Memiliki website dengan traffic dan visitor tinggi adalah dambaan banyak orang. Tidak heran jika banyak sekali brand atau pemilik usaha yang menggaet para blogger untuk meningkatkan performa website mereka dengan menyematkan backlink. Imbasnya adalah peningkatan usaha mereka dalam websitenya. Bagi seorang blogger, backlink bukan sesuatu yang asing karena memang makanan sehari-hari mereka.

Lalu, apa itu backlink dan pengaruhnya untuk website ?

Backlink adalah sebuah alamat tautan aktif yang jika diklik akan menuju ke suatu halaman website. Pasti kalian pernah melihat suatu kata kunci dalam sebuah artikel dan biasanya berwarna biru atau merah, yang jika diklik akan terbuka suatu halaman website. Baik itu halaman website kita sendiri yang kemudian disebut internal link, atau halaman website lain yang disebut external link.

Ilustrasi backlink

Backlink sendiri ada 2 jenis. Yaitu backlink dofollow dan backlink nofollow. Backlink dofollow adalah backlink yang disukai google karena berpengaruh saat proses crawl atau perayapan kata kunci. Sedangkan backlink nofollow yaitu sebaliknya karena merupakan backlink yang tidak dianggap oleh google.

Lalu, apa sih manfaat backlink itu sendiri?

Oke, saya jelaskan dengan sederhana sesuai cara penulisan saya.

1. Mendongkrak hasil pencarian di urutan teratas search engine

Backlink sangat berpengaruh pada hasil pencarian. Semakin banyak backlink yang tersebar di suatu website atau blog, maka popularitas sebuah website akan terus meningkat.

Contohnya begini. Website A adalah sebuah jasa desain web. Karena ingin jasa desainya laris, maka ia memasang banyak backlink di banyak website lain, yaitu website B, C,D E, F, dan seterusnya. Semakin banyak backlink tersebar, maka semakin naik performa website A yang sedang promosi jualan jasa desainnya. Dan dalam mesin pencari, potensi untuk berada di top google pun semakin besar.

Backlink sangat berpengaruh dalam SEO. Ilustrasi https://www.freepik.com/pch-vector

Contoh lainnya begini. Saya sendiri seringkali mendapatkan tawaran menulis blog dari sebuah pemilik usaha. Seperti usaha jasa atau produk. Kemudian saya menulis artikelnya dan dalam artikel tersebut tersemat backlink menuju website pemilik usaha. Dengan cara seperti itu, maka dapat mendongkrak website pemilik usaha tersebut untuk menempati urutan teratas hasil pencarian. Paham kan ya?

Backlink ibarat sebuah pertemanan. Jika kita pandai bergaul dan punya banyak teman, maka orang akan mudah mencari nama kita. Tapi jika kita tak punya banyak teman karena mungkin kurang pandai bergaul, orang pun jadi jarang tahu dan sullit mencarinya. Misal seperti saat ada kurir yang mengirim paket.

2. Meningkatkan traffic dan visitor blog

Selain mendongkrak hasil pencarian di top search engine, backlink juga bermanfaat untuk meningkatkan visitor blog atau website. Sebuah artikel yang menarik dan merekomendasikan sebuah backlink, maka pengunjung yang melihat akan mengklik dan membuka backlink tersebut. Dan semakin banyak artikel atau semakin banyak backlink tersebar, maka potensi kunjungan pun akan semakin besar.

3. Meningkatkan kredibiltas sebuah website atau blog

Suatu website atau blog akan semakin terlihat kredibel dan terpercaya jika ia punya banyak backlink tersebar dimana-mana. Saat berkunjung ke blog A, kita nemu backlink milik blognya Mas Jon, misalnya. Saat berkunjun ke blog B, kita nemu backlink blognya Mas Jon lagi. Saat berkunjung ke blog C, nemu lagi.

Karena banyak direkomendasikan, maka orang jadi lebih percaya dan menganggap kalau website Mas Jon bagus, yang kemudian pengunjung mengklik backlink tersebut.

Nah, itulah manfaat backlink.

Namun ada catatan. Jika ternyata backlink yang kita dapat tidak relevan atau tidak nyambung dengan blog kita, maka akan berpengaruh buruk ke blog kita. Bahkan pernah saya baca kalau blog atau website bisa enggak muncul di pencarian karena backlink tidak berkualitas.

Semisal nih ya blog kita bertemakan tekhnologi. Akan tidak nyambung dan tidak relevan jika kita memasang backlink di blog bertemakan beauty. Sebaiknya cari backlink dari website yang masih relevan, yaitu dari kategori yang sama atau yang masih serupa.

Oiya, jika website yang kita tanami backlink memiliki spam score (SS) yang tinggi, maka popularitas blog atau website kita juga akan turun. Sepengetahuan saya, spam score merupakan indikator dimana suatu blog memiliki banyak link keluar dan sehingga dianggap spam. Cara ceknya di https://websiteseochecker.com/domain-authority-checker/

Mengecek spam score blog dan berbagai parameter lainnya

Saya sendiri pernah mendapati blog saya memiliki spam score sampai 11%. Setelah saya cek, ternyata banyak website spammer dengan SS tinggi sampai 80% yang memasang link menuju blog saya. Karena saya menggunakan https dan beberapa usaha seperti disavow link saya lakukan, SS pun turun jadi 1%.

Apa pentingnya sih SS rendah itu?

SS adalah algoritma yang dimiliki MOZ untuk menilai apakan sebuah blog atau website dianggap spam sehingga dinilai buruk oleh google. Tidak heran jika seringkali ada job blogger yang mempersyaratkan SS dibawah 10%.

Semakin kecil skornya, semakin bagus dimata google. Sebaliknya, semakin besar skornya, semakin buruk di mata google karena dianggap spam. Bahaya spam score yang tinggi adalah menurunkan peringkat di hasil pencarian dan merusak traffic.

Lalu, bagaimana sih mendapatkan backlink berkualitas itu? Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Di antaranya :

1. Memanfaatkan jasa layanan backlink berkualitas di mediabacklink

Mediabaclink adalah jasa layanan backlink dimana Anda bisa mendapatkan backlink berkualitas dari banyak blogger yang tergabung. Mediabacklink adalah perusahan yang bergerak dalam bidang digital advertising yang membantu para adversiter atau pengiklan dalam melakukan promosi bisnis ataupun meningkatkan posisi kata kuncinya di halaman mesin pencari. Disinilah tempat berkumpulnya para blogger baik bblog pribadi atau PBN.

Mediabacklink merupakan ecommerce yang menghubungkan antara pengiklan (advertiser) dan publisher dalam hal ini blogger atau pemilik blog atau website untuk bertransaksi jual beli backlink. Klik untuk memperbesar.

Layanan beli backlink berkualitas di mediabacklink

 Pemilik bisnis bisa memilih sesuka hati blog sesuai dengan kriteria dan niche yang inginkan. Begitu juga dengan blogger yang bisa menerima atau menolak orderan jika dirasa kurang sesuai.

Blog yang tergabung juga sudah melewati proses penyeleksian. Sehingga hanya blog yang terpilih saja yang bisa tergabung. Hal itu dikarenakan mediabacklink lebih mengutamakan kualitas ketimbang kuantitas. Tujuannya tidak lain agar advertiser mampu memilih secara tetap sehingga tujuan dalam berbisnis lebih cepat tercapai.

Dengan memesan backlink di mediabacklink, bukan hanya meningkatkan posisi pencarian di mesin pencari. Tapi juga meningkatkan kepercayaan karena promosi yang dilakukan blogger melalui sebuah artikel yang bercerita.

Beberapa keuntungan membeli backlink di mediabacklink yaitu :

1. Advertiser akan mendapatkan backlink berkualitas dan aman sesuai dengan kategori yang diinginkan. Karena sejatinya blogger yang bergabung memang mendedikasikan dirinya dalam dunia blog. Misalnya saya sendiri dan beberapa rekan blogger saya yang lainnya yang fokus di dunia blog. Kalau saya sih fulltimer blogger yang sudah 6 tahun menekuni dunia blog. Ceritanya bisa baca di sini.

Jadi kami sebagai bloggger tidak asal-asalan menulis blog dan memang serius mengelola blog. Bahkan banyak blogger tidak segan mengeluarkan biaya lebih sebagai investasi blog dengan membeli tools atau alat penunjang blog. Seperti tool seo, premium theme, dsb.

Beberapa kriteria blogger di mediabacklink diantaranya sbb:

1] Memiliki konten artikel yang berkualitas

2] Memiliki skor Domain Authority, Page Authority, Alexa, dan google site yang tinggi. Kalau punya saya DA/PA yaitu 23/35. Alexa sama google site belum check.

3] Nichenya beragam. Dari lifestyle, tekhnologi, tekno, beauty, fashion, parenting, properti, finance, dsb.

4] Tampilan website yang user friendly.

5] Blog yang tergabung belum pernah mendapat teguran dari google. Saya sendiri juga belum pernah

2. Meningkatkan kunjungan website Anda yang kami kasih backlink, sehingga potensi muncul di halaman teratas pencarian pun lebih besar. Yang artinya potensi penjualan produk atau jasa Anda akan lebih besar pula.

3. Meningkatkan kualitas dan popularitas website usaha Anda karena backlink tersebar dimana-mana. Ini sudah saya contohkan di atas.

4. Membantu mendeskripsikan produk Anda dari sudut pandang berbeda. Blogger yang tergabung di mediabacklink berasal dari banyak kategori dengan ciri khas masing-masing. Sehingga Anda akan mendapatkan jenis promosi yang berbeda-beda sesuai gaya penulisan masing-masing. Gaya penulisan blogger lebih fleksibel yang “gue elo” membuat artikel tidak kaku seperti penulisan media berita pada umumnya. Jadi lebih enak aja dibacanya.

Nah, itu dia benefit membeli backlink di mediabacklink.

Sedangkan untuk blogger, mereka bisa mendaftarkan blognya untuk kemudian bisa menunggu sampai ada advertiser yang memilih. Maka dari itu, bangunlah blog sebaik dan se-berkualitas mungkin agar semakin banyak advertiser yang tertarik dengan blog Anda.

Saya sendiri dan dua orang rekan blogger yaitu Mas Hendra di www.blogmashendra.com dan Mas Rudi di www.belalalangcerewet.com juga sudah mendaftar dan sudah mendapatkan job pertamanya. Jadi, ayo gabung demi cuan blogger agar terus meningkat. 

2. Bangun dulu kredibilitas blog atau websitemu

Website yang bagus biasanya hanya akan menerima backlink dari website yang berkualitas pula. Jadi sebelum melakukan link building (aktifitas membangun backlink), pikirkan bagaimana caranya agar website atau blogmu juga cukup kredibel sehingga layak mendapatkan backlink berkualitas.

Misal dengan membuat artikel yang unik, bagus, lengkap, berkualitas, sehingga dapat menjawab keluhan pembaca. Jika perlu lengkapi juga dengan infografis agar orang mudah membaca informasinya. Konten yang unik dan belum pernah ditulis orang lain juga akan meningkatkan popularitas blogmu.

Jika kalian pernah membaca artikel dari blognya Mas Darwamawan di panduamIM.com atau Mas Sugeng di sugeng.id, seperti itulah contohnya. Blog milik keduanya jumlah artikelnya memang sedikit, tapi pembacanya sangat banyak karena setiap artikelnya daging semua. Mas Sugeng juga merupakan blogger panutan. Dibalik karya-karyanya seperti template atau jasa adsensenya, ternyata ia hanya lulus SMP saja.

3. Melakukan kerjasama dengan blogger lain

Untuk point ini, saya pernah mendapatkan guest post dari rekan blogger lain yang sedang meningkatkan performa blognya. Jadi blogger tersebut membuat artikel sedemikian rupa kemudian meminta saya untuk mempublishnya di blog saya.

Namun bisa juga semisal Anda yang diminta membuat artikel. Dengan kompensasi yang lebih besar tentunya ketimbang artikel yang siap publish. Carilah blog atau website yang bagus dan relevan, hubungi pemiliknya dan kemudian buat artikelnya. Kalau di mediabacklink, mencari blog berkualitas sangat banyak.

4. Gunakan content sharing platfor seperti viva, medium, kaskus, atau hipwee

Sumber asli milik rekan blogger Joko Yugiyanto di viva

Saya belum pernah melakukannya. Tapi beberapa rekan blogger sudah melakukannya. Ke-empat website tersebut memiliki domain authority yang tinggi. Viva sendiri memilik DA 86 dengan SS 1%. Medium punya DA 98 dan SS 1%. Kaskus punya DA 84 dan SS 1%. Sedangkan hipwee punya DA 56% dan SS 1%.

Domain authorithy atau DA adalah indikator seberapa bagus sebuah blog atau website di mesin pencari. Semakin tinggi nilainya, performa blog pun semakin bagus. Oleh karenanya, banyak jasa push DA yang tersebar untuk meningkatkan DA blog. Jika kita bisa memasang backlink di website dengan DA tinggi, maka nilai DA kita pun akan beranjak naik.

Pada prakteknya, kita bisa menulis sebuah artikel di salah satu platform tersebut. Buatlah artikel semenarik mungkin agar lebih mudah dipublish. Jangan lupa pasang link blog kalian untuk mendapatkan backlink berkualitas.

Membangun backlink berkualitas mungkin perlu waktu yang tidak sebentar. Ada banyak usaha yang musti kita lakukan. Jadi memang harus sabar menjalani proses. Namun tentu saja hasil tidak menghianati proses. Semakin diusahakan, semakin bagus pula hasilnya. Tapi jika kita sedikit mau berinvestasi, layanan mediabacklink adalah cara tercepat membangun kerajaan bisnis Anda.