yang rajin update blog. Dan jangan lupa berdoa agar kesempatan diterima semakin besar.

Setelah mendaftar, kalian bisa menambahkan blog kalian di halaman dashboard. Klik pada bagian SPONSORED CONTENT dan pilih MY BLOGS. Kemudian di pojok kanan atas ada tombol biru dan klik untuk menambahkan.

Cara daftar situs influencer vira.id fix-min

Pada kolom “give your blog a name” kalian bisa pilih nama blog kalian. Bukan nama domain ya. Misal untuk blog saya ini yaitu Blog Kang Amir.

Lalu untuk kolom “Write your blog URL”, kalau blog kalian belum mendukung http, kalian bisa pilih http. Tapi kalau kalian pilih HTTPS (protokol keamanan), kalian bisa pilih ini. Dulu saya memilih “HTTPS” karena blog saya memang sudah cover protokol ini.

Di kolom sampingnya, ketik alamat blog kalian. Misal www.blogmu.com. Dan di bawahnya pilih kategori blog kalian. Misal seperti parenting, kesehatan, otomotif, gadget, bisnis, keuangan, dll.

Nah, di sini juga ada 2 bahasa. Yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Jika kalian punya blog bahasa Inggris bisa daftarin tuh, kayaknya ratenya beda dan lebih tinggi pastinya.

Setelah semua terisi, klik tombol “submit blog” berwarna biru. Setelah blog berhasil di daftarkan, saatnya kalian me-BID project yang kalian pilih.

Caranya, masuk ke menu SPONSORED CONTENTS dan pilih FIND TASK. Di situ ada banyak bid yang bisa kalian pilih sesuai kategori blog kalian. Saran saya, janga pilih BID yang memang tidak sesuai dengan kategori blog kalian. Misal kalian blognya otomotif, akan sangat tidak nyambung jika kalian nge-BID job kategori beauty.

Pernah ada seorang blogger cowo yang entah sengaja atau tidak, sampai dapat job bertemakan beauty. Kalau gak salah salah membahas lipstick dah. Kan gak nyambung banget tuh. Jadi, perlu di kroscek dulu jenis job yang akan kalian ambil.

Baca Juga : Terbukti Menghasilkan, Ini Dia Step by Step Mendapatkan Uang dari Blog- Pengalaman Pribadi

Cara daftar situs influencer di vira.id #2

Perhatikan ini sebelum nge-BID

Setelah kalian klik tombol BID, pilih blog yang kalian akan pakai nantinya, lalu pilih anchor teks atau keyword yang akan ditulis.

Pada bagian notes, kalian bisa tuliskan mengenai deskripsi tentang blog atau skill kalian. Misalkan kalian akan nge-BID job tema otomotif. Maka kalian bisa sedikit menceritakan tentang skill Anda tentang otomotif dan bisa menambahkan URL artikel tentang otomotif jika ada.

Tujuannya agar kesempatan diterimanya lebih besar. Saya pernah punya pengalaman terkait hal ini. Dulu kalau enggak salah saya pernah nge-BID tentang kesehatan gigi dan mulut. Karena saya cukup tertarik dengan tema ini dan beberapa menulis berdasarkan pengalaman, maka job saya pun diterima.

Cara daftar situs influencer di vira.id #3

Setelah bid diterima, kalian akan mendapatkan email pemberitahuan. Namun sayangnya tidak disertakan link masuknya sekalian. Kadang ini bikin repot karena harus buka browser. Nah, setelah bid diterima, kalian akan menerima email seperti di bawah ini.

Cara daftar situs influencer di vira.id #4

Segera tulis artikel sesuai brief yang diberikan. Biasanya seperti ini

“Artikel original – Title harus berisi keyword. – Peletakan anchor text di awal paragraph. – Minimum panjang artikel adalah 500 kata (belum termasuk judul)”

Dulu saya sempat terkecoh dengan kata “title” yang maksudnya adalah judul. Jadi nantinya kalian harus membuat judul yang mengandung keyword atau kata kunci di atas. Kemudian link juga harus di awal paragraph dan sertakan gambar.

Dulu saya pernah melakukan kesalahan mengenai hal ini karena tak membaca dan memahami brief dengan benar hingga saya melakukan kesalahan. Sepertinya artikel saya pada judulnya tak disematkan keyword, dan linknya juga tak di awal paragraph.

Namun saya gak bisa chat advertisernya karena gak ada kolom chatnya. Ini yang bikin saya bingung. Untuk mengakalinya kita bisa chat admin atau customer servicenya. 

Oleh karenanya, fee saya dipotong. Agak kaget juga sih.

Oiya, setelah kalian menerima job, cek juga apakah keyword yang kalian minta diganti dengan keyword yang baru oleh mereka. Ini penting agar tak salah tema sebelum menulis.

Btw, ini artikel review, jadi saya bicara jujur dan apa adanya.

Kemudian setelah artikel kalian kerjakan, segera submit sebelum deadline. Jangan lupa bagikan dulu di media sosial seperti facebook dan twitter. Kemudian link sharenya kalian sematkan di kolom note seperti saat nge-BID sesuai brief. Lalu klik submit.

Dulu saya pernah kirim task dari BID yang saya ambil, namun tidak menyertakan link share sosmed tersebut. Dan diterimanya jadi agak lama sih. Kemudian di job beriikutnya, saya kirim dengan menyertakan link share sosmednya, eh gak berapa lama langsung diterima dan cash masuk di dompet.

Oiya, untuk proses approval atau diterima artikelnya dari klien ini kadang ada yang cepet ada yang lama. Makanya kudu bikin artikel yang menarik sesuai brief. Pernah kemarin artikel saya sampai 4 bulanan baru di approval. Sampai 2x saya kirim email ke adminnya dan akhirnya di setujui.

Setelah artikel diterima, kalian juga akan mendapatkan email bahwa artikel kalian diterima dan cash balance masuk ke dompet digital. Oiya, untuk pencairan uangnya saya menggunakan rekening BCA karena lebih mudah. 

Baca Juga : Hampir Gagal Dapat Job Blogger Gara-gara Tidak Punya Rekening BCA. Buka Tabungan Xpresi BCA Cuma 50 Ribu

Akhirnya itulah pengalaman saya mendapatkan job menulis dari vira.id. Menurutku cari job nulis di vira itu lumayan banget. Rate artikelnya gak terbilang agak tinggi sih karena jobnya banyak. Ini layak untuk dicoba.

Banyak teman-teman yang sudah melakukannya juga. Yang penting blog kalian rajin update artikel segar dan organik, saya yakin kesempatan dapat job makin besar. Kemudian taati semua aturan sesuai brief agar semua berjalan lancar.

Kalau dibandingkan marketplace lain seperti sosiago dan rajabacklink, masih gedean di sana rate artikelnya. Tapi job agak jarang sih. Apalagi di rajabacklink yang 3 bulan sekali aja kadang gak mesti. Itu saya ya, entah kalau blogger lain.

Terima kasih telah membaca. Silahkan tambahkan hal lain di kolom komentar.